7 Makanan khas Subang Dengan Kelezatan Yang Bikin Mabuk Kepayang


Fida  October 2, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat yang bisa dicoba. Berbagai daerah di Indonesia menawarkan kuliner dengan cita rasa khas dan sayang untuk dilewatkan.Subang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan berbagai kuliner dengan cita rasa khas dan menarik untuk dicoba. Anda dapat mencoba berbagai makanan khas Subang mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Tidak perlu bingung memilih, berikut daftar makanan khas Subang yang sayang untuk tidak Anda coba

1. Bubuy Ayam Subang

Bubuy Ayam Subang
atmago.com

Salah satu makanan khas Subang yang bisa Anda coba adalah Bubuy Ayam Subang. Kuliner yang satu ini tentu sudah sangat populer dikalangan warga lokal maupun wisatawan. Makanan ini tidak seperti bubuy ayam biasa, tetapi memiliki cara pengolahan yang berbeda dengan bubuy ayam pada umumnya.

Kuliner yang satu ini dibuat dengan bumbu khas yang menghasilkan cita rasa lezat dan sudah merupakan warisan turun-temurun. Anda dapat merasakan cita rasa yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Jika dilihat dari tampilannya, hidangan yang satu ini memiliki bentuk seperti pepes. Sebelum diolah, ayam terlebih dahulu dipendam dalam bara abu selama 5-10 jam. Tidak heran jika makanan yang satu ini menawarkan daging ayam yang sangat empuk. Adanya berbagai pilihan rempah yang digunakan juga menghasilkan cita rasa lezat dan juga aroma khas. Saat berkunjung ke Subang, hidangan Bubuy Ayam Subang itu menjadi salah satu yang sayang untuk tidak Anda coba. Tidak jarang Anda harus memesannya terlebih dahulu karena olahan makanan yang satu ini sangat populer dan kerap kehabisan stok.

Gotravelly

Lembutnya Daging Ayam Bakar Klaska Dengan Bumbu Madu Yang Meresap Sempurna!

Kuliner Legendaris Sudah Ada Sejak Tahun 1970 Waroeng Sate Madura Tang Ke’Tang Cabang Ngagel Jaya

2. Dodol Nanas

 Dodol Nanas
bukalapak.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Subang yang bisa dicoba mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Daerah Subang dikenal sebagai salah satu penghasil nanas dengan cita rasa lezat dan berbeda dengan tempat lain. Tidak heran jika saat berkunjung ke daerah yang satu ini Anda dapat menjumpai banyaknya penjual nanas beserta olahannya.

Salah satu olahan nanas yang sekaligus merupakan makanan khas Subang adalah dodol nanas. Yang satu ini merupakan salah satu ikon makanan yang wajib dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Subang. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya buah nanas, tepung ketan, dan gula. Cita rasanya yang manis dan khas serta teksturnya yang unik menjadikan dodol nanas sebagai salah satu hidangan yang wajib Anda coba sekaligus sebagai oleh-oleh khas Subang yang cocok untuk dibawa pulang.

3. Keripik Nanas

Keripik Nanas
m.kaskus.co.id

Diantara banyaknya makanan khas Subang yang sayang untuk dilewatkan, Anda dapat mencoba lezat dan uniknya Keripik Nanas. Keripik nanas menjadi salah satu makanan olahan nanas di Subang yang cukup populer dan ramai diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Anda dapat dengan mudah menjumpai makanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Subang.

Subang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil nanas dengan cita rasa lezat, tidak heran jika keripik nanas yang dibuat juga menawarkan rasa yang cukup berbeda dengan keripik nanas lainnya. Makanan yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah berkunjung ke Subang.

4. Tutut Soding

 Tutut Soding
lipi.go.id

Saat berkunjung ke Subang, Anda tidak hanya dapat menikmati indahnya berbagai tempat wisata dapat mencoba berbagai kuliner lezat yang ditawarkan. Salah satu makanan khas Subang yang cukup populer adalah Tutut Soding.

Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama keong. Meskipun berbahan keong dan tampak sangat sederhana, tetapi Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat dan khas serta kandungan protein yang sangat tinggi. Tutut soding dimasak dengan cara yang sangat sederhana sehingga tidak banyak mengurangi kandungan protein di dalamnya. Keong yang telah dibersihkan dimasak dengan berbagai bahan diantaranya kunyit, garam, laos, gula, sereh, jahe, dan bahan lainnya. Hidangan ini juga tidak memerlukan proses memasak yang lama, yakni hanya berkisar 20 menit saja. Saat berkunjung ke Subang, hidangan yang satu ini tentu sayang untuk tidak Anda coba.

5. Tape Ketan Khas Subang

 Tape Ketan Khas Subang
azzamaviero.com

Salah satu makanan khas Subang yang wajib Anda coba adalah tape ketan. Tape ketan khas Subang berbeda dengan tape ketan pada umumnya. Citarasa yang dihasilkan dari perpaduan tape dan ketan sangat unik dan lezat.

Pada umumnya, tape ketan dinikmati secara langsung. Namun, jika Anda ingin menikmati sensasi berbeda, Anda bisa menjadikan tape ketan sebagai bahan pelengkap es campur. Rasa manis es campur berpadu dengan lezatnya tape ketan menjadi perpaduan yang sempurna. Tak heran jika tape ketan banyak diburu wisatawan.

6. Nasi Liwet Subang

 Nasi Liwet Subang
travel.okezone.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan nasi liwet. Hidangan yang satu ini memang cukup mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Nasi liwet juga merupakan salah satu makanan khas Subang yang sayang untuk tidak Anda coba.

Nasi liwet Subang disajikan bersama dengan topping lengkap yakni telur balado, suwiran ayam, daging, lalapan, serta telur dadar. Anda akan dimanjakan dengan tampilan serta aromanya yang khas dan sangat menggugah selera. Karena menawarkan cita rasa gurih dengan berbagai topping yang ditawarkan, hidangan ini tentu sangat menarik untuk dicoba dan sayang untuk dilewatkan.

7. Oncom Dawuan Subang

 Oncom Dawuan Subang
suarapanturanews.blogspot.com

Makanan khas Subang selanjutnya yang sangat sayang jika Anda lewatkan adalah oncom dawuan. Daerah penghasil oncom yang paling terkenal adalah Jawa Barat dan Subang. Sedangkan, penghasil oncom terbesar di Subang adalah Dawuan, tak heran jika oncom tersebut diberi nama oncom dawuan.

Oncom dawuan berbeda dengan oncom pada umumnya, karena oncom dawuan masih diproduksi dengan bahan alami dan cara tradisional. Oncom yang satu ini terbuat dari kacang tanah berkualitas tinggi. Proses pengolahannya pun masih menggunakan tungku api tradisional. Tak heran jika oncom dawuan sangat terkenal dan memiliki banyak peminat. Anda wajib mencoba lezatnya oncom dawuan ketika Anda berada di Subang.

Nah, di atas merupakan daftar 7 makanan khas Subang yang cukup populer yang sangat menarik untuk dicoba. Berbagai makanan yang ditawarkan tentu cocok untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tampilannya yang sangat menggugah selera juga menjadikan berbagai hidangan sayang untuk dilewatkan. Di antara 7 rekomendasi makanan khas Subang di atas, hidangan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda coba saat berkunjung ke Subang?



Leave a Reply