11 Oleh-oleh Khas Palembang yang Sedang Rekomended Dibawa Pulang


Reni  February 5, 2018  0 Comment

Saat anda berkunjung ke Palembang, tentunya anda ingin membeli oleh-oleh khas Palembang untuk dibawa pulang. Ada banyak sekali ragam oleh oleh yang bisa anda pilih mulai makanan hingga kain songket. Semua oleh oleh tentunya akan membawa kesan tersendiri bagi keluarga atau temen dirumah. Apa saja ?

Lempok Durian

Lempok Durian

Jika garut punya dodol, maka Palembang punya lempok durian. Ya, lempok durian teksturnya menyerupai dodol. Namun, rasanya tentu saja berbeda karena lempok durian terbuat dari durian dan gula. Resepnya yang sudah turun temurun membuat lempok durian mempunyai cita rasa yang khas. Belum lagi cara memasaknya pun unik karena menggunakan kayu bakar, dan dimasak dalam waktu yang cukup lama. Lempok durian sangat cocok untuk anda bawa pulang dan membaginya pada keluarga anda.

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas

Berburu Oleh Oleh Khas Surabaya, Krupuk Ikan Di Pantai Kenjeran

Pempek

Pempek

Bicara soal oleh-oleh Palembang, tentu saja kita tak bisa melewatkan pempek. Saat ini, pempek sudah dijadikan berbagai olahan yang sedap rasanya. Tak hanya disajikan dengan kuah yang manis dan sedikit pedas, pempek sekarang bisa dijadikan makanan unik lainnya. Misalnya saja pempek lenggang yang dicampur dengan telur mentah, pempek tekwan yang disajikan dengan kuah udang, pempek celimpungan yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan kuah santan kuning, dan masih banyak yang lainnya. Setiap pempek yang sudah dikemas dalam bentuk lain bisa anda jadikan pilihan. Anda bisa membawa pempek dan menyajikannya sesuai dengan keinginan anda saat anda sudah kembali dari Palembang.

Bawang Goreng Pedas

Bawang Goreng Pedas

Untuk anda yang suka sekali dengan bawang goreng yang renyah, anda bisa membeli bawang goreng pedas sebagai oleh-oleh. Selain renyah, bawang goreng ini pun mempunyai rasa yang pedas. Tentunya, bawang goreng ini bisa anda tambahkan ke berbagai menu agar menu tersebut menjadi lebih sedap dan pedas. Bawang goreng Sriwijaya bisa menjadi pilihan anda, dan anda bisa menemukan oleh-oleh ini dengan mudah karena tersedia di berbagai minimarket di Palembang. Bawang goreng ini pun bisa anda berikan pada anggota keluarga anda yang sangat menyukai bawang goreng. Pastinya keluarga anda sangat suka dengan oleh-oleh yang anda beri.

Baca juga :  7 Kue Tradisional Khas Bone Cocok Buat Oleh Oleh

Kemplang Bakar

Kemplang Bakar

Oleh-oleh khas Palembang lainnya yang bisa menjadi pilihan anda adalah kemplang bakar. Kemplang ini adalah kerupuk ikan yang dimasak dengan cara dibakar di atas bara api. Cara memasaknya yang unik membuat kemplang ini mempunyai cita rasa yang khas dan unik. Rasanya enak, apalagi bila anda memakannya dengan sambal terasai. Anda pun bisa memakan kemplang ini sebagai teman makan nasi. Biasanya, dalam kemasan kemplang yang anda beli sudah disediakan sambalnya. Jadi, anda tak perlu repot-repot menyiapkan sambal saat ingin menikmati kemplang ini. Karena dimasak dengan cara dibakar, kemplang ini pun menjadi rendah lemak sehingga bisa menjadi cemilan untuk anda yang sedang diet.

Ikan Salai

Ikan Salai

Ikan salai adalah ikan yang telah diasapkan. Tentu saja ini merupakan oleh-oleh khas Palembang yang bisa menjadi pilihan anda. Karena diasapkan, tentu saja ikannya akan awet. Ikan salai terbuat dari berbagai jenis ikan, seperti ikan patin, ikan gabus, dan ikan lais. Masyarakat di Palembang biasanya membuat pindang dari ikan salai. Namun, anda juga bisa menggoreng ikan salai dan menjadikannya menu untuk makan. Apalagi bila anda memadukannya dengan sambal goreng. Pastinya makan anda akan terasa nikmat sekali. Anda bisa mendapatkan ikan salai di supermarket besar di Palembang ataupun pedagang ikan salai yang bisa anda temukan di jembatan poros Musi II Palembang.

Kain Palembang

Kain Palembang

Oleh-oleh bukan sekedar makanan. Anda juga bisa memilih kain Palembang sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tidak lengkap rasanya bila mengunjungi Palembang tanpa membeli kain palembang, seperti songket, jumpatan atau batik. Dengan motif yang unik, kain Palembang terlihat cantik dan menarik. Anda bisa membuat baju dari kain Palembang untuk anda kenakan di acara resmi. Tersedia berbagai motif yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Untuk mendapatkannya, anda bisa mengunjungi rumah songket, pasar 16 ilir, dan masih banyak lagi.

Baca juga :  10 Makanan Khas Lamongan yang Enak dan Legendaris

Pecah Seribu

Pecah Seribu

Pecah Seribu merupakan kerupuk khas Palembang yang bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Rasanya yang enak akan membuat anda ingin menyantapnya terus menerus. Meskipun sama-sama terbuat dari ikan, namun tekstur kerupuk ini berbeda dengan kemplang bakar. Proses memasaknya yang berbeda membuat kerupuk ini tampak seperti mangkuk yang pecah-pecah. Anda bisa menikmati kerupuk ini sebagai cemilan, ataupun teman makan tekwan—pempek yang disajikan dengan kuah udang. Bila anda ke Palembang, anda sebaiknya membeli kerupuk ini dalam jumlah banyak karena rasanya pasti akan membuat anda ketagihan.

Bolu Suri

Bolu Suri

Bicara tentang oleh-oleh khas Palembang, tentu kita ingin membeli kue khas Palembang. Bagaimana dengan bolu suri? Kue bolu ini bisa menjadi pilihan untuk anda karena memiliki rasa yang lezat. Sebenarnya, tampilannya mirip dengan bika ambon khas Medan. Namun, bahan-bahan untuk membuat bolu suri lebih sederhana karena hanya menggunakan 10 butir telur. Anda bisa membeli bolu suri sebagai oleh-oleh di berbagai toto oleh-oleh Palembang. Rasanya yang lezat akan membuat anda ketagihan untuk menyantapnya, apalagi bila anda menyantap kue bolu ini sambil menikmati secangkir teh hangat.

Tempoyak

Tempoyak

Anda mungkin pernah mendengar tentang tempoyak. Ya, tempoyak adalah sambal khas Palembang yang terbuat dari campuran durian. Rasanya yang khas pasti akan membuat anda tertarik untuk membawanya pulang. Anda bisa menikmati sambal ini dengan pindang patin dan masakan khas Palembang lainnya. Masyarakat Palembang sendiri sudah terbiasa menyantap tempoyak dengan berbagai makanan khas Palembang lainnya. Bila anda tertarik untuk membeli tempoyak, jangan lupa untuk membeli makanan khas padang lainnya seperti ikan salai. Pastinya ikan salai akan sangat enak bila dimakan dengan tempoyak.

Baca juga :  7 Rekomendasi Kedai Gelato Paling Enak di Bali

Sambal Lingkung

Sambal Lingkung

Ini merupakan oleh-oleh khas Palembang yang bisa menjadi pilihan anda. Sambal lingkung sama sekali tidak pedas, malah gurih. Terbuat dari ikan yang ditumbuk, sambal ini lebih menyerupai abon ikan. Untuk anda yang tidak suka makanan pedas, sambal lingkung bisa menjadi pilihan untuk anda. Rasanya yang gurih bisa membuat anda ketagihan untuk menyantapnya dengan nasi hangat ataupun menghidangkannya dengan makanan lain. Yang pasti, sambal lingkung ini sangat unik dan bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Palembang.

Kue Maksuba

Kue Maksuba

Satu lagi oleh-oleh khas Palembang yang bisa anda jadikan pilihan adalah kue maksuba. Kue maksuba adalah kue lapis khas Palembang. Sebenarnya, kue ini seringkali disajikan pada acara tertentu, seperti pernikahan, lebaran, dan acara sakral lainnya. Anda bisa membeli kue makuba sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang karena rasanya enak sekali. Meski tidak memakai pengembang saat membuatnya, kue makuba terasa empuk dan lezat.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Palembang yang bisa menjadi rekomendasi untuk anda. Meskipun masih banyak oleh-oleh khas Palembang yang bisa anda pulang, semoga beberapa rekomendasi di atas bisa menjadi referensi saat anda bingung memilih oleh-oleh palembang untuk dibawa pulang.



Leave a Reply