11 Makanan Khas Madiun Terkenal Paling Lezat Rekomended Banget


Reni  May 15, 2018  2 Comments

Makanan khas Madiun identik dengan hidangan yang sederhana dan murah, tapi mampu memuaskan indera pengecap. Tidak didominasi oleh satu rasa, melainkan beragam kenikmatan, mulai dari asin, manis, asam hingga pedas. Di samping mempunyai banyak potensi wisata, kota yang masuk dalam wilayah administrasi Provinsi Jatim ini menawarkan berbagai macam sajian khas, seperti:

1. Nasi Pecel

Nasi Pecel

nasirullahsitam.com

Hampir setiap daerah di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur memiliki varian pecel masing-masing. Tapi, yang ada di Madiun ini sedikit berbeda, baik dari sisi bahan maupun lauk. Jika di daerah lain dominan dengan sayuran hijau, pecel di kota tersebut diberi tambahan kembang turi, yaitu sejenis lalapan berwarna putih yang amat digemari masyarakat Jawa.

Lauknya pun bukan rempeyek atau tempe, melainkan lempeng alias kerupuk nasi. Meski demikian, pembeli bebas memilih lauk tambahan, seperti tahu, telur dadar, ikan, ayam goreng, sate telur puyuh, hati ampela dan sebagainya. Biasanya, hidangan ini dipresentasikan dalam sebuah pincuk dari daun pisang.

Jadi, nasi diletakkan pada wadah tersebut, lalu beraneka sayuran ditumpuk di atasnya. Terakhir, disiram dengan sambal kacang dan diberi lauk. Bumbunya sendiri terbuat dari kacang tanah, cabai, kunyit, jahe, gula aren dan bumbu rahasia yang didapat dari resep turun temurun. Begitu dikecap lidah, perpaduan kelezatannya sangat terasa.

Kuliner ini bisa ditemui di Jalan Cokroaminoto, Jalan Imam Bonjol dan sekitar Alun-alun Madiun. Beberapa penjual juga ada yang menawarkan bumbu pecel sebagai oleh-oleh, dibanderol dengan harga mulai dari Rp30.000,-/bungkus.

Nyobain Makan Seafood Kekinian Di Bah Bleng Seafood Madiun

Makan Bareng Keluarga Di Resto Itik Emas Madiun, Itiknya Beneran Juara!

2. Nasi Jotos

Nasi Jotos

instagram.com/nditbulbul

Walau tidak sepopuler pecel, makanan yang bernama lain sego jotos ini sangat disukai masyarakat Madiun. Dalam Bahasa Indonesia, “jotos” berarti pukulan atau tinjuan. Tapi, namanya bukan didasarkan pada harga sajian tersebut yang bisa membuat dompet babak belur, melainkan bentuk bungkusannya yang menyerupai kepalan tangan. Mirip dengan nasi jinggo dari Bali atau sego kucing khas Jogja.

Satu porsi hidangan itu berisi nasi putih, lengkap dengan lauk sederhana, seperti tempe, tahu, telur dan mie atau bihun. Keistimewaannya terletak di sambalnya yang mempunyai cita rasa nikmat. Biasanya, nasi jotos dijual pada sore hari dan menjadi sobat nongkrong yang paling pas.

Beberapa tempat yang terkenal akan kelezatan sego jotosnya ada di Jalan MT. Haryono, Jalan Mayjend Pandjaitan, Jalan Salak dan Jalan Mangga.

3. Soto Kutilang

Soto Kutilang

bukuresep.info

Seperti pecel, soto juga banyak dijumpai di Pulau Jawa. Tapi, tiap daerah tentu memiliki penyajian yang berbeda-beda, tak terkecuali Kota Madiun. Di sana, ada salah satu warung sederhana yang terkenal dengan hidangan soto nan gurih dan enak. Namanya soto ayam kampung Bu Topo atau dijuluki dengan soto kutilang.

Makanan legendaris itu telah dinikmati sejak puluhan tahun yang lalu. Meski demikian, ia masih mampu menggeser berbagai kuliner yang merajalela. Warungnya tidak pernah sepi pembeli, bahkan saat sudah tutup pun masih banyak yang antri. Selain dari segi rasa yang lezat, porsi soto tersebut amat melimpah, terutama dagingnya.

Bila masih kurang, pembeli dapat menambah lauk, seperti empal, babat, perkedel kentang, usus atau keripik tempe.

4. Lontong Tahu Telur

Lontong Tahu Telur

bukuresep.info

Masyarakat setempat kerap menyebutnya dengan tahu panggung. Penganan ini berupa lontong, tahu dan telur yang disiram bumbu kacang, lalu diberi taburan bawang goreng serta daun bawang. Sedapnya tahu telur yang berpadu dengan sambal kacang akan langsung menggoyang lidah sejak suapan pertama. Makanan tersebut bisa ditemukan di kedai yang berlokasi di Jalan Merbabu, Madiun.

5. Pentol Corah

Pentol Corah

makananenaakenaaknyaamnyaamdelicious.blogspot.co.id

Bagi penggemar makanan pedas, haram hukumnya bila melewatkan camilan ini. Terbuat dari campuran tepung terigu, tepung kanji, air dan aneka bumbu rempah, seperti bawang putih, merica serta garam. Setelah diuleni, adonan tersebut dapat dimasukkan ke dalam tahu, kemudian dikukus.

Jika sudah matang, biasanya dihidangkan bersama saus yang diberi cabai, bawang putih, merica dan garam.

Konsumen bisa menikmati pentol corah dengan ceker ayam goreng dan aneka kerupuk. Jajanan yang mampu membikin lidah terbakar itu bisa dibeli di pusat pembuatan dan penjualannya di RT/RW 018/006, Rejomulyo, Kertoharjo, Madiun. Di sana, pentol corah dijajakan dengan konsep kaki lima hingga kafe.

6. Bluder Cokro

Bluder Cokro

travel.akurat.co

Sebetulnya, terdapat beragam roti bluder yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Madiun, tapi di antara semuanya bluder cokro-lah yang mampu merebut popularitas mereka. Ikon buah tangan khas Kota Gadis ini sudah ada sejak lama, tepatnya pada masa kolonial Belanda, namun belakangan mulai naik daun. Sebelum populer, cuma orang-orang tertentu saja yang tahu keberadaannya.

Kini, roti yang memiliki bentuk unik dan tekstur lembut tersebut dinikmati oleh berbagai kalangan. Apalagi, proses pembuatannya masih dengan cara tradisional serta tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga lebih enak dan menyehatkan. Tapi, hanya mampu bertahan hingga 6-7 hari. Bluder cokro tersedia dalam beraneka varian, seperti original, coklat, keju, kismis, kacang, abon, strawberry, nanas dan masih banyak lagi.

7. Brem

Brem

prelo-wordpress.s3.amazonaws.com

Salah satu ikon Kota Madiun ini terbuat dari sari ketan yang telah difermentasi. Bentuknya kotak pipih dan berwarna putih kekuningan. Brem mempunyai rasa yang segar dan begitu melebur di mulut, manisnya akan menyebar di lidah. Selain original, ada aneka varian yang bisa dipilih, seperti strawberry, keju, coklat dan lain-lain.

8. Kue Manco

Kue Manco

langgamlangitsore.blogspot.co.id

Makanan khas Madiun ini merupakan warisan nenek moyang yang menurut mitosnya tidak bisa dibuat di daerah manapun kecuali Desa Tambak Mas. Jajanan berbahan ketan itu ketika digigit akan membentuk rongga di dalamnya.

Proses pembuatan kue manco cukup sederhana. Tepung ketan diberi air dan diaduk hingga bentuknya menyerupai donat. Setelah direbus dan dikeringkan bisa dibentuk segitiga kecil-kecil. Kemudian adonan dapat digoreng hingga mengembang dan dicampur dengan gula merah cair. Terkadang, ada yang diberi perisa, seperti beras atau kacang.

9. Madumongso

Madumongso

id.wikipedia.org

Kudapan ini kerap disuguhkan pada saat lebaran. Bahan utamanya adalah ketan hitam yang difermentasi hingga menjadi tape. Kemudian dimasak bersama santan dan gula sampai teksturnya menyerupai dodol.

Pengemasan madumongso cukup unik, yakni menggunakan kertas minyak warna-warni. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari bulat hingga lonjong.

Rasa penganan tersebut sedikit asam, tapi sangat nagih. Untuk memperolehnya tidak sulit karena tersedia di hampir semua pusat oleh-oleh.

10. Lempeng

Lempeng

masakandapurku.com

Orang Madiun kerap menyebut camilan ini dengan kerupuk puli. Dibuat dari nasi yang digepengkan, lalu dijemur hingga kering. Ciri-ciri lempeng yang baik, yaitu mudah pecah serta lebih cepat ditumbuhi jamur apabila tidak segera digoreng.

Sedangkan yang kurang baik biasanya tampak keras. Banyak toko yang menyediakannya dalam bentuk mentah maupun matang.

Perlu diketahui, proses pembuatan lempeng melibatkan bahan pengawet berwarna kuning yang dikenal dengan nama bleng. Di dalamnya terkandung borax. Meski dengan kadar sedikit, tapi sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

11. Wedang Cemoe

Wedang Cemoe

kaskus.co.id

Bukan makanan khas Madiun, melainkan minuman yang dihidangkan dalam keadaan hangat. Satu mangkuk wedang cemoe berisi santan kelapa, potongan roti tawar dan kacang tanah goreng. Menghadirkan rasa yang manis serta hangat di tenggorokan.

Biasanya, minuman tersebut dinikmati bersama aneka gorengan. Bagi Anda yang mengaku traveler atau kuliner mania, rugi kalau belum mencoba hidangan-hidangan di atas. Jadi, supaya perjalanan lebih lengkap, sempatkan untuk berburu dan icip-icip makanan khas Madiun saat berkunjung ke sana.



Leave a Reply

2 Comments
  1. Jessica says:

    Cobain juga deh Ayam Goreng Kemangi di jalan Sulawesi. Tempatnya mewah banget tapi harganya murah, ga nyangka di Madiun ada restoran seperti itu.

    • Reni says:

      Terima kasih rekomendasinya kak, Pas Ke Madiun Pasti kita cobain ayam gorengn kemangi dan bikin review.

      Oh ya kak, Boleh lo reviewnyw ditulis di gotravelly.com

      kami tunggu. terima kasih