Kuliner

10 Dessert Paling Enak Dari Mancanegara

10 desert paling enak dari mancanegara ini sudah tersohor kenikmatannya hingga ke penjuru dunia. Setiap negara, tentunya mempunyai makanan atau cemilan yang khas dari masing-masing tempatnya. Desert merupakan cemilan penutup mulut yang disajikan apabila sudah melakukan makan berat. Desert ini beragam ada yang memiliki rasa manis, gurih, asin, dan lain-lain. Lalu, apa sajakah dessert yang paling enak dari berbagai negara tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini!

1. Baklava (Turki)

dessert paling enak dari mancanegara
idntimes.com

Baklava merupakan cemilan penutup mulut alias dessert khas dari Turki. Baklava ini sangat terkenal diseluruh penjuru turki hingga ke berbagai negara lainnya karena desert yang satu ini memiliki penyajian dan rasa yang unik serta lezat. Baklava terbuat dari lapisan-lapisan phyllo pastry yang diisi oleh kacang cincang dan kemudian diberikan semacam sirup dan juga madu. Tidak heran apabila desert ini menjadi lezat dan kaya akan rasa dikarenakan dari adonan phyllo pastry nya sendiri yang merupakan lembaran tipis yang terbuat dari berbagai macam campuran tepung, air, minyak, kuning telur, dan cuka yang menjadikan pastry ini gurih dan legit. Isiannya pun bisa dimodifikasi dengan berbagai macam kacang, misalnya seperti kacang pistachio, kacang tanah, hingga kacang mede.

2. Mochi Ice Cream (Jepang)

Jepang memang sudah terkenal dengan berbagai macam teknologi dan produk yang canggih tanpa terkecuali pada bidang kulinernya. Mochi ice cream merupakan dessert paling enak khas Jepang yang merupakan adonan dari tepung beras ketan yang kemudian diberi isian es krim berbagai macam rasa. Kue mochi ini dibuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga padat yang kemudian dibentuk bulat. Umumnya, mochi memiliki isian kacang tanah, pasta kacang merah, coklat, dan lain-lain. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, varian isi dari mochi ini juga semakin bervariasi dengan ditambahkannya es krim yang membuat mochi tersebut menjadi manis, legit, lembut, dan menyegarkan.

3. Tanghulu (China)

Tanghulu merupakan dessert khas dari negara tiongkok atau China. Tanghulu merupakan desert yang berupa manisan buah tradisional yang disajikan dengan ditusuk dan ditumpuk menggunakan tusuk sate. Sebagai pelapisnya, buah-buahan tersebut biasanya akan dicelupkan pada lelehan sirup gula ataupun coklat yang nantinya berperan sebagai coating atau pembungkus yang kemudian ditaburi dengan biji wijen. Buah-buahan yang biasa digunakan dalam proses pembuatan tanghulu adalah strawberry, cherry, tomat, blueberry, nanas, pisang, kiwi, dan anggur.

4. Gulaab Jamun (India)

Gulab Jamun ini merupakan dessert khas dari negara India dan sangat populer disana. Desert ini terbuat dari susu yang kemudian dicampurkan dengan terigu lalu dimasak dengan digoreng dan disajikan dengan menggunakan sirup gula ataupun bisa juga menggunakan sirup mawar. Anak-anak sangat menyukai desert ini dikarenakan memiliki rasa yang manis, lezat, dan memiliki tekstur yang sangat lembut.

5. Pie Apel (Amerika Serikat)

Orang-orang Amerika sangat menyukai berbagai macam olahan pastry misalnya seperti pie ini. Pie bisa dimodifikasi isiannya mulai dari yang memiliki rasa asin, gurih, hingga manis seperti pie apel ini. Desert ini tergolong sebagai makanan tradisional yang biasanya disajikan dengan menggunakan whip cream, es krim, hingga lelehan keju mozarella sebagai pelengkap dari dessert khas Amerika ini. Pie dari Amerika ini memiliki ciri khusus yaitu bagian atasnya ditutupi dengan menggunakan pie dough, sedangkan pada negara lain, misalnya Perancis tidak ditutupi lagi dengan menggunakan pie dough pada bagian atasnya.

6. Creme Brulee (Perancis)

dessert paling enak dari mancanegara
dwiaprixz.wordpress.com

Creme brulee merupakan desert atau penganan pencuci mulut khas dari negara Perancis yang biasa dikenal dengan istilah krim panggang. Creme brulee merupakan puding susu tebal yang pada bagian atasnya dibakar dengan menggunakan obor karamel. Sebenarnya, untuk membuat desert ini cukuplah mudah karena hanya membutuhkan bahan-bahan seperti susu krim, gula pasir dan merah, kuning telur, dan ekstrak vanili. Kemudian, semua bahan tersebut dimasak diatas api sedang yang kemudian diberi gula merah diatasnya dan dipanggang dengan menggunakan obor karamel.

7. Pavlova (Australia dan Selandia Baru)

dessert paling enak dari mancanegara
travel.tribunnews.com

Kue pavlova ini merupakan desert yang bisa Anda jumpai di Australia dan Selandia Baru. Negara Inggris pun mengenal kue jenis ini, akan tetapi mereka jarang mengkonsumsinya. Kue ini sering digunakan sebagai makanan pencuci mulut di daerah Australia dan Selandia Baru. Kue ini terbuat dari campuran putih telur, gula yang kental, cuka, tepung, dan vanila. Kombinasi dari bahan-bahan tersebut akan memberikan tekstur kue yang rapuh dan juga lembut seperti marshmallow. Pada bagian topping, biasanya pavlova disajikan dengan buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti berbagai jenis berry, mangga, jeruk, dan lain-lain. Banyak orang yang menyukai pavlova, oleh sebab itu tidak heran apabila pavlova masuk kedalam jajaran 10 Desert Paling Enak Dari Mancanegara.

8. Kastill Pudding (Inggris)

dessert paling enak dari mancanegara
telegraph.co.uk

Desert lainnya yaitu penganan khas Inggris yang berbahan dasar agar-agar yang kemudian diberi nama Kastill Pudding. Pudding ini berbeda dari pudding lainnya karena memiliki bentuk yang seperti kastill yang kemudian diberikan selai strawberry yang mengalir dan menuruni sisi-sisi pudding tersebut. Pudding ini berbeda dari pudding lainnya dikarenakan biasanya pudding lain dibuat dengan cara didinginkan, akan tetapi kastill pudding ini dibuat dengan cara dipanggang.

9. Tiramisu (Italia)

Selain terkenal dengan nama Tiramisu, dessert lezat khas dari Italia ini juga terkenal dengan nama Siena. Kue ini tergolong unik karena tidak melalui proses pemanggangan. Sehingga, pada proses pembuatannya biskuit yang merupakan bahan dasar dari Tiramisu ini direndam dalam larutan kopi dan juga keju mascarpone. Biskuit-biskuit tersebut kemudian disajikan dengan cara disusun dengan menggunakan krim dan didinginkan pada lemari es agar tidak mudah hancur ketika disantap. Pada resep aslinya, tiramisu tidak dicampurkan dengan alkohol, namun seiring dengan berkembangnya zaman penganan ini dicampurkan dengan tambahan rum ataupun anggur.

10. Churros (Spanyol)

dessert paling enak dari mancanegara
taste.com.au

Churros merupakan dessert lezat lainnya yang khas dari Spanyol. Desert ini sudah terkenal ke berbagai negara seperti Amerika, Korea, Jepang, Afrika, hingga Indonesia. Kue churros ini terbuat dari tepung gandum dan bahan-bahan lainnya yang dibuat dengan 100% minyak sayur non kolesterol. Makanan pencuci mulut ini kerap kali disajikan saat musim dingin. Churros juga bisa ditemukan di bioskop atau pertandingan-pertandingan olahraga. Desert dengan bentuk panjang yang seperti tongkat ini kemudian diberikan taburan bubuk kayu manis, gula, dan bisa juga ditambahkan dengan topping buah-buahan manis yang semakin membuat desert ini menjadi desert yang memiliki rasa sangat manis dan juga lezat. Tidak heran apabila Churros masuk kedalam jajaran 10 Desert Paling Enak Dari Mancanegara.

Join The Discussion