10 Oleh Oleh Khas Trenggalek Yang Murah Dan Mengesankan


Fida  September 3, 2021  0 Comment

Saat liburan tiba, mengunjungi suatu daerah untuk berwisata tentu menjadi salah satu hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Selain mengunjungi tempat wisata, anda juga dapat berburu kuliner lezat dan khas dari berbagai daerah.Trenggalek menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang dikenal memiliki cukup banyak tempat wisata serta kuliner lezat. Saat berlibur ke Trenggalek, ada yang kurang rasanya jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh.

10 Oleh Oleh Khas Trenggalek :

1. Ikan Asap

Ikan Asap
tripadvisor.com

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang cukup khas dan banyak diburu oleh wisatawan adalah ikan asap. Ikan asap sangat mudah dijumpai di area pantai di Trenggalek. Anda dapat menikmati berbagai varian ikan asap yang terbuat dari ikan tuna, tongkol, layur, dan ikan laut lainnya.

Ikan asap khas Trenggalek dijual dengan harga yang cukup beragam yakni berkisar Rp 20.000,-. Anda akan merasakan sensasi ikan asap yang khas saat mencobanya.
Ikan asap menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang setelah berlibur ke Trenggalek.

paket wisata murah dan terpercaya

Pasir Putih Karanggongso Dan Mangrove Pancer Cengkrong

Rekomendasi Liburan Akhir Pekan Di Kota Trenggalek

2. Sego Gegok

Sego gegok Oleh Oleh Khas Trenggalek
idntimes.com

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang banyak diburu oleh wisatawan adalah sego gegok. Pernah mendengar sebutan sego gegok? Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan bahan utama sego atau nasi. Sego gegok dijual dengan berisikan nasi dan sambal teri.

Baca juga :  8 Tempat Wisata Terbaik di Dunia 2023, Intip yuk!

Makanan yang satu ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan melalui proses pengukusan hingga matang. Sego gegok memiliki porsi kecil yang hampir sama dengan nasi kucing. Anda dapat dengan mudah menjumpai sego gegok di Kecamatan Bendungan. Selain dapat mencobanya langsung, kebanyakan orang juga memilih untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

3. Manco

Manco Oleh Oleh Khas Trenggalek
tokopedia.com

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang sayang untuk dilewatkan adalah manco. Manco merupakan kue kering yang memiliki tekstur renyah dan legit. Makanan yang satu ini terdiri dari dua jenis yakni manco wijen dan manco ketan.

Bahan utama pembuatan manco adalah tepung ketan. Tepung ketan akan diolah menjadi adonan kemudian digoreng. Setelah melalui proses penggorengan, manco kemudian dibalut dengan menggunakan gula merah serta wijen. Manco dijual dengan kemasan praktis dan dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Trenggalek.

4. Keripik Tempe Sagu

 Keripik Tempe Sagu Khas Trenggalek
cookpad.com

Saat bingung menentukan oleh oleh khas Trenggalek untuk dibawa pulang, keripik tempe sagu dapat menjadi pilihan yang tepat. Keripik tempe sagu menjadi salah satu oleh-oleh primadona khas Trenggalek. Tidak hanya banyak diburu oleh wisatawan, tetapi juga banyak warga lokal yang menggemarinya.

Hal yang membedakan keripik tempe ini dengan keripik tempe lainnya adalah kedelai yang akan dibuat tempe terlebih dahulu dicampur dengan sagu. Setelah kedelai dicampur sagu dan ragi, kemudian didiamkan hingga jadi tempe. Setelah itu melewati proses pengolahan sehingga menjadi keripik dengan tekstur renyah. Keripik tempe sagu ini menawarkan cita rasa yang gurih dan cocok dinikmati oleh semua kalangan.

5. Punten Pecel

Punten Pecel Khas Trenggalek
food.detik.com

Punten pecel menjadi salah satu makanan yang juga kerap dipilih oleh wisatawan sebagai oleh oleh khas Trenggalek. Keunikan makanan yang satu ini adalah adanya nasi gurih yang dimasak padat. Sekilas memang nasi gurih tersebut mirip dengan lontong tetapi memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda.

Baca juga :  Rekomendasi Soto Enak di Bandung, Menu Comfort Food Banget!

Nasi gurih padat yang telah dipotong-potong kemudian ditambah dengan pecel dan sayuran pelengkap seperti tauge dan juga sayuran hijau. Makanan yang satu ini cocok dinikmati saat pagi hari sebagai sarapan. Anda dapat dengan mudah menjumpai punten pecel saat berada di Trenggalek.

6. Keripik Tempe

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Trenggalek
dapurkobe.co.id

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang cukup populer dan dikenal oleh wisatawan adalah keripik tempe. Satu ini dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Trenggalek. Keripik tempe dibuat dengan mengiris tipis tempe kemudian dilapisi adonan tepung serta irisan daun jeruk kemudian digoreng.

Anda dapat menikmati keripik tempe dengan tekstur yang sangat renyah dan rasa yang gurih. Terdapat berbagai varian rasa yang bisa dipilih diantaranya original, pedas, dan lain-lain. Keripik tempe biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jika ingin mengunjungi salah satu pusat industri rumahan keripik tempe, Anda dapat datang ke kelurahan Tamanan, Trenggalek.

7. Sale Pisang

 Sale Pisang
blog.sayurbox.com

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang sayang untuk dilewatkan adalah sale pisang. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh. Sale pisang biasa dijual dengan dua bentuk yakni berupa gulungan atau memanjang.

Olahan sale pisang merupakan pisang yang dikeringkan dengan cara diasap. Anda akan merasakan sensasi rasa manis karamel dengan aroma yang khas saat menikmati sale pisang. Karena memiliki cita rasa yang unik, tidak heran jika makanan yang satu ini banyak diburu dan disukai oleh semua kalangan.

8. Kerupuk Kali

Kerupuk Kali
kompas.com

Kerupuk kali menjadi salah satu camilan yang sekaligus kerap dibeli sebagai oleh oleh khas Trenggalek. Kerupuk kali dapat dengan mudah Anda jumpai di warung warung pinggir jalan. memiliki keunikan yakni proses memasaknya yang menggunakan pasir.

Baca juga :  11 Makanan Khas Pulau Jawa Terkenal Di Dunia Buruan Wisatawan

dibuat dengan menggunakan bahan yang kurang lebih sama dengan kerupuk pada umumnya. Tekstur yang renyah dan rasa yang gurih menjadikan kerupuk ini kerap dipilih dan diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Anda dapat membelinya dalam berbagai varian seperti asin, manis, dan juga pedas.

9. Alen Alen

Alen Alen
shopee.co.id

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang dapat Anda coba adalah alen-alen. Camilan yang satu ini dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Trenggalek. Alen-alen memiliki tampilan yang khas yakni berbentuk bulat seperti cincin dan berwarna kuning.

Alen-alen dibuat dengan menggunakan pati singkong yang dicampur dengan berbagai rempah seperti bawang putih, ketumbar, dan juga kunyit. Teksturnya yang gurih dan renyah menjadikan alen-alen sayang untuk tidak Anda coba. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

10. Madumongso

Madumongso  Khas Trenggalek
tandaseru.id

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang cukup populer adalah madumongso. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Madumongso memiliki tampilan yang mirip dengan dodol atau jenang. Bahan utama yang digunakan adalah ketan hitam yang difermentasi. Setelah difermentasi, ketan hitam kemudian diolah dengan gula hingga menjadi dodol.

Madumongso biasa dibungkus dengan kertas warna-warni atau plastik transparan. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Trenggalek. Madumongso juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.



Leave a Reply