Rujak Manis Semeru: Kuliner Legendaris Kota Malang yang Istimewa

rujak manis semeru

yulianis94 | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | halal
15 Jul 2019


Rujak Manis Semeru: Kuliner Legendaris Kota Malang yang Istimewa
Pecinta rujak, kalian wajib coba ini kalau ke Malang!

Rujak adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang banyak banget penikmatnya, termasuk aku. Di Indonesia, khususnya Jawa Timur, banyak banget ragam rujak yang bisa kalian nikmati. Kalo di Jawa Timur, yang paling favorit adalah Rujak Cingur yang bumbunya khas yaitu bumbu kacang dan petis yang kemudian diberi bermacam sayuran dan cingur (mulut sapi). Ada juga sih beberapa yang ngga suka sama Rujak Cingur ini. Tenang aja, kalian bisa cobain varian rujak lain yang rasanya ngga kalian suka, yaitu Rujak Manis. Di Malang, ada penjual rujak manis yang legendaris yaitu Rujak Manis Semeru.

Video by NET BIRO JATIM

Warung ini diberi nama Rujak Manis Semeru karena lokasinya ada di Jalan Semeru no 54, Malang. Lokasinya deket sama Stadion Gajayana di belakang Mall Olympic Garden. Gampang banget kok kalo mau kesini guys, banyak banget transportasi umum yang bisa digunakan.

Seperti yang udah aku bilang tadi, rujak manis ini cukup legendaris soalnya udah ada sejak tahun 1982 dan masih eksis sampe sekarang. Pelanggannya pun semakin hari semakin banyak guys dan katanya sih rasanya ngga pernah berubah dari dulu sampe sekarang. Masa iya?

Sesampainya di warung rujak ini, kalian akan melihat deretan beragam buah yang menggunung, nantinya buah-buah ini akan diiris menjadi rujak yang akan kalian makan nantinya. Untuk menunya, disini cuma ada Rujak Manis, Tahu Petis dan Es Degan. Harga seporsi rujam manis disini Rp 25.000 guys. Kemahalan? Ngga juga sih menurutku, worth it malah.

menu rujak manis semeru

Seporsi rujak manis ini terdiri dari potongan buah yang gede-gede banget. Bisa dibilang, dengan harga Rp 25.000 kita dapet porsi yang cukup gede guys. Porsi yang bisa dimakan berdua bahkan bertiga. Isian buahnya antara lain mangga muda, pepaya, nanas, bengkoang, timun dan tahu goreng. Karena potongannya yang lebih gede inilah jadinya makannya lebih puas. 

rujak manis semeru

Selain seporsi buah dengan potongan yang besar-besar ini, kalian juga akan disajikan sepiring bumbu rujak manisnya yang super banyak dan kental. Bumbu rujak ini sih yang istimewa banget guys. Ngga usah diragukan lagi deh kelezatannya karena bumbu ni bener-bener sempurna buat jadi cocolan buahnya. Takaran kacang, gula merah dan bawangnya bercampur sempurna jadi rasanya pas banget. Bumbunya bener-bener melimpah guys dan buahnya bener-bener fresh, ngga rugi deh pokoknya.

rujak manis semeru

Selain mencicipi rujak manis, kalian juga bisa mencicipi es degannya yang segar dan tahu petisnya yang lezat. Ukuran tahunya juga ngga kalah besar guys, untuk menikmatinya udah disediakan petis sebagai cocolannya, ngga lupa juga pake lombok biar makin mantap.

rujak manis semeru

Awalnya, rujak ini masih dijual diatas gerobak dengan cara berkeliling di wilayah Jalan Semeru dan kemudian sempat berpindah ke lokasi yang ngga jauh dari Jalan Kawi atau di Jalan Tangkuban Perahu. Setelah berpindah-pindah, akhirnya rujak ini menetap di Jalan Semeru ini guys.

Ngga heran, meskipun udah puluhan tahun buka pelanggannya masih banyak dan makin bertambah, soalnya rasanya emang bener-bener enak dan harganya terjangkau buat semua kalangan. Pokoknya dengan Rp 25.000 kalian udah bisa kenyang deh.

lokasi rujak manis semeru

Gimana? Pasti pengen cobain kan? Warung ini buka setial hari mulai jam 9 pagi sampe jam 4 sore. Kecuali hari Minggu tutup ya guys. Saran aku, kalo kalian pengen cobain makan disini jangan dateng terlalu sore ya soalnya kalo jam makan siang, warung ini suka dipenuhi pengunjung dan biasanya sebelum sore rujaknya udah habis. Selamat mencoba guys..

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY