11 Makanan Khas Jawa Barat Ini Enak Banget Rekomended


Reni  April 4, 2018  0 Comments

Pada dasarnya makanan khas Jawa Barat memiliki rasa yang pedas. Hal ini dikarenakan Jawa Barat sangat identik dengan udaranya yang dingin dan sejuk sehingga dengan adanya makanan pedas dapat menghangatkan tubuh secara alami. Meskipun begitu di Jawa Barat juga terdapat makanan yang tidak pedas. Nih dia referensi Makanan Khas Jawa Barat

Cumi Hideung

Cumi Hideung

resepmasakankuliners.blogspot.co.id

Cumi hideung merupakan makanan tradisional Jawa barat yang terbuat dari bahan dasar cumi-cumi. Dalam bahasa Indonesia cumi hideung ini diartikan dengan sebutan cumi hitam. Seperti namanya cumi hitam, maka tidak heran jika cumi ini dimasak sekaligus dengan tinta hitamnya sehingga membuat warnanya menjadi hitam.

Meskipun dimasak dengan tinta-tintanya, namun anda tidak perlu khawatir mengenai rasanya. Karena rasa cumi hideung ini sudah terbukti mempunyai rasa yang sangat luar biasa enaknya.

review kuliner

Menikmati Makanan Korea Di Happy Snow Bingsu

Hara Cafe & Bistro Bandung

Surabi

Surabi

bangbenreviewer.wordpress.com

Surabi atau biasa dikenal dengan sebutan serabi merupakan makanan yang paling banyak diminati dan dicari oleh masyarakat karena memiliki rasa yang sangat enak. Surabi khas Jawa Barat terdapat 2 jenis yakni surabi asin dan surabi manis.

Pada dasarnya surabi manis disajikan dengan kinca gula merah yang terbuat dari olahan gula pasir, gula merah, daun pandan serta santan. Sementara surabi asin ini juga menggunakan bahan-bahan seperti surabi manis hanya saja untuk membuat surabi asin harus ditambahkan campuran oncom di bagian atasnya. Surabi khas Jawa Barat ini biasanya disajikan sebagai kudapan sarapan.

Combro

Combro

modifikasimotormobil2013.blogspot.co.id

Combro merupakan jenis makanan khas Sunda yang terbuat dari bahan singkong dan oncom. Combro sendiri ialah kepanjangan dari oncom yang di jero ataupun terdapat oncom di dalamnya. Cara pembuatan combro cukuplah mudah yakni dengan cara singkong diparut.

Baca juga :  Liburan Asyik, 7 Tempat Wisata di Tanjung Lesung

Setelahnya singkong tersebut dibentuk lonjong ataupun bulat dan didalamnya dimasukan ataupun diisikan dengan sambal oncom. Selanjutnya tinggal anda goreng dan sudah bisa dihidangkan.

Rujak Kangkung

Rujak Kangkung

rujakangkungt10.blogspot.co.id

Pada dasarnya rujak merupakan olahan dari buah-buahan yang ditaburkan dengan bumbu kacangnya. Namun, jika anda membahas menganai rujak khas Jawa Barat tentunya berbeda dengan rusak pada umumnya.

Karena rusak khas Jawa Barat ini menggunakan bahan utama untuk pembuatannya ialah kangkung. Sehingga tidak heran jika rujak ini dinamakan dengan rujak kangkung. Rujak kangkung ini mempunyai sifat yang kering ataupun tidak berair sehingga membuat bumbu rujak ini terasa semakin pedas.

Untuk pembuatan rujak kangkung ini menggunakan bahan-bahan yang cukup sederhana yakni asam jawa. Perlu anda diketahui, yang membuat rujak kangkung ini terasa pedas dan juga asam ialah sebuah bumbu olahan dari asam jawa tersebut.

Lotek

Lotek

danang24.wordpress.com

Lotek merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang hampir menyerupai pecel. Karena makanan lotek ini terbuat dari sayuran segar yang direbus dan disiram dengan menggunakan topping sambal yang sudah dicampurkan dengan bumbu kacang.

Lotek khas Jawa Barat juga mempunyai keunikannya tersendiri karena bahan sambal yang digunakan sebagai topping tersebut sering dicampurkan dengan terasi, tempe, bawang putih dan juga gula merah.

Meskipun begitu, lotek khas Jawa Barat ini mempunyai rasa yang sedikit lebih manis dibandingkan dengan pecel pada umumnya. Makanan yang satu ini sangat nikmat apabila disajikan bersamaan dengan lontong ataupun nasi hangat.

Doclang

Doclang

agoesman120.wordpress.com

Doclang merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tahu, kentang, ketupat, telor serta bumbu kacang. Makanan ini memang mempunyai cita rasa yang sangat khas, sehingga tidak heran jika makanan ini sangat direkomendasikan bagi anda yang belum pernah merasakan kuliner khas Jawa Barat yang satu ini.

Baca juga :  9 Makanan Khas Fiji yang Lezatnya Bikin Ketagihan

Cara penyajian doclang ini juga cukup sederhana dan biasanya jika doclang untuk ketupat di bungkus dengan memakai daun patat. Doclang ini juga menjadi salah satu jenis makanan yang mempunyai gizi yang memandai untuk tubuh. Pada saat mengkonsumsi doclang lebih baik anda menambah kerupuk didalamnya agar rasanya menjadi lebih nikmat dan kriuk.

Karedok

Karedok

uniek88.wordpress.com

Karedok merupakan jenis makanan yang hampir mirip seperti pecel. Hanya saja bahan untuk pembuatan koredok ini tidak perlu direbus. Sehingga tak heran jika koredok juga terkadang disebut sebagai salah satu jenis salad tradisional.

Biasanya untuk mengkonsumsi koredok ini akan dicampurkan dengan mentimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi serta terong. Sementara untuk bumbu kacang yang digunakan pada karedok juga terlihat hampir sama dengan bumbu kacang pecel yakni terbuat dari bahan-bahan olahan cabe merah, kencur, bawang putih, air asam, garam, gula merah, terasi serta kacang tanah.

Empal gentong

Empal gentong

empalgentongmaning.com

Empal gentong merupakan makanan khas Jawa Barat atau lebih tepatnya makanan yang berasal dari Cirebon. Makanan yang satu ini menggunakan bahan utama daging sapi yang dimasak didalam gentong khusus, dan biasanya dimasak secara tradisional ataupun dengan menggunakan kayu bakar.

Sehingga tak heran jika empal gentong ini mempunyai cita rasa yang sangat sedap dan aroma yang sangat kuat. Empal gentong juga menjadi salah satu makanan yang sangat direkomendasikan karena memilliki rasa yang sangat lesat dan nikmat.

Peuyeum

Peuyeum

sportourism.id

Peuyeum merupakan salah satu jenis makanan ringan atau cemilan manis khas Jawa Barat. Peuyeum dibuat dengan menggunakan bahan dasar singkong yangs sudah difermentasi.  juga sering disebut sebagai tape singkong karena dalam proses pengolahannya harus difermentasi terlebih dahulu.

Baca juga :  10 Lokasi Kuliner Drive In di Jakarta

Pada dasarnya singkong tersebut akan dikukus dan ditaburi dengan ragi yang berguna untuk merangsang pertumbuhan jamur pada buah singkong tersebut. Peuyeum ini bisa anda konsumsi sebagai makanan ringan pengganjal perut yang dapat membuat anda terasa ketagihan.

Cireng

Cireng

craftlog.com

Cireng merupakang makanan khas Jawa Barat yang sangat populer dan terkenal dikalangan masyarakat lokal dan para wisatawan asing. Cireng ini juga menjadi makanan ringan ataupun cemilan yang bisa dikatakan cukup murah. Perlu anda ketahui, cireng ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, tepung tapioka, garam, bawang putih serta merica bubuk.

Biasanya cireng ini sering dikonsumsi dengan menggunakan bumbu kacang ataupun sambal lainnya. Namun saat ini cireng juga sudah tersedia dalam berbagai jenis rasa seperti cireng rasa sapi, keju, ayam, sois, teriyaki serta BBQ. Hal inilah yang membuat cireng menjadi salah satu jenis makanan yang sangat enak dan bisa direkomendasikan bagi para pencita kuliner khas Jawa Barat.

Sate Maranggi

Sate Maranggi

tabloidintan.blogspot.co.id

Indonesia memang cukup terkenal dengan berbagai makanan yang memiliki cita rasa yang enak seperti sate. Sate sendiri juga menjadi salah satu makanan yang cukup mendunia, sehingga tak heran jika sate menjadi makanan yang cukup populer di Indonesia dan mancanegara.

Nah, tahukah anda, jika sate yang terbuat dari olahan daging sapi ini berasal dari Indonesia atau lebih tepatnya di Jawa Barat. Sate khas Jawa Barat ini dibuat dengan menggunakan bumbu kecap manis, meskipun begitu sate ini juga mempunyai rasa yang sangat pedas. Sate khas Jawa Barat ini dikenal dengan sebutan sate maranggi yang mempunyai aroma yang sangat khas karena dibuat dengan menggunakan ketan bakar yang cukup gurih.



Leave a Reply

One Response