10 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Demak


Fida  August 19, 2022  0 Comment

Demak dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang menawarkan banyaknya tempat wisata serta kuliner lezat. Saat berlibur ke Demak, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh oleh sebelum pulang. Ada cukup banyak pilihan oleh oleh khas Demak yang menarik untuk kamu bawa pulang, berikut daftarnya.

1. Kerupuk Catak

kerupuk catak
tokopedia.com

Pernah mendengar sebutan kerupuk catak? Kerupuk catak dikenal sebagai salah satu makanan yang juga cocok kamu bawa pulang sebagai oleh oleh khas Demak. Kerupuk catak juga biasa dikenal dengan sebutan kerupuk ikan.

Bahan pembuatan kerupuk catak adalah dengan menggunakan daging ikan patin. Dulunya, kerupuk ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan elit saja. Seiring berjalannya waktu, kerupuk yang satu ini dapat dengan mudah dinikmati oleh semua kalangan. Teksturnya yang renyah dengan cita rasa lezat tentu akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

Gotravelly

Menara Pandang Teratai, Tawarkan Keindahan Kota Purwokerto Dari Ketinggian

Angkringan Anglo Watu : Angkringan Kekinian Dan Murah Meriah Di Jombang!

2. Abon Ikan Lele

abon ikan lele
lifestyle.okezone.com

Jika biasanya abon dibuat menggunakan bahan utama daging ayam atau daging sapi, namun beda lagi dengan abon khas Demak yang dibuat menggunakan bahan daging ikan lele. Abon lele menjadi salah satu makanan khas yang juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh oleh.

Abon lele dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh di Demak. Kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadikan abon lele sebagai salah satu oleh oleh favorit wisatawan. Kamu tidak perlu khawatir karena abon lele mampu bertahan lama. Selain cocok untuk dinikmati langsung, abon lele juga sangat lezat jika dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Bagaimana, tertarik untuk mencoba lezatnya abon ikan lele?

3. Batik Khas Demak

batik khas demak
radarsemarang.jawapos.com

Kain batik menjadi salah satu kain yang dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa daerah di indonesia menawarkan kain baik dengan warna serta motif khas yang berbeda beda. Saat berkunjung ke Demak, kamu juga dapat menjumpai batik khas Demak. Batik khas Demak juga menjadi salah satu oleh oleh khas Demak yang sayang untuk kamu lewatkan.

Salah satu batik yang populer di Demak adalah batik dengan motif Masjid Agung Demak. Kamu tidak perlu khawatir karena oleh oleh yang satu ini dijual dengan harga yang cukup beragam. Selain dapat membeli batik dalam bentuk lembaran kain, kamu juga dapat membeli produk batik siap pakai seperti baju dan tas.

4. Kerajinan Kaligrafi

kerjainan kaligrafi
kesbangpolinmas.demakkab.go.id

Tidak kalah menarik dengan oleh oleh khas Demak lainnya, kerajinan kaligrafi juga menjadi salah satu yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Kamu dapat menjumpai banyaknya pilihan kaligrafi dengan berbagai ukuran dan cocok digunakan sebagai hiasan di rumah.

Desa Tembiring menjadi daerah yang populer di Demak dan dikenal menawarkan banyak pilihan kaligrafi. Kamu tidak perlu khawatir karena kaligrafi khas Demak dijual dengan harga yang sangat beragam.

5. Brayo

brayo
jatengnews.id

Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan brayo bukan? Brayo dikenal sebagai salah satu camilan khas Demak yang dibuat menggunakan bahan utama bayam. Selain cocok untuk dinikmati langsung, brayo juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh oleh khas Demak untuk dibawa pulang.

Saat mencoba camilan brayo, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah serta cita rasa gurih. Kamu dapat menikmati camilan yang menyehatkan ini sembari bersantai. Camilan brayo biasa dijual dengan kemasan praktis serta memiliki harga yang terjangkau. Kamu dapat dengan mudah membeli makanan yang satu ini di berbagai toko oleh oleh di Demak. Sekali mencoba brayo, kamu akan dibuat ketagihan akan kelezatannya. Tertarik untuk mencoba camilan unik yang satu ini?

6. Koktail Belimbing

koktail belimbing
kabardemak.wordpress.com

Tidak hanya makanan, kamu juga dapat membeli oleh oleh khas Demak berupa koktail. Koktail yang populer dan wajib kamu coba saat ke Demak adalah koktail belimbing. Demak memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil belimbing sehingga tidak heran jika banyak olahan belimbing yang ditawarkan termasuk koktail.

Selain diolah menjadi koktail, belimbing khas Demak juga diolah menjadi produk lainnya seperti sirup belimbing hingga jus belimbing. Kamu dapat membeli koktail belimbing di berbagai toko oleh oleh di Demak. Tenang saja, koktail belimbing khas Demak dikemas dengan kemasan praktis dan aman untuk dibawa atau melakukan perjalanan.

7. Ikan Crispy

ikan crispy
bukalapak.com

Rekomendasi oleh oleh khas Demak berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah ikan crispy. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Ikan diolah dengan baluran tepung dan digoreng hingga krispi.

Selain cocok untuk dinikmati langsung, ikan crispy khas Demak juga cocok dipilih sebagai lauk untuk dinikmati bersama nasi hangat. Kamu tidak perlu khawatir jika ingin membeli ikan crispy sebagai oleh oleh karena cukup mampu bertahan lama. Renyah dan gurihnya ikan crispy tentu akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

8. Wingko Salem

Oleh Oleh Khas Demak
tfamanasek.com

Tidak perlu bingung menentukan oleh oleh khas Demak yang bisa dibawa pulang, kamu dapat memutuskan untuk berburu wingko salem. Wingko salem merupakan jajanan tradisional yang masih cukup mudah dijumpai hingga saat ini. Makanan yang satu ini memiliki tampilan bulat pipih dengan cita rasa khas yakni manis dan gurih.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat wingko salem diantaranya tepung ketan, gula, garam, dan juga parutan kelapa. Hidangan lezat yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh di Demak. Lezatnya wingko salem menjadikan makanan ini banyak diburu dan disukai oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa.

9. Kerupuk Udang Tambak

kerupuk udang tambak
jatengnews.id

Kerupuk menjadi salah satu makanan yang sudah tidak asing, khususnya di lidah orang Indonesia. Pernahkah kamu mencoba kerupuk udang tambak? Kerupuk udang tambak dapat dengan mudah kamu jumpai di daerah Demak. Kerupuk yang satu ini juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai salah satu oleh oleh khas Demak yang menarik untuk dibawa pulang.

Sesuai dengan namanya, kerupuk udang tambak dibuat dengan menggunakan bahan utama udang tambak. Aromanya yang khas ditambah dengan teksturnya yang renyah menjadikan makanan ini sayang untuk tidak kamu coba. Kerupuk udang tambak biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik.

10. Jambu Air

jambu air
tokopedia.com

Satu lagi rekomendasi oleh oleh khas Demak yang sayang untuk kamu lewatkan yakni buah jambu air. Jika dilihat sekilas, jambu air khas Demak memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan jambu air pada umumnya. Yang membedakan adalah jambu air khas Demak menawarkan cita rasa yang lebih manis jika dibandingkan jambu air biasa.

Selain manis, jambu air juga dikenal menyehatkan dan memiliki manfaat baik bagi tubuh. Saat datang ke Demak, jambu air menjadi salah satu rekomendasi oleh oleh yang tidak boleh kamu lewatkan.

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi oleh oleh khas Demak yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Saat berkesempatan datang ke Demak, oleh oleh manakah yuang paling menarik dan ingin kamu bawa pulang?



Leave a Reply