10 Makanan Khas Hawai Bikin Lidahmu Menari Hula Hula


Reni  October 28, 2019  0 Comment

makanan khas Hawai


Hawai merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di dunia, tak terkecuali bagi warga Indonesia. Ketika mendengar kata Hawai, yang pertama kali terbayang pasti wisata alamnya yang aduhai. Pulau di kawasan tropis nan eksotis ini memang layaknya surga, begitu pun soal makanannya. Ada beragam makanan khas Hawai yang patut Anda coba karena rasanya yang lezat dan menggoda.


Karena iklim tropis yang dimilikinya, vegetasi tumbuhan dan ragam hewan yang ada di tempat ini sangatlah bervariasi. Hal ini berdampak pula pada ragam makanan di Hawai yang banyak jenisnya. Olahan pangan berbahan dasar seafood, daging ayam, sapi, maupun babi banyak dijumpai di tempat ini. Namun, layaknya negara tropis lain, Hawai juga terkenal dengan buah dan sayuran segar.


Pesona Hawai memang sulit sekali untuk ditampik sehingga banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia datang ke sana. Kemungkinan inilah yang menjadi salah satu penyebab makanan khas Hawai berakulturasi dengan cita rasa khas negara lain. Hasil persimpangan budaya ini akhirnya menyuguhkan makanan yang cocok dengan lidah hampir semua orang. Nah, apa saja makanan yang patut dicoba ketika mengunjungi Hawai? Berikut daftarnya Makanan Khas Hawai yang Paling Banyak Dicari

1. Pipi Kaula

Pipi Kaula


Pipi Kaula merupakan opsi pertama yang wajib Anda coba ketika ke Hawai. Makanan ini menyerupai dendeng, walau bentuknya tak sama persis. Makanan khas ini dibuat dari olahan potongan daging sapi. Daging yang telah dipotong tersebut digoreng, lalu dikukus, dan terakhir dipanggang untuk menghasilkan cita rasa yang khas.
Pipi Kaula banyak dijumpai di berbagai kedai makanan di sekitar Hawai. Tekstur makanan garing di luar, namun sangat lembut di bagian dalamnya. Seperti halnya dendeng di Indonesia, Pipi Kaula hadir sebagai pelengkap dengan nasi sebagai hidangan utamanya. Namun dalam beberapa kesempatan, makanan ini bisa dijadikan kudapan dengan model irisan yang lebih tipis dengan dibumbui madu.

Gotravelly

Mau All You Can Eat Murah Dan Lengkap Di Surabaya? Ke Mr. Sumo Aja!

Kaya Serat, Asyiknya Ngunyah Salad Sayur Sehat Dan Segar

2. Lomi Salmon

. Lomi Salmon


Hawai cukup terkenal dengan pantainya yang banyak membentang mengelilingi kepulauan. Tak heran, seafood menjadi salah satu bahan utama untuk makanan khasnya. Secara harfiah, Lomi memiliki arti memijat. Hal ini mengindikasikan bahwa makanan tersebut diolah dengan tangan yang gerakan menyerupai teknik memijat.
Lomi Salmon tersusun dari potongan salmon fillet yang dipotong berbentuk dadu kecil. Potongan ini lalu dicampurkan dengan bahan lain, seperti tomat dan bawang merah lalu dibumbui lada. Bahan tersebut lalu diaduk bersamaan. Mirip dengan pembuatan salad, ya. Nyatanya, makanan ini diduga merupakan salah satu hidangan tertua di Hawai karena ditemukan sejak tahun 1700an lalu.

3. Poke

Poke


Masih tentang olahan laut, Poke merupakan makanan berupa salad seafood khas Hawai. Makanan ini diolah dengan cara yang sangat sederhana namun tetap terjamin kelezatannya. Jika dilihat sekilas, penyajian Poke mirip dengan Sashimi Jepang. Poke juga menggunakan bahan-bahan seafood yang masih mentah, seperti ikan, udang, cumi, maupun gurita.
Meski mentah, makanan ini aman untuk langsung disantap begitu saja. Untuk wisatawan yang tak biasa memakan seafood mentah, Anda bisa menambahkan saus untuk mengurangi mual. Poke memberikan sensasi fresh di mulut. Mungkin karena semua produk yang digunakan semuanya mentah dan fresh.

4. Acai Bowl

Acai Bowl


Sebagai salah satu negara beriklim tropis, Hawai terkenal dengan banyaknya ragam buah-buahan segar. Masyarakat lokal juga kerap mengkonsumsi buah-buahan ini sebagai santapan harian. Umumnya buah-buahan segar yang kerap dimakan adalah beri. Namun, kadang buah-buahan lain juga turut ditambahkan. Acai Bowl sendiri merupakan semangkuk buah-buahan segar yang ditambahkan granola dan madu sebagai menu sarapan.

5. Loco Moco

 Loco Moco


Salah satu menu favorit yang sangat populer di Hawai adalah Loco Moco. Menu ini terkenal akan kelezatan dan cita rasanya yang mampu menggetarkan lidah Anda. Hidangan ini terdiri dari nasi, patty burger dengan tambahan telur ceplok yang menggugah selera. Untuk semakin menambah kekayaan rasa, ditambahkan pula saus daging alias gravy. Sungguh lezat, ya.

6. Haupia

Haupia


Haupia merupakan sejenis hidangan penutup yang terkenal dan menjadi kegemaran bagi masyarakat lokal Hawai. Seiring berjalannya waktu, banyak pula wisatawan mancanegara yang penasaran untuk mencicipi makanan yang satu ini lalu jatuh cinta pada rasanya yang lezat.
Haupia sebenarnya merupakan pudding dengan bentuk kotak atau persegi panjang. Simple sekali ya tampilannya. Namun, soal rasa, Haupia ini memang juaranya. Terbuat dari kelapa muda segar dengan tekstur lembut, makanan ini sangat klop dengan karakteristik pantai di Hawai.

7. Chicken Longrice

Chicken Longrice


Makanan Hawai telah banyak mendapatkan pengaruh dari negara lain hingga memunculkan menu baru yang menggugah selera. Salah satunya adalah Chicken Longrice. Hidangan satu ini sangat kental dengan pengaruh masakan ala Tiongkok yang telah berakulturasi sejak kedatangannya di tahun 1800 silam. Makanan ini kini menjadi salah satu favorit bagi wisatawan, khususnya wisatawan Asia.
Chicken Longrice memadukan cita rasa oriental yang kental dengan cita rasa Hawai nan eksotis. Menu ini terbuat dari bahan dasar berupa mie yang diolah dari kacang hijau. Sementara kuah kaldunya berasal dari potongan daging ayam dan rebusan jahe yang memberikan efek menghangatkan badan.

8. Spam Musubi

Spam Musubi


Tak hanya mengadopsi dan berakulturasi dengan menu makanan dari Tiongkok, Hawai juga memiliki sushi khas Hawai bernama Spam Musubi. Ide makanan ini memang terinspirasi dari makanan khas Jepang yang terkenal seantero dunia yakni sushi. Dengan berbagai modifikasi untuk menyesuaikan dengan kearifan dan cita rasa lokal, lahirlah Spam Musubi ini.
Seperti layaknya sushi pada umumnya, Spam Musubi berasal dari nasi yang diisi dengan berbagai isian daging goreng. Selanjutnya nasi dibentuk persegi panjang dan dibungkus dengan rumput laut kering alias Nori. Umumnya, masyarakat lokal menjadikan menu ini sebagai camilan. Wah, camilan yang mengenyangkan sekali ya.

9. Lau Lau

Lau Lau


Secara literal Lau Lau memiliki arti daun. Tak mengherankan memang. Lau Lau merupakan hidangan khas Hawai yang menggunakan daun secara berlapis-lapis untuk membungkus daging ikan. Makanan ini memiliki cita rasa yang cukup unik namun lezat hingga menjadi kegemaran berbagai kalangan.


Untuk mendapatkan aroma menggoda dan tingkat kematangan yang diinginkan, Lau Lau dimasak dengan menggunakan teknik slow cook. Pemilihan teknik ini semakin menambah keunikan tekstur, aroma dan rasa makanan. Resep asli Lau Lau sebenarnya menggunakan ikan, namun beberapa kalangan memodifikasinya dengan menggunakan aneka jenis daging lain.

10. Malasadas

Malasadas


Malasadas merupakan jajanan khas Hawai yang mudah ditemui di setiap sudut kota. Jajanan ini menyerupai donat namun bertekstur crispy karena digoreng. Malasadas berbentuk bulat layaknya donat Indonesia dengan topping gula di atasnya. Jajanan ini bisa Anda temuai di kios-kios pinggir jalan atau kedai jajanan yang banyak membuka lapak di pinggir pantai.
Ternyata makanan khas Hawai banyak jenisnya, ya. Beberapa bahkan mirip dengan masakan versi Indonesia, walaupun cita rasanya telah disesuaikan dengan lidah orang Hawai. Dari sekian banyak makanan yang bisa Anda cicipi, mana yang menjadi favorit Anda?



Leave a Reply