9 Oleh-Oleh Khas Bekasi Paling Cocok Anda Bawa Pulang


Dila  May 9, 2018  0 Comment

Oleh Oleh Khas Bekasi – Anda tahu Kota Bekasi? Bekasi merupakan salah satu kota yang berada di kawasan Jabodetabek yang mempunyai beragam keindahan alam semesta yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sehingga tak heran jika banyak sekali wisatawan yang berbondong-bondong berkungjung menikmati keindahan alam di Kota Bekasi. Nah, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Bekasi maka diwajibkan untuk bawa pulang aneka macam oleh oleh makanan khas kota Bekasi. Meskipun tidak sebesar Jakarta, Bekasi ternyata juga memiliki banyak sekali oleh-oleh makanan khas yang bisa Anda beli ketika berkunjung ke Bekasi. Jadi, jika Anda berada di Bekasi dan ingin membeli oleh oleh makanan khas di Bekasi, tidak usah pusing. Pasalnya, banyak sekali pilihan oleh-oleh di Bekasi.

1. Kue Sagon

Kue Sagon

bisikan.com

Kue sagon merupakan jenis kue yang berbahan dasar tepung beras dan cukup populer sebagai jenis oleh-oleh makanan khas Kota Bekasi. Proses pembuatan kue sagon ini disangrai, sehingga akan menghasilkan cipta rasa dan aroma yang begitu khas. Bahkan kue sagon bentuknya sangat bervariasi, mulai berbentuk oval, kotak, lingkaran, persegi panjang dan sebagainya. Kue ini juga banyak diminati oleh para wisatawan yang berada di Bekasi karena cita rasanya yang gurih dan nikmat, untuk harganya juga terbilang murah.

Review kuliner

Nasi Ayam Saijo : Berasa Makan Lauk Doang!

Nyobain Makan Seafood Kekinian Di Bah Bleng Seafood Madiun

2. Kue Duit

Kue Duit

mamikos.com

Selain kue sagon, Bekasi juga memiliki kue duit. Kue ini namanya sangat unik, dijuluki sebagai “Kue Duit” dikarenakan bentuknya sangat mirip dengan kepingan duit koin atau uang koin. Kue duit ini terbuat dari bahan dasar tepung yang dicampur telur dan gula. Adonan kue tersebut dibentuk seperti bulatan tipis yang menyerupai uang logam, lalu langsung digoreng. Tekstur kue ini sangat renyah dan memiliki cita rasa yang manis. Kue ini sangat cocok untuk dijadikan camilan diwaktu sore hari dengan berkumpul bersama keluarga.

Baca juga :  15 Rekomendasi Restoran di Harapan Indah Bekasi

3. Kue Akar

Kue Akar

urban-bekasi.blogspot.co.id

Kue ini umumnya sangat terkenal di daerah Jakarta, tetapi banyak juga produsen kue akar di Bekasi yang membuat kue ini juga cocok untuk dijadikan oleh oleh khasBekasi untuk Anda bawa pulang. Bentuk kue akar ini menyerupai akar kelapa yang panjang dan bergerigi. Kue dari bahan dasar beras ketan, tepung ketan dan juga kelapa parut tersebut memiliki tekstur yang sangat renyah dan rasanya yang cukup manis ini cocok untuk Anda jadikan camilan. Untuk menemukan oleh oleh satu ini di Bekasi sangatlah mudah karena sudah banyak pusat oleh oleh yang ada di Bekasi sudah menjual kue akar ini.

4. Rangginang

Rangginang

adelfilingga0623.blogspot.com

Bekasi memang terkenal sebagai kota yang memiliki banyak UKM atau Home Industry yang melakukan produksi rangginang. Anda tahu rangginang? Rangginang merupakan sejenis camilan yang sangat gurih dan terbuat dari bahan beras. Camilan yang mirip bentuknya dengan kerupuk ini mempunyai tekstur yang juga renyah dan rasanya begitu gurih yang membuat siapa saja yang mengkonsumsinya akan merasa ketagihan. Proses pembuatan rangginang dibuat dengan cara dijemur dibawah terik matahari. Apabila sudah kering, rangginang siap digoreng hingga mengembang. Ada dua pilihan rasa ranggiang yakni rasa renyah dan rasa manis yang ditambahkan lapisan gula merah diatas rangginang tersebut.

5. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod

Kompasiana.com

Salah satu oleh oleh khas Bekasi paling terkenal ialah Bandeng Rorod. Apakah Anda sudah pernah mencoba untuk makan Bandeng Rorod ini? Bandeng Rorod merupakan sajian menu ikan bandeng tanpa adanya duri dalam makanan tersebut. Jika Anda suka mengkonsumsi ikan bandeng maka Bandeng Rorod tersebut merupakan pengembangan dari varian produk dengan bahan dasar ikan bandeng. Sebagai oleh oleh maka Bandeng Rorod ini biasanya dijual dengan bentuk kemasan kotak yang berisi 2-4 ikan bandeng setiap kotaknya. Pada umumnya, varian rasa Bandeng Rorod ini ada original dan juga pedas. Nah, pasti Anda ingin menyantap sajian Bandeng Rorod ini bukan? Jadi, buruan datang ke Bekasi.

Baca juga :  Intip 5 Hotel Di Bali Tawarkan Floating Breakfast di Atas Kolam Renang

6. Dodol Betawi

Dodol Betawi

oleholehbekasi.co.id

Bekasi adalah salah satu wilayah kota yang memiliki pengaruh besar terhadap budaya Betawi. Bahkan Bekasi kini sudah tinggali oleh banyak orang dari suku Betawi sejak pada zaman kolonial Belanda. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa kuliner Betawi dan budaya Betawi masih sangat besar pengaruhnya di Bekasi. Nah, salah satu bentuk makanan yang memiliki pengaruh besar terhadap budaya Betawi di Bekasi yakni dodol Betawi. Rasa dodol Betawi sangat enak dan legit, serta beraroma durian.

7. Wajik Ketan Hitam

Wajik Ketan Hitam

ar.pinterest.com

Salah satu oleh oleh khas Bekasi yang paling mudah untuk Anda temui di Kota Bekasi yakni wajik ketan hitam. Ya, wajik yang memiliki rasa yang manis dan tekstur kenyal ini cocok untuk Anda jadikan oleh oleh karena tingkat keawetan wajik ini sangatlah tinggi dan harganya juga tidak begitu mahal. Bahan baku dari makanan khas Kota Bekasi ini terbuat dari ketan hitam dan diberikan beberapa tambahan rempah-rempah untuk menguatkan rasa wajik tersebut. Nah, jika Anda minat untuk membeli makanan khas dari kota Bekasi ini, Anda bisa langsung membelinya di pusat oleh oleh di Kota Bekasi karena banyak yang sudah menjual makanan khas ini.

8. Bir Pletok

Bir Pletok

resepgulaku.com

Anda tahu Bir Pletok? Bir Pletok merupakan sejenis minuman khas orang Betawi yang sangat mudah untuk Anda temukan di kawasan Kota Bekasi. Meskipun terdapat kata “Bir” pada nama minuman ini ternyata minuman khas orang Betawi ini bukanlah sejenis minuman mengandung kadar alkohol yang tinggi dan memabukkan. Namun minuman ini ternyata justru sangat menyehatkan Anda karena bahan pembuatan dari Bir Pletok ini dari rempah-rempah. Bahkan khasiat utama dari Bir Pletok ini bisa meredakan pusing, masuk angin dan juga gejala flu yang melanda Anda. Nah, sebagai oleh oleh khas Bekasi, Anda bisa mendapatkan minuman menyehatkan ini di pusat oleh oleh yang berupa kemasan botol Bir Pletok yang siap diminum ataupun berupa sirup atau serbuk.

Baca juga :  8 Jajanan Takjil Khas Kalimantan Yang Paling Laris Diburu

9. Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang

tokopedia.com

Makanan khas Kota Bekasi ini cukup legendaris. Oleh oleh khas Bekasi ini bentuknya bulat-bulat kecil yang sangat cocok untuk Anda jadikan buah tangan ketika berada di Bekasi. Bentuk dari kue biji ketapang ini memang sangat mirip dengan biji ketapang yang bertekstur renyah, rasanya yang manis tetapi agak keras. Bahan untuk membuat kue ini diantaranya gula, telur, mentega dan tepung terigu. Kue ini bisa Anda temukan dengan mudah di daerah Bekasi Timur ataupun tempat di wilayah Bekasi lainnya.

Itulah 9 oleh oleh khas Bekasi paling cocok untuk Anda bawa pulang. Semua makanan khas Bekasi diatas terbilang murah dan tahan lama, sehingga cocok untuk buah tangan ketika berada di Kota Bekasi. Selamat belanja dan semoga bermanfaat!



Leave a Reply