7 Kuliner Khas Bosnia & Harzegovina


sisil angelin  April 24, 2019  0 Comment

Republik Bosnisa & Herzegovina merupakan negara yang berada di semenanjung Balkan, tepatnya ada di sebelah selatan Eropa. Luas negaranya 51.19 km2, jumlah penduduknya mencapai empat juta jiwa. Ada yang terkenal disana yaitu makanan khas Bosnia & Herzegovina. Makanannya memiliki rasa unik, khas, nikmat dan sedap. Siapapun yang datang ke sana harus mencoba makanan khas Bosnia & Herzegovina.

Negara Bonia Herzegovina memiliki kelompok etnik utama yaitu Kroasia, Serbia, dan Bosnia. Ada julukan khusus pada warga bosnia yaitu bosnians. Ibukota Bosnia Herzegonia adalah Sarajevo, kota terbesar yang menawarkan berbagai keindahan alam, perkotaan, wisata dan makanan khas Bosnia & Herzegovina.

Berkunjung ke Bosnia rasanya kurang jika tidak mencoba makanan khas. Makanan yang berada disana rasanya begitu lezat. Selain lezat makanan yang dijual harganya cukup terjangkau, sehingga Anda dapat kuliner sepuasnya tanpa menghabiskan uang banyak.

Berikut merupakan rekomendasi makanan khas Bosnia & Herzegovina yang patut dicoba.

1. Burek

Burek
patesmith.co

Makanan burek awalnya masuk ke Bosnia dibawa Ottoman. Sebenarnya Burek berasal dari negara Turki kemudian Ottoman membawanya. Burek merupakan makanan seperti kue yang terbuat dari keju, bayam, serpihan daging. Biasanya burek dijual di toko roti, bahkan hampir semua toko roti menjualnya. Terdapat resto khusus menjual burek dengan harga terjangkau. Resto tersebut menyajikan burek dengan aneka isi seperti irisan kentang, daging cincang, keju dan daging cincang campur keju. Anda wajib mencoba semua isinya karena rasanya sangat lezat.

Terkadang burek dibuat menjadi dua jenis. Perbedaan dari kedua jenisnya yaitu dalam penggunaan minyak. Ada burek yang menggunakan minyak berlebihan sehingga dipenuhi lemak, tetapi ada juga burek yang lemaknya sedikit. Jenis burek dipengaruhi oleh kesukaan orang, sehingga pembuatan burek makin bervariasi.

Baca juga :  10 Tahu Gejrot Paling Enak di Jakarta Kuah Pedasnya Mantul!
Review kuliner

Nyobain Mie Ayam Rp 4000,- Di Jombang, Rasanya Diluar Ekspektasi!

Es Kesambi 4 Salatiga: Slurrpppp.. Segarnya Es Pelepas Dahaga Menepis Panasnya Cuaca

2. Cevapi

Cevapi
thespruceeats.com

Makanan khas Bosnia &Herzegonia cevapi adalah sebuah kebab berukuran kecil. Kebab berbentuk lonjong yang isinya terdiri dari daging sapi, daging domba, dan bawang mentah. Roti kebab yang digunakan yaitu roti pita khas Bosnia. Masyarakat Bosnia sering memakan cevapi. Setiap siang dan malam selalu makan camilan ini untuk mengenyangkan perut.

Cevapi sering dikonsumsi masyarakat sehingga restaurant penjual makanan ini tersedia cukup banyak. Setiap restoran membuat rasa Cevapi dengan cara berbeda-beda, sehingga rasa cevapinya agak berbeda antara satu sama lain. Para pembeli cevapi bisa request isi cevapi sendiri, tergantung ingin isi daging domba, keju atau daging sapi bisa ditentukan secara bebas.

Penyajian kebab dilengkapi dengan kajmak, cincang bawang, cincang paprika merah, keju cottage,  garam, ajvar, saus krim asam yang rasanya nikmat.

3. Begova Corba

Begova Corba
tasteofbalkans.wordpress.com

Begova Corba merupakan makanan khas Bosnia & Herzegonia yang dalam bahasa inggris dikenal sebagai sup bey. Makanan sup lezat ini terbuat dari ayam yang dimasak dengan aneka sayuran seperti seledri, kentang, dan wortel. Proses memasaknya dengan menggunakan api kecil supaya tingkat kematangannya bagus. Sup bey memiliki tekstur kental dan warnanya krem.

Sup bey biasanya dimakan sebagai makanan pembuka. Penyajiannya langsung, jadi Anda bisa menikmatinya selagi hangat. Di negara Bosnis sering menyajikan sup bey dengan saus atau krim asam. Kemudian diletakkan pada mengkuk tanah liat, sehingga rasanya menjadi berbeda dan lebih enak dibandingkan Begova Corba lainnya. Penyajiannya menjadi ciri makanan yang khas.

Rasa sup bey tidak diragukan lagi, karena sangat enak. Menikmati sup bey lebih nikmat jika waktu musin dingin. Merasakan hawa dingin sambil makan makanan hangat membuat rasa nikmat makin meningkat.

Baca juga :  7 Makanan Khas Pangandaran Kelezatannya Hangatkan Perasaan

4. Dolma

Dolma
youtube.com

Ingin menikmati makanan dengan rasa berbeda di Bosnia, salah satu pilihannya yaitu bisa memakan dolma. Makanan yang terkenal kelezatannya terbuat dari sayuran terong, zucchini, lada, nasi, dan daging. Ada beberapa daerah di Bosnia tidak menggunakan sayur namun, menggantinya dengan bawang. Tentu saja rasanya agak berbeda namun tetap lezat.

Dolma terdiri dari dua jenis, dolma beras dan dolma daging. Dolma beras dibuat dengan menggunakan campuran saus bawang putih dan yogurt. Sedangkan dolma daging menggunakan bahan dasar buah lemon. Cita antara kedua jenis dolma berbeda.  Penyajian makanan dolma tidak langsung, karena makanan dolma lebih enak dinikmati ketika agak dingin.

5. Ustipci

Ustipci
worldfood.guide

Makanan khas Bosnia & Herzegovina ustipci merupakan camilan paling lezat. Ustipci berbentuk bulat, adonan bulat diisi dengan pemanis kemudian di goreng. Rasanya manis serta gurih. Dari dulu ustipci menjadi makanan camilan wajib bosnia. Resepnya turun menurun, sampai ke generasi sekarang. Ada perubahan rasa pada setiap resep antara generasi satu dengan lainnya.

Sekarang ustipci lebih bervariasi lagi, karena isinya dapat menggunakan selai keju, daging, dan madu.  Makanan camilan ustipci sangat cocok dinikmati waktu sore hari sambil santai. Hal pertama yang Anda rasakan ketika makan ustipci yaitu renyah, manis dan sedikit berminyak. Tektur rotinya lembut, setelah digigit timbul ledakan manis yakni dari isinya. Persiapkan kopi atau teh sambil menikmati ustipci.

6. Baklava

Baklava
foodnetwork.com

Baklava dinikmati sambil minum kopi, karena rasa manis baklava dapat menyempurnakan rasa pahit kopi. Baklava merupakan makanan penutup yang terbuat dari lembaran-lembaran roti filo. Baklava ukurannya kecil namun mengenyangkan perut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan gula dan rasa manis yang tinggi sehingga membuat perut cepat kenyang.

Baca juga :  Mengenal 7 Negara Balkan dan Tempat Wisata yang Menawan

Bahan yang digunakan pada lapisan manisnya yaitu kue kecil, sirup, madu dan lapisan kacang. Anda bisa mendapatkan baklava dengan mudah yaitu di toko kue. Satu porsi baklava berisi tiga potong. Meski mendapatkan tiga potong, Anda tidak bisa menghabiskan sendirian sehingga nikmatilah baklava bersama teman. Biasanya memakan baklava ramai-ramai rasanya lebih nikmat.

7. Sup kacang Bosnia

Sup kacang bosnia terbuat dari bahan kacang pilihan. Jenis kacang yang digunakan adalah kacang Peruano. Bahan pelengkap lainnya yaitu wortel, bawang dan paprika. Biasanya masyarakat bosnis kerap menambahkan potongan daging sapi ke dalam sup. Tujuannya untuk membuat rasa sup lebih sedap.

Tekstur sup kacangnya lunak dan rasanya enak. Sup kacang disajikan saat hangat, sehingga cocok dinikmati saat cuaca dingin. Sup kacang disajikan dengan mangkuk tanah liat. Masyarakat percaya kalau penyajian menggunakan mangkuk tanah liat, rasanya pasti lebih sedap.

Nah itulah makanan khas Bosnia & Herzegovina yang rasanya lezat. Waktu liburan ke negara Bosnia, Anda harus mencicipinya. Anda bisa mendapatkan berbagai makanan di atas dengan mudah di restauran, toko makanan di pinggir jalan, toko roti dan lainnya.

Saat lelah berkeliling mengunjungi tempat wisata, melipirlah mencari kuliner makanan khas Bosnia & Herzegovina. Didekat tempat wisata biasanya banyak makanan khas yang dijual untuk wisatawan. Anda bisa membelinya disana dan memakannya langsung. Makanan khas Bosnia & herzegovina rasanya sepuluh kali lipat lebih enak jika dinikmati pada saat lapar. Tunggu apalagi, yuk mampir menikmati enaknya makanan khas dari Negara ini.



Leave a Reply