Es Kesambi 4 Salatiga: Slurrpppp.. Segarnya Es Pelepas Dahaga Menepis Panasnya Cuaca

es kesambi Salatiga

attalicious | Sightseeing
Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia | halal
30 Jul 2020


Es Kesambi 4 Salatiga: Slurrpppp.. Segarnya Es Pelepas Dahaga Menepis Panasnya Cuaca
Selain variasi es yang beragam, bahan yang dibuat juga mostly homemade. Endulita!

Musim kemarau alias panas kaya gini emang paling cocok minum es buat nyegerin suasana. Kalo kamu kebetulan sedang berkunjung ke Salatiga, cobain deh Es Kesambi 4 Salatiga. Sesuai namanya, kedai es ini terletak di Jl. Kesambi Nomor 4 Salatiga. Dari eksterior kedai ini memang klasik. Tapi bukan yang dibuat-buat ya. Soalnya di deretan jalan ini memang banyak bangunan-bangunan tua yang masih terjaga keasliannya. Dan display depan kedai ini memang menggoda iman dan perut siapa pun yang lewat. Gimana engga? Deretan bahan-bahan es berjajar dengan rapi seolah-olah menggundang untuk singgah ke kedai ini. 

es kesambi Salatiga

es kesambi  kuliner Salatiga

Memasuki kedai, nuansa jadul lebih kental terasa. Setidaknya dari lantai, tatanan kedai, sampai pajangannya. Gak percaya? Liat nih ya. 

kuliner Salatiga

es kesambi Salatiga

Gimana? Berasa jajan di kedai jaman SMP ato bahkan SD dulu kan? hehehe. Sekilas kaya toko jualan kalender ya? haha. Mari bicara tentang makanannya. Ada banyak sekali pilihan es disini. Saking bingungnya, aku cuman bermodalkan 'yang spesial disini apa ya?' Dan oleh penjual tentu saja menjawab Es Kesambi. Jadilah aku memesan Es Kesambi, Es Yanghun dan Es Kombinasi. Yuk kita lihat penampakannya seperti apa. 

es kesambi Salatiga

Itu adalah Es Kesambi. Isinya ada papaya potong, agar-agar, Kendal tapi terbuat dari agar-agar, melon parut, puding rasa mocha, buah leci, ditaburi meses. Yang unik, penyajiannya pakai piring, bukan pakai mangkok. Sepertinya karena porsinya yang cukup jumbo, mungkin gak akan must kalau pakai mangkok. Tapi soal rasa, manisnya pas dan nyegerin banget! Gak kemanisan kaya es campur lainnya yang ujungnya malah bikin eneg. 

es kesambi kuliner salatiga

kuliner enak di Salatiga

Itu adalah menu favoritku, Es Yanghun. Aku jatuh cinta pada cicipan pertama! haha Isinya seru banget tau! Campuran berbagai manisan mulai dari manisan belimbing, manisan buah cerme, manisan mangga, manisan dondong, kolang-kaling, es cendol dan buah leci. Lengkap banget kan? Asli suegerrrrrr dan enak gak ada akhlak ini mah. 

 

es kesambi Salatiga

Nah kalau yang ini namanya Es Kombinasi. Isinya kolang-kaling, buah pepaya, agar-agar, cendol, susu kental manis, dan sisanya lupa. hahaha khilaf gak inget saking udah sibuk ngabisin ini es.

Oiya ini menu yang ada di Es Kesambi 4 ya. Ada banyak banget pilihannya kan, ampe keder sendiri milihnya. 

es kesambi Salatiga

Di Es Kesambi 4 ini gak cuman jualan es aja lho. Ada juga makanan berat seperti Gado-Gado, Tahu Lontong dan Mie Acar. Tapi karena kemarin fokus buat ngicipin es-esan ini, jadi gak sempet nyobain makanan beratnya. Yang gak kalah enak itu gorengannya. Ada tahu bakso, bakwan udang dan Martabak mini. Tahu baksonya super renyah karena digoreng agak garing. Crunchy abis! 

Apalah arti kuliner tanpa bicara harga... *tsaaahhh. Harga es disini memang agak pricey. Tapi mungkin kalo dibandingin boba-bobaan yang hampir sama lah. Seporsi Es Kesambi harganya Rp 25ribu, Es Campur Rp 25ribu, dan Es Yanghun Rp 12,5ribu. Kalo buat akut pribadi sih, worth it. Karena ak lebih suka es macem gini daripada boba-bobaan. 

Nah sekian review Es Kesambi 4 Salatiga dari aku. Terima gajih! Semoga bisa bermanfaat jadi referensi jajan kamu ya ~

Opening Hours
Open: 10.00 - 18.00 WIB
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.