11 Makanan Khas Banjarmasin Enak Banget Bikin Lidah Goyang


Reni  April 27, 2018  0 Comment

Indonesia terkenal dengan keindahan panorama alamnya, budayanya serta juga kulinernya. Dengan budaya yang berbeda- beda tersebut tentu saja akan menciptakan olahan makanan yang berbeda- beda pula dan bisa membuat lidah Anda bergoyang dan ingin nambah lagi dan juga lagi. Salah satunya adalah dengan mencicipi nikmatinya makanan khas Banjarmasin. Nah untuk Anda yang masih belum mengenal apa saja ini makanan khas Banjarmasin yuk simak beberapa makanan berikut ini yang nantinya bisa Anda cicipi.

1. Soto Banjar

Soto Banjar

veeone120184.wordpress.com

Makanan khas Banjarmasin pertama yang wajib Anda cicipi ketika Anda sampai di kota Banjarmasin ini adalah soto banjarnya. Mungkin Anda sudah pernah mencicipnya sebelumnya hanya saja jika Anda mencicipinya langsung di kota asalnya tentu saja cita rasanya akan berbeda.

Soto banjar ini biasanya menggunakan olahan daging ayam sebagai bahan utamanya, biasanya daging ayam tersebut disuir suir dengan ukuran kecil- kecil dan juga biasanya dilengkapi dengan perkedel dan juga telur setengah matang yang sudah diiris.

Tambahan telur setengah matang ini adalah salah satu yang membedakan soto banjar ini dengan soto- soto lainnya yang sering Anda santap.

Selain itu tahukah Anda jika soto ini juga berbeda dengan soto pada umumnya karena menggunakan kayu manis sebagai rempahnya bukan kunyit sehingga warnanya terlihat lebih bening dan juga biasanya diberikan taburan bawang goreng, daun bawang pada bagian atasnya.

Review kuliner

Soto Banjar cita rasanya yang khas 

Warung Nasi Kuning LILY Murah Meriah Porsi Personal Berkualitas Tinggi

Baca juga :  20 Makanan Khas Lampung Terkenal Paling Enak Dan Bikin Kangen!

2. Nasi Kuning Banjarmasin

Nasi Kuning Banjarmasin

Menikmati sarapan pagi Anda dengan makan nasi kuning tentu saja sangat lezat, namun tahukah Anda jika ternyata makanan khas Banjarmasin lainnya yang bisa Anda cicipi adalah nasi kuning, nasi kuning Banjarmasin ini berbeda dengan nasi kuning pada umumnya, karena biasanya menggunakan beras khusus yaitu beras pera bukan nasi dengan beras pulen yang menjadi bahan dasar dari nasi kuning umumnya.

Tentu saja dengan pilihan nasi yang berbeda maka cita rasanya juga akan berbeda pula. Jika pada umumnya nasi kuning menggunakan daun salam, namun dinasi kuning Banjarmasin ini menggunakan daun pandan dan juga kunyit sebagai pewarna alaminya, dan Anda bisa menikmati nasi kuning ini dengan lauk pelengkap seperti serundeng dan juga lauk dengan bumbu hadang yang sangat lezat.

3. Sop Mutiara

Sop Mutiara

kuliner.ilmci.com

Apakah Anda ingin menikmati mutiara sebagai hidangan makanan siang Anda? Tenang, Anda tidak makan mutiara yang sebenarnya dengan harga yang sangat fantastis. Tahukah Anda jika sop mutiara yang akan Anda makan tersebut terbuat dari olahan daging ayam yang digiling halus dan juga memiliki bentuk bulat seperti layaknya bakso berukuran kecil- kecil atau juga bakso urat.

Nah tahukah Anda jika makanan khas Banjarmasin yang satu ini sangatlah unik karena pada kuah sopnya juga menggunakan susu, pala, bawang merah dan bawang putih sehingga rasanya sangat gurih. Sop mutiara ini sangatlah nikmat jika Anda santap disore hari apalagi jika cuaca sedang hujan atau mendung.

4. Sayur kembang Tigarun

Sayur kembang Tigarun

gramrix.com

Apakah Anda pencinta lalapan dan ingin menikmati lalapannya orang Banjarmasin, maka Anda wajib mencoba makanan khas Banjarmasin yang satu ini yaitu sayur kembang tiguran. Meskipun sayuran ini sangat sulit ditemukan karena tanaman ini tidak selalu berbunga mekar, namun dibeberapa rumah makan masih menyediakan sayur yang satu ini meskipun sayur ini terbilang musiman.

Baca juga :  25 Tempat Makan di Lembang Murah Tapi Enaak Rekomended

Sayur ini menggunakan bahan utama berupa kembang tiguran yang sudah mekar, dan juga menggunakan batang serta juga daun dari kembang tiguran. Namun cita rasa sayuran ini sedikit pahit seperti layaknya bunga pepaya. Sayuran ini biasanya diolah dengan menggunakan bumbu- bumbu khus dank has Banjarmasin.

5. Cacapan Asam

Cacapan Asam

ideresepmasak.com

Makanan khas Banjarmasin lainnya yang bisa Anda nikmati adalah cacapan asam. Tahukah Anda jika cacapan asam ini memiliki cita rasa yang pedas, asam serta juga asin karena menggunakan bahan- bahan berupa cabai rawit, asam jawa, bawang merah dan juga menggunakan buah- buahan segar yang asam dan juga dicincang kecil- kecil Selain itu yang menambah nikmat olahan ini adalah terasi yang sudah dibakar juga ditambahan dalam bumbunya.

Bisa dikatakan jika cacapan asam ini adalah sebagai sambal pelengkap dari hidangan makanan yang bisa digoreng ataupun dibakar.

6. Ikan Seluang

Ikan Seluang

itikkecil.com

Ternyata makanan khas Banjarmasin memiliki banyak sekali olahan ikan. Nah olahan ikan lainnya yang bisa Anda nikmati adalah ikan seluang yang sangat mudah untuk Anda temukan di kota Banjarmasin ini. Ikan seluang ini mirip dengan ikan teri dan bentuknya yang kecil sangat cocok sebagai lauk pelengkap nasi putih Anda.

Anda juga bisa menjadikan ikan seluang yang sudah digoreng ini sebagai oleh- oleh untuk sanak saudara dikampung.

7. Iwak Karing Sapat

Iwak Karing Sapat

bukalapak.com/u/yudielkuini

Nah ternyata Anda juga bisa mencicipi olahan ikan lainnya di kota Banjarmasin ini, kali ini menggunakan olahan ikan sapat yang digoreng dengan menggunakan bumbu- bumbu yang khas sehingga makanan khas Banjarmasin yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih. Nah ikan ini tidak mengandung lemak sehingga cocok untuk cemilan Anda yang sedang dalam program diet.

Baca juga :  15 Wisata Kuliner Enak Di Temanggung

8. Bubur Baayak

Bubur Baayak

cookpad.com/id/pengguna/2009842

Nah bagi Anda pencinta bubur, maka Anda harus mencicipi makanan khas Banjarmasin berupa bubur yang satu ini. Bubur tersebut dikenal dengan bubur baayak dengan cita rasa yang sangat gurih berpadu rasa manis.

Selaian itu warnanya juga berwarna coklat. Nah tahukah Anda jika bubur baayak ini terbuat dari olahan tepung beras, gandum dan juga air dengan tekstur bubur yang kental dan juga masih memiliki butiran- butiran tepung.

9. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

singgahi.com

Nah jika Anda ingin menikmati makanan khas Banjarmasin yang berkuah maka ketupang kandangan menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda cicipi. Pada umunya ketupat ini sama dengan ketupat pada umumnya hanya saja perbedaannya terletak pada isian dari ketupat tersebut yang diisi dengan potongan ikan haruan asap atau dikenal dengan ikan gabus asap.

Selain itu ketupat ini juga biasanya dilengkapi dengan sajian ikan patin dan ikan gurame yang sudah diasap dan memiliki cita rasa yang khas dengan kuah yang sangat kental terbuat dari santan dan rempah- rempah lainnya.

10. Apam Barabai

Apam Barabai

Setelah lelah berjalan- jalan seharian, maka Anda bisa mengangjal perut Anda dengan makanan khas Banjarmasin yang satu ini yaitu apam barabai.

Tahukah Anda jika kue apam barabai ini terbuat dari tepung beras, gula merah atau gula putih dan santan kelapa serta juga dilengkapi dengan tape singkong. Nah kue apam yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan juga legit dengan rasa yang sangat lezat.

11. Ikan Patin Gangan Asam

makanan khas banjarmasin

tribunnews.com

Selain terkenak dengan ikan seluang ternyata olahan atau makanan khas Banjarmasin yang terbuat dari olahan ikan lainnya adalah ikan patin gangan asam. Makanan yang satu ini menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya dan juga dilengkapi dengan sayur- sayur yang sangat sehat.

Seperti kacang panjang, mentimun, serta juga sayur kol pada ikan patinnya dan dilengkapi dengan sambal acan.



Leave a Reply