Keindahannya Bak Negeri Dongeng, Berikut 11 Tempat Wisata di Armenia


Reni  March 11, 2019  0 Comment



Tempat Wisata di Armenia – Senang berwisata ke kawasan Benua Eropa? Rasanya kurang pas jika tidak mengunjungi salah satu negara bernama Armenia. Meskipun demikian, rupanya negara ini terjepit oleh beberapa negara lainnya di wilayah Eropa-Asia, seperti oleh Turki, Georgia, Hingga Iran. Namun, banyak sekali tempat memukau yang wajib dikunjungi. Berikut ini adalah tempat wisata di Armenia

1. Yerevan

Yerevan
photo via whyarmenia.am


Salah satu tempat yang tentunya harus Anda kunjungi adalah Yerevan. Merupakan ibukota Armenia sekaligus kota terbesar dan tertua di sana. Karena merupakan ibukota negara, tak heran kota ini pun dijadikan sebagai pusat budaya, administrasi, dan juga pusat industri.
Bagi Anda yang melancong ke Armenia, tidak lengkap jika tidak datang ke Yerevan. Apalagi di kota ini pun banyak sekali sejarah yang kental dan kebudayaannya. Pemandangannya pun sangat indah dengan berbagai bangunan kuno berlatar dua gunung yang indah.

review tempat wisata

Hara Cafe & Bistro Bandung

Pesona Pulau Pandang Batubara Sumatera Utara

2. Vagharshapat

Vagharshapat
Photo via Wikipedia


Selain Yerevan, Anda juga tidak boleh melewatkan kota terbesar di salah satu provinsi terkemukanya yang tidak lain adalah Vagharshapat. Tidak jauh dari kota Yerevan yang hanya berjarak sekitar 18 meter saja sudah memasuki wilayah ini. Salah satu ikon terkenalnya adalah Kompleks Mother See of Holy Etchmiadzin.
Kompleks ini sudah termasuk kepada warisan dunia oleh UNESCO. Banyak sekali katedral yang berdiri kokoh di tempat ini. Bahkan, desain bangunannya pun sangat artistik dan kaya akan nilai seni juga sejarah.

3. Danau Sevan

Sevan
photo via iarmenia.org


Bosan dengan wisata perkotaan? Maka saatnya Anda menuju Danau Sevan. Tak hanya memiliki keindahan danau yang sangat indah, danau tawar terbesar ini pun kaya akan sejarah. Pasalnya, Danau Sevan dengan 2 danau lainnya di kawasan Turki dan Iran merupakan saksi sejarah peradaban Kerajaan Armenia pada masa lalu.
Danau ini terletak di sebelah Timur negara Armenia dengan ketinggian 1.900 mdpl. Di danau ini pun terdapat kurang lebih 28 sungat yang mengalir mengisi danau Sevan ini. Bagi warga Armenia, danau ini menjadi tempat favorit dan dianggap sebagai kawasan pantai satu-satunya.

4. Garni

Garni
photo via indy-guide.com


Selain mengunjungi kota-kota besar, Anda juga bisa mengunjungi kota kecil di Armenia. Kota kecil ini adalah Garni yang terkenal dengan beragam temple-nya yang sangat beragam dan artistik. Beberapa bangunan yang paling terkenal adalah Garni Temple hingga Queen Katranide Shrine.
Selain terkenal dengan bangunan-bangunan yang artistik, ada salah satu kekayaan alam yang memukau. Kekayaan alam ini berupa aliran sungai kecil yang bernama Sungai Goght. Airnya sangat jernih yang dikelilingi oleh tebing-tebing serta pepohonan hijau.

5. Dilijan

Dilijan
photo via armeniagogo.com


Tempat wisata di Armenia selanjutnya adalah kota Dilijan. Merupakan salah satu kota cantik nan indah di provinsi Tavush. Tempat ini merupakan kawasan yang penuh dengan perbukitan serta alam asri yang hijau nan asri. Pemandangan gunung-gunung pun semakin menambah keindahan dari kota Dilijan ini.
Jika Anda berkunjung ke Dilijan, jangan lupa sempatkan untuk mampir ke beberapa tempat wisata populer seperti Little Switzerland atau Armenian Switzerland. Banyak juga landmark-landmark keren yang sayang untuk dilewatkan. Beberapanya seperti Dilijan Museum of Traditional Art, Memorial to Soviet Armenia, atau Kota Tua Sharambeyan Street.

6. Tsaghkadzor

Tsaghkadzor
photo via armeniadiscovery.com


Merupakan salah satu kota kecil sebagai kawasan elit yang cukup ternama karena banyak hotel dan penginapan elit di wilayah ini. Kota kecil ini merupakan kota yang berada di perbukitan dengan dikelilingi oleh gunung-gunung yang indah.
Bagi Anda yang ingin datang ke tempat ini, harus mengunjungi kota Hradzan terlebih dahulu. Kota ini cocok sekali dikunjungi pada saat musim dingin. Selain sensasi pegunungannya sangat terasa, banyak pelayanan spa dan ski resort yang mengesankan.

7. The Debed Canyon

The Debed Canyon
photo via Pinterest


Selain mengunjuni kota-kota bersejarah, Anda juga bisa mengunjungi salah satu tempat atau bangunan yang juga mempunyai nilai sejarah sangat kental. Banyak sekali nilai kebudayaan dan sejarah yang bersemayam di tempat ini. Salah satunya adalah bangunan kuno gereja katedral yang masih kokoh dan bergaya retro.
View dari bangunan ini pun sangat memukau. Terletak di kawasan tebing yang cukup curam dengan keindahan alam yang indah dan mengesankan.

8. Goris

Goris
photo via armeniadiscovery.com


Di tengah perkembangan zaman dan teknologi yang sangat pesat di seluruh dunia, berbeda dengan salah satu kota yang ada di Armenia ini. Kota kuno ini bernama Goris yang lokasinya berada di atas Pegunungan Syunik. Goris menjadi satu-satunya kota yang tidak tidak peduli dengan perkembangan zaman.
Bukan karena pemerintahannya yang tidak memerhatikan salah satu bagian negaranya, namun masyarakat di kota ini senang memilih cara hidup yang sangat tradisional. Bahkan, Kota Goris pun memiliki laju kehidupan yang sangat lambat dan tidak pernah ikut campur dalam masalah industri atau pun perdagangan.

9. Gunung Aragat

Gunung Aragat
photo via Wikipedia


Bagi Anda yang senang menjelajah gunung, maka Gunung Aragat ini cocok dijadikan tempat wisata di Armenia yang menantang adrenalin. Memiliki ketinggian sekitar 4.000 meter atau kurang lebih 13.000 kaki di atas permukaan laut. Bahkan, gunung ini pun merupakan gunung tertinggi di negara Armenia.
Salah satu keunikan dari gunung ini adalah adanya Danau Kar seluas 3.000 meter. Bahkan keunikan lain dari kawasan ini pun adalah Gunung Aragat menjadi rumah bagi beberapa bangunan kuno di abad pertengahan. Beberapanya adalah seperti stasiun Vihara, benteng-benteng hingga tempat observatorium. Selain itu, kawasan ini pun bisa dihujani salju selama 250 hari dalam satu tahunnya.

10. Danau Arpi

Arpi
photo via .thecrazytourist.com


Selain Danau Sevan, di Armenia pun terdapat Danau Arpi yang juga menjadi sumber irigasi serta pembangkit listrik. Jika di Sevan kawasannya sangat ramai dan populer, maka ketenangan akan mudah didapat di Danau Arpi ini.
Keunikan dari danau ini adalah dihuni oleh sekitar 100 spesies burung, flora dan fauna lainnya sangat kaya di kawasan ini. Bahkan, bagi masyarakat atau wisatawan bisa melakukan kegiatan rekreasi seperti hiking mengeliling danau hingga berkemah.

11. Noravank

Noravank
photo via iarmenia.org


Di Armenia memang sangat khas sekali dengan biara dan katedral yang melingkupi berbagai kawasannya. Salah satunya adalah Noravank yang merupakan salah satu biara bahkan sangat terkenal dan terindah di Armenia. Tak hanya keindahannya yang memadukan alam hijau di atas ketinggian, batu bata merah pun memberikan warna pada bangunan vihara.
Menurut sejarah, Noravank ini dibuat pada ke-13 lalu dengan nama Astvatsatsin atau Bunda Suci Tuhan. Konon, biara ini adalah peninggalan sejarah yang langsung diselamatkan oleh Tuhan ketika Armenia sedang dijajah dan ditaklukkan oleh bangsa Mongol pada berabad tahun lalu. Setiap tahunnya, ribuan orang banyak yang datang ke Noravank ini untuk menggali sejarah akan budaya dan agamanya.
Nah, bagi Anda yang ingin menggali sejarah peradaban dan juga melihat berbagai keindahan bangunan kuno memukau, Armenia ini cocok sekali dijadikan tujuan. Ketika berkeliling Eropa, tidak ada salahnya datang ke Armenia dan mengunjungi salah satu atau keseluruhan dari beberapa tempat wisata di Armenia tersebut.



Leave a Reply