6 Kue Khas Palembang Gurih Legitnya Nendang!


Fida  November 17, 2021  0 Comment

Palembang dikenal sebagai salah satu daerah yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing lagi bahwa daerah yang satu ini memiliki banyak tempat wisata serta kuliner lezat. Tidak heran jika Palembang banyak didatangi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.Selain makanan berat, kue khas Palembang juga menjadi rekomendasi kuliner atau jajanan yang bisa kamu coba. Beberapa kue khas Palembang dihidangkan dengan tampilan unik dan menarik serta aroma yang sangat menggugah selera. Berikut daftar rekomendasi 6 kue khas Palembang yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Kue Delapan Jam

kue delapan jam
palembang.tribunnews.com

Saat ingin mencoba salah satu kue khas Palembang yang populer, kue delapan jam dapat menjadi rekomendasi tepat yang bisa kamu pilih. Dilihat dari namanya saja, kue yang satu ini memiliki sebutan yang sangat unik. Kue delapan jam sudah ada sejak dulu yakni zaman Kesultanan Palembang Darussalam.

Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini membutuhkan waktu 8 jam untuk proses pengukusan. Waktu tersebut tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Jika kurang dari 8 jam, kue akan berwarna kuning kecoklatan. Sedangkan jika lebih dari 8 jam, kue akan berwarna coklat dan terlalu matang.

Kue ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan serta campuran susu dan gula. Kue delapan jam tentu sangat menggugah selera dengan warna coklat karamel. Kue yang satu ini juga dikenal memiliki filosofi keseimbangan hidup yakni 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk beristirahat, dan 8 jam untuk beribadah. Saat berkunjung ke daerah Palembang, tidak ada salahnya untuk berburu dan mencoba lezatnya kue delapan jam.

Gotravelly

Backpacker Palembang

Ngopi Asik Di Yoi Kona Coffee And Space, Cafe Paling Hits Di Surabaya Timur!

2. Maksuba

maksuba
idntimes.com

Rekomendasi kue khas Palembang berikutnya yang sayang untuk tidak dicoba adalah maksuba. Sejak tahun 2013, makanan ini tercatat sebagai warisan budaya tak benda Provinsi Sumatera Selatan.

Kue basah yang satu ini biasa disajikan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan atau hari raya. Maksuba dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti telur bebek, mentega, kental manis, juga gula. Kue yang satu ini memiliki tampilan unik dan berlapis-lapis saat dipotong. Hal itu dikarenakan cara pembuatan kue ini yang dipanggang sedikit demi sedikit.

Kue ini memang memiliki harga yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan kue lainnya. Hal itu dikarenakan bahan baku yang digunakan adalah telur bebek yang berjumlah cukup banyak serta proses pembuatan yang sangat lama. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis serta tekstur yang lembut. Kue yang satu ini sangat cocok untuk kamu coba khususnya bagi pecinta makanan manis.

3. Engkak Ketan

engkak ketan
dapurzahra.com

Engkak ketan juga menjadi salah satu kue khas Palembang yang sangat menarik untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memang terbuat dari tepung ketan. Tidak hanya tepung ketan hitam, kue ini juga bisa dibuat dengan tepung ketan putih.

Kue yang satu ini memiliki aroma wangi khas kelapa, hal itu dikarenakan proses pembuatannya yang menggunakan santan. Bahan-bahan lain yang digunakan untuk membuat engkak ketan adalah gula pasir, telur, mentega, dan juga susu kental manis.

Saat mencoba engkak ketan, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis serta tekstur yang lembut dan kenyal. Seiring perkembangan zaman, makanan yang satu ini kini cukup sulit ditemukan. Kue yang satu ini juga memiliki sebutan kue lapis ketan. Kamu dapat berburu kue ini dan mencobanya saat datang ke daerah Palembang. Tampilannya yang unik serta cita rasa lezat tentu sayang untuk tidak kamu coba.

4. Manan Sahmin

manan sahmin
topijelajah.com

Salah satu kue khas Palembang yang sayang untuk kamu lewatkan adalah manan sahmin. Kue yang satu ini sangat populer dan dikenal sudah ada sejak zaman Kesultanan Palembang Darussalam. Dulunya kue ini hanya disuguhkan untuk bangsawan kerajaan. Kue ini juga dikenal mendapat pengaruh besar dari budaya Arab.

Manan sahmin dibuat dengan bahan utama ubi jalar kuning. Beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk proses pembuatan kue ini adalah gula pasir, terigu, margarin cair, santan, dan juga telur. Saat mencoba makanan yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan teksturnya yang sangat lembut. Manan sahmin menawarkan cita rasa manis dan sangat menarik karena memiliki taburan kismis di atasnya. Kamu akan dibuat ketagihan setelah mencoba lezatnya kue yang satu ini.

Saat berkunjung ke daerah Palembang, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu kue manan sahmin untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kue khas Palembang yang satu ini sangat menarik untuk kamu coba.

5. Lapis Legit

lapis legit
kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan lapis legit. Kue yang satu ini memang dapat dengan mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Sesuai dengan namanya, kue ini memang memiliki tampilan yang berlapis dan dapat terlihat jelas ketika kue dipotong.

Berbeda dengan kue khas Palembang lainnya yakni maksuba, lapis legit memiliki tekstur yang lebih kering dan mirip dengan kue bolu. Kue yang satu ini juga dijual dengan harga yang sedikit mahal jika dibandingkan dengan kue lainnya. Hal itu dikarenakan cita rasa kue lapis legit sangat lezat dan memiliki proses pembuatan yang cukup panjang.

Kue ini juga biasa dipilih untuk dihidangkan saat acara-acara penting seperti pernikahan atau hari raya. Tidak hanya disukai oleh masyarakat Palembang saja, kue ini juga berhasil membuat wisatawan tertarik untuk mencobanya. Karena memiliki kemasan praktis dan mampu bertahan cukup lama, tidak heran jika beberapa wisatawan memilih kue lapis legit untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

6. Kue Srikaya Palembang

Kue Khas Palembang
kompasiana.com

Kue srikaya Palembang dapat menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba saat ingin menikmati salah satu kue khas Palembang. Kue yang satu ini memiliki bentuk yang unik karena dimasukkan ke dalam cup atau gelas kecil. Cara menikmati kue srikaya adalah dimakan menggunakan sendok.

Kue yang satu ini dibuat dari beberapa bahan seperti santan, gula, telur ayam atau telur bebek, serta menggunakan daun pandan sebagai pewarna dan perasa. Meskipun memiliki warna menyerupai buah srikaya, tetapi rasa yang ditawarkan sangatlah berbeda.

Kue yang satu ini dapat dinikmati langsung maupun hidangkan bersama dengan ketan yang telah dimasak. Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis serta aroma yang sangat menggugah selera. Kue srikaya sayang untuk tidak kamu coba saat berkunjung ke daerah Palembang.

Nah, itulah daftar 6 kue khas Palembang yang dikenal lezat dan wajib kamu coba. Kue manakah yang tampak paling menggugah selera?



Leave a Reply