Kebun Binatang Semarang + Spot Foto


Reni  December 11, 2017  0 Comment

Kebun Binatang Semarang

Sudah tidak asing lagi bahwa kebun binatang Semarang adalah salah satu tujuan favorit dan rekreasi populer di Semarang. Tak jarang banyak kebun binatang yang mempunyai puluhan bahkan ratusan binatang dari berbagai macam daerah yang ditujuan sebagai sarana pengetahuan yang berkaitan dengan dunia satwa kepada anak.

Jika di jogja ada Gembira Loka, maka di Semaeang ada Kebun Binatang Semarang yang juga sering disebut dengan Taman Marga Satwa Semarang, Bonbing Mangkang atau Kebun Binatang Mangkang. Pada awalnya, kebun binatang Semarang ini dikenal sebagai Taman Hiburan Rakyat atau THR yang berlokasi di desa Tegalwareg, bahkan dahulu tempat ini disebut juga sebagai Kebun Binatang Tegalwareg.

Kemudian nama tersebit diubah menjadi Taman Margasatwa dan Kebuh Raya atau dikenal juga dengan Taman Margaraya. Selain bertuhuan untuk tujuan wisara alam dan budaya, Taman Margaraya ini juga bertujuan untuk lokasi penghijauan kota.

Seiring dengan perkembangan, tempat ini kemudian berganti nama menjadi Kebun Binatang Tinjomoyo yang berlokasi di Jl. Walisongo KM 16, Mangkang Tetapi terakhir kali berganti nama dengan Kebun Binatang Mangkang Semarang atau Taman Margasatwa Semarang. Kebun binatang ini berlokasi di perbatasan Semarang.

Kebun Binatang ini sekarang ditujukan sebagai tempat wisata edukasi bagi pengunjung, para pengunjung yang datang di Kebun Binatang Mangkang ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai flora dan fauna yang ada di Indonesia.

Terdapat kurang lebih 40 spesies satwa dan tentunya semakin bertambah setiap tahunnya. Dari satu jenis hewan biasanya terdapat 3 sampai 5 hewan berada di kandang. Berikut beberapa daftar satwa yang terdapat di Kebun Binatang Mangkan, seperti: Sapi Bali, Kerbau Bule, Babi Hutan, Binturong, Kera Jawa, Kukang, Kera Beruk, Lutung, Siamang, Beruang madu, Timor, Rusa, dll.

Spot foto di Kebun Binatang Semarang

Jika berlibur dengan keluarga tak lengkap rasanya jika tidak berfoto dan menyimpan kenangan anda. Di kebun binatang Semarang anda dapat menemukan beberapa spot foto menarik. Anda dapat berfoto dengan hewan jinak, berfoto dengan gajah, mengendarai kereta mini, becak air dll.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Suriname, Keindahan di Pesisir Timur laut Amerika

Di Kebun binatang Mangakan ini, anda bisa melihat beberapa hewan yang bebas, tidak dikandang tetapi tetap ditempatkan sesuai dengan habitat aslinya. Untuk mengelilingi kebun binatang ini, ada beberapa fasilitas seperti mengendarai kereta mini. Terdapat beberapa fasilitas lainnya yang dapat and coba, seperti becak air dan menunggang gajah.

Becak air sendiri cukup unik karena anda akan berkeliling menggunakan becak air di danau buatan dan menyaksikan burung pelikan bebas berenang di danau. Sekali lagi, spot ini dapat menjadi spot menarik untuk foto anda. Masih tedapat beberapa fasilitas lainnya untuk anak anak, seperti kolam keceh, water boom dan museum pesawat. Jangan lupa mengambil foto di lokasi musem pesawat.

Masih ingin yang lain lagi? anda dapat menonton fim satwa dengan anak anda untuk menambah wawasan dan informasi seputar dunia satwa. Bahkan anda dapat berfoto ria dengan ular atau burung yang sudah jinak, tentunya anda akan ditemani oleh pawang yang berjaga. Anda juga dapat mengambil foto ketika menjajal wahana yang menegangkan, seperti mencoba flying fox sambil berfoto ria.

Sejarah Kebun Binatang Mangkang

Kebun binatang ini sudah mulai beropasi sejak cukup lama pada tahun 2017. Sebelumnya, seperti yang disebutkan diatas bahwa kebun binatang ini merupakan kebun binatang Trimojoyo. Karena kondisi yang memprihatinkan, kemudian mulai didirikan kebun binatang Mangkan sebagai pengganti kebun binatang Tinjomoyo pada tahun 2006.

Untuk mengetahuo lebih lanjut tentang sejarah tersebut terdapat kebun binatang Tegalwareg yang didirikan pada tahun 1954. Konsep kebun binatang yang digunakan pada tahun tersebut yaitu kombinasi taman hiburan dengan kebun binatang. Konsep tersebut membuat para satwa menjadi stress dikarenakan suara bising yang mengganggu para binatang.

Baca juga :  25 Air Terjun Terindah di Dunia Seperti Surga

Pada akhirnya, tahun 1985 kebun binatang tersbut diubah menjadi Kebun Binatang Tinjomoyo. Jadi kebun binatang Mangkang atau sering disebut dengan Kebun Binatang Semarang mempunyai sejarah yang cukup panjang yang terletak di perbatasan daerah Semarang.

Anda cukup membayar uang masuk sebesar 5 ribu rupiah dan anda sudah bisa memasuki kebun binatang Mangkang. Selain anda dapat berfoto dengan ular dan burung, anda dapat mengajak anak anak untuk menunggang gajah. Di kebun binatang ini anda dapat mengajarkan buah hati anda untuk menyayangi hewan sejak dini.

Tarif lainnya akan

Tarif lainnya akan dikenakan jika anda mencoba beberapa fasilitas dan wahana yang dipersiapkan, seperti untuk menunggah gajah anda akan dikenakan 5 rb, becak air sebesar 5 ribu, flying fox 5 ribu, dll. Jam operasional mulai dari jam 08.00-17.

Dengan tiket masuk yang relatif murah anda dapat menyaksikan langsung berbagai satwa seperti luwak, phyton, rusa timor, tiaman, singa dan satwa lainnya yang siap menanti kedatangan anda bersama keluarha tercinta. Anda tidak hanya disuguhkan dengan berbagai koleksi satwa bahkan anda dapat mengamatai pesona 40 jenis tanaman, seperti bunga bungur, kenanga, asam jawa, dll.

Kebun Binatang Mangkan juga menyediakan fasilitas umum seperti mushola, toilet dan lahan parkir yang luas. Jika anda datang dari arah Semarang kota, untuk mencapai kebun binatang, anda dapat menggunakan transportasi umum BRT menuju terminal Mangkang. Kemudian anda dapat berjalan kaki kurang lebih 200 meter. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat berkendara menuju jalur Kendal tidak melewati tol. Kebun Biantang Mangkang terletak di sebelah kiri jalan atau seberang dari Terminal Mangkang.

Jika anda berkunjung ke kebun binatang Semarang bersama dengan buah hati tercinta, pastikan anak anda tetap dalam pengawasan anda selama mengelilingi kebun binatang. Anda harus memperhatikan setiap gerak gerik buah hati, khususnya jika anak sedang berinteraksi dengan hewan yang disukainya secara langsung, seperti menaiki gajah, dll.

Baca juga :  11 Oleh-oleh Khas Thailand Jangan Lupa Beli Ini Sebelum Pulang

Jika buah hati

Jika buah hati anda aktif dan selalu antusias dengan hal hal baru, biasanya mereka akan cenderung lebih ekspresif. Tentunya anda tidak boleh lengah den ekstra waspada. Namun tidak baik pula juika anda terlalu prtektif saat menjaga anak anda. Akan lebih baik jika anda memberikan kebebasan ketika berinteraksi dengan satwa dan alam, tentunya selalu berada di bawah pengawasan anda sepanjang waktu.

Jika anda memutuskan untuk menghabiskan akhir pekan dengan mengunjungi kebun binatang bersama anak anda, akan lebih baik jika anda datang lebih awal atau pagi. Hal ini ditujukan untuk menghindari antrian yang panjang untuk membeli tiket. Tentunya anda dapat memperpanjang waktu kunjungan anda untuk mengelilingi kebun binatang.

Jadi, anda mempunyai kesempatan lebih banyak untuk memberikan informasi dan pengetahuan baru tentang dunia satwa yang selalu menarik bagi anak anak. Pastikan anda menggunakan waktu sebaik mungkin untuk membuat petualangan anda menjadi lebih bermanfaat bersama keluarga. Berlibur seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan dan tak terlupakan.



Leave a Reply