Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Tantang Andrenalinmu di 10 Jalur Pendakian Terpanjang di Dunia


Reni  January 31, 2019  0 Comment


Bagi kamu yang memiliki hobi mendaki gunung dan sering melakukan pendakian tentu tahu persis bagaimana kondisi yang biasa dialami oleh para pendaki. Tentu para pendaki akan sangat bahagia jika melewati jalur pendakian tanpa tanjakan yang tidak akan membuat betis menderita.

Ada jalur pendakian yang pendek dan tidak sulit untuk dilalui, namun ada juga jalur pendakian terpanjang yang harus kalian semua tempuh. Bayangkan kamu harus menempuh perjalanan puluhan sampai ribuan kilometer menuju puncak gunung, hal tersebut tentu akan sangat menyiksa bukan. Selain itu waktu untuk menyelesaikan jalur ini tidak hanya hitungan hari akan tetapi hitungan bulan. Ada beberapa jalur pendakian yang bisa diselesaikan dalam kurun waktu 8 bulan. Lalu kenapa masih saja banyak pendaki yang memilih melewati jalur pendakian panjang? Tentu saja akan memberikan pengalaman yang berbeda serta bisa menyaksikan berbagai pemandangan yang lebih menakjubkan.

Tidak hanya jalur pendakian panjang saja yang menjadi rintangan bagi para pendaki, akan tetapi rintangan-rintangan lain saat menempuh perjalanan tersebut. Seperti ancaman binatang liar hingga tanjakan dan tebing yang curam. Cuaca buruk juga akan menjadi rintangan saat melakukan pendakian seperti hujan es, kilat, badai, panas, kekeringan, dan longsoran salju.

Nah, kami merangkum beberapa jalur pendakian terpanjang di dunia untuk kamu. Namun jalur pendakian ini tidak disarankan untuk para pendaki pemula ya. Beberapa pendaki pernah mengungkapkan betapa mematikannya jalur-jalur ini. Tapi jika kamu sudah terlatih dan terbiasa serta memiliki nyali yang besar melakukan hal tersebut, ayo susun rencana dan berangkat.

1. Grand Italian Trail


Jalur ini menempati posisi pertama untuk jalur pendakian terpanjang di dunia. Jalur pendakian Grand Italian Trail ialah sepanjang 6.166 Kilometer atau setara dengan 3.830 mil. Jalur pendakian ini terbentang mulai dari pegunungan alpen kemudian melalui Apennine terus menuju ke Sisilia lalu menuju arah barat Santa Teresa Gallura sebuah kota kuno bernama Tibula. Bagi pendaki yang berencana melewati jalur Grand Italian Trail ini akan membutuhkan waktu kurang lebih 8 bulan. Oleh karena itu untuk para pendaki harus menyiapkan persiapan yang matang dan juga fisik yang kuat.

2. Via Alpina di benua Eropa


Jalur pendakian ini membentang dari monako hingga Triste lalu melewati 4 negara yaitu Swis, Jerman, Austria, dan Slovenia. Via Alpina terkenal dengan sebutan jalur merah dan panjang jalur ini ialah 5000 Kilometer.

3. Continental Divide Trail

jalur pendakian terpanjang di dunia

Backpacking Light


Jalur pendakian ini paling sering digunakan oleh mereka yang suka mendaki dari Meksiko menuju Kanada dengan lintasan melewati pegunungan Rocky. Panjang Continental Divide Trail adalah 4.990 Kilo meter atau kurang lebih setara dengan 3.100 mil. Pendaki akan melewati beberapa negara seperti Idaho, Wyoming hingga Colorado. Selain itu saat melintasi jalur ini kamu akan diberikan pemandangan menarik yaitu Triple Divide Peak saat berada di Montana.

Beberapa pendaki yang telah berhasil menakhlukkan jalur ini memberikan saran bahwa para pendaki harus selalu membawa kompas karena terdapat beberapa bagian dari jalur ini yang tidak ada jalan maka dengan kompas semua akan bisa teratasi. Selain itu para pendaki harus memiliki rencana tentang penggunaan air karena kemungkinan air bisa akan menjadi langka saat sampai di wilayah Wyoming dan New Mexico.

4. Hokaido Nature Trail

Hokaido Nature Trail

Walk Japan


Terletak di negeri sakura Jepang Hokaido Nature Trail termasuk dalam jalur pendakian terpanjang di dunia yang memiliki panjang 4.585 Kilometer atau setara 2.849 mil. Jepang memang memiliki banyak jalur pendakian namun banyak yang suka melintasi Hokaido Nature Trail karena daerah ini juga terkenal dengan padang bunga yang mempesona. Jika kamu tertarik mencoba jalur ini maka kamu butuh waktu 7 bulan untuk menyelesaikannya.

5. Great Himalaya Trail

Great Himalaya Trail

Actual Adventure


Jalur ini membentang sepanjang 4.585 kilometer dan melintasi 5 negara yakni India, Bhutan, Nepal, Pakista hingga Tibet. Great Himalaya Trail memiliki 2 jalur yaitu jalur tinggi dan jalur rendah. Jika kamu memilih untuk melewati jalur tinggi maka kamu akan menyaksikan pemandangan alam yang luar biasa indah. Sedangkan untuk jalur rendah kamu dapat menyaksikan keindahan kultural.


6. Pacific Creast Trail


Jalur ini membentang sepanjang 4. 265 kilometer di sepanjang perbatasan negara Amerika Serikat. Pemandangan yang disuguhkan jalur ini khas wilayah barat Amerika yaitu gurun, gletser, dan hutan rimba.

7. Appalacian Trail


Panjang Applacian Trail adalah 3.500 kilometer dan masiih berada di wilayah Amerika Serikat. Namun tidak banyak pendaki yang berhasil menakhlukkan jalur yang satu ini.

8. Te Araroa


Te Araroa berarti jalan panjang dalam Suku Maori. Jalur pendakian ini terletak di wilayah Selandia Baru yang akan membuat pendaki tak henti-henti kagum menyaksikan keindahannya. Jalur Te Araroa juga pernah dijadikan tempat syuting film ternama Lord Of The Ring. Saat melalui salah satu jalur pendakian terpanjang ini pendaki akan disuguhkan pemandangan gunung es hingga padang rumput nan luas yang tidak akan terlupakan. Te Araroa memiliki panjang seikitar 3.000 Kilometer membentang dari utara Cape Regina sampai ke selatan Bluff. Dan bagi pendaki yang ingin menakhlukkan jalur ini akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan.

9. Greater Patagonia


Jalur ini membentang dari negara Chili sampai ke Argentina dan Greater Patagonia adalah jalur pendakian terpanjang yang berada di Amerika Selatan. Jalur ini terbentang 3.000 kilometer panjangnya dan tercatat hanya 40 orang yang mampu melintasi Greater Patagonia.

10. Trancaucasion Trail


Jalur ini melewati dua negara yaitu Armenia dan Georgia dengan panjang jalur 3.000 kilometer. Namun perlu diketahui Trancaucasion Trail masih dalam tahap pengembangan akan tetapi sudah bisa dilalui masyarakat umum yang ingin mendaki. Pemandangan yang diberikan saat melintasi jalur ini ialah beberapa bangunan sejarah peninggalan bangsa Armenia di abad pertengahan.

Banyak hal yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukan pendakian jika melewati jalur pendakian terpanjang karena kamu akan melewati berbagai macam medan seperti banyaknya lereng yang curam, jembatan yang berada diketinggian hingga jembatan kayu yang sudah tua. Selain itu mungkin nanti kamu akan menghadapi berbagai cuaca saat perjalan. Banyaknya hewan liar yang berkeliaran bebas di jalur pendakian tentu akan menjadi masalah tersendiri bagi pendaki. Oleh karena itu kamu harus benar-benar menyiapkan mental dan kesehatan fisik yang kuat, bekal yang cukup serta membawa obat-obatan yang dibutuhkan nanti hingga peralatan-peralatan lainnya.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaki jika melalui jalur pendakian panjang
Pastikan fisik kamu kuat dan tidak menderita penyakit serius

Mental. Butuh mental dan tekad yang kuat untuk menakhlukkan jalur pendakian panjang.

  • Kompas.
  • Obat-obatan.
  • Bahan-bahan makanan hingga persediaan air selama perjalanan.
  • Pakaian.
  • Penutup tenda dan barang saat hujan
  • Wadah penyimpanan tahan beruang.
  • Pisau saku, lampu senter, korek api, dan alat perbaikan.
  • Dan peralatan lainnya yang dirasa akan dibutuhkan.



Leave a Reply