10 Jajanan Khas Indonesia Yang Sudah Jarang Ditemui


sisil angelin  April 28, 2020  0 Comment

Memang membahas kuliner adalah hal yang menyenangkan, nah kali ini saya mengingatkan kalian dengan kuliner yang sudah ditinggalkan. Yaitu Jajanan khas Indonesia yang pastinya jadi camilan anak 90 an. Biasanya camilan-camilan ini kalian beli di toko dekat rumah, dicamil saat bermain kelereng, layangan, masak-masakan, dan masih banyak lagi deh. dari panda penasaran baca artikel ini. Nah kali ini GoTravelly bakal list 10 jajanan khas Indoneisa yang sudah jarang ditemui. pastinya bikin kalian senyum-senyum sendiri, kalo ingat jajanan yang ada dibawah ini.

1. Jenang

jenang
bisnisusahaonline.com


Disetiap daerah memamg menyebut makanan yang satu ini berbeda-beda. Ada yang bilang dodol atau jenang. Nah kalo kalian berada di Pulau Jawa camilan yang satu ini disebut Jenang guys. kalo anak jaman dulu pasti suka banget deh sama Jenang teksturnya yang lembut, lengket, dan manis bikin siapa aja ketagihan saat menikmatinya.
Gimana gak manis dan lengket-lengket Jenang ini terdiri dari beberapa bahan yaitu Gula merah, Santan, Parutan kelapa, ketan, dan di masak selama berjam-jam. lalu setelah matang Jenang dimasukan ke loyang, sehingga setelah kering Jenang bisa dipotong-potong dan dinikmati. Jenang memang tidak menjadi camilan langka, di daerah jawa kalian masih bisa menemukannya dipusat oleh-oleh, namun Jenang kini mulai ditinggalkan oleh generasi milenial. mereka lebih suka dengan coklat! Namun orang 90 pasti kangen deh sama rasa Jenang.

Gotravelly

Kue Rangin Dan Kenangan Di Masa Kecil

Miniatur Raja Ampatnya Jawa Timur Waduk Bajulmati Yang Mempesona

2. Pia Telur Gajah

pia telur gajah
bukalapak.com/


Pia ini juga sering di sebut Pia telur penyu atau Endog glundung. Gak tau guys pia telur gajah ini disebut apa didaerah kalian? coba deh kalian bisa sebutin dikolom komentar.
Pia ini memang memiliki ukuran yang lebih besar dari pada pia pada umumnya, dan memiliki kulit yang berwarna putih, seperti telur. Pia ini bisa kalian temukan didaerah Purbalingga, Jogja, Banyumas, dan disekitar Jawa Tengah.
Pia telur gajah ini terdiri dari tepung terigu dan gula merah yang dimasak dengan tungku, sehingga setelah matang memberi tekstur yang gurih, manis, dan bikin mulut kalian gak berhenti ngunyah.

3. Clorot

clorot
tagar.id


Jajanan pasar yang manis satu ini memang menjadi favorite pada jaman dahulu. Nah Clorot ini biasanya dijual dipasar, dan tak jarang ada penjual yang berjualan jajan pasar keliling depan rumah, pastinya kalian beli clorot deh.
Jajanan pasar yang satu ini kini sudah langka. sayang sekali ya guys, padahal rasanya enak teksturnya lembut, harum, dan manis. bikin siapa saja suka saat menggitnya. tau gak kalian untuk membungkus clorot ini menggunakan janur, yang di bentuk seperti kerucut, lalu dimasukan adonan clorot, lalu dimasak.

4. Kue Jahe

kue jahe kering
tokopedia.com


Jajanan yang ada diurutan keempat ini adalah kue jahe, kue jahe yang berbentuk orang ini dulunya menjadi kue kesukaan siapa saja, dari tua dan muda selalu suka dengan kue jahe ini. biasanya kue jahe ini dicamil saat bermain, bertamu, dan setiap ada perayaan selalu ada kue jahe ditoples orang pada jaman dulu.
Ohya ternyata kue jahe yang berbentuk manusia ini juga menjadi camilan kesukaan orang luar negeri guys. memang jahe sendiri memiliki manfaat yang sangat bagus, dipercaya untuk memggurangi sakit perut, tenggorokan, dan mencegah virus. Namun sayangnya kue jahe kini susah ditemukan.

5. Untir-untir

 Untir-untir
blanja.com


Untir-untir atau dikenal sebagai Kue Tambang ini memang terkenal sekali dengan rasanya yang manis, gurih, dan 1 aja itu gak cukup. Camilan ini juga menjadi camilan yang aku suka banget, saat perayaan hari-hari besar biasanya Untir-untir ditaruh di toples. Untuk menemukan camilan ini cukup susah, tapi biasanya ada kok guys dipenjual jajan kiloan. Untir-untir terdiri dari bahan telur, tepung, gula, dan masih banyak lagi guys.

6. Kue Putu

Kue Putu
genpi.co


Siapa yang biasanya keluar rumah saat mendengan bunyi penjual putu? Nah kalian pasti udah pernah cobain kue putu. kue yang berwarna hijau ini memang sangat berkesan dimasa kecil, kue putu dulunya menjadi favorite orang tua dan anak muda.
Kue putu yang dimasak dengan uap ini memiliki isian gula jawa, dan jika di makan biasanya gula merah di tengah kue putu ini lumer dimulut kalian. Sayang sekalin kue putu kini sudah susah ditemukan, padahal camilan ini paling pas untuk dimakan sore hari, dengan secangkir kopi.

7. Kue Cucur

kue cucur
medium.com/


Saya masih ingat saat kepasar dulu biasanya saya suka banget melihat pembuat kue cucur yang sangat lihai, membuat kue cucur yang merekah. Kue ini juga menjadi salah satu kue masa kecil yang tidak terlupakan, karena rasanya yang manis.
Untuk kamu generasi milenial harus banget cobain kue cucur yang terdiri dari bahan tepung, telur, dan gula merah. warna dari kue cucur ini memang sangat menggoda. 1 saja kurang guys. untuk menemukan kue cucur jaman sekarang sih masih bisa dipenjual jajan pasar.

8. Cenil

cenil
review.bukalapak.com


Camilan tradisional yang satu ini memang sangat terkenal di Pulau Jawa, dan menjadi salah satu kesukaan masyarakat jawa. Jajanan ini bisa ditemukan di pasar, meskipun sedikit susah untuk mencarinya. Cenil masih menjadi camilan tradisional yang populer. Cenil ini merupakan tepung beras yang diolah, lalu diberi topping gola merah, dan parutan kelapa. Sehingga menciptakan rasa manis, gurih, dan teksturnya yang kenyal, emang paling mantab!

9. Getuk Lindri

getuk lindri
pegipegi.com


Getuk Lindri yang memiliki warna pink, kuning, dan hijau ini memang menjadi camilan yang yummy banget! Getuk yang berbahan dasar singkong ini biasanya di makan dengan gula pasir yang dicampur dengan parutan kelapa.
Untuk menemukan Getuk Lindri dijaman sekarang memang sangat susah, kalo jaman dulu biasanya penjual Getuk Lindri menjajakan jualannya dengan gerobak surung, sambil berteriak ‘Getuk’. Sayang sekali ya guys camilan tradisional yang ada di urutan ke sembilan ini kini hampir punah, padahal rasanya enak banget ada rasa gurih, manis, dan lembut nya tekstur getuk lindri, bikin siapa saja suka.

10. Klepon

klepon
indozone.id


Siapa disini yang gak suka dengan Jajanan Khas Indonesia tradisional ‘Klepon’? Nah Klepon adalah jajanan pasar yang menjad pilihan. karena kelpon ini memiliki tekstur yang lembut, didalam klepon biasanya diisi gula merah, dsan saat digigit biasanya gulanya bakal lumer dimulut kalian.
klepon sendiri terdiri dari bahan tepung beras ketan yang dibentuk bulat, lalu disini dengan gula merah, dan dimasak dengan cari di rebus. setelah matang klepon diberi parutan kelapa agar memberikan rasa gurih. Nah untuk menemukan kue Klepon kalian masih bisa menemukanya, dipenjual jajan pasar.

Gimana guys 10 jajanan khas Indonesia yang sudah jarang ditemui, yang ada diatas ini menarik bukan untuk dicoba? nah dari pada penasaran sama rasanya ayo berburu 10 jajanan khas Indonesia!



Leave a Reply