9 Sajian Ayam Goreng Paling Enak dari Berbagai Belahan Dunia


sisil angelin  May 2, 2019  0 Comment

Ayam goreng sepertinya menjadi menu makanan yang merakyat di nusantara. Masyarakat Indonesia bahkan hampir seringkali menyajikan menu yang satu ini sebagai pelengkap nasi dan sayuran lainnya. Menu ayam goreng di berbagai belahan dunia sendiri berbeda-beda bergantung pada selera masakan setiap penduduknya. Jika di Indonesia ayam goreng diberi bumbu rempah khas, ternyata di resep negara lain ayam goreng enak di dunia justru beraneka ragam bumbunya. Penasaran?

Meski dianggap sebagai kiblatnya penghasil menu ayam goreng, tidak selalu ayam goreng enak di dunia berasal dari negeri Paman Sam. Amerika mengenal beberapa jenis ayam goreng yang kemudian dimodifikasi setelah masuk ke negara lain. Seperti di kawasan Asia, ayam goreng biasanya dipadukan dengan beragam saus dengan cita rasa yang khas. Indonesia pun mengenal beberapa jenis ayam goreng dengan pelengkap berupa saus nikmat atau sambal tradisional.

Ayam goreng enak di dunia pasti melalui proses pematangan sempurna yang berbeda di setiap negara. Ayam goreng memang menjadi menu utama di beberapa tempat ini karena sebagian besar negara juga menggunakan ayam sebagai konsumsi pengganti daging hewan berkaki empat. Lantas sajian ayam goreng apa saja yang enak di belahan dunia? Simak selengkapnya yuk! Pecinta kuliner ayam goreng sebaiknya tahu tentang beberapa ayam goreng yang paling enak di dunia.

Nah, berikut ini adalah sajian ayam goreng paling enak dari berbagai belahan dunia

1. Buffalo Wings

Berasal dari Buffalo, New York, menu ayam goreng ini begitu menggiurkan dan cocok sebagai teman makan nasi putih. Di negara asalnya, ayam goreng enak di dunia ini dimasak tanpa menggunakan tepung seperti fried chicken pada umumnya. Pada bagian sayap ayam digoreng sampai kering dan ditambahkan saus pedas yang terbuat dari cayenne pepper dan mentega. Penyajian menu ini dilengkapi dengan batang seledri, wortel, dan saus blue cheese.

Review kuliner

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

Baca juga :  10 Makanan Khas Pati Sajikan Kelezatan Luar Biasa!

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

2. Chicken Maryland

Chicken Maryland
newidea.com.au

Olahan ayam goreng enak di dunia kali ini dinamakan Chicken Maryland yang berasal dari wilayah Maryland. Proses pembuatannya adalah dengan marinasi daging ayam menggunakan buttermilk dan disajikan dengan gravy krim dan punya citarasa gurih. Di Amerika, menu Chicken Maryland sering dikonsumsi ketika sarapan dan makan siang. Masyarakat Maryland bisa mendapatkan kuliner yang satu ini dengan mudah karena menu ini banyak dijual di restoran maupun kafe di Maryland.

3. Hot Chicken

Nama Hot Chicken ini diambil dari menu ayam goreng enak di dunia yang berasal dari Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. Dibuat dari bagian dada, paha, dan sayap ayam, daging kemudian dibumbui menggunakan tepung dan digoreng. Hot Chicken selanjutnya disajikan dengan saus pasta pedas yang dibuat dari lard (lemak babi) dan cayenne pepper. Penyajiannya dipadukan dengan roti tawar dan acar.

4. Karaage

Karaage
asianinspirations.com.au

Menu ayam goreng enak di dunia selanjutnya adalah Karaage yang berasal dari Jepang. Menu dari negeri Sakura ini merupakan menu ayam goreng yang berasal dari daging fillet. Jadi, penikmat tidak perlu lagi risau tentang tulang ayam. Karaage adalah menu dengan citarasa pedas dan gurih karena dibuat menggunakan saus jahe, serta minyak wijen sebelum digoreng dengan baluran tepung.

5. Chicken Kiev

Chicken Kiev merupakan menu utama ayam goreng yang berasal dari Ukraina. Kuliner yang satu ini mirip dengan Chicken Cordon Bleu, namun dibuat dari daging ayam bagian dada. Dada ayam yang sudah dipotong kemudian diisi menggunakan mentega dan tumbuhan herba. Kemudian, setelah bumbu meresap, maka ayam akan dibalur tepung dan digoreng kering. Sudah terbayang rasanya?

Baca juga :  9 Kedai Masakan India Paling Terkenal di Malaysia

6. Huraideu Chickin

Jika anda merupakan penggemar kuliner khas Korea Selatan, pasti mengenal ayam goreng enak di dunia yang satu ini. Huraideu Chickin adalah menu ayam yang dibuat dengan cara digoreng tepung. Setelah ayam tepung digoreng hingga kering, penyajian ayam pun dilengkapi dengan ganjang yang diberi bumbu kecap asin. Tidak lupa juga yangnyeom yang dikenal punya citarasa pedas.

Ayam goreng juga menjadi salah satu menu favorit di Korea Selatan karena mudah dibuat dan praktis. Penjual ayam goreng sejenis Huraideu Chickin juga tersebar banyak di restoran ala Korea, sehingga tidak sulit menemukan kuliner yang satu ini.

7. Chicken Milanesa

Chicken Milanesa
marthastewart.com

Mampir ke Argentina, jangan lupa untuk menikmati ayam goreng enak di dunia Chicken Milanesa. Perpaduan rasa yang unik khas bumbu Italia ini bisa dinikmati pada kuliner Chicken Milanesa. Konon, menu yang satu ini dibawa oleh orang Milan dari Italia menuju Argentina. Cara membuatnya adalah daging ayam tanpa tulang yang digoreng dengan tepung. Penyajian Chicken Milanesa biasanya dengan kentang kukus yang ditumbuk dan perasan jeruk lemon. Terkadang, banyak penikmat kuliner yang menjadikan ayam goreng ini sebagai isi sandwich.

8. La Zi Ji

Dilihat dari namanya, sudah pasti menu ayam goreng enak di dunia yang satu ini berasal dari China. La Zi Ji adalah sajian ayam goreng yang memiliki citarasa pedas dan tidak semua orang menyukainya. Asal menu La Zi Ji ini adalah dari kawasan Sichuan, China. Ayam goreng ini dibuat dengan puluhan cabai dan bumbu pelengkap lainnya. Hanya penggemar kuliner pedas saja yang berani mencoba sajian yang satu ini lho!

9. Pakora

Dari India, kita bisa temukan ayam goreng enak di dunia bernama Pakora. Menu yang satu ini juga dikenal dengan nama Bhajiya di India Selatan dan Utara. Tanpa dibalur tepung terigu, Pakora dibuat dengan besan atau tepung chickpea yang khas India. Pastinya menu yang satu ini lebih dominan dengan masakan khas India yang akrab menggunakan beragam jenis rempah. Citarasa Pakora juga menjadi sebuah hidangan yang pasti membuat siapapun ketagihan nih!

Baca juga :  Intip Yuk! Kelezatan 22 Kuliner Khas Tahun Baru di Berbagai Negara

Ayam goreng yang ada di Indonesia juga tidak kalah lezat lho! Seperti yang sedang tren saat ini yaitu ayam geprek khas Indonesia. Menu ayam dengan baluran tepung dan sambal super pedas tersebut bahkan berhasil menjadi incaran banyak pecinta kuliner. Menu ayam geprek juga mengalami modifikasi di beberapa wilayah tanah air seperti dengan menambahkan keju, daun mint, atau saus beraneka rasa.

Nah, itulah beberapa sajian ayam goreng enak di dunia yang berasal dari berbagai negara. Banyak kuliner di negara-negara lain yang sudah bisa dinikmati di nusantara. Kuliner ayam goreng yang sudah familiar di kalangan masyarakat Indonesia pasti dengan mudah diterima meski punya citarasa berbeda. Beberapa resep ayam goreng enak di atas juga bisa dipraktikkan dengan mudah bila kebetulan anda hobi memasak. Tertarik?

Menu ayam goreng termasuk sajian yang paling nikmat bila disuguhkan sebagai pelengkap nasi putih. Sebagai negara dengan makanan pokok nasi putih, Indonesia merupakan penikmat menu ayam goreng, apalagi ketika menu tersebut termasuk ayam goreng enak di dunia. Berbagai citarasa kuliner ayam goreng yang ada di dunia menjadi sebuah kekayaan hidangan untuk referensi Anda ya!



Leave a Reply