Miniatur Raja Ampatnya Jawa Timur Waduk Bajulmati Yang Mempesona

raja ampat

fandyachmad | Tourist
Situbondo, Jawa Timur, Indonesia | lake
28 Nov 2018


Miniatur Raja Ampatnya Jawa Timur Waduk Bajulmati Yang Mempesona
Berlibur ke Raja ampat di papua memang menjadi impian bagi semua traveller. Namun anda jangan bersedih ni guys karena di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo terdapat spot yang terbilang hampir sama dengan raja ampat yaitu waduk Bajulmati.

How to Get There

Secara admibistratif Waduk Bajulmati ini terletak di perbatasan banyuwangi dan situbindo tepatnya di desa Wonorejo , kecamatan Banyuputih , kabupaten Situbondo. Waduk ini memiliki luas 1800 Hektar dan di gunakan sebagai pengairan , pembangkit listrik dan tentunya sebagai sarana wisata ni guys.

Lalu bagaimana cara untuk menuju ke waduk bajulmati ???

Sebenarnya waduk bajulmati ini letaknya bersebelahan dengan Tn. Baluran yang dikenal sebagai Africa van Java. Letaknya berada persis di sebelah jalan Raya Banyuwangi – Situbondo. Dari pusat kota situbondo berjarak 36 km sedangkan dari pusat kota Banyuwangi berjarak 40 km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika dari pusat kota Banyuwangi kalian bisa mengarahkan kendaraan anda keluar dari kota Banyuwangi – Pelabuhan Ketapang -  Jalur lintas ( Banyuwangi – Situbondo ) – Pasar Bajulmati – Pintu masuk Tn. Baluran – lalu setelah 500 meter atau 10 menit anda akan sampai di gerbang masuk wisata bendungan Bajulmati di kiri jalan. Dan jika berangkat dari Situbondo letaknya berada di kanan jalan ni guys. Nah di gerbang masuk ini guys kita akan di kenakan retribusi masuk sebesar Rp.5000/ motor dan Rp.10.000/mobil , nah setelah itu di lanjutkan menuju ke bawah sejauh 200 meter maka anda akan sampai di waduk bajulmati dan bersiap-siap untuk mencari spot foto yang keren disini guys.

What to Do

Lalu mengapa di sebeut sebagai mini raja ampat ???

Anda pasti tahu ni guys raja ampat yang berada di papua , mungkin di bayangan anda tempat ini memiliki beberapa pulau yang sangat cantik di sekilingnya. Yah memang waduk ini memiliki gundukan tanah yang menyebar di kawasan waduk sehingga menyerupai sebuah pulau dan pada akhirnya tempat ini mendapat sebutan sebagai miniatur raja ampat ni guys. Gundukannya memang tak begitu banyak seperti di raja ampat ,namun waduk bajul mati ini memiliki keindahan yang sangat memukau hati ni guys.

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan disini ???

Saat musim libur tiba , tenpat ini selalu menjadi destinasi yang hits dan banyak mengundang wisatawan untuk berkunjung disini guys. Banyak wisatawan yang berdatangan untuk menikmati serta melihat pemandangan yang kece disini guys karena waduk bajul mati ini akan memikat siapaun saat berada disini guys. Cuaca disini tergolong sangat panas namun berangin. Di waduk ini terdapat sebuah rest area yang bisa kita gunakan untuk memandangi luas serta indahnya waduk bajul mati ini guys. Disini pasti anda akan kebingungan mencari spot foto yang keren karena setiap sudut waduk bajul mati ini memiliki keindahan serta keunikan tersendiri ni guys.


Saat pertama kali memasuki kawasan ini anda akan di manjakan oleh sejuknya udara serta kesunyian yang akan membuat anda tenang disini guys. Kita bisa menyusuri semua tempat ini dengan kendaraan pribadi anda karena jalan sudah bersapal mulus lalu di lanjutkan tracking ke atas bukit untuk mencari spot foto yang keren ni guys.

Mengabadikan moment dengan bidikan kamera kalian adalah hal wajib karena setiap sudut waduk bajul mati ini memiliki panorama alam yang akan membuat anda terpesona dengannya. Karena waduk ini merupakan tempat yang lagi Hits dan instagramable jadi jika anda berfoto disini akan mendapatkan angle dengan beckground yang kece ni guys.

Di musim kemarau tempat ini bisa saja gersang sehingga kita tidak bisa menikmati hijaunya rumput ataupun pepohonan di sekitar , meskipun begitu disini tergolong sejuk udaranya karena hembusan angin akan siap menyapa anda di setiap waktu. Berada di atas bukit sembari menikmati waduk yang di hiasi beberapa gundukan kecil di sekelilingnya akan membuat anda betah berada disini guys , apalagi disisi kanan kita akan di manjakan view gunung ijen yang megah dan jika dari sisi kiri kita akan di manjakan oleh gunung baluran ni guys. Selain cocok untuk mendapatkan angle foto yang kece , biasanya di waduk ini juga bisa di gunakan sebagai spot untuk memancing ni guys , terlihat beberapa warga lokal ataupun wisatawan yang terkadang memancing di pinggiran waduk bajulmati ini guys.


Tips and Trick

Tips dan trick saat berkunjung ke waduk bajulmati :

 

  1. Pakailah sunblock yang bisa melindungi kulit kita dari sengatan sinar matahari disini guys
  2. Bawalah makanan dan minuman karena disini tidak ada yang berjualan
  3. Berhati-hatilah saat foto di atas bukit jangan terlalu minggir karena bisa saja rapuh bukitnya
  4. Jika bermain air di pinggiran saja guys karena sangat berbahaya jika terlalu menengah
  5. Datanglah pagi hari jika ingin menyaksikan sunset yang sangat indah disini
  6. Pakailah topi jika anda berkunjung di siang hari karena sangat panas.
  7. Jangan membuang sampah kalian disini guys dan jagalah keasrian tempat ini.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY