7 Jajanan Khas Banten Bercita Rasa Legit Hingga Gurih Menggoda


sisil angelin  May 20, 2021  0 Comment

Provinsi Banten memang terkenal sekali dengan destinasi wisatanya yang indah, dan kulinernya yang beragam. Namun kali ini kita gak bahas makanan berat, dan GoTravelly kali ini bakalan bahas jajanan khas Banten yang wajib banget kalian cicipi. Karena jajanan tradisional ini sangat enak, khas, dan pastinya memiliki keunikan. Jajanan khas Banten yang akan kita bahas ini memang sangat disukai masyarakat Banten, dan menjadi buruan wisatawan saat berkunjung ke Banten. Nah daripada kalian penasaran sama jajanan khas Banten apa saja? Langsung aja yuk simak artikel dibawah ini!

1. Kue Jojorong

Kue Jojorong
wikipedia.com

Kue khas Banten yang akan kita bahas pertama ini memang sangat terkenal di Banten, dan memang sekilas kue jojorong ini mirip dengan sumsum. namun yang membuat Kue Jojorong ini berbeda dari kue jojorong ialah Kue Jojorong ini disajikan di daun pisang yang dibentuk seperti mangkuk. Untuk bahan yang digunakan untuk membuat Kue Jojorong ialah menggunakan tepung beras, dan gula merah cair yang akan dituang diatas Kue Jojorong. Untuk tekstur Kue Jojorong ini memang sangat lembut, dan bikin siapa aja ketagihan dengan rasanya yang lembut serta manis. Kue Jojorong ini bisa kalian temukan dipasar tradisional, dan penjual pinggir jalan.

Gotravelly

Liang Sandwich Bar Galaxy Mall

Menikmati Serunya Event Tropical Sunset Cook Di Sunny Cafe Jombang

2. Kue Pasung

Kue Pasung
tokopedia.com

Jajanan tradisional ini mungkin sudah tidak asing lagi, dan jajanan ini di Banten memiliki nama yaitu Kue Pasung. Jadi Kue Pasung ini memang adonannya terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula aren. Sehingga membuat tekstur dari Kue Pasung ini lembut, kenyal, dan manis sehingga membuat siapa aja ketagihan dengan rasanya yang lembut. Kue Pasung ini juga memiliki aroma yang sedap, karena dibungkus dengan daun pisang, dan uniknya kadang Kue Pasung ini diberi tambahan buah nangka sehingga membuat aroma dari Kue Pasung ini manis. Kue Pasung menjadi salah satu jajanan yang wajib ada saat acara pernikahan, dan hari besar di Banten.

Baca juga :  15+ Restoran Korea di Solo Terbaik dengan Harga Terjangkau 2023

3. Kue Cucur

Kue Cucur
goodnewsfromindonesia.id

Camilan yang ada diurutan ketiga ini memang menjadi salah satu camilan yang terkenal sekali di Indonesia, dan memiliki banyak penggemar. Meskipun jaman sekarang sangat susah mendapatkan Kue Cucur namun jika kalian berkunjung ke Banten kalian sangat mudah untuk menemukan Kue Cucur, karena Kue Cucur ini menjadi jajanan tradisional kesukaan masyarakat Banten, dan Kue Cucur ini memang memiliki rasa yang manis. Karena Kue Cucur ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung terigu, dan gula merah lalu semua bahan tersebut akan digoreng sampai merekah. Jadi saat matang Kue Cucur ini akan merekah, dan memiliki serat. Gimana kalian ingin mencoba jajanan tradisional yang satu ini? Yuk buruan cari Kue Cucur ini dipasar tradisional, dan Kue Cucur biasanya dijual dengan harga yang terjangkau.

4. Kue Cuer

Kue Cuer
idntimes.com

Kue Cuer yang berwarna hijau ini merupakan jajanan khas Banten, dan warna hijau pada sajian Kue Cuer ini berasal dari perasan daun suji yang akn dicampur dengan gula serta tepung beras. Sehingga saat matang Kue Cuer ini akn dipotong tipis-tipis, dan memiliki rasa yang legit. Uniknya Kue Cuer ini biasanya akan dimakan dengan ampas kelapa sehingga kalian yang memakan Kue Cuer ini akan merasakan citarasa yang manis, gurih, dan pastinya mantep banget! Untuk menemukan Kue Cuer ini biasanya saat Ramadan tiba. Kue Cuer menjadi kudapan untuk berbuka puasa, dan sangat mudah sekali menemukan Kue Cuer ini saat berada di Banten. Selain rasanya legit Kue Cuer ini juga dijual dengan harga yang terjangkau, dan pastinya bikin siapa aja ketagihan dengan rasanya yang sempurna. Jajanan ini wajib banget deh kalian coba saat berada di Banten.

Baca juga :  10 Kue Tradisional Paling Lezat di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

5. Gipang

Gipang
bukalapak.com

Gipang menjadi salah satu jajanan tradisional yang memiliki banyak sekali penggemar, dan biasanya Gipang ini menjadi camilan masyarakat Banteb. Jadi Gipang ini terbuat dari ketan yang dijemur, dimasukan didalam cetakan, dan akan dicampur dengan gula cair diberi campuran air yang memiliki rasa asam, dan semua bahan ini akan diberi lapisan atas berupa kacang tanah yang sudah dihaluskan sehingga akan lengket dengan ketan. Sehingga menciptakan rasa yang gurih, manis, dan legit saat kalian menggitnya. Untuk menemukan Gipang ini kalian bisa mendapatkannya dipasar tradisional, atau saat bulan puasa biasanya Gipang akan dijual dipinggir jalan dengan harga yang murah meriah. Jadi untuk kamu pencinta kuliner wajib banget nih cobain Gipang saat berada di Banten, dan pastinya bikin kulineran kalian di Banten berkesan!

6. Kue Apem

Kue Apem
bantennews.co.id

Camilan yang satu ini memang sangat terkenal di Indonesia, dan sudah tidak asing dikalangan masyarakat Indonesia. Jadi Kue Apem ini camilan tradisional khas Banten yang sangat mudah sekali ditemukan di Banten, dan Kue Apem ini memang memiliki warna yang cantik. Kue Apem ini memiliki rasa yang asin, gurih, dan memiliki aroma yang asam. Kue Apem biasanya Kue Apem akan disajikan dengan kincai atau gula merah cair yang akan membuat Kue Apem ini memiliki rasa yang manis. Namun seiring berjalannya waktu Kue Apem ini juga dimakan dengan susu kental manis, sirup, dan ada yang memakannya dengan beraneka topping seperti cokelat ataupun keju. Jadi kalian bisa sesuaikan dengan selera kalian ya guys! Nah tunggu apalagi yuk buruan cari Kue Apem ini di Banten.

7. Ketan Bintul

Jajanan Khas Banten
travel.tribunnews.com

Jajanan khas Banten yang akan kita bahas terakhir ini adalah Ketan Bintul. Jadi Ketan Bintul ini memang menjadi jajanan kesukaan warga Banten, dan Ketan Bintul ini biasanya menjad kudapan wajib saat Bulan Puasa tiba. Untuk kamu yang belum paham Ketan Bintul ini berasal dari beras ketan yang akan dicampur dengan serundeng yang dicampur dengan rempah sehingga membuat rasanya sangat sedap. Jadi Ketan Bintul ini memiliki tekstur yang kenyal, pulen, dan tekstur serundeng pada sajian Ketan Bintul ini membuat sajian yang satu ini sangat sempurna saat masuk kedalam mulut. Jadi untuk kamu yang tertarik mencoba gurihnya Ketan Bintul ini bisa menemukannya dipasar tradisional atau penjual pinggir jalan. Harga dari Ketan Bintul ini juga sangat terjangkau loh! Jadu tunggu apalagi yuk berburu Ketan Bintul ini di Banten.

Baca juga :  10 Kue Tradisional Dalam Adat Pernikahan di Indonesia

Itulah 7 jananan khas Banten yang menjadi jajanan kesukaan warga Banten, dan pastinya dengan mencicipi 7 jananan khas Banten yang ada diatas akan membuat traveling kalian berkesan. Memang kuliner di Indonesia ini sangat beragam, unik, dan bagi pencinta kuliner di Indonesia ini memang sangat kaya dengan kulinernya. Bahkan kuliner khas di Indonesia ini diakui beberapa negara di dunia dengan citarasanya yang lezat. Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat untuk kamu yang lagi cari kuliner enak, dan khas di Banten ya! Untuk kalian yang suka dengan jajanan diatas bisa jelasin gimana rasanya dikolom komentar yang ada dibawah ya…



Leave a Reply