10 Dessert Khas Jepang, Rasa Enak Dengan Tampilan Cantik


Fida  March 14, 2022  0 Comment

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan berbagai kuliner lezat dan menarik untuk dicoba. Berbagai kuliner tersebut tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal Jepang tetapi juga berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Selain beberapa makanan berat khas Jepang yang populer seperti sushi atau bento, kamu juga dapat mencoba berbagai pilihan dessert yang ditawarkan.

Ada cukup banyak pilihan dessert khas Jepang yang disajikan dengan tampilan yang unik dan menggugah selera. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, inilah daftar 10 rekomendasi dessert khas Jepang yang sayang untuk tidak kamu coba.

10 Dessert Khas Jepang :

1. Dorayaki

dorayaki
orami.co.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan salah satu dessert khas Jepang yakni dorayaki bukan? Makanan yang satu ini populer karena dikenal sebagai makanan favorit Doraemon. Tidak hanya mudah dijumpai di Jepang, kini dorayaki juga dapat kamu coba di berbagai negara lainnya termasuk Indonesia.

Dorayaki merupakan kue sejenis pancake dengan bentuk bulat dan dikenal memiliki isian berupa coklat atau selai kacang merah. Di Jepang, dorayaki dipilih sebagai dessert dan biasa dinikmati sebagai teman untuk bersantai bersama satu cangkir teh. Bentuk dan cita rasanya yang khas menjadikan dessert yang satu ini saya untuk tidak kamu coba saat berkunjung ke Jepang.

Gotravelly

Foremore Resto & Cafe, Tempat Nongkrong Estetik & Instagramable Di Surabaya Timur

Jalan-Jalan & Kulineran Di Gion Shirakawa: Mulai Dari Bangunan Tua Hingga Sushi

2. Taiyaki

taiyaki
kompas.com

Dessert khas Jepang selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah taiyaki. Pernah mendengar sebutan dessert yang satu ini? Taiyaki merupakan hidangan sejenis waffle dengan bentuk khas yakni berbentuk ikan. Jika di Korea, hidangan ini lebih populer dengan sebutan bungeoppang.

Baca juga :  11 Tempat Makan di Bandung Paling Enak

Hidangan yang satu ini juga populer dengan isiannya yakni pasta kacang merah dengan cita rasa manis. Beberapa toko juga menawarkan hidangan taiyaki dengan berbagai isian lainnya seperti selai buah, cokelat, dan juga es krim. Saat datang ke Jepang, dessert yang satu ini tentu sangat menarik untuk kamu coba.

3. Mochi

mochi
kompas.com

Mochi dikenal sebagai salah satu dari banyaknya dessert khas Jepang yang populer tidak hanya di negara asalnya tetapi juga di berbagai negara lainnya. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan yang diolah dengan cara ditumbuk hingga lengket. Mochi memiliki bentuk khas yakni berbentuk bulat.

Saat berkunjung ke Jepang, ada banyak sekali varian mochi yang bisa kamu coba seperti sakuramochi yang berwarna pink dan memiliki tampilan berbalut daun sakura, kusamochi yang dibuat dari rumput jepang, hingga kuzumochi yang dibuat dengan tepung akar tanaman kuzu. Unik dan menarik untuk dicoba bukan?

4. Dango

dango
kids.grid.id

Dango dikenal sebagai salah satu dessert khas Jepang yang dibuat dengan bahan utama tepung beras. Hidangan yang satu ini dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus. Tidak hanya dikenal memiliki tekstur yang khas, hidangan yang satu ini juga dikenal memiliki tampilan yang unik yakni berbentuk bulat dan ditusuk menggunakan tusuk yang terbuat dari bambu.

Kamu dapat memilih untuk mencoba menikmati dango bersama dengan saus yang dibuat dari pasta kacang merah yang diencerkan. Dango yang sudah memiliki isian di dalamnya juga dapat dinikmati langsung tanpa menggunakan saus. Tertarik untuk mencoba dessert yang satu ini saat datang ke Jepang?

5. Kue Manju

kue manju
idntimes.com

Kue Manju dikenal sebagai salah satu makanan tradisional sekaligus dessert khas Jepang yang sayang untuk tidak kamu coba. Hidangan yang satu ini memiliki proses pembuatan yang hampir sama dengan taiyaki dan juga dorayaki. Kue manju juga memiliki isian berupa pasta kacang merah dan diolah dengan cara dikukus.

Baca juga :  Para Gamer Kamu Wajib Mengunjungi 9 Tempat Main Esport di Jepang

Kue yang satu ini juga dikenal memiliki beberapa bentuk yang dapat kamu coba, salah satunya adalah momiji manju yang memiliki bentuk menyerupai daun maple. Selain disukai oleh masyarakat lokal, dessert yang satu ini juga menjadi favorit beberapa wisatawan yang datang ke Jepang. Bentuk serta cita rasanya yang khas tentu akan membuat kamu ketagihan setelah mencobanya.

6. Daifuku

daifuku
shopee.co.id

Daifuku juga merupakan salah satu dessert khas Jepang yang menarik untuk dicoba. Dessert yang satu ini memiliki kemiripan dengan hidangan mochi. Tidak hanya bentuknya, tetapi juga bahan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan mochi.

Dessert yang satu ini dikenal dengan ciri khasnya yakni berisi buah utuh. Ichigo Daifuku menjadi salah satu jenis daifuku yang sangat favorit dan berisikan buah strawberry. Di Jepang, dessert yang satu ini juga sangat digemari dan mudah dijumpai.

7. Yokan

yokan
we-xpats.com

Salah satu dessert khas Jepang yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah yokan. Hidangan yang satu ini memiliki tampilan seperti jelly yang dibuat dengan menggunakan bahan berupa pasta kacang merah, gula, dan juga agar.

Yokan juga biasa disajikan dengan irisan kecil-kecil dan dijual dalam bentuk balok. Saat datang ke Jepang, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba lezat dan uniknya dessert yang satu ini.

8. Monaka

monaka
food.detik.com

Rekomendasi dessert khas Jepang yang sayang untuk dilewatkan adalah monaka. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama kacang merah manis yang diapit dengan wafer. Wafer yang digunakan terbuat dari mochi.

Hidangan yang satu ini juga tidak jarang disajikan bersama dengan es krim sehingga semakin menggugah selera. Monaka dapat dinikmati saat bersantai bersama dengan satu cangkir teh.

Baca juga :  8 Makanan Khas Mataram, Enaknya Tak Tertandingi

9. Konpeito

konpeito
japanesestation.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan konpeito? Konpeito dikenal sebagai salah satu dessert khas Jepang yang memiliki tampilan berupa permen warna-warni dengan ukuran kecil. Biasanya, konpeito memiliki bentuk khas yakni berbentuk bintang atau bunga.

Sebutan konpeito berasal dari bahasa Portugal yakni confeito yang memiliki arti gula-gula. Dessert yang satu ini memang pertama kali dikenalkan oleh pedagang Portugal ke Jepang pada tahun 1550. Saat berkunjung ke Jepang, jangan lewatkan untuk mencoba uniknya makanan yang satu ini.

10. Yatsuhashi

Dessert Khas Jepang
kitatv.com

Yatsuhashi dikenal sebagai salah satu dessert khas Jepang yang populer dan menarik untuk kamu coba. Hidangan ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya beras ketan, kayu manis, serta gula. Saat mencoba hidangan ini, kamu akan dimanjakan dengan cita rasanya yang manis dan sedikit asam. Tertarik untuk mencoba yatsuhashi saat berkunjung ke Jepang?

Nah itulah daftar 10 rekomendasi dessert khas Jepang yang populer dan menarik untuk kamu coba. Dari 10 rekomendasi tersebut, dessert manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu coba saat datang ke Jepang?



Leave a Reply