6 Makanan Khas Asahan, Mana Tahan Dengan Kelezatannya!


Fida  November 20, 2021  0 Comment

Berwisata sekaligus mencoba makanan khas dari berbagai daerah tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Kabupaten Asahan merupakan salah satu daerah di provinsi Sumatera Utara yang dikenal memiliki banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat. Tidak perlu bingung, berikut daftar 6 rekomendasi makanan khas Asahan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Sayur Gurih Tauco

sayur gurih tauco
sumut.idntimes.com

Rekomendasi makanan khas Asahan yang sangat menarik untuk kamu coba adalah sayur gurih tauco. Makanan ini dikenal memiliki kuah kental yang lezat. Sesuai dengan namanya, kamu akan dimanjakan dengan citarasa gurih saat mencoba sayur gurih tauco.

Tidak hanya lezat, makanan ini juga sangat bergizi karena mengandung protein yang berasal dari isian yakni udang dan daging sapi. Selain itu, terdapat beberapa isian sayuran seperti buncis, sayur nangka muda, dan juga tempe.

Untuk membuat lezatnya kuah khas tauco, kamu memerlukan beberapa bahan seperti gula, lengkuas, jahe, garam, merica, dan juga cabai. Makanan yang satu ini dapat dinikmati langsung maupun dihidangkan bersama dengan satu porsi nasi hangat. Lontong juga menjadi pilihan tepat sebagai pengganti nasi. Saat berkunjung ke daerah Asahan, tentu sangat mudah untuk menjumpai lezatnya hidangan sayur gurih tauco yang dijual di berbagai warung di pinggir jalan. Meskipun dikenal lezat, makanan yang satu ini dijual dengan harga yang terjangkau.

Gotravelly

MakQu Kitchen, Sajikan Beef Belly Rice Bowl Enak Di Gresik

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

2. Miso Asahan

miso
seringjalan.com

Miso Asahan menjadi rekomendasi makanan khas Asahan berikutnya yang bisa kamu coba. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama mie putih atau mie kuning. Dalam penyajiannya, makanan ini dihidangkan bersama dengan siraman kuah.

Kamu tentu akan dimanjakan dengan cita rasa lezat dan khas saat mencoba miso Asahan. Hidangan yang satu ini memiliki tampilan yang khas yakni dilengkapi dengan suwiran ayam kampung serta kerupuk berwarna merah. Adanya kuah kaldu ayam menjadikan makanan yang satu ini memiliki cita rasa lezat dan gurih. Beberapa bahan lain yang digunakan untuk membuat misoa Asahan diantaranya merica, kemiri, dan juga bawang putih.

Kamu dapat memilih untuk membeli miso Asahan maupun membuatnya sendiri di rumah. Makanan yang satu ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 12.000,- per porsi. Kamu akan dibuat ketagihan setelah mencoba lezatnya makanan khas Asahan yang satu ini.

3. Ikan Bakar Asahan

ikan bakar asahan
sumut.idntimes.com

Siapa nih pecinta olahan makanan ikan bakar? Saat berkunjung ke daerah Asahan, kamu dapat mencoba lezatnya salah satu makanan khas yakni ikan bakar Asahan. Salah satu makanan khas Asahan yang satu ini tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja melainkan banyak diburu oleh wisatawan.

Pemilihan ikan segar yang digunakan tentu sangat berpengaruh dengan kelezatan makanan yang satu ini. Ikan bakar yang telah dibumbui dengan kecap manis dan juga cabe rawit menghasilkan cita rasa pedas manis yang lezat. Tentu menjadi pilihan tepat bagi kamu untuk menikmati ikan bakar Asahan bersama dengan satu porsi nasi dan anyang pakis.

Ikan bakar Asahan biasa dijual dengan harga sekitar Rp 20.000,- per porsi. Kamu dapat memilih berbagai jenis ikan bakar sesuai selera. Beberapa pilihan ikan yang ditawarkan di antaranya ikan nila, ikan bawal, ikan gurame, ikan pari, dan masih banyak lagi. Saat mencari rekomendasi makanan khas Asahan yang menarik untuk dicoba, lezatnya ikan bakar tentu sayang untuk kamu lewatkan.

4. Lemang

lemang
kumparan.com

Ada banyak sekali pilihan makanan khas Asahan yang menarik untuk kamu coba. Salah satu hidangan yang populer adalah lemang. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan yang dicampur dengan santan. Lemang kemudian diolah dengan cara dimasak dan adonannya dimasukkan dalam sebilah bambu dengan lapisan daun pisang di dalamnya. Lemang kemudian dibakar dengan posisi tegak lurus ke arah bara api.

Karena masih dibuat dengan proses yang tradisional, tidak heran jika makanan yang satu ini menawarkan sensasi sedap tersendiri. Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih saat mencobanya. Rasa gurih tersebut berasal dari salah satu bahan yang digunakan yakni santan. Makanan yang satu ini biasa dihidangkan bersama dengan tambahan makanan manis seperti selai dan juga srikaya. Selain itu, lemang juga biasa dinikmati bersama dengan makanan gurih seperti telur ayam dan rendang.

Jika dilihat sekilas, tampilan lemang tidak jauh berbeda dengan lontong. Saat berkunjung ke daerah Asahan, tentu sangat disayangkan untuk tidak mencoba uniknya makanan khas Asahan yang satu ini.

5. Anyang Pakis

anyang pakis
merdeka.com

Rekomendasi makanan khas asahan berikutnya yang bisa kamu coba adalah anyang Pakis. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tumbuhan paku yakni Pakis. Beberapa bahan lainnya yang digunakan adalah kacang panjang, taoge, daun pepaya yang direbus, bawang merah, bawang putih, dan juga cabai merah.

Jika dilihat sekilas, makanan yang satu ini memiliki tampilan mirip dengan urap-urap. Hal yang menjadikan mirip adalah adanya taburan parutan kelapa yang dibakar. Yang membedakan adalah anyang Pakis memiliki aroma yang sangat khas jika dibanding dengan urap-urap. Aroma yang menggugah selera tersebut berasal dari daun jeruk, serai, ketumbar, dan juga bawang merah.

Selain dikenal lezat, makanan ini juga kaya manfaat dan menyehatkan.
Kamu dapat memilih untuk menikmatinya langsung maupun dihidangkan bersama dengan nasi hangat. Makanan ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah maupun dijumpai di pasar-pasar tradisional di Asahan.

6. Bika Ambon

Makanan Khas Asahan
lifestyle.okezone.com

Tahukah kamu bahwa bika ambon juga termasuk sebagai salah satu makanan khas Asahan? Sebutan makanan yang satu ini diambil dari nama Jalan Ambon yang terletak di Sumatera Utara. Makanan ini memiliki tekstur yang legit dengan cita rasa manis yang tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal melainkan juga banyak diburu oleh wisatawan.

Bika ambon dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti gula pasir, tepung terigu, tepung tapioka, garam, telur, dan juga ragi. Adanya tambahan daun pandan serta daun jeruk tentu membuat aroma makanan ini semakin wangi. Saat berkunjung ke daerah Asahan, kamu dapat membeli bika ambon untuk dikonsumsi langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Bika ambon tentu sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama dengan satu cangkir teh atau kopi. Saat mencari rekomendasi makanan khas Asahan yang sayang untuk dilewatkan, bika ambon menjadi salah satu yang wajib kamu coba.

Nah itulah daftar 6 rekomendasi makanan khas Asahan yang dikenal lezat dan menggugah selera. Diantara makanan tersebut, hidangan manakah yang paling ingin kamu coba saat berkesempatan datang ke daerah Asahan?



Leave a Reply