10 Oleh Oleh Khas Probolinggo Yang Murah Dan Terkenal


Fida  June 11, 2022  0 Comment

Probolinggo yang kerap dijuluki sebagai Kota Mangga dan Kota Anggur menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Saat memutuskan untuk berlibur ke Probolinggo, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu oleh-oleh sebelum pulang. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, inilah daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Probolinggo yang menarik untuk kamu coba.

1. Proll Tape Probolinggo

proll tape probolinggo
solopos.com

Pernah mendengar sebutan makanan proll tape? Proll tape salah satu makanan yang sekaligus dikenal sebagai oleh-oleh khas Probolinggo. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini merupakan olahan tape.

Proll tape yang dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti singkong, tepung terigu, gula, telur, mentega, susu sapi, garam, dan juga taburan keju, serta kismis. Oleh-oleh yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik serta dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai Pusat oleh-oleh di Probolinggo.

Gotravelly

Menikmati Rawon Nguling Bersama GoTravelly

Makan Malam Di Hotel Yoschi Bromo Bersama GoTravelly

2. Sirup Pokak

sirup pokak
shopee.co.id

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Probolinggo yang tidak kalah unik dan menarik adalah sirup Pokak. Sirup yang satu ini diolah dengan bahan berbagai rempah serta jeruk. Sirup pokak sangat cocok dipilih untuk dinikmati saat acara kumpul-kumpul bersama keluarga.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat sirup ini diantaranya cengkeh, jahe, kayu manis, gula merah, pandan, dan juga jeruk purut. Tidak hanya dikenal memiliki rasa yang unik, grup yang satu ini juga dikenal dapat menghangatkan tubuh serta memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Sirup pokak dipercaya dapat menjadi obat untuk meredakan batuk, masuk angin, hingga menurunkan kadar kolesterol. Sirup yang satu ini juga biasa dijual dengan mama kemasannya yang praktis yakni di dalam botol. Kamu dapat membeli sirup ini dengan harga kisaran Rp 10.000,- per botol.

3. Anggur Prabu Bestari

anggur prabu bestari
kominfo.jatimprov.go.id

Anggur Prabu Bestari menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Probolinggo yang sayang untuk kamu lewatkan. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing bahwa Probolinggo dikenal sebagai salah satu daerah penghasil anggur. Oleh karena itu, tidak heran jika Probolinggo kerap dijuluki sebagai Kota anggur.

Anggur khas Probolinggo dikenal menawarkan cita rasa manis dan segar. Tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan menyempatkan untuk berburu anggur khas Probolinggo. Daerah Probolinggo juga dikenal menjadi salah satu sentra anggur terbesar di Indonesia sejak tahun 1980-an. Saat menghabiskan waktu berlibur di Probolinggo, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk membeli anggur Prabu Bestari sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

4. Olahan Manggrove

olahan mangrove
surabaya.inews.id

Mangrove atau hutan bakau memang populer memiliki peran penting bagi ekosistem laut. Di Probolinggo, mangrove diolah sebagai produk pangan yang unik dan kerap diburu sebagai salah satu oleh-oleh khas Probolinggo.

Kamu dapat membeli berbagai produk olahan mangrove seperti sirup, cola, hingga jenang. Berbagai olahan dibuat langsung oleh para petani mangrove di Probolinggo. Tidak hanya dikenal unik, olahan mangrove juga dikenal kaya akan vitamin dan manfaat baik bagi tubuh. Tertarik untuk berburu oleh-oleh berupa olahan mangrove saat datang ke Probolinggo?

5. Bawang Merah

Oleh Oleh Khas Probolinggo
radarbromo.jawapos.com

Tidak hanya olahan makanan dan minuman, bawang merah juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Probolinggo yang banyak diburu oleh wisatawan. Bawang merah khas Probolinggo dikenal memiliki rasa serta aroma yang khas.

Selain bawang merah mentah, kamu juga dapat membeli beberapa produk olahan bawang merah seperti bawang merah goreng dan sambal bawang merah. Kemasan yang praktis dan menarik menjadikan berbagai olahan bawang merah sayang untuk tidak kamu coba. Kamu dapat membeli bawang merah mentah dan berbagai olahannya di pasar tradisional atau toko oleh-oleh di Probolinggo.

6. Keripik Jahe

keripik jahe
pinhome.id

Pernahkah kamu terbayang untuk mencoba lezat dan uniknya keripik jahe? Keripik jahe dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Probolinggo yang populer dan sayang untuk dilewatkan. Keripik yang satu ini diolah menggunakan bahan utama jahe yang diiris tipis kemudian digoreng hingga kering.

Keripik jahe dapat dengan mudah di jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Probolinggo. Kripik yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik. Tidak hanya unik, keripik jahe juga dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Makanan ini sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat di rumah.

7. Rengginang Ikan Tenggiri

rengginang ikan tenggiri
biggo.id

Saat bingung menentukan pilihan oleh-oleh khas Probolinggo yang cocok untuk dibawa pulang, rengginang ikan tenggiri menjadi pilihan yang tepat. Sesuai dengan namanya, rengginang ikan tenggiri dibuat menggunakan bahan utama ikan tenggiri. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa serta aroma yang khas.

Rengginang ikan tenggiri biasa dijual dengan harga berkisar Rp 25.000,- hingga Rp 30.000,- per kemasan. Karena dibungkus dengan kemasan yang praktis dan menarik, maka oleh-oleh yang satu ini sangat cocok untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Tertarik untuk membeli oleh-oleh yang satu ini?

8. Manisan

manisan
timesindonesia.co.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Probolinggo berikutnya yang cocok untuk kamu bawa pulang adalah olahan manisan. Manisan dibuat dengan menggunakan buah-buahan, salah satunya adalah buah mangga khas Probolinggo. Buah mangga yang telah diolah menjadi manisan menjadi awet dan tahan lama sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh.

Selain manisan mangga yang populer di Probolinggo, kamu juga dapat mencoba segarnya manisan tomat. Probolinggo memang dikenal sebagai daerah penghasil mangga dan juga tomat yang melimpah.

9. Abon

abon
bukalapak.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Probolinggo berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah abon. Makanan yang satu ini tidak hanya dikenal lezat tetapi juga memiliki banyak kandungan vitamin yang baik bagi tubuh. Abon juga dikenal sebagai makanan yang mampu bertahan lama sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh.

Probolinggo dikenal menawarkan lezatnya olahan abon ikan. Hidangan yang satu ini tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung sebagai camilan tetapi juga cocok untuk dinikmati bersama nasi sebagai pengganti lauk. Beberapa olahan abon khas Probolinggo yang dapat kamu coba diantaranya abon ikan tongkol dan ikan tuna. Menggugah selera bukan?

10. Keripik Kentang

keripik kentang
oleholehprobolinggo.blogspot.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Probolinggo berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah keripik kentang. Keripik kentang khas Probolinggo dikenal memiliki tekstur yang renyah serta rasa yang gurih. Jika dilihat sekilas, keripik kentang khas Probolinggo mirip dengan keripik Gadung.

Keripik kentang khas Probolinggo dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko atau pusat oleh-oleh. Tidak hanya harganya yang terjangkau, keripik kentang yang ditawarkan juga dijual dengan kemasan praktis dan menarik.



Leave a Reply