Air Terjun Hingga Situs Bersejarah, Nih! 10 Tempat Wisata di Magelang


sisil angelin  February 6, 2020  0 Comment

Magelang adalah salah satu kota yang berada di Jawa Tengah. Kota yang tidak jauh letaknya dari kota Jogja ini memiliki banyak sekali destinasi wisata. Tempat wisata di Magelang yang dapat anda kunjungi ada berbagai macam jenis, seperti bukit, air terjun, situs bersejarah, dan lain sebagainya. Selain itu di kota ini masih banyak terdapat keindahan alam yang masih tersembunyi.


Jika anda ingin berlibur ke kota Magelang, jangan khawatir mengenai destinasi wisatanya. Karena di Magelang terdapat banyak keindahan alam yang telah dijadikan wisata. Anda juga akan menemukan banyak tempat untuk mengambil foto-foto yang bagus dan instagramable. Sayangnya selama ini Magelang terdengar bukan tempat untuk berlibur, padahal banyak sekali destinasi wisata yang menarik di kota ini.

Destinasi wisata yang paling terkenal hingga mancanegara adalah Candi Borobudur. Wisata dengan situs bersejarah ini tak pernah sepi alias selalu ramai oleh pengunjung. Namun mungkin bagi anda tempat wisata ini sudah sangat familiar. Berikut tempat wisata di Kota Magelang yang dapat anda kunjungi

1. Punthuk Setumbu

 Punthuk Setumbu
tempatwisataterdekat.com

Wisata ini merupakan wisata yang hits di Kota Magelang. Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit yang paling cocok digunakan untuk berburu sunset ataupun sunrise. Anda dapat menyaksikan keindahan candi Borobudur yang disinari oleh sunrise di pagi hari. Selain itu wisata ini juga cocok bagi anda yang suka melihat kabut di pagi hari.
Punthuk Setumbu beralamat di Jln. Borobudur Ngadiharjo, Kurahan, Karangrejo, Magelang. Untuk bisa menikmati keindahan alam di wisata Punthuk Setumbu ini hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000 per orang. Dengan harga tiket masuk yang semurah itu anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat memuaskan.
Di Punthuk Setumbu juga sangat cocok bagi anda yang suka mencari spot foto. Keindahan alam yang ada disini jika difoto akan sangat instagramable. Selain itu disini juga disediakan objek-objek foto yang sangat keren, seperti ayunan, gardu pandang, dan lain sebagainya. Menariknya lagi di wisata ini ini telah dijadikan tempat syuting film AADC 2.

Gotravelly

Borobudur Temple

Si Kecil Nan Indah – Gunung Andong Magelang

2. Kedung Kayang

 Kedung Kayang
phinemo.com

Merupakan wisata alam berupa air terjun yang lagi hits sekali di Kota Magelang dan sekitarnya. Air terjun ini teletak di lereng Gunung Merapi dan memiliki ketinngian hingga 40 meter. Anda akan sangat takjub dengan keindahan alam yang ada di air terjun Kedung Kayang ini. Selain itu, keindahan alamnya dapat anda gunakan untuk menghasilkan foto yang instagramable.
Terdapat banyak spot foto yang akan temukan di sini, seperti gardu pandang yang terletak diatas pohon. Warga sekitar sengaja membuat gardu pandang di atas pohon supaya pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dari ketinggian. Selain air terjun, anda dapat melihat pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi dari gardu pandang ini.
Untuk masuk ke wisata Kedung Kayang ini anda hanya perlu membayar Rp.4000 saja. Kemudian jika anda tertarik untuk berfoto atau berselfie di gardu pandang anda hanya akan dikenai tarif Rp. 10.000 saja. Dengan membayar 4 ribu saja anda sudah bisa menikmati keindahan alam air terjun dan juga sudah ada fasilitasnya, seperti mushola, toilet, dan warung makan.

3. Gunung Andong

Gunung Andong
datawisata.com

Gunung ini terbilang kecil dibandingkan dengan gunung-gunung yang lain. Namun gunung yang mempunyai ketinggian 1.726 mdpl ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi ini cocok untuk anda yang merupakan pendaki pemula. Anda akan menemukan keindahan alam seperti hutan pinus dan ladang bambu di sepanjang perjalanan pendakian.

4. Gardu Pandang Silancur

 Gardu Pandang Silancur
joglowisata.com

Di wisata yang satu ini anda akan menemukan spot foto kece dengan latar belakang Kota Magelang. Keindahan alam yang sangat menarik di Gardu Pandang Silancur ini dapat anda lihat di pagi sampai sore hari. Disini anda tidak hanya akan disuguhkan oleh satu gandu pandang saja, namun ada banyak gardu pandang yang ada disini.
Gardu pandang yang disediakan di wisata ini memiliki berbagai tema yang berbeda dengan ketinggian yang berbeda pula. Wisata yang beralamat di Dusun Dadapan, Mangli, Kaliangkrik ini memiliki harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja.

5. Goa Slandak

 Goa Slandak
pinterest.com

Keindahan alam wisata ini terletak di kawasan perbukitan. Banyak yang dapat anda jelajahi dari wisata yang satu ini, terutama pohon pinus di sekitar Goa Slandak. Anda juga akan menemukan air terjun yang tak kalah cantik di samping Goa Salndak. Terdapat juga gardu pandang yang dapat digunakan untuk berfoto maupun selfie.
Di sekitar Goa Slandak terdapat banyak patung dengan bentuk gorilla dan juga landak raksasa. Selain itu terdapat juga kolam yang terlihat tenang dengan air terjun kecilnya, namanya ialah Kedung Sembrani. Harga tiket masuk Goa Slandak ialah Rp. 3.000 per orang.

6. Bukit Grenden

 Bukit Grenden
tuguwisata.com/

Bukit ini merupakan jalur pendakian Gunung Merbabu yang terdekat. Anda akan menemukan hutan pinus yang sangat cantik di sekitar bukit ini. Selain itu terdapat kabut yang menyelimuti di kawasan ini, sehingga menambah daya tarik wisatawan. Anda juga akan disuguhkan berbagai macam spot foto seperti gazebo dengan hiasan, gardu pandang, dan rumah kurcaci.

7. Grenjengan Kembar

Grenjengan Kembar
travel.kompas.com

Wisata ini berupa air terjun yang terletak di Taman Nasional Lereng Gunung Merbabu. Dikatakan Grejengan Kembar karena terdapat dua air terjun yang letaknya saling bersebelahan. Air terjun ini memiliki ketinggian yang lebih rendah disbanding dengan air terjun di Kedung Kayang, namun keindahan yang dimiliki tak kalah cantik. Harga tiket masuknya sangat murah yaitu Rp. 3.000 per orang.

8. Punthuk Mongkrong

 Punthuk Mongkrong
wisatamantap.com

Wisata ini merupakan bukit dengan ketinggian 624 mdpl yang berada di Desa Giritengah. Selain keindahan alam yang dimiliki Punthuk Mongkrong, disini juga dapat digunakan untuk melihat sunset dan sunrise. Anda juga dapat melihat Candi Borobudur, Pegunungan Menoreh, Gunung Merapi. Dan Gunung Merbabu dari wisata Punthuk Mongkrong ini.

9. Junkyard Autopark & Cafe

 Junkyard Autopark & Cafe
youtube.com

Disini anda akan menjumpai berbagai macam rongsokan mobil, motor, dan sebagainya. Jangan disangka jika rongsokan itu akan kotor atau menjijikan. Disini rongsokan tersebut ditata hingga menjadi tempat yang estetik untuk berfoto ria. Sambil makan camilan dan minum di cafenya anda bisa mendapat foto yang instagrammable.

10. Bukit Rhema

bukit rhema
pesona.travel

Wisata ini merupakan bukit yang diatasnya terdapat sebuah gereja. Bangunan gereja yang ada di disini bentuknya mirip seperti ayam, oleh karena itu sering disebut sebagai Gereja Ayam. Gereja tua ini sudah terkenal sampai mancanegara karena keunikan arsitekturnya. Anda akan menemukan spot foto yang bagus di bagian mahkota ayamnya.
Bangunan gereja ini memiliki beberapa lantai, dimana lantai dasar digunakan untuk berdoa. Sedangkan lantai kedua dan ketiganya dapat digunakan para wisatawan untuk menikmati keindahan alam. Dari sini anda akan dapat melihat keindahan Pegunungan Menorah.

Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di Magelang yang telah dibahas tersebut pada hari biasa maupun hari libur. Sebenarnya masih banyak sekali keindahan alam yang ada di Kota Magelang. Oleh karena itu bagi anda yang punya rencana ingin berlibur ke Magelang tak perlu khawatir akan destinasinya.



Leave a Reply