Pemandangan Air Terjun Gitgit + Rute Lokasi


Reni  December 18, 2017  0 Comment

air terjun gitgit

Tak bisa dipungkiri bahwa Bali adalah salah satu pulau wisata yang namanya sudah sangat tersohor hingga internasional. Pulau Bali atau sering pula disebut pula sebagai pulau Dewata selalu ramai dikunjungi banyak pengunjung lokal dan internasional. Kebanyakan para pengunjung dari luar negeri berkunjung ke Bali untuk menjelajah keanekaragaman budaya dan alam yang masih kental.

Sedangkan pengunjung lokal mungkin menggemari lokasi wisata alam yang masih asri dan alami. Banyak wisatawan yang sudah tidak asing lagi dengan dreamland, sanur dan kuta, tetapi anda harus tahu bahwa Bali menyimpan wisata alam lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya Bali Utara yang tengah hangat diperbincangkan oleh banyak pengunjung. Hal ini karena Bali Utara mengalami perkembangan pesat dan mempunyai sarana dan infrastruktur yang lengkap untuk dijadikan sebagai likasi wisata. Bali utara juga terbilang belum banyak terjamah, sehingga anda akan menemui suasana yang masih asri dan alami.

Jika kamu adalah seseorang yang sangat menggemari petualangan dan berkunjung ke Bali sebagai tujuan wisata. Tidak ada salahnya jika anda menjelajahi keindahan air terjun di Bali Utara yang akan memberikan nuansa lebih tenang dan alami. Salah satunya dengan berkunjung ke air terjun Gitgit.

Air terjun Gitgit yang berlokasi di Buleleng merupakan salah satu tujuan wisata yang juga diminati oleh banyak wisatawan saat ini, baik berasal dari wisatawan lokal maupun luar negeri. Hal ini dikarenakan objek wisata air terjun yang terletak di daerah pedesaan menyajikan udara yang lebih sejuk dan bersih, tentunya jauh dari keramaian Bali.

Salah satu tujuan wisata air terjun yang ada di Bali dan digemari oleh banyak pengunjung adalah wisata Air Terjun Gitgit yang sudah disebutkan tadi. Air Terjun Gitgit mempunyai tebing tertinggi yang ada di daerah Bali Utara. Tidak hanya satu air terjun saja, tentunya masih banyak objek air terjun lainnya yang tak kalah menawan dan indah dipandang. Selain digunakan sebagai tujuan wisata, Air Terjun Gitgit juga digunakan sebagai lokasi pemotretan oleh banyak fotografer yang mencintai suasana indah di sekitar lokasi air terjun.

Akses menuju Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit berlokasi di daerah pegunungan Gitgit yang cocok dikunjungi oleh wisatawan yang lebih menyukai wisata alam dibandingkan keramaian Bali. Air terjun ini berlokasi tepatnya di daerah Desa Gitgit, Buleleng, Bali. Lokasi yang tepat berada kurang lebih 11 km dari Kota Singaraja, sedangkan dari arah Denpasar anda harus menempuh jarak sekitar 90 km. Dari arah Kuta, anda akan menempuh jarak sekitar 80 km.

Tak perlu khawatir karena lokasi air terjun ini juga juga mudah ditemukan karena terdapat papan penunjuk jalan yang akan mengantarkan anda ke lokasi air terjun. Lokasi air terjun Gitgit terbilang lebih mudah dibanding akses menuju air terjun lain yang ada di Buleleng, seperti Air Terjun Munduk dan Sekumpul. Hal ini dikarenakan posisi air terjun yang tidak begitu jauh dari jalan besar yang menghubungkan ke arah Denpasar, Kota Singaraja dan Bedugul. Selama perjalanan menuju lokasi air terjun Gitgit, anda akan melewati beberapa kawasan wisata yang ada di Bedugul, seperti Danu Baratan, Kebun Raya, dll.

Karena rute menuju lokasi masih berada di kawasan pegunungan yang sejuk, tak heran jika sepanjang perjalanan anda menemui rute yang berkelok dan memiliki beberapat rute menurun ataupun menanjak. Ketika anda sudah sampai di lokasi, anda akan dikenakan tiket masuk yang terbilang sangatlah murah, harga yang sangat murah untuk melihat keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, terdapat pula beberapa toko yang menjual suvenir yang dapat anda beli sebagai oleh oleh.

Untuk mencapai kawasan air terjun Gitgit, dari area parkir anda hanya perlu menempuh jarak beberapa ratus meter dengan medan yang masih sejuk dan alami ketika melewati jalur persawahan dan perkebunan sekitar. Tujuan wisata air terjun ini dapat membawa pengunjung untuk melepaskan segala penat dan stres karena pemandangan alamnya yang sangat memukau.

Keindahan Alam di air terjun Gitgit

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 35 meter dan dapat dikategorikan sebagai air terjun dengan tebing tertinggi yang ada di daerah Bali Utara. Keindahan alamnya sudah tidak diragukan lagi, ditemani dengan hawa segar pegunungan yang menjamin anda akan betah untuk menghabiskan waktu di sini dibandingkan dengan tujuan wisata yang lain. Air kolamnya sangat bersih dan sejuk sehingga anda dapat berenang dan bermain air bersama keluarga maupun teman. Air terjun ini juga sangat cocok digunakan  sebagai lokasi pemotretan dengan nuansa alam.

Bagi para pengunjung yang ingin mencapai lokasi air terjun diharuskan untuk berjalan kaki menuju lokasi. Hal ini akan membuat perjalanan anda lebih berkesan menuju wisata air terjun Gitgit. Jalur setapak yang dilewati mempunyai rute naik dan turun, bahkan berkelok kelok. Pas untuk anda yang menyukai tantangan.

Bentuk air terjun Gitgit pun sangat unik karena air terjun ini mengecil di bagian atas sedangkan melebar pada bagian bawah karena terbentur dengan bebatuan yang lebih lebar. Bebatuan tersebut dapat menyebarkan aliran air sehingga aliran air yang jatuh ke dalam kolam tidak begitu deras dan aman untuk berenang.

Ketika anda menikmati suasana segar yang ada di air terjun anda akan merasakan hembusan angin yang sejuk dengan suara gemericik air. Ada banyak pepohonan rindang dan semak hijau yang ada di tebing air terjun tentunya menambah kesan air terjun yang masih alami dan belum terekspos luas.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa terdapat beberapa air terjun lain di sekitar Air Terjun Gitgit, tentunya tak rugi jika anda ikut menjelajahinya. Anda dapat menemui air terjun bertingkat, air terjun kembar dan air terjun colek pamor.

Dinamakan dengan air terjun Bertingkat karena terdapat beberapa tingkat air yang akan anda temui di air terjun ini. Hal tersebut dikarenakan adanya bebatuan yang bertingkat di air terjun. Lokasinya pun tak jauh dari lokasi dengan kedua air terjun tersebut. Ketika anda menyusuri jalan menuju lokasi air terjun bertingkat, anda akan menemukan jembatan yang digunakan untuk melintasi sungai di bagian depan air terjun sehingga para pengunjung bisa berdiri menghadap langsung air terjun.

Tetapi air terjun ini tidak memiliki kolam tampung, sehingga aliran air langsung mengalir menuju sungai yang ada di bawahnya. Air terjun kembar atau dikenal sebagai Air Terjun Campuhan juga salah satu air terjun yang berdekatan dengan Air Terjun Gitgit dan memiliki bentuk yang sangat unik. Adanya dua tebing yang mengapit air terjun beriringan dengan pepohonan hijau. Hal lain yang membuatnya istimewa adalah dua sumber air terjun ini akan jauh ke dalam satu kolam. Kunjungi Bali Utara untuk menjelajah wisata air terjun.



Leave a Reply