9 Museum Militer di Dunia, Koleksinya Bikin Terpana


prita  September 2, 2022  0 Comments

Dalam sejarah umat manusia telah diselingi oleh periode peperangan. Namun, jauh dari bayangan peperangan yang mengerikan, kamu bisa menemukan museum militer di dunia yang dibuat dengan tujuan untuk melestarikan benda peperangan yang bersejarah dan sebagai sarana wisata edukasi. Sejumlah museum militer di dunia ini menyimpan banyak sekali koleksi yang cukup menarik dari sisa-sisa peperangan di masa lampau, seperti pesawat tempur, kapal perang hingga baju zirah yang berasal dari abad pertengahan. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk mengunjungi museum militer, berikut ini adalah daftarnya.

Museum Militer di Dunia

1. Museum of the Great Patriotic War, Moskow

Museum of the Great Patriotic War
en.wikipedia.org

Musem of the Great Patriotic War merupakan museum militer di dunia pertama yang wajib untuk kamu kunjungi. berlokasi di Poklonnaya Gora, museum ini menjadi bagian penting dari komplek peringatan di daerah yang sama.

Museum yang diresmikan pada tahun 1995 ini memiliki beberapa fitur yang sangat menarik dan tiga aula peringatannya yang besar. Aula sentralnya didedikasikan untuk semua yang menerima penghargaan Pahlawan Uni Soviet, sementara dua aula lainnya sebagai tempat untuk mengingat 26 juta orang yang matidi pihak Soviet dan komandan kunci Tentara Merah selama perang.

Baca juga :  Ini Dia 10 Negara Paling Bahagia di Dunia 2022
Gotravelly

Museum Olahraga, Wisata Edukasi Seru Tentang Dunia Olahraga

Merinding Disco Di Museum Kematian

2. Imperial War Museum, London

Museum Militer di Dunia
iwm.org.uk

Museum militer di dunia yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Imperial War Museum yang berada di Kota London. Museum ini didirikan pada 5 Maret 1917 dengan tujuan menjadi museum nasional untuk merekam peristiwa yang masih berlangsung selama Perang Dunia Pertama. Sekarang, Imperial War Museum ini menjadi salah satu museum perang terbaik di dunia.

Pameran di museum ini cukup menarik karena mencakup beberapa aspek Perang Dunia Satu dan Dua, termasuk sejarah militer, Holocaust, peran perempuan dalam konflik, karya seni masa perang dan masalah politik saat itu.

3. Museum of Military History, Wina

Museum of Military History
hgm.at

Museum of Military History juga masuk dalam daftar museum militer di dunia yang sayang sekali untuk dilewatkan selanjutnya. Museum ini juga dikenal sebagai museuk Angkatan Bersenjata Austria yang paling terkemuka.

Menariknya, keberadaan museum ini sudah ada sejak zaman kekaisaran. Museum ini didirikan pada abad pertengahan abad ke-19 atas perintah Kaisar Franz Joseph. Tujuan awal dari dibangunnya museum ini adalah untuk menyoroti peran Austria sebagai negara adidaya militer. Namun, sejumlah koleksi di museum ini telah diperbarui untuk mencakup Perang Dunia, periode antar-perang dan Perang Dingin.

4. The National WWI Museum and Memorial, Kansas City

The National WWI Museum
kcparent.com

Museum militer di dunia yang tak kalah menarik berikutnya adalah The National WWI Museum and Memorial yang berada di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat. Museum ini merupakan rumah bagi koleksi barang-barang Perang Dunia Satu yang paling lengkap.

Dibuka pada tahun 1926 sebagai Liberty Memorial, akhirnya tempat ini ditetapkan sebagai museum pada tahun 2004 dan didedikasikan untuk Perang Dunia Pertama. Museum ini berfokus secara khusus pada peristiwa global dari penyebab Perang Dunia Pertama sebelum 1914 hingga gencatan senjata 1918 dan Konferensi Perdamaian Paris 1919.

Baca juga :  11 Film Hollywood Shooting di Indonesia

5. Les Invalides, Paris

Les Invalides
en.parisinfo.com

Les Invalides merupakan salah satu museum militer di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur di Kota Paris. Museum ini merupakan proyek yang diperintahkan oleh Raja Louis XIV pada tahun 1670 sebagai rumah sakit dan rumah bagi tentara yang terluka dan sudah lanjut usia.

Dari tahun 1905, bangunan ini sebagian besar menjadi rumah bagi Musee de l’Armee. Kamu bisa berjalan-jalan di halaman dengan rumput hijau dan taman formal sebelum menjelajahi museum yang dipenuhi dengan 50.000 koleksi. Koleksi pameran di museum ini cukup lengkap, temasuk artefak militer dari abad ke-13 hingga abad ke-17.

6. The National WWII Museum, New Orleans

The National WWII Museum
id.linkedin.com

Museum militer di dunia yang cukup populer berikutnya adalah The National WWII Museum yang berada di Central Business District New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat.

Museum yang dibuka pada tahun 2000 ini sebelumnya dikenal sebagai The National D-Day Museum. Sesuai dengan namanya, museum ini memiliki sejumlah galeri yang berhubungan dengan D-Day, serta koleksi pesawat yang luas yang mengesankan. Kamu juga bisa berkunjung ke Louisiana Memorial Pavilion yang merupakan rumah bagi pameran sementara bergilir serta gerbong kereta api yang imersif dan interaktif yang dibuka pada tahun 2013. The National WWII ini telah memenangkan penghargaan sebagai salah satu museum Perang Dunia Kedua terbaik di dunia.

7. Royal Museum of the Armed Forces and Military History, Brussel

Royal Museum of the Armed Forces and Military History
en.wikipedia.org

Brussel ternyata juga memiliki salah satu museum militer di dunia yang bisa jadi tujuan wisata sejarah, yaitu Royal Museum of the Armed Forces and Military History. Museum ini merupakan rumah bagi koleksi persenjataan dan baju besi besar yang berasal dari berbagai negara dan berasal dari abad pertengahab.

Baca juga :  7 Wisata Terkenal di Kawasan PIK Pantai Indah Kapuk

Dari seluruh koleksi yang ada di Royal Museum of the Armed Forces and Military History, yang paling mengesankan adalah koleksi pesawat, baik militer maupun sipil dengan beberapa berasal dari awal abad ke-20.

8. Dutch Resistance Museum, Amsterdam

Dutch Resistance Museum
tiqets.com

Museum militer di dunia yang satu ini juga tak kalah populer dari yang lainnya, yaitu Dutch Resistance Museum yang berada di kota Amsterdam. Sudah bukan rahasia lagi jika Amsterdam menjadi salah satu kota yang cukup bersejarah dan sangat erat kaitannya dengan Perang Dunia Kedua.

Museum ini imersif dan menampilkan banyak benda nyata yang ditampilkan dalam konteks yang tepat dan kisah-kisah pribadi mereka yang hidup selama periode tersebut. Tak hanya itu, ada juga Resistance Museum Junior yang cukup menarik bagi anak-anak.

9. National Museum of American History, Washington DC

National Museum of American History
americanhistory.si.edu

Terakhir, museum militer di dunia bisa kamu temukan di kota Washington DC, yaitu National Museum of American History. Museum ini berlokasi di National Mall di 14th Street dan Constitution Avenue.

Museum ini dibangun untuk mengumpulkan, memulihkan, mempelajari dan menafsirkan objek yang mencerminkan pengalaman rakyat Amerika. Koleksinya berkisar dari kehidupan publik hingga acara nasional besar dan elemen budaya seperti sejarah periklanan dan sinema.

Museum ini menyimpan koleksi lebih dari 3 juta artefak yang mencakup dari segala aspek, mulai dari budaya dan hiburan populer hingga teknologi, sejarah militer dan politik. Beberapa sorotan yang menarik di museum ini adalah Star Spangled Banner asli, topi ikonik Presiden Limcold dan Kermit the Frog Puppet yang asli.

Nah, itulah tadi daftar museum militer di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi. Museum-museum tersebut bisa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan wisata edukasi untuk mengenang pahitnya masa peperangan di masa lalu. Selamat berlibur.



Leave a Reply

One Response