11 Oleh-Oleh Khas Yunani, Pilihan Terbaik yang Banyak Dicari


Jehan  August 26, 2023  0 Comment

Oleh-Oleh Khas Yunani – Sobat GoTravelly jika sebelumnya kamu sudah menentukan pilihan destinasi wisata yang menarik dari Negeri Para Dewa, maka selanjutnya pilihan suvenir terbaik yang dapat kamu temukan di sana tidak boleh terlewatkan, bukan?

oleh-oleh khas yunani
unsplash.com

Kali ini GoTravelly akan membagikan referensi cendera mata apa saja yang bisa kamu dapatkan untuk dibawa pulang ke rumah. Tentu saja membeli suvenir saat travelling akan menjadi salah satu cara untuk menyimpan memori terbaik dari suatu tempat tertentu.

Penasaran oleh-oleh apa saja yang bisa kamu beli di Yunani? yuk, ikuti ulasan rekomendasi berikut ini.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Yunani

1. Buah atau Minyak Zaitun

buah zaitun olive oil oleh-oleh yunani
unsplash.com

Apabila kamu datang ke Yunani tentu saja kamu sudah paham tentang negara ini yang merupakan salah satu bagian dari negari Mediterania, bukan? jika begitu, tentu saja saat berkeliling ke banyak pasar tradisional hingga modern yang ada di sana, kamu akan menemukan hasil bumi lokal mereka, yakni Zaitun atau Olive.

Buah Zaitun menjadi salah satu hasil bumi terkenal yang dimiliki oleh Yunani. Jika kamu datang ke pasar mereka saat mencari oleh-oleh, kamu akan dengan mudah mendapatkan rak khusus untuk Zaitun.

Kamu bisa memilih produk Zaitun yan telah diekstrak menjadi minyak. Minyak Zaitun menjadi salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat berbagai sajian kuliner khas Mediterania mereka. Kandungan dari buah Zaitun sangat menyehatkan loh!

2. Madu Yunani Kualitas Terbaik

madu oleh oleh khas yunani
unsplash.com

Mengapa kamu harus membawa pulang produk terbaik dari Yunani yang satu ini? Faktanya, Yunani dikenal sebagai salah satu negeri penghasil madu terbaik di dunia loh. Letak geografisnya yang berada di Mediterania tersebut membuat Yunani memiliki keanekaragaman hayati flora.

Kekayaan tersebut semakin menjadi baik karena iklim dan cuaca yang ada di Yunani mampu membuat flora menghasilkan nektar emas terbaik. Maka tidak heran jika hasil produk yang di dapatkan dalam proses alami tersebut berkualitas tinggi.

Baca juga :  10 Istilah di Cafe Atau Resto yang Wajib Kamu Ketahui

Madu menjadi salah satu oleh-oleh khas Yunani yang banyak dicari oleh para wisatawan untuk di bawa pulang ke rumah mereka masing-masing. Selain menjadi produk menyehatkan, madu juga sangat bermanfaat dan dapat diolah untuk berbagai macam menu makanan atau minuman yang lezat.

3. Rempah-Rempah

herb spice suvenir yunani
pexels.com

Salah satu suvenir pilihan terbaik yang bisa menjadi oleh-oleh khas dari Yunani adalah rempah-rempah mereka. Yunani cukup dikenal dengan beragam bumbu dan rempah yang banyak dimanfaatkan untuk membuat obat.

Mungkin sobat GoTravelly akan berpikir bahwa Indonesia juga memiliki berbagai macam rempah-rempah yang berkualitas, namun rempah-rempah dari Yunani tidak bisa kamu lewatkan begitu saja.

Biasanya rempah mereka dapat kamu dapatkan dalam bentuk kering atau produk teh. Berikut beberapa macam rempah yang bisa kamu pilih, oregano, saffron atau Kroko Kozanis, Cretan mountain tea, Olympus tea, marjoram, dan fliskouni.

4. Mastic / Mastiha

mastic mastiha yunani souvenir
poupadou.com

Mastic atau yang dikenal juga dengan Mastiha ini merupakan resin alami yang dihasilkan dari pohon Damar Wangi yang tumbuh di Pulau Chios. Resin memiliki wangi segar yang khas dan unik.

Sejak jaman dahulu, damar wangi telah dikenal karena memiliki manfaat terapeutik dengan aroma khasnya. Jika kamu bertanya tentang oleh-oleh khas Yunani, maka produk Mastic dapat menjadi pilihan terbaik.

Ada berbagai macam produk yang dibuat dengan bahan dasar Mastic dan dapat kamu temukan dengan mudah di Yunani. Mastic sering diesktrak menjadi beberapa produk, seperti minuman keras, parfum, kosmetik, permen karet, suplemen, dan makanan. Apa kamu tertarik mencobanya sobat GoTravelly?

5. Sandal Kulit

sandal kulit yunani
istockphoto.com

Berjalan-jalanlah ke Athena dan kenakan sandal kulit yang menjadi bagian dari kisah sejarah Yunani. Di sana kamu dapat menemukan berbagai macam sandal siap pakai. Sebagian bahkan memiliki model replika historis periode sejarah yang lekat dengan masa lalu orang Yunani.

Tidak hanya itu saja, sandal kulit di Yunani juga memiliki model modern kekinian yang juga cocok kamu jadikan sebagai pilihan cendera mata. Desain sandal mereka cukup ringan untuk dipakai berjalan dengan nyaman.

Baca juga :  10 Air Mancur Menari Tercantik di Indonesia

6. Replika Artefak Kuno Yunani

artefak yunani replika rekomendasi oleh oleh
unsplash.com

Apabila kamu seorang traveler yang memiliki ketertarikan untuk membawa oleh-oleh berupa benda yang bisa mengisi sudut ruanganmu, cobalah untuk membeli replika artefak kuno Yunani.

Ada banyak pilihan replika bagus yang dapat kamu temukan di Yunani, seperti guci, relief, atau patung kuno. Kamu bisa mendapatkan semua itu dalam berbagai macam ukuran, kecil hingga besar,

Tentu saja replika artefak akan menjadi sebuah karya seni indah yang dapat mengingatkanmu dengan daratan Yunani. Di antara banyaknya replika yang tersedia di sana, salah satu yang paling unik adalah set papan catur dengan representasi desa atau pahlawan Yunani. Bagaimana menurutmu?

7. Keramik Yunani

keramik yunani
unsplash.com

Cendera mata selanjutnya ini selain dapat digunakan juga akan menjadi pilihan yang bisa menambah nilai fungsi yang akan mempercantik ruanganmu. Keramik bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang kamu pilih untuk di bawa pulang ke rumah.

Produk lokal yang dihasilkan dari balik bengkel-bengkel pembuatan dengan metode tradisional akan bernilai tinggi. Kamu dapat memilih berbagai macam produk tembikar dengan pola cantik yang khas dari Yunani.

Produk tembikar tersebut di antara lain; set teh cangkir, teko air, vas, piring, cangkir kopi, dan masih banyak lainnya. Pola terbaik yang dapat kamu temukan adalah bunga-bunga atau pola tradisional yang unik.

8. Suvenir Kayu Zaitun dari Yunani

kayu zaitun hiasan khas yunani
unsplash.com

Produk kerajinan lainnya yang dapat kamu beli dari Yunani adalah suvenir berbahan kayu pohon Zaitun. Ada banyak pilihan yang dihasilkan dari kayu Zaitun yang dapat kamu gunakan hingga menjadi pajangan dekorasi.

Kayu zaitun menjadi salah satu jenis kayu langka, sehingga akan sangat sulit jika kamu menginginkannya di negara lain selain Yunani. Kayu ini dikenal kokoh, kuat dan memiliki warna indah menyerupai kuning madu.

Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginanmu saat membeli produk kayu Yunani, seperti mangkuk, talenan, sendok, cangkir, dan berbagai macam peralatan lainnya. Ada juga yang berbentuk mainan, seperti mobil atau binatang sehingga cocok menjadi oleh-oleh untuk anak-anak.

Baca juga :  10 Tempat Makan Unik di Depok yang Selalu Rame Pengunjung

9. Papan Backgammon Tavli

backgammon tavli
istockphoto.com

Jika datang ke Yunani, kamu akan mendapatkan pemandangan beberapa orang lokal sedang asyik memainkan sebuah permainan papan di area publik, seperti kedai kopi dan taman kota. Permainan ini biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang masyarakat lokal.

Satu set alat permainan Tavli tersebut, terdiri dari papan kotak kayu dengan desain cantik tatahan kayu dan gading, serta dadu sebagai pelengkap. Kamu bisa menjadikan satu set backgammon atau Tavli ini sebagai oleh-oleh khas Yunani. Jika kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana cara memainkannya, kamu bisa mempelajarinya langsung dari masyarakat lokal di sana. Apakah kamu tertarik dengan permainan dari Yunani ini?

10. Komboloi

komboloi yunani
flickr.com

Komboloi atau Greek Worry Beads merupakan salah satu suvenir khas Yunani yang berbentuk seperti gelang. Manik-manik ini menjadi salah satu simbol tradisi yang dimiliki Yunani.

Manik-manik tersebut diikat pada tali lalu diiujungnya terdapat sebuah rumbai. Ikatan manik-manik pada Komboloi cukup longgar, sehingga saat dijatuhkan kamu bisa mendengarkan suara khas antar manik-manik yang saling mengetuk.

Untaian manik-manik ini menjadi salah satu oleh-oleh popular yang banyak diminati oleh para wisatawan saat datang ke Yunani. Bahan yang digunakan untuk membuat Komboloi biasanya dari amber, koral, atau batu akik.

Saat melihat Komboloi ini, mungkin bentuknya akan mengingatkanmu pada simbol keagamaan, seperti tasbih Muslim atau komboskini Ortodoks Yunani. Namun Komboloi yang satu ini berbeda dan sama sekali tidak berkaitan dengan simbol keagamaan atau pun seremonial agama tertentu.

11. Evil Eye

evil eye mati
pexels.com

Ada satu kepercayaan di Yunani tentang adanya mata jahat yang dapat kita dapatkan dari orang lain yang iri atau cemburu dengan diri kita. Mata jahat tersebut dipercaya dapat memberi energi buruk, yang bisa membuat sial, tubuh lemah hingga celaka.

Dari kepercayaan tersebut lah dibuat sebuah simbol yang dipercaya dapat menangkal segala keburukan. Evil Eye yang seringkali disebut sebagai Mati ini memiliki bentuk desain mata biru.

Desain mata biru tersebut, dapat kamu temukan pada berbagai macam produk aksesoris, seperti liontin, gelang, anting, hiasan dinding, hiasan meja, komboloi, syal, dan masih banyak lagi lainnya.

source: https://www.youtube.com/@Onebackpackeach

Sobat GoTravelly itulah beberapa pilihan oleh-oleh khas Yunani yang banyak diminati oleh para turis mancanegara. Ingin mendapat informasi lainnya? yuk, cari tahu bersama GoTravelly.



Leave a Reply