10 Wisata di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara


prita  July 11, 2022  0 Comment

Pernahkah kamu mendengar tentang Buton? Buton merupakan salah satu pulau di Provinsi Sulawesi Tenggara yang dikenal sebagai produksi aspal. Disamping itu, pulau ini juga menyimpan keindahan alam yang mempesona dan patut untuk dijelajahi. Wisata di Pulau Buton ini ternyata jumlahnya cukup banyak dan didominasi dengan pantai. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur dalam waktu dekat, Pulau Buton bisa kamu jadikan sebagai salah satu destinasi tujuan, seperti destinawi wisata berikut ini. Dijamin, pasti kamu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

1. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
pantainesia.com

Pantai Nirwana menjadi destinasi wisata di Pulau Buton yang pertama dan wajib untuk kamu kunjungi. Dari namanya, sudah bisa disimpulkan kalau pantai ini menawarkan keindahan pantai bagaikan di Nirwana.

Pantai Nirwana ini memiliki tiga kombinasi warna yang dipancarkan, yaitu putih, biru kehijauan dan biru muda. Pantai ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga cocok untuk melakukan aktivitas diving atau hanya sekedar berenang.

Gotravelly

Kartiko Traditional Heritage Culinary, Resto Peranakan Dengan Ragam Jajanan Tradisional

Menyusuri Kawasan Slasar Malioboro, Keren Ternyata!

2. Pantai Bahari

Pantai Bahari
sultra.tribunnews.com

Wisata di Pulau Buton yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Bahari. Pantai Bahari ini menjadi surga di Buton Selatan karena pemandangannya sangat indah.

Disini kamu tak hanya bisa menikmati pantainya, namun kamu juga bisa singgah di bukit indah yang menawarkan savana dan pemandangan laut yang menakjubkan. Pantai Bahari ini berlokasi di Desa Bahari, Kecamatan Sampolawa.

3. Wisata Kampung Bajo

Wisata Kampung Bajo
triptrus.com

Tak hanya bisa menikmati keindahan alam, disini kamu juga bisa melihat keunikan dari budaya di Pulau Buton dengan berkunjung ke Kampung Bajo. Kampung Bajo ini lokasinya berada di Desa Holimombo, Kecamatan Wabula.

Kampung Bajo ini merupakan sebuah pemukiman yang unik karena rumah yang dimiliki merupakan rumah apung dengan suasana yang nyaman dan sejuk. Meskipun menggantungkan hidupnya pada hasil laut, namun Kampung Bajo ini sama sekali tidak berbau amis. Disini kamu juga bisa belajar dan mengenal teknik menangkap ikan khas warga suku Bajo. Selain itu, disana kamu juga bisa melihat cara pengolahan bulu babi yang biasa dilakukan oleh para ibu setempat.

4. Pulau Liwutongkidi

Pulau Liwutongkidi
rri.co.id

Destinasi wisata di Pulau Buton yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pulau Liwutongkidi. Pulau Liwutongkidi ini merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Pulau yang luasnya mencapai 1000 meter persegi ini memberikan sensasi bagaikan pulau pribadi. Disini kamu bisa melihat pasir putih yang menyatu dengan deburan ombak, dilangkapi dengan pepohonan di pinggir pantai yang menambah keindahan dari tempat ini.

Tak hanya keindahan daratannya saja, Pulau Liwutongkidi ini juga memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Warna-warnia karang dan beragam ikan yang berenang dengan bebas tentu menjadi pemandangan yang menarik bagi para penyelam.

5. Gua Lakasa

Gua Lakasa
wisato.id

Jika kamu suka menyusuri gua, maka destinasi wisata di Pulau Buton yang satu ini wajib untuk kamu kunjungi, yaitu Gua Lakasa. Gua Lakasa ini merupakan gua ajaib yang berada di Pulau Buton karena gua ini memiliki kolam alami dengan air sejernih kristal.

Gua yang berlokasi di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari ini memang menarik untuk dijelajahi. Jika kamu ingin menjelajahi Gua Lakasa, jangan lupa untuk membawa senter karena suasana gelap. Namun setelah itu, kamu akan menemukan sebuah kolam berisi air biru jernih yang sangat indah.

6. Air Terjun Kandawu Ndawuna

Air Terjun Kandawu Ndawuna
liburdulu.com

Wisata di Pulau Buton yang tak kalah indah selanjutnya adalah Air Terjun Kandawu Ndawuna. Air terjun yang satu ini memang cukup menawan dan megah karena memiliki ketinggian sekitar 30 meter hingga 50 meter.

Aliran air yang jatuh dari ketinggian tersebut melewati tumpukan bebatuan alami sehingga menambah pemandangan yang indah. Suasana asri akan menyambutmu saat tiba di kawasan air terjun ini karena lokasinya yang berada di tengah hutan. Sementara di bagian bawah air terjun, terdapat muara yang berwarna hijau kebiruan yang menambah pesona dari air terjun ini. Kamu pun bisa berenang di muara kolam air terjun ini, namun harus berhati-hati karena dasar kolam ini cukup dalam.

7. Danau Udang Merah

Danau Udang Merah
wisato.id

Sesuai dengan namanya, danau ini dihuni oleh udang merah yang cukup langka. Danau ini pertama kali ditemukan pada tahun 1971 lalu kemudian menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Buton yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Danau Udang Merah ini berlokasi di Desa Mopano, Kecamatan Lasalimu Selatan. Jika ingin berkunjung kesini, kamu harus mengetahui larangan bermain air hingga menangkap udang merah yang ada di danau ini karena Danau Udang Merah ini masih digunakan oleh ilmuwan sebagai objek penelitian lebih lanjut.

8. Bukit Teletubbies

Wisata di Pulau Buton
udaindra.blogspot.com

Wisata di Pulau Buton selanjutnya adalah Bukit Teletubbies. Bukit yang berlokasi di Desa Wakaokili ini masuk dalam bagian Taman Nasional Opa Watumohai.

Bukit Teletubbies ini merupakan lapangan yang sangat luas dengan beberapa bukit kecil dan diselimuti dengan padang rumput yang hijau. Disini kamu bisa hiking untuk menikmati pemandangan Buton dari ketinggian. Tak hanya itu, bukit ini juga sering dijadikan spot untuk foto prewedding karena memang pemandangannya yang sangat indah.

9. Benteng Lipupgema Takimpo

Benteng Lipupgema Takimpo
telisik.id

Pulau Buton juga memiliki destinasi wisata sejarah yang cocok untuk kamu kunjungi, yaitu Benteng Lipupgema Takimpo. Wisata di Pulau Buton yang satu ini bisa ditempuh sekitar 15 menit dari jalan besar menuju Kelurahan Takimpo.

Benteng ini dibangun dengan menggunakan batu kapur dan batu karang tanpa menggunakan perekat buatan. Meskipun begitu, benteng ini masih tetap kokoh berdiri seolah tidak tersentuh oleh perubahan jaman. Saat memasuki benteng ini, kamu akan melihat beberapa bangunan tua seperti masjid serta makam. Tak hanya itu, terdapat juga Parabela, yaitu kursi dari batu untuk pelantikan ketua adat terbaru.

10. Hutan Lambusango

Hutan Lambusango
travel.okezone.com

Destinasi wisata di Pulau Buton yang terakhir adalah Hutan Lambusango. Wisata yang satu ini memang sangat diminati oleh wisatawan luar negeri karena hutan ini memiliki berbagai jenis satwa dan flora sehingga sangat menarik untuk dijelajahi.

Dengan menjelajahi hutan ini, kamu akan dibawa seolah sedang berpetualang di habitat satwa endemik khas Buton. Beberapa satwa endemik di hutan ini seperti Burung Julang, Kuskus, Anoa, Monyet Ochreata Brunescens hingga Tarsius. Hutan ini memiliki suasana yang sejuk dengan pepohonan yang tinggi menjulang sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin menyatu dengan alam.

Itulah tadi daftar destinasi wisata di Pulau Buton yang layak untuk dikunjungi. Meskipun terkenal sebagai penghasil aspal terbaik di Indonesiam bukan berarti Pulau Buton tidak memiliki daya tarik. Justru, pulau ini menyimpan banyak sekali keindahan yang mungkin jarang terekspos. Selamat berlibur.



Leave a Reply