182 views | 0 Likes

Menengok Potret Pendidikan di Masa Lampau Hingga Saat ini di Museum Pendidikan Surabaya

5 star (from 1 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 11 December 2019, 16:01:01
gizeline
Traveler

Walikota Surabaya, Bu Risma, belakangan ini baru saja meresmikan sebuah museum baru yang diberi nama Museum Pendidikan. Museum ini menyimpan beragam koleksi yang menarik. Apa sajakah?

How to Get There

Kalo ngomongin soal wisata museum, kota Surabaya emang juaranya ya guys. Ibukota Jawa Timur yang juga mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan ini memang punya beragam museum yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya seperti beberapa museum yang udah pernah aku jelajahi sebelumnya, seperti Museum 10 November, Museum HOS Tjokroaminoto dan Museum Teknoform. Nah, weekend kemaren aku jalan-jalan lagi buat mengunjungi salah satu museum yang terbilang masih baru di Surabaya yaitu Museum Pendidikan.

Museum Pendidikan ini berlokasi di Jalan Genteng Kali no 41, Surabaya. Untuk menuju kesini, kalian bisa naik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Lokasinya mudah banget di jangkau kok guys karena masih berada di pusat kota dan ngga jauh juga dari Balai Kota Surabaya.

What to Do

Memasuki Museum Pendidikan ini pengunjung sama sekali ngga dikenakan tiket masuk. Rata-rata emang museum di Surabaya bisa diakses secara gratis untuk semua pengunjung. Lumayan kan guys buat kalian yang cari liburan murah di Surabaya, tapi juga bisa belajar tentang sejarah.

museum pendidikan surabaya

Anyway, Museum Pendidikan ini menempati sebuah bangunan bekas Sekolah Taman Siswa. Sekolah Taman Siswa ini merupakan sekolah orang pribumi pertama yang dibangun di era kolonial. Tentunya gedung ini dipilih karena memiliki nilai sejarah dalam dunia pendidikan.

museum pendidikan surabaya

Bentuk bangunan museum ini sama sekali ngga dirubah dari bentuk aslinya lho guys, tapi pihak Pemkot Surabaya hanya merenovasi dan memperindah bangunan museum ini. Tentunya guys, bangunan Museum Pendidikan ini cukup Instagramable karena arsitekturnya yang masih “Jadul”.

museum pendidikan surabaya

Saat aku kesana Minggu lalu, museum yang baru aja diresmikan saat Hari Guru Nasional di Tanggal 25 November 2019 ini masih direnovasi di beberapa bagiannya. Namun, meskipun begitu udah banyak pengunjung yang datang untuk melihat koleksi yang ada di museum ini.

museum pendidikan surabaya

Ngomongin soal koleksi, museum ini menyimpan sekitar 860 koleksi diantaranya adalah historika, filogika, hiraldika, etnografika, keramologika dan tehnologika. Bahkan ada beberapa koleksi yang bakal membawa kalian kembali ke masa-masa sekolah kalian. Misalnya seperti bangku sekolah yang terbuat dari kayu, kapur tulis, seragam sekolah dan masih banyak lainnya.

museum pendidikan surabaya
museum pendidikan surabaya

Alur dari Museum Pendidikan ini berdasarkan konsep storyline periodesasi masa dinamika pendidikan di Indonesia yang mengkomunikasikan koleksi dalam konteks museologi. Alur museumnya terbagai menjadi beberapa masa, mulai dari masa pra-aksara, masa kerajaan, masa kolonial dan masa kemerdekaan.

museum pendidikan surabaya
museum pendidikan surabaya

museum pendidikan surabaya

Memang sih koleksi di Museum Pendidikan ini masih belum terlalu banyak, tapi pastinya koleksi-koleksi disini akan terus bertambah seiring waktu. Ngga cuma itu guys, kabarnya museum ini juga akan ditambah beberapa ruangan lagi misalnya seperti perpustakaan, rumah bahasa dan rumah matematika. Lalu akan diberikan sebuah ruang diskusi yang bisa digunakan oleh guru-guru secara gratis.

museum pendidikan surabaya

Setelah berkeliling museum ini, di bagian tengah museum kalian bisa menemukan sebuah ruangan duduk yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai. Ngga cuma itu lho, di sisi luat bangunan museum ini juga ada ruang duduk outdoor yang memiliki pemandangan langsung menuju Kalimas Surabaya. Museum ini juga terintegrasi langsung dengan Taman Ekspresi Surabaya lho guys, jadi pastikan kalian mampir ke Taman Ekspresi setelah menjelajah Museum Pendidikan ini.

museum pendidikan surabaya

 

Video by Gotravelly

Tips and Trick

  • Museum Pendidikan buka setiap hari Selasa sampai Minggu mulai jam 08.00 hingga jam 16.00
  • Buat kalian yang bawa kendaraan pribadi kesini, baiknya parkir di area parkir Taman Ekspresi dan dilanjut jalan kaki menuju museum ini.
  • Bawa kamera buat foto-foto.
  • Jaga kebersihan museum ini.
  • Jangan rusak koleksi yang ada disini.
  • Ajak teman-teman dan keluarga kalian kesini ya.

Gallery (11)

Comments (0)