Manjakan Lidahmu Cobain 6 Kuliner Khas Kotabaru


Fida  September 9, 2022  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi berbagai daerah tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Kotabaru merupakan sebutan bagi salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Tidak hanya menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata, Kotabaru juga menawarkan berbagai kuliner lezat dan menggugah selera. Berbagai kuliner khas Kotabaru disajikan dengan tampilan yang unik dan menarik untuk dicoba. Tidak hanya digemari oleh masyarakat lokal, kuliner khas Kotabaru juga berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Saat berkesempatan datang dan berlibur di Kotabaru, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba berbagai kuliner khas berikut ini.

1. Kerupuk Ikan Tenggiri

kerupuk ikan tenggiri
tokopedia.com

Salah satu rekomendasi kuliner khas Kotabaru yang menarik untuk kamu coba adalah olahan kerupuk ikan tenggiri. Olahan kerupuk ikan yang satu ini juga kerap disebut dengan amplang. Karena cukup populer, sajian kuliner khas Kotabaru yang satu ini diberi sebutan atau merek amplang Kotabaru.

Saat mencoba kerupuk ikan tenggiri khas Kotabaru, kamu akan dimanjakan dengan teksturnya yang renyah serta cita rasa khas yang ditawarkan. Karena dibuat menggunakan bahan utama ikan, maka tidak heran jika aroma serta cita rasa yang ditawarkan sangat khas dan menggugah selera.

Kerupuk yang satu ini cocok dinikmati langsung sebagai camilan maupun disajikan bersama nasi saat makan. Saat berkunjung ke Kotabaru, kamu dapat membeli amplang di toko jajanan atau toko oleh-oleh. Amplang atau kerupuk ikan tenggiri ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 15.000,- per 100 gram.

Gotravelly

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Pulau Kumala, Wisata Seru Di Bumi Kukar

2. Sagon Bakar

sagon bakar
seringjalan.com

Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan makanan sagon bakar bukan? Sagon bakar merupakan salah satu kuliner khas Kotabaru yang populer dan dapat kamu coba. Kuliner yang satu ini dikenal merupakan olahan dari buah kelapa. Sagon bakar sangat mudah dijumpai di daerah Kotabaru karena di daerah tersebut terdapat banyak pohon kelapa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuliner sagon bakar diantaranya daging kelapa, tepung kanji, telur, dan juga gula. Daging kelapa yang biasa dipilih dan digunakan untuk membuat sagon adalah daging kelapa muda. Setelah semua bahan tercampur dan menjadi adonan, langkah selanjutnya adalah dengan memanggangnya hingga matang dan kering.

Di Kotabaru, kamu dapat menjumpai kuliner yang satu ini di pasar tradisional maupun di pusat oleh-oleh. Harga jajanan sagon bakar biasa dibanderol sekitar Rp 10.000,- per bungkus. Selain cocok untuk dinikmati langsung, sagon bakar juga banyak diburu wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tekstur serta cita rasa unik yang ditawarkan menjadikan kuliner yang satu ini sayang untuk tidak kamu coba saat berkunjung ke Kotabaru.

3. Jepa Ubi Kayu

jepa ubi kayu
sulbar.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan kuliner jepa ubi kayu? Jepa ubi kayu dikenal sebagai salah satu kuliner khas Kotabaru yang dapat kamu coba. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini dibuat menggunakan ubi kayu sebagai bahan utamanya.

Jika dilihat sekilas, jepa ubi kayu memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan sagon bakar, tetapi jepa ubi kayu memiliki bentuk yang lebih lebar dan pipih. Makanan yang satu ini biasa dinikmati sebagai camilan bagi Suku Mandar di Kotabaru. Jepa ubi kayu biasa disajikan bersama gula merah. Cara menikmatinya adalah dengan mencocol jepa ubi kayu ke dalam gula merah sebelum disantap.

Untuk dapat mencoba uniknya jepa ubi kayu, kamu dapat membelinya di pasar tradisional di Kotabaru. Kamu tidak perlu khawatir soal harga karena jepa ubi kayu hanya dibandrol sekitar Rp 1.000,- per pcs. Terjangkau sekali bukan?

4. Rumput Laut Kering

rumput laut kering
shopee.co.id

Tidak perlu bingung menentukan pilihan kuliner khas Kotabaru yang dapat dinikmati, kamu dapat mencoba uniknya rumput laut kering. Sesuai dengan sebutannya, rumput laut ini dijual dalam keadaan kering dan bertujuan agar tahan lama dan tidak cepat busuk.

Rumput laut kering biasa dijual untuk diolah menjadi berbagai minuman seperti es buah, es kopyor, dan juga es kelapa. Rumput laut kering diolah dengan cara direndam semalaman menggunakan air matang dan air bersih hingga meresap.

Saat berkunjung ke Kotabaru, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai minuman yang berbahan rumput laut kering. Selain cocok untuk dinikmati langsung di kota asalnya, rumput laut kering juga banyak diburu wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Cita rasanya yang khas serta teksturnya yang unik menjadikan rumput laut kering sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke Kotabaru.

5. Kerupuk Udang khas Kotabaru

kerupuk udang kotabaru
shopee.co.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing saat mendengar sebutan kerupuk udang bukan? Kerupuk udang memang menjadi salah satu jenis kerupuk yang cukup mudah dijumpai. Namun siapa sangka jika kerupuk udang juga menjadi salah satu kuliner khas Kotabaru yang bisa kamu coba.

Tidak jauh berbeda dengan kerupuk udang pada umumnya, kerupuk udang khas Kota Baru juga dibuat menggunakan bahan utama udang yang dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya seperti tepung, bawang putih, garam, serta telur.

Kerupuk udang biasa dijual dalam keadaan mentah maupun matang atau siap disantap. Teksturnya yang kenyal serta cita rasa dan aromanya yang khas menjadikan kerupuk ini disukai oleh semua kalangan.

Di Kotabaru, kerupuk udang menjadi salah satu jenis kerupuk yang dapat dengan mudah kamu jumpai. Harga 1 kilogram kerupuk udang dibanderol sekitar Rp72.000,-. Kamu dapat membeli kerupuk udang di berbagai toko oleh-oleh maupun pasar tradisional di sekitar Kotabaru.

6. Cumi Cumi Kering

Kuliner Khas Kotabaru
tokopedia.com

Satu lagi rekomendasi kuliner khas Kotabaru yang sayang untuk kamu lewatkan adalah olahan cumi kering. Cumi-cumi kering menjadi salah satu makanan khas Kotabaru yang paling banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Sesuai dengan namanya, cumi disajikan dengan bentuk kering dan bertujuan agar mampu bertahan lebih lama.

Untuk mencoba cumi kering khas Kotabaru, kamu dapat menuju ke perkampungan nelayan yang terletak di sekitar Pantai Gedambaan Sarang Tiung. Cumi kering dapat diolah menjadi berbagai masakan dengan cara menambahkan bumbu.

Harga 1 kilogram cumi kering dibanderol sekitar Rp 40.000,- hingga Rp50.000,-. Tidak hanya menikmati berbagai olahan cumi kering di Kotabaru, kamu juga dapat membeli kuliner yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi kuliner khas Kotabaru yang menarik untuk kamu coba. Berbagai kuliner disajikan dengan tampilan yang unik dan menarik. Saat berkesempatan datang ke Kotabaru, kuliner manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply