Mall Terbesar di Indonesia: Destinasi Belanja dan Hiburan Terbaik


Rio Handika  October 3, 2023  0 Comment

Indonesia sendiri memiliki banyak Mall yang tersebar di setiap kota-kota besar. Tentu, ada mall terbesar di Indonesia yang kerap menjadi favorit dan iconic dari kota tersebut. Mall sendiri menjadi pusat perbelanjaan serta hiburan yang menarik, jadi tak heran jika banyak mengunjunginya.

mall terbesar di indonesia
unsplash.com

Setidaknya ada 8 mall terbesar di Indonesia yang banyak menampilkan hal-hal menarik dengan fasilitas yang lengkap. Nah, untuk mengetahui lebih dalam maka bisa Simak yang berikut mengenai mall-mall besar yang ada di Indonesia.

Daftar Mall Terbesar di Indonesia

1.   Pakuwon Mall Surabaya – Mall Terbesar di Indonesia

pakuwon mall surabaya terbesar
rlb.com

Ternyata, tebakan tentang mall terbesar di Indonesia tak selalu jatuh pada Jakarta. Mall Pakuwon Surabaya lah yang menyandang predikat tersebut. Dengan luas lantai mencapai 200.000 meter persegi, mall ini menjadi yang terbesar di tanah air.

Mulai beroperasi pada tahun 2003, Pakuwon Mall memiliki 3 lantai dengan luas bangunan mencapai 90.000 meter persegi, serta atrium dasar seluas 1.200 meter persegi. Dengan 3 lantai basement, 6 lantai mall, dan 1 lantai exhibition hall, mall ini menawarkan tenant yang lengkap dengan brand-brand terkenal.

Selain sebagai pusat perbelanjaan, Pakuwon Mall juga menjadi tempat untuk berbagai acara seperti pameran, promosi, pertemuan, dan pernikahan. Dengan fasilitas yang lengkap, mall ini cocok untuk berbagai kebutuhan acara Kamu.

Lokasi: Jalan Mayjend, Jonosewojo nomor 2, Babatan, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Jawa Timur.

2.   Tunjungan Plaza

tunjungan plaza mall terbesar di indonesia surabaya
pakuwonjati.com

Mall terbesar di Indonesia yang kedua juga berada di Surabaya, yaitu Tunjungan Plaza. Mall ini memiliki luas mencapai 170.000 meter persegi dan terbagi menjadi 6 pusat belanja, mulai dari Tunjungan Plaza I hingga Tunjungan Plaza VI. Menariknya, Tunjungan Plaza masih dimiliki oleh Grup Pakuwon yang juga membangun Pakuwon Mall di Surabaya.

Baca juga :  Pecinta kuliner, Nih 10 Jenis Cabe Terpedas di Dunia, Pedasnya Gilak!

Grup Pakuwon dikenal sebagai pemain besar dalam industri properti di Surabaya, dengan aset seperti Royal Plaza, East Coast Center, Pakuwon Trade Center, dan Pakuwon Town Square.

Tunjungan Plaza sendiri merupakan salah satu mall tertua di Surabaya, mulai dibangun pada tahun 1985 dan beroperasi sejak tahun 1986. Sejak itu, mall ini terus berkembang, dengan penambahan Tunjungan Plaza VI pada tahun 2017.

Lokasi: Jalan Jenderal Basuki Rachmat Nomor 8-12, Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur.

3.   Summarecon Mall Kelapa Gading

summarecon mall
facebook.com

Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG) adalah salah satu dari mall terbesar di Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Dibangun pada tahun 1975, MKG saat ini memiliki luas mencapai 150.000 meter persegi setelah mengalami tiga renovasi dan perluasan pada tahun 1990, 2003, dan 2007.

Terletak di pusat bisnis Kelapa Gading, Jakarta Utara, MKG menawarkan beragam fasilitas seperti Gading Food City, Hotel Harris, La Piazza Lifestyle Center, dan pusat perbelanjaan yang lengkap.

Mall ini dioperasikan oleh PT Summarecon Agung dan sering menjadi tuan rumah berbagai acara rutin, termasuk Jakarta Fashion and Food Festival yang didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Lokasi: Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

4.   Grand Indonesia

grand indonesia mall terbesar di indonesia
grand-indonesia.com

Grand Indonesia, terletak di pusat Jakarta, di MH Thamrin, Jakarta Pusat, adalah salah satu dari mall terbesar di Indonesia. Dengan luas lantai mencapai sekitar 140.000 meter persegi, mall ini terbagi menjadi tiga area: mal barat dengan 9 lantai, mal timur dengan 8 lantai, dan skybridge dengan 5 lantai.

Grand Indonesia pertama kali dibuka pada April 2007 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mall ini menawarkan fasilitas lengkap mulai dari pusat perbelanjaan pakaian, kuliner, elektronik, hingga bioskop.

Baca juga :  10 Jenis Roti Khas Prancis, Super Lezat!

Dengan konsep Family Friendly Lifestyle Mall, Grand Indonesia menjadi tempat ideal untuk bertemu, bersantai, dan berbelanja bagi warga Jakarta dan luar kota.

Lokasi: Jalan TLK. Betung I Nomor 45A, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

5.   Mall Taman Anggrek

mall taman anggrek
facebook.com

Mall Taman Anggrek (MTA), yang berada di Jakarta Barat, adalah salah satu mall terbesar di Indonesia yang menduduki peringkat kelima. Dibuka pada bulan Agustus 1996, MTA memiliki luas mencapai 130.000 meter persegi dan berdekatan dengan apartemen.

Mall ini adalah inisiatif dari konglomerat Salimin Prawiro Sumarto. Yang membuat MTA unik adalah menjadi mall pertama di Indonesia yang menyediakan arena ice skating indoor. Fasilitas yang lengkap, mulai dari pusat perbelanjaan, restoran, bioskop, hingga klinik perawatan.

Hal inilah yang membuat MTA dikenal sebagai “mall untuk produk berkelas” dengan banyak merek high-end yang membuka gerai di sini. Untuk alamatnya bisa Simak yang berikut:

Lokasi: Jalan Letjen S Parman, Nomor Kav 21. Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

6.   Central Park

central park mall jakarta
centralparkjakarta.com

Mall Central Park, yang terletak di Jakarta Barat, menempati peringkat keenam sebagai mall terbesar di Indonesia. Dengan 1 lantai basement dan 7 lantai pusat perbelanjaan, mall ini mulai beroperasi pada bulan September 2009 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Nama “Central Park” diambil dari Central Park di Manhattan, New York City. Salah satu daya tarik utama mall ini adalah Taman Tribeca, yang menyediakan ruang publik yang luas dan menawan, menjadi tempat favorit pengunjung setelah berbelanja.

Fasilitas di Central Park sangat lengkap, mencakup pusat perbelanjaan, gerai fesyen, pusat kuliner, dan bioskop. Selain itu juga ada Jakarta Aquarium, yang menawarkan pengalaman wisata edukatif untuk keluarga.

Baca juga :  5 Tradisi Unik Di Indonesia Meriahkan Hari Raya Idul Adha

Lokasi: Jalan Letjen S Parman, Nomor Kav 28, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

7.   Hartono Mall

hartono pakuwon mall jogja
pakuwonjati.com

Hartono Mall di Yogyakarta menduduki peringkat ketujuh sebagai mall terbesar di Indonesia, meskipun Yogyakarta bukan kota besar. Mall ini terletak di Ringroad Utara dengan luas sekitar 77.266 meter persegi, terdiri dari 6 lantai dan 279 tenant.

Dibuka untuk umum pada November 2015, mall ini memiliki atrium seluas 900 meter persegi. Meskipun berlokasi di Yogyakarta, Hartono Mall dioperasikan oleh Pakuwon Jati, perusahaan yang juga mengelola dua mall terbesar di Indonesia, yaitu Pakuwon Mall dan Tunjungan Plaza.

Dengan fasilitas lengkap, seperti pusat perbelanjaan, kuliner, rekreasi, dan gaya hidup, Hartono Mall menjadi destinasi menarik bagi penduduk dan pengunjung Yogyakarta.

Lokasi: Jalan Ringroad Utara, Sanggrahan, Condongcatur, Sleman, DIY.

8.   Paris Van Java Mall – Mall Terbesar di Indonesia

paris van java
instagram.com

Mall Paris van Java (PVJ) di Bandung masuk dalam daftar mall terbesar di Indonesia dan menempati peringkat kedelapan. Dengan luas 4.700 meter persegi yang dapat menampung 200 tenant, mall ini resmi dibuka pada bulan Juli 2006 dan terdiri dari 4 lantai.

PVJ memiliki lokasi yang strategis, dekat dengan jalan tol, bandara, dan stasiun kereta api. Mall yang menggabungkan konsep indoor dan outdoor bergaya Eropa ini menawarkan berbagai fasilitas, termasuk pusat kuliner, pusat perbelanjaan, dan pusat gaya hidup.

Salah satu daya tarik utamanya adalah arena bermain ice skating yang sangat populer di kalangan anak-anak dan keluarga. Tentunya akan membuat akhir pekan bersama keluarga menjadi lebih seru.

Lokasi: Jalan Sukajadi Nomor 131-139, Sukajadi, Bandung, Jawa Barat.

source: https://www.youtube.com/@nihongomantappu

Itulah tadi 8 mall terbesar di Indonesia memiliki beragam hal menarik di dalamnya. Berbagai tenant perbelanjaan, hiburan, kulineran, dan banyak lagi. Tentu banyak menarik perhatian sebagai tempat seru untuk dikunjungi.



Leave a Reply