8 Tempat Snorkeling Di Banyuwangi yang Recommended 


Rio Handika  October 13, 2023  0 Comment

Cari tempat snorkeling di Banyuwangi? Tentu ada banyak tempat-tempat yang cocok untuk snorkeling. Banyuwangi ini merupakan daerah di Jawa Timur yang ada di pinggir. Jadi, tidak heran jika ada banyak wisata Pantai yang indah dan cantik. 

Banyuwangi, dengan keindahan alamnya yang memukau dan perairan yang jernih, menawarkan pengalaman snorkeling yang tak terlupakan. Dalam petualangan ini, Anda akan berenang di antara terumbu karang yang mempesona dan dihuni oleh beragam spesies ikan yang berwarna-warni. 

Tak hanya itu, Banyuwangi juga menawarkan berbagai lokasi snorkeling menarik, seperti Pulau Menjangan, Pulau Tabuhan, dan Pantai Teluk Biru. Untuk itu, langsung saja Simak yang berikut!

8 Tempat Snorkeling di Banyuwangi :

1. Pantai Senggrong 

pantai senggrong
banyuwangibagus.com

Pantai Senggrong, yang juga dikenal sebagai Teluk Biru atau Teluk Banyu Biru oleh warga setempat, adalah surga bawah laut yang tersembunyi di Banyuwangi. Pantai ini memikat dengan kehidupan laut yang kaya dan karang berwarna-warni yang menjadi rumah bagi beragam ikan dan makhluk laut yang menakjubkan. 

Kawasan ini berada dalam wilayah konservasi yang melindungi keanekaragaman hayati bawah laut, menjadikannya tempat snorkeling yang sempurna. Meskipun Pantai Senggrong terletak agak terpencil dan hanya bisa diakses melalui jalur laut. Hal ini membuatnya tetap sepi dari keramaian pengunjung. 

Untuk pengalaman terbaik, disarankan datang antara subuh hingga siang hari untuk menghindari air pasang yang dapat tiba-tiba pada sore hari. Senggrong adalah destinasi snorkeling yang memukau di Banyuwangi.

Lokasi: Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

2. Teluk Biru – Snorkeling di Banyuwangi 

teluk biru
banyuwangibagus.com

Pantai Teluk Biru adalah tempat wisata yang cocok bagi mereka yang mencari kedamaian dan kebersihan. Terletak di Banyuwangi, pantai ini masih tergolong sepi dari keramaian wisatawan, sehingga Kamu dapat menikmati ketenangan yang langka di tempat wisata populer lainnya. 

Baca juga :  20 Wisata Kuliner di Surabaya Enak

Kebersihan pantai ini juga terjaga dengan baik, menjadikannya tempat yang nyaman untuk bersantai. Selain keindahan pantainya, Teluk Biru juga menawarkan pengalaman snorkeling yang menakjubkan. Di bawah permukaan air, Kamu dapat menjelajahi terumbu karang yang dilindungi dan melihat keanekaragaman hayati laut yang menakjubkan. 

Keistimewaan lainnya adalah Teluk Biru digunakan sebagai lokasi transplantasi terumbu karang untuk mendukung pelestarian lingkungan laut dan nelayan setempat. Kamu dapat mencapai Teluk Biru dengan menggunakan perahu, dan lokasinya berada di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Alas Purwo. 

3. Grand Watudodol Underwater 

grand watudodol
wisata.online

Grand Watudodol Underwater adalah destinasi snorkeling yang menakjubkan di Banyuwangi, Jawa Timur. Di sini, Kamu dapat merasakan keindahan bawah laut dengan menyelam hanya sekitar 1 meter di bawah permukaan air. 

Destinasi ini menawarkan pemkamungan yang memukau, termasuk soft coral, terumbu karang, dan berbagai jenis ikan hias yang berenang di sekitar Kamu. Kamu juga dapat menjelajahi aneka terumbu karang seperti minipora, monte, dan lainnya. Jangan khawatir tentang peralatan menyelam dan snorkeling.

Hal ini karena Grand Watudodol Underwater menyediakan tempat penyewaan dengan berbagai paket dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Selain itu, pantai di Grand Watudodol Underwater selalu dijaga kebersihannya, sehingga cocok untuk Kamu dan keluarga yang ingin menikmati hari setelah aktivitas menyelam.

Lokasi: Grand Watudodol Underwater berada di Bangsring, Selat Bali, Banyuwangi.

4. Pantai Bangsring – Snorkeling di Banyuwangi 

pantai bangsring
jawapos.com

Pantai Bangsring, yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur, adalah destinasi snorkeling yang luar biasa. Wilayah ini adalah bagian dari kawasan konservasi yang menghadirkan beragam terumbu karang dan kehidupan laut yang memukau. 

Di bawah permukaan airnya, Kamu akan menemukan lebih dari 90 jenis ikan, termasuk ikan anjel doring, kerapu tikus, dan bahkan Nemo. Yang membuat Pantai Bangsring menjadi tempat snorkeling yang istimewa adalah adanya Patung Gandrung yang menghiasi perairannya. 

Baca juga :  10 Spot Wisata di Taman Nasional Alas Purwo Yang Instagenic

Kamu dapat menyewa peralatan snorkeling dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp30.000-an. Selain snorkeling, Kamu juga memiliki kesempatan unik untuk memberi makan dan berenang bersama ikan hiu serta berbagai jenis ikan lainnya. Tempat ini memiliki rumah apung yang berfungsi sebagai penangkaran hiu dan klinik ikan.

5. Pantai Wedi Ireng 

pantai wedi ireng
rainbowbus.id

Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi adalah surga tersembunyi yang sempurna untuk bersantai dan melepaskan pikiran. Pantai ini menawarkan kombinasi pasir hitam vulkanik yang kontras dengan pasir putih hangat, menciptakan pemkamungan yang menakjubkan seperti mutiara. 

Keindahan alamnya membuat Pantai Wedi Ireng menjadi tempat yang ideal untuk berjemur dan mengambil foto yang spektakuler, terutama jika Kamu menggunakan kamera drone. Meskipun Pantai Wedi Ireng terkenal dengan pemkamungan yang menakjubkan. 

Dengan keindahan alamnya, pantai ini dapat digunakan untuk snorkeling dan berfoto. Namun, Kamu dapat menikmati keindahan alamnya, mengeksplorasi pantai, atau sekadar bersantai di tepi laut yang tenang. Lokasi Pantai Wedi Ireng berada di Banyuwangi, Jawa Timur.

6. Pulau Menjangan – Snorkeling di Banyuwangi

pulau menjangan
travel.kompas.com

Pulau Menjangan, meskipun tidak terletak langsung di Banyuwangi, dapat diakses melalui Banyuwangi dan menjadi salah satu destinasi snorkeling dan diving terbaik di dunia. Pulau ini terletak di Taman Nasional Bali Barat. Menawarkan pengalaman bawah laut yang luar biasa. 

Terdapat beberapa spot snorkeling yang sangat terkenal di Pulau Menjangan, termasuk Eel Gardens, Secret Bay, dan Anchor Wreck. Untuk mencapai Pulau Menjangan dari Banyuwangi, Kamu dapat menyewa perahu di beberapa tempat, seperti Bangsring Underwater atau Grand Watudodol. 

Harga sewa perahu bervariasi, mulai dari Rp 250 ribu hingga 2.1 juta, dan biasanya sudah termasuk peralatan snorkeling lengkap. Jadi, Kamu dapat menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Menjangan dengan mudah dan menyaksikan keajaiban alamnya yang menakjubkan.

Baca juga :  Travelling Lagi Yuk Di 7 Destinasi wisata Banyuwangi Saat New Normal

7. Pulau Tabuhan 

pulau tabuhan
regional.kompas.com

Pulau Tabuhan merupakan salah satu destinasi menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Menjangan dari Banyuwangi. Pulau seluas 5 hektar ini adalah surga bagi pecinta scuba diving dan snorkeling. Di bawah permukaan airnya, Kamu akan menemukan beragam jenis ikan dan terumbu karang yang memukau.

Selain snorkeling dan diving, Pulau Tabuhan juga terkenal sebagai tempat untuk kite surfing. Setiap tahun, Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi mengadakan event kite surfing yang diikuti oleh kite surfer dari dalam negeri maupun mancanegara.

Hal tersebut merupakan kesempatan sempurna bagi para penggemar olahraga air untuk merasakan tantangan dan keindahan Pantai Tabuhan. Jadi, jika Kamu mencari pengalaman snorkeling yang luar biasa dan memiliki minat dalam kite surfing, Pulau Tabuhan adalah tempat yang patut Kamu kunjungi saat berada di Banyuwangi.

8. Pantai Mustika 

pantai mustika
catatannobi.com

Pantai Mustika adalah surga tersembunyi untuk pecinta snorkeling di Banyuwangi. Dengan airnya yang tenang dan jernih, pantai ini menawarkan pengalaman bawah laut yang tak tertandingi. Terumbu karang yang indah dan beragam spesies ikan warna-warni membuat snorkeling di sini menjadi pengalaman yang luar biasa. 

Anda dapat menyelam di antara kehidupan laut yang memukau dan menjelajahi keindahan bawah permukaan air. Pantai Mustika juga menawarkan fasilitas penyewaan peralatan snorkeling, sehingga Anda dapat dengan mudah mempersiapkan diri untuk petualangan bawah laut yang mendebarkan. 

Jadi, jika Anda mencari tempat snorkeling yang memesona di Banyuwangi, Pantai Mustika adalah destinasi yang wajib Anda kunjungi. Dapatkan pengalaman snorkeling terbaik di sini dan saksikan keajaiban laut yang tak terlupakan.

source : https://www.youtube.com/@10bestid

Itulah tadi tempat-tempat snorkeling di Banyuwangi yang memiliki keindahan mempesona. Setiap tempat snorkeling diatas memiliki keunikan dan kesitimewaan tersendiri. Jika kamu tertarik untuk merasakan keindahannya, maka bisa langsung kunjungi saja. 



Leave a Reply