10 Tempat Snorkeling di Jawa Timur Miliki Keindahan Hayati Bawah Laut


Reni  June 30, 2019  0 Comment

Bali dan Lombok identik dengan destinasi wisata pantai yang menyenangkan. Aktivitas snorkeling di Gili Trawangan, Gili Meno atau Gili Air dijamin akan memuaskan hasrat petualangan Anda. Namun, biaya liburan yang lebih mahal bisa mengurungkan niat Anda untuk liburan ke tempat wisata populer. Tak perlu khawatir sebab Anda bisa menekan biaya akomodasi sebaik mungkin saat memutuskan untuk liburan di pantai Jawa Timur saja. Ada banyak tempat snorkeling di Jawa Timur yang tak kalah memukau berikut ini.

Tempat Snorkeling di Jawa Timur

1. Gili Labak

Gili Labak
pantainesia.com


Salah satu destinasi wisata snorkeling di Jawa Timur yang sedang trending topic di medsos beberapa waktu terakhir adalah Gili Labak. Ya, tempat wisata yang berada di kawasan tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura ini menjadi favorit banyak wisatawan lokal. Keindahan pantai yang masih perawan dengan hamparan pasir putih yang halus semakin membuat Anda jatuh cinta.
Selain itu, Gili Labak memiliki keindahan biota bawah laut yang patut diacungi jempol. Anda bisa menyewa peralatan dan perlengkapan snorkeling pada pengelola setempat. Hal yang perlu Anda ketahui bahwa jalur menuju ke Gili Labak hanya bisa ditempuh dengan perahu nelayan di Pelabuhan Kalianget atau menumpang ferry dari Tanjung Perak, Surabaya. Tertarik liburan ke Gili Labak, Sumenep, Madura?

Gotravelly

Angkringan Ngudi Raos : Nongkrong Surabaya Rasa Yogyakarta

Yamie Panda: Sasaran Pecinta Mie

2. Pantai Bolu Bolu

Pantai Bolu Bolu
surabayaadventure.com


Malang dikenal sebagai destinasi wisata alam favorit para keluarga di Indonesia. Suasana Malang yang sejuk dan segar semakin membuat Anda betah berlama-lama di kota terbesar kedua Jawa Timur ini. Tak hanya liburan di Selecta, Wisata Petik Apel atau liburan di kota Batu, Anda juga bisa mencoba snorkeling di Pantai Bolu Bolu. Ya, wisata snorkeling di Jawa Timur ini menawarkan keindahan terumbu karang dan biota laut yang memukau.
Kalau Anda tertarik mengunjungi Pantai Bolu Bolu, persiapkan perjalanan panjang menuju ke kabupaten Malang. Letak pantai ada di Desa Purwodadi, Tirto Yudo atau Anda wajib berangkat dari Pantai Lenggoksono dengan menyewa perahu nelayan. Biaya masuk kawasan pantai hanya sekitar 5 ribu rupiah sedangkan sewa peralatan snorkeling hanya 25 ribu rupiah saja.

Baca juga :  Menyusuri Cantiknya 7 Gua di Jawa Timur

3. Pantai Tiga Warna

 Pantai Tiga Warna
malangstrudel.com


Masih berada di Malang, Anda juga tidak boleh melewatkan kesempatan liburan di Pantai Tiga Warna. Selain eksotisme pantai yang benar-benar instagramable, Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling yang menyenangkan di sini. Keindahan terumbu karang dan biota laut benar-benar masih terjaga sebab tempat wisata ini begitu dilindungi.
Kalau Anda hendak melakukan kunjungan ke pantai yang memiliki gradasi warna merah muda, hijau dan biru ini, wajib melakukan reservasi terlebih dahulu. Meskipun biaya yang Anda butuhkan lebih mahal, keindahan Pantai Tiga Warna akan menebus semua itu. Yuk, reservasi liburan Anda ke Pantai Tiga Warna yang terletak di Kabupaten Malang tepatnya di Kecamatan Sitiarjo atau di Desa Sendang Biru.

4. Pantai Bangsring

Bangsring


Tak perlu jauh-jauh ke Bali hanya untuk menikmati wisata snorkeling eksotis sebab Anda bisa berkunjung ke Pantai Bangsring. Pantai Bangsring merupakan salah satu obyek wisata snorkeling di Jawa Timur yang tak kalah memukau. Datang saja langsung ke lokasi wisata yang terletak di Dusun Krajan, atau di Desa Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi.
Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer saja dari pusat kota Banyuwangi. Dijamin Anda bakal puas menikmati keindahan terumbu karang sejak berenang 10 meter dari bibir pantai. Wisata snorkeling di Jawa Timur yang murah meriah, kenapa tidak?

5. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng
pantainesia.com


Destinasi wisata snorkeling di Jawa Timur selanjutnya adalah Pantai Wedi Ireng yang berlokasi di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai yang masih perawan dan belum dikenal banyak wisatawan ini menawarkan panorama luar biasa. Anda akan merasa berada di pantai pribadi dengan eksotisme menarik.
Memang butuh perjalanan panjang sekitar 65 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Sesampainya di Desa Pancer, Anda harus menyewa perahu nelayan dengan estimasi waktu tempuh 30 menit menuju ke lokasi wisata. Dengan biaya sewa peralatan snorkeling sekitar 25 ribu rupiah saja, Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang dan biota Pantai Wedi Ireng yang mempesona.

Baca juga :  10 Wisata Alam di Slovenia Keindahannya Bikin Hati Bahagia

6. Gili Ketapang

 Gili Ketapang
wisatagunungbromo.co.id


Masih berada di kawasan wisata snorkeling di Jawa Timur, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan menikmati panorama bawah laut di Gili Ketapang. Secara lokasi, pulau kecil ini berada di Selat Madura namun masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Probolinggo. Anda bisa menempuh perjalanan dari Pelabuhan Probolinggo sekitar 20-25 menit saja dengan biaya murah 10 ribu rupiah.
Ada baiknya Anda memilih untuk memesan paket wisata tour Gili Ketapang yang memberikan penawaran lengkap mulai aktivitas snorkeling, kamera bawah laut dan pemandu wisata. Suasana pantai yang sepi, hamparan pasir putih dan air laut yang tenang akan membuat Anda jatuh cinta pada Gili Ketapang.

7. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan
ihategreenjello.com


Obyek wisata snorkeling di Jawa Timur yang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda adalah Pulau Tabuhan. Lokasi pantai dekat dengan Pantai Brangsing atau di tengah Selat Bali. Keindahan alam bawah laut Pulau Tabuhan memang sudah dikenal siapa saja. Anda hanya perlu menempuh perjalanan dari Brangsing, Watudodol dan Kampe. Biaya sewa peralatan snorkeling hanya sekitar 30 ribu rupiah saja sedangkan sewa perahu menuju ke Pulau seluas 6 hektare ini sekitar 500 ribu dengan kapasitas 10 orang saja.

8. Gili Noko

Gili Noko

firdanurjihaan.ac.id


Kabupaten Gresik memiliki destinasi wisata snorkeling di Jawa Timur yang paling eksotis lho! Ya, Anda wajib tahu mengenai keindahan yang ditawarkan oleh Gili Noko. Pulau kecil yang berlokasi tak jauh dari Pulau Bawean ini memiliki panorama paling indah. Anda bisa melihat terumbu karang dan biota laut yang paling indah. Pastikan Anda memiliki kemampuan berenang dan menyelam agar bisa puas menikmati keindahan alam yang masih perawan. Jika tertarik mengunjungi Gili Noko, Anda hanya perlu menempuh perjalanan dari Pelabuhan Gresik.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Kulon Progo Yogyakarta Yang lagi Hits

9. Pantai Siwil

Pantai Siwil


Pacitan yang dikenal dengan sebutan seribu pantai juga memiliki destinasi wisata snorkeling di Jawa Timur terbaik. Anda harus menyempatkan waktu berkunjung ke Pantai Siwil yang berlokasi di Desa Ngadimulyo, Kecamatan Ngadirejo atau sekitar perjalanan 36 kilometer dari pusat kota Pacitan. Eksotisme pantai yang masih perawan ini akan membuat pengunjung jatuh cinta.
Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk menyaksikan berbagai biota laut di kawasan pinggir hutan mangrove. Ada ikan moorish idol atau ikan bendera diantara terumbu karang eksotis.

10. Pantai Pulau Kapulogo

Pantai Pulau Kapulogo

8ajaya.com


Bagi sebagian besar orang, pantai paling terkenal di Trenggalek adalah Pantai Prigi. Ya, Anda yang merasa bosan dengan wisata di Pantai Prigi, sebaiknya mencari alternatif wisata yang menawarkan keindahan bawah laut di Trenggalek. Salah satu pantai perawan yang masih belum dikenal banyak orang adalah Pantai Pulau Kapulogo yang berada di Desa Craken, Kecamatan Munjungan. Butuh waktu 2 jam menempuh perjalanan darat yang ekstrem untuk menuju ke destinasi wisata ini. Anda bisa pula menyewa perahu dari Pantai Ngadipuro dengan biaya sekitar 100 ribu rupiah. Wisata snorkeling di Jawa Timur ini memiliki keindahan gugusan karang dan pulau kecil yang indah.
Selain itu, panorama bawah laut Pantai Pulau Kapulogo patut diacungi jempol. Hanya saja Anda wajib membawa peralatan snorkeling sendiri dari rumah. Pasalnya, pantai ini masih tergolong alami dan dalam tahap pengembangan pemerintah. Jadi, Anda harus bersiap diri jika tak menemukan fasilitas di Pantai Pulau Kapulogo.
10 obyek wisata snorkeling di Jawa Timur di atas wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda ya! Ajak keluarga atau pasangan tercinta berlibur menyenangkan di kawasan Jawa Timur saja. Liburan murah meriah yang tak kalah dengan destinasi wisata populer lain, kenapa tidak?



Leave a Reply