10 Spot Snorkeling Terbaik di Sekitar Lombok, Betah Seharian Nyelam


Reni  June 23, 2019  0 Comment

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia. Terkenal karena keindahan baharinya, tak salah jika Lombok kini makin mendunia. Wisatawan dunia banyak yang datang untuk mencoba bermain snorkeling di sana. Ada banyak spot snorkeling terbaik di Lombok.

Apa itu snorkeling dan bagaimana caranya?


Mungkin beberapa orang belum tahu apa itu snorkeling. Nah, perlu diketahui, snorkeling disini artinya adalah mengapung. Jadi ketika snorkel nantinya tangan dan kaki pasif atau hanya diam saja. Kecuali jika Anda ingin berpindah lokasi barulah tangan dan kaki digerakkan untuk menuju tepian.
Ketika Anda bersnorkel usahakan untuk selalu memposisikan kepala menunduk. Hindari melihat kearah depan karena ini bisa membuat Anda kehilangan kesatabilan untuk mengapung. Akan lebih baik lagi jika posisi tubuh terlentang dengan wajah yang mengarah kedalam air. Nah, posisi ini akan membuat tubuh kita mengambang secara otomatis.


Jika Anda ingin mencoba aktifitas air ini, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikanketika snorkling

  1. Cek peralatan serta cara pemakainnya
    Karena hubungannya dengan air, maka pastikan segalanya terkondisikan. Misalnya cek masker apakah masih layak pakai atau tidak, lalu cek pula kaki katak apakah masih lentur atau tidak. Setelah memastikan peralatan dalam keadaan baik, barulahkemudian pastikan Anda memasang segala peralatan tersebut dengan benar.
    Jika Anda kesulitan, tanyakanlah dengan instruktur. Biasanya disetiap tempat snorkeling selalu ada instruktur atau pendamping yang siap membantu pengunjung.
  2. Latihlah nafas menggunakan snorkel
    Latihan nafas ini penting, tujuannya untuk membiasakan kita untuk bernafas ketika berada dalam air. Nah, mungkin saja antara latihan and eksekusi akan berbeda, jika memang begitu, pastikan untuk tetap tenang, buatlah senyaman mungkin dan jangan panick.
  3. Perhatikan keadaan sekitar
    Terlalu asyik bersnorkel kadang membuat kita lupa dengan kondisi sekitar. Nah, karena lokasi aktifitas air ini berada di dalam laut, maka jika Anda ingin bersnorkel pastikan juga untuk waspada dengan kondisi sekitar. Perhatikan arus lautnya dan tetaplah berkelompok. Selain itu perhatikan pula apa yang ada dibawah Anda, jangan sampai menginjak bulu babi atau karang.
  4. Jangan panik
    Bagi pemula, mungkin Anda akan merasa aneh dengan segala perlengkapan yang dikenakan. Namun percayalah ini semua demi keamanan Anda. Jangan panik , tetap tenang dan lakukan instruksi dari pendamping.
Baca juga :  10 Minuman Khas Lombok Enak Dan Sehat


Nah, sebelum membahas spotnya, Anda harus tahu bahwa masih banyak tempat-tempat indah di Lombok. Datang ke Lombok memang tidak lengkap kalau tidak melihat keindahan bawah lautnya.

Berikut ini ada spot snorkeling terbaik di sekitar Lombok yang wajib Anda ketahui

1. Gili Trawangan

 Gili Trawangan
/lifestyle.okezone.com


Gili Trawangan adalah gili yang paling terkenal di Lombok. Lokasinya berada di Lombok Utara. Mengapa ini menadi spot yang menyenangkan? Karena ada banyak ikan, terumbu karang, dan berbagai biota laut yang ada di sini. Gili Trawangan juga ada kura-kura hingga hewan barakuda. Di sini Anda bisa main snorkeling sepuasnya.

Gotravelly

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

Sembalun Surga Tersembunyi Di Pulau Lombok

2. Gili Meno

Gili Meno


Snorkeling terbaik di Lombok salah satunya adalah Gili Meno. Lokasinya berdekaan dengan Gili Trawangan. Ada biota laut yang indah dan dapat Anda temui di sini. Ya, disini Anda bisa menemukan penyu yang tengah berenang bebas. Tak hanya itu koral-koral yang indah juga siap menyapa dan menyambutmu.
Gili Meno sendiri memang tidaklah seramai GIli Trawangan, namun disini sudah cukup banyak terdapat homestay yang siap menyambut para pengunjung yang ingin menikmati ketenangan, jauh dari hiruk pikuk perkotaan.
Untuk bisa ke Gili Meno, Anda bisa melakukan perjalanan dari Pelabuhan Bangsal atau bisa juga dengan mengikuti snorkeling trip yang biasanya banyak disedikan di Gili Trawangan.

3. Gili Air

Gili Air

TripAdvisor


Gili Air juga merupakan bagian snorkeling terbaik di Lombok. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai surganya snorkeling. Suasananya yang tenang juga sangat bersahabat bagi anak-anak. Nah, karena di Gili ini tidak ada kendaraan bermotor, Anda dihruskan untuk berkeliling menggunakan cidomo atau menaiki sepeda.
Lokasi Gili Air berdekatan dengan Gili Trawangan dan Gili Meno. Bagi Anda yang menyukai snorkeling, datanglah ke sini untuk mendapatkan sensasi yang menyenangkan.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Lombok yang Indah dan Jarang Diketahui Traveller

4. Gili Nanggu

Gili Nanggu

Vizitrip.com


Jika ingin snorkeling terbaik di Lombok, datanglah ke Gili Nanggu. Lokasinya ada di Lombok Barat. Disebuut juga dengan privat island. Pasir yang ada di sini sangatlah lembut dan berwarna putih. Cocok sekali untuk destinasi wisata. Gili Nanggu juga dikenal karena wisata baharinya yang sangat eksotis dan elok.

5. Gili Rengit

Gili Rengit

lahanduta.com


Perlu waktu dua jam dari Mataram untuk sampai ke Gili Rengit. Gili Rengit juga termasuk snorkeling terbaik di Lombok. Jika pergi beramai-ramai akan lebih murah karena 1 kapal bisa seharga 250.000 sampai 300.000. Satu kapal bisa berisi 10 orang. Pulau Gili Rengit ini sangat indah pemandangannya. Banyak fasilitas seperti toilet, mini bar, bungalow, dan restoran. Arus laut di Gili Rengit juga cukup tenang sehingga sangat memungkinkan untuk menyaksikan keindahan laut.

6. Gili Layar

Gili Layar

Hipwee


Gili Layar termasuk dua destinasi yang sangat baik. Snorkeling terbaik di Lombok bisa anda lakukan di sini yang jaraknya 25 km dari Pelabuhan Lembar. Perjalanan dari Pelabuhan Lembar ke Gili Layar akan memakan cukup waktu yang kurang lebih 30 menit.. pasir di sini berwarna putih dan airnya sangat jernih.

7. Gili Kondo

 Gili Kondo
wisatadilombok.com


Salah satu snorkeling terbaik di Lombok adalah Gili Kondo. Gili ini adalah pulau dengan hamparan pasir putih serta pemandangannya masih sangat bagus. Gili Kondo terletak di Kecamatan Sambelia dan berdampingan dengan Gili Bindara. Untuk lokasinya berada di 50 km di utara Selong. Aksesnya sendiri bisa dibilang tidak susah. Untuk sampai sana, Anda dapat menggunakan perahu dari kayu. Atau jika ingin menggunakan jalur dara juga bisa. Pemandangan hutan luas hingga latar gunung Rinjani siap memanjakan mata Anda.

Baca juga :  10 Wisata Alam di Qatar Keindahannya Bikin Hati Bergetar

8. Gili Kedis

Gili Kedis

LAPAKTRIP.COM


Gili Kedis adalah spot snorkeling terbaik di Lombok. Spot snorkeling satu ini bisa ditempuh dengan kisaran kurang dari 1,5 jam dari Bandara Internasional Lombok atau pusat kota Mataram. Meskipun gili satu ini terbilang kecil hanya bisa ditemukan beberapa pohon dengan pasir yang terhampar saja, namun masalah keindahan bawah lautnya jangan ditanya. Ikan-ikan disini bebas berenang dan nampak sangat senang dengan air lautnya yang sangat jernis. Saking kecilnya spot gili ini, Anda hanya membutuhkan waktu kisaran 5 menit saja untuk berkeliling di gili ini.

9. Gili Kapal

Gili Kapal
wisatadilombok.com


Spot snorkeling terbaik di Lombok salah satunya adalah Pulau Gili Kapal. Gili Kapal merupakan pulau yang terdiri dari pasir. Di sana tidak ada kerang maupun tumbuhan.

10. Gili Petagan

 Gili Petagan



Berada di Lombok Timur, Gili Petagan adalah snorkeling terbaik di Lombok. Di sana ada hutan bakau yang merupakan peninggalan pendudukan Jepang. Cobalah ke sini untuk menikmati sensasinya.
Nah, itu dia 10 snorkeling terbaik di Lombok. Cobalah wisata ke sana untuk menikmati indahnya wisata alam Indonesia yang sungguh luar biasa.



Leave a Reply