8 Museum di Malaysia Paling Populer dan Menarik


sisil angelin  November 2, 2021  0 Comment

Hai sobat Traveller ! Kali ini kita akan membahas sebuah negara yang iconicnya Petronas Twin Tower khususnya berbagai tentang museum di Malaysia. Yap, tidak lain tidak bukan yaitu negara tetangga kita Malaysia. Traveller pasti suka kan berlibur ke luar negeri ? Nah pastinya sebelum berlibur ke luar negeri kita harus sudah menyiapkan akan berkunjung kemana saja bukan ?, agar saat sampai di negara yang akan kita kunjungi tidak bingung untuk mencari apa saja hal menarik yang bisa kita kunjungi di negara tersebut. Nah kali ini GoTravelly akan menyajikan 8 Museum keren di Malaysia yang pastinya menarik banget untuk kalian kunjungi bersama teman, keluarga, ataupun orang tersayang.

Seperti yang kalian tau Museum sendiri memiliki keunikan, sejarah, dan ciri khas tersendiri dari setiap negara termasuk negara tercinta kita yaitu Indonesia. Nah kali ini kita bakalan bahas Museum yang ada di Malaysia dengan sejarah, dan keunikan dari beberapa Museum yang ada di Malaysia. Dari pada penasaran langsung aja yuk simak artikel GoTravelly kali ini yang bakalan bahas beberapa museum yang ada di Malaysia.

1. Museum Pinang Peranakan

Museum Pinang Peranakan
pinterest.com

Museum keren di Malaysia Yang akan kita bahas pertama ini adalah Museum Pinang Peranakan, para Traveler wajib banget deh berkunjung ke Museum keren yang satu ini, museum ini terletak di Penang, Malaysia. Museum Pinang Peranakan ini awalnya bukan merupakan sebuah museum, tetapi merupakan rumah seorang Kapten yang bernama Chung Keng Kwee. Lalu didirikan menjadi sebuah museum oleh Hai Kee Chan pada abad ke-19. Di dalam museum ini terdapat sekitar 1.000 barang antik yang bisa kita lihat saat berkunjung. Barang antik ini kebanyakan berasal dari kebudayaan Tionghoa karena Kapten Chung Keng Kwee sendiri warga asli Cina Daratan, tetapi tidak hanya barang antik dari kebudayaan Tionghoa saja yang dapat kita temui di Museum Pinang Peranakan ini. Dari kebudayaan Eropa pun juga dapat kita temui di Museum Pinang Peranakan ini, Nah gimana Museum Pinang Peranakan ini menarik untuk dikunjungi bukan? Jadi tunggu apalagi yuk buruan masukin Museum Pinang Peranakan ini kelist wisata yang wajib kalian kunjungi saat sedang berlibur ke Malaysia ya!

Gotravelly

KL City Gallery: Mengulik Sejarah Dan Keindahan Kuala Lumpur

Ketemu Avengers Di Marvel Studios: Ten Years Of Heroes Exhibition

2. Museum Wonderfood

Museum Wonderfood
Viator.com

Kalau Museum yang selanjutnya akan kita bahas ini sedikit berbeda seperti museum pada umumnya, seperti namanya sendiri yaitu Museum Wonderfood. Museum Wonderfood ini menyajikan konsep yang unik dan menarik karena di dalam museum ini terdapat sekitar 100 replika jenis makanan yang bisa kita temui. Jenis makanan replika ini bermacam-macam mulai dari makanan tradisional sampai makanan street food juga ada lho! Makanan tradisional yang terdapat di Museum Wonderfood ini tidak hanya berasal dari Malaysia, tetapi juga negara lain seperti Cina dan India. Tidak hanya makanan replika, di Museum Wonderfood ini juga ada makanan asli yang bisa kita nikmati saat berkunjung. Jadi para Traveller tidak perlu takut perut keroncongan, pokoknya jangan sampai melewatkan Museum unik yang satu ini.

3. Museum Baba Nyonya Heritage

Museum Baba Nyonya Heritage
expedia.co.id

Selanjutnya yaitu Museum Baba Nyonya Heritage, yang tidak kalah menarik dengan dua museum diatas. Museum Baba Nyonya Heritage ini merupakan sebuah bangunan yang dimiliki oleh seorang kaya raya yang bernama Baba Chan lalu didirikan menjadi sebuah museum oleh Chan Kim Lay pada tahun 1986, gaya bangunan Museum Baba Nyonya Heritage ini mempunyai gaya arsitektur bangunan eropa. Di dalam Museum ini Traveller akan melihat banyak benda-benda dan perabotan unik dari Belanda, Italia dan Inggris. Bila Traveller suka berfoto-foto, Museum Baba Nyonya Heritage merupakan pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Jadi jangan lupa mengambil foto yang banyak ya saat berkunjung ke museum ini!

4. Museum Tekstil Malaysia

Museum Tekstil Malaysia
encirclephotos.com

Berikutnya adalah Museum Tekstil Malaysia, museum ini terletak di Kuala Lumpur, Malaysia. Nah yang menarik di museum ini pastinya berkaitan dengan dunia tekstil seperti namanya, misalnya seperti sejarah pencetakan kain, perkembangan tekstil, dan cara pembuatan motif kain yang bisa kita ketahui. Di dalam Museum Tekstil Malaysia ini terdapat ribuan kain dengan motif yang berbeda-beda dari kain lokal maupun kain dari luar negeri yang diimpor. Jadi, bagi Traveller yang tertarik dengan dunia pertekstilan sangat wajib pokoknya berkunjung ke Museum Tekstil Malaysia ini.

5. Museum Islamic Art Malaysia

Museum Islamic Art Malaysia
visionKL.com

Malaysia mempunyai museum islam terbesar di Asia Tenggara, nama museum tersebut yaitu Museum Islamic Art. Museum Islamic Art ini dibuka untuk publik pada tahun 1998. Di dalam museum ini sobat Traveller bisa mendapati sejarah,budaya dan benda yang berhubungan tentang agama Islam dari berbagai mancanegara lho! Ada sekitar tujuh ribu artifak Islam yang dipamerkan di Museum Islamic Art Malaysia ini, dan ada 12 galeri utama yang dibedakan berdasarkan artifaknya masing-masing. Jadi, sangat menarik bukan untuk berkunjung ke Museum Islamic Art Malaysia.

6. Museum Samudra

Museum Samudra
genpi.id

Museum Samudra (Flo de Lamar) atau dikenal dengan sebutan Museum Maritim Melaka. Bentuk dari Museum yang satu ini sangat unik yaitu berbentuk Replika Kapal Portugis. Bangunan yang berbentuk replika kapal Portugis ini dibuat sebagai pengingat bahwa negara Malaysia pernah dijajah bangsa Portugis. Kapal Portugis ini di gunakan para penjajah portugis untuk membawa dokumen dan barang-barang berharga pada tahun 1600-an. Tetapi, kapal ini karam di selat malaka saat para penjajah akan kembali pulang ke Portugal dengan membawa barang-barang bersejarah. Di dalam Museum Samudra ini terdapat sejarah panjang pelayaran pelayaran berbagai bangsa yang singgah di Malaysia lho. Bagaimana sobat Traveller? pastinya menarik ya untuk dikunjungi saat berkunjung ke Malaysia.

7. Museum UMNO Melaka

Museum UMNO Melaka
bandarayalove.blogspot.com

Untuk Para Traveller yang tertarik dengan sejarahnya Negeri Jiran, Wajib banget deh berkunjung ke Museum yang satu ini. Nama dari Museum tersebut yaitu Museum UMNO Melaka. Museum ini merupakan bangunan Kuno Belanda yang sudah dibangun sejak tahun 1650. Museum UMNO Melaka ini mempunyai banyak sekali koleksi bersejarah tentang negeri Malaysia dari jaman penjajahan sampai di jaman yang modern ini. Karna itu GoTravelly sangat menyarankan bagi Traveller yang tertarik pada sejarah Negeri Jiran wajib banget ke Museum yang satu ini. Karena Sobat Traveller bisa menemukan dokumentasi lengkap tentang kemerdekaan negara Jiran di Museum UMNO Melaka. Dijamin tidak bakal membosankan deh bila berkunjung ke Museum ini!

8. Museum Strait Chinese Jewellery

Museum di Malaysia
timeout.com

Museum terakhir yang akan kita bahas yaitu Museum Strait Chinese Jewellery. Museum yang terakhir ini identik dengan perabotan dan perhiasan. Sebelum menjadi sebuah museum, bangunan ini merupakan rumah seorang peranakan Tionghoa, lalu didirikan menjadi museum pada tahun 2012. Sangat baru bukan dibandingkan museum-museum yang lainnya ? Di dalam Museum Strait Chinese Jewellery ini terdapat sekitar 400 perabotan dan perhiasan yang bisa kita lihat. Jadi tunggu apa lagi bagi pencinta Perhiasan, langsung saja datang ke museum yang satu ini ya!

Itulah beberapa museum keren yang dapat Traveller kunjungi pada saat berlibur ke negara tetangga kita yaitu Malaysia.



Leave a Reply