10 Sungai Terpanjang di Dunia Dengan Lekuk Keindahan Tersendiri


prita  July 22, 2021  0 Comment

Bosan liburan ke laut atau gunung? Kamu bisa juga lho untuk mencoba wisata berkunjung ke sungai terpanjang di dunia berikut ini. Di dunia ini memang banyak sekali sungai yang indah dan menarik untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Seperti sungai-sungai yang dikenal paling panjang di dunia dengan ragam keindahan alam dan aneka kehidupan di sekitarnya. Nah, jika kamu tertarik untuk berwisata mengunjugi atau menyusuri sungai-sungai di dunia, berikut ini adalah daftarnya

1. Sungai Nil

Sungai Nil
britannica.com

Sungai Nil menjadi sungai terpanjang di dunia yang pertama dengan kepanjangan mencapai 6.650 Kilometer. Sungai yang berada di benua Afrika ini melintasi 9 negara sekaligus, yaitu Mesir, Zaire, Ethiopia, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Kenya dan Uganda.

Sungai Nil ini dikenal memiliki peranan yang sangat besar pada kemajuan perekonomian Mesir sejak ribuan tahun lalu. Sungai ini memiliki saluran air seluas lebih dari 3 juta kilometer mengalir deras menuju Gurun Sahar yang kemudian bermuara di Laut Mediterania. Nama Nil sendiri berasal dari Bahasa Yunan yang memiliki arti Lembah Sungai. Sungai Nil sendiri memiliki dua cabang utama, yaitu Blue Nile dan White Nile.

Gotravelly

Jalur Putus Asa Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing

Kalimas Boat Ride: Rasakan Pengalaman Seru Menyusuri Kota Surabaya Dengan Perahu

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon
pisacinn.com

Sungai terpanjang di dunia kedua adalah Sungai Amazon. Sungai Amazon ini memiliki panjang mencapai 6.400 kilometer dengan melintasi beberapa Negara, seperti Bolivia, Peru, Brazil dan Ekuador.

Sungai yang bermuara di Samudera Atlantik ini memiliki keadaan iklim yang sangat cocok menjadi rumah bagi aneka satwa liar yang unik. Tak heran jika kamu akan menemukan beberapa spesies fauna yang unik dan paling berbahaya di dunia yang hidup di sungai ini, seperti Ikan Vampir, Piranha dan Anakonda. Debit air sungai ini berasal dari pegunungan Andes di Peru yang berasal dari tiga sungai, yaitu Sungai Mantaro, Sungai Apurimac dan Sungai Maranon. Untuk itulah, debit air Sungai Amazon ini menjadi yang terbesar di dunia.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze
livescience.com

Pada urutan ketiga, sungai terpanjang di dunia ditempati oleh Sungai Yangtze yang berada di Tiongkok. Sungai ini menjadi sungai terpanjang di Benua Asia dengan panjang mencapai 6.378 kilometer.

Sungai Yangtze ini memiliki peran yang besar dalam kehidupan masyarakat Tiongkok untuk menyediakan sumber daya air dan transportasi karena sungai ini merupakan sungai terpanjang yang hanya mengalir di satu Negara saja. Di sepanjang Sungai Yangtze ini ada bendungan hidroelektrik terbesar di dunia, yaitu Bendungan Tiga Ngarai yang berfungsi sebagai pembangkit listrik, pelayaran, pariwisata, akuakultur dan irigasi.

4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi
americanrivers.org

Amerika Serikat juga memiliki salah satu sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Mississippi. Sungai Mississippi ini memiliki panjang mencapai 5.970 kilometer dan memiliki huli di Danau Itasca dan berakhir di Teluk Meksiko.

Sungai ini mendapat julukan sebagai ‘Bapak Sungai’ karena memiliki banyak cabang atau anak sungai. Mata air dari sungai ini berada di Negara bagian Minnesota yang berbatasan dengan Kanada. Sungai Mississippi ini melewati sekitar 31 negara bagian di Amerika Serikat dan dua provinsi di Kanada. Aliran sungai ini memang terkenal sangat deras sehingga masyarakat yang tinggal di sekitar sungai tersebut diharap untuk tidak melakukan aktivitas air.

5. Sungai Kuning

Sungai Kuning
thoughtco.com

Sungai Kuning juga masuk dalam daftar sungai terpanjang di dunia karena memiliki panjang mencapai 5.464 kilometer. Sungai yang juga dikenal dengan nama Sungai Huang He ini menjadi sungai terpanjang kedua di Tiongkok setelah Sungai Yangtze.

Sungai ini disebut sebagai cradle of civilization karena menjadi tempat bermukim manusia prasejarah yang mendiami kawasan sekitar Tiongkok. Sayangnya, Sungai Kuning sekarang menjadi sangat tercemar karena polusi sehingga airnya tidak bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga. Bahkan, flora dan fauna yang tinggal di sekitar sungai ini pun mulai punah.

6. Sungai Kongo

Sungai Kongo
answersafrica.com

Sungai terpanjang di dunia selanjutnya adalah Sungai Kongo. Sungai Kongo ini dulunya dikenal dengan nama Sungai Zaire dan menjadi sungai terbesar kedua di Afrika setelah Sungai Nil.

Sungai Kongo ini memiliki panjang mencapai 4.700 kilometer dengan kedalaman sekitar 220 meter yang membuatnya menjadi sungai terdalam di dunia. Sungai Kongo ini memiliki volume yang yang juga besar dan menempati urutan kedua di dunia setelah Sungai Amazon. Sungai ini menjadi sumber perekonomian Negara-negara di Afrika Tengah karena airnya yang tenang dan dapat dilalui dengan kapal sehingga Negara-negara di Afrika Tengah bisamelakukan perdagangan antar Negara melalui jalur sungai ini.

7. Sungai Ob

Sungai Terpanjang di Dunia
en.wikipedia.org

Setelah Sungai Kongo, Sungai Ob juga masuk dalam daftar sungai terpanjang di dunia yang menarik untuk dikunjungi. Sungai ini memiliki panjang mencapai 3.700 kilometer dengan aliran yang sepenuhnya mengalir di wilayah Negara Rusia.

Sungai Ob berku hampir sepanjang setengah tahun karena iklim wilayah tersebut yang dingin. Kamu bisa melihat indahnya Sungai Ob ini dari kota Novosibirsk dan sungai ini menjadi pembatas dari beberapa kota besar seperti Surgut, Barnaul dan Salekhard. Sungai ini juga menyediakan air minum, hidroelektrik, irigasi dan perikanan untuk kawasan Siberia Barat.

8. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei
worldatlas.com

Sungai Yenisei yang berada di Rusia juga masuk dalam daftar sungai terpanjang di dunia yang menarik untuk dikunjungi. Sungai sepanjang 3.478 kilometer ini menjadi salah satu sungai terbesar yang mengalir ke Samudera Arktik.

Sungai ini berhulu di Mngolia yang mana sebagian besar aliran sungainya berada di Rusia. Iklim yang sangat dingin di Rusia membuat sungai ini membeku di sebagian wilayahnya, bahkan mencapai 5 kilometer dan bisa dilalui oleh kendaraan selama musim dingin di wilayah Krasnoyarsk, Rusia.

9. Sungai Amur

Sungai Amur
worldatlas.com

Sungai Amur juga menjadi sungai terpanjang di dunia yang panjangnya mencapai 2.824 kilometer. Sungai yang mendapat julukan sebagai Heliong Jiang atau Sahaliyan Ula ini membentuk sebuah perbatasan diantara Timur Rusia dengan sisi Timur Laut Tiongkok.

Sungai Amur ini sering dianggap sebagai simbol dan faktor geopolitik penting dalam hubungan Negara Tiongkok dan Rusia. Sungai ini juga sangat penting pada periode perpecahan Sino-Soviet yang terjadi di tahun 1960-an.

10. Sungai Rio de la Plata

Sungai Terpanjang di Dunia
blogpatagonia.australis.com

Sungai terpanjang di dunia yang terakhir adalah Sungai Rio de la Plata. Sungai Rio de la Plata ini memiliki panjang sekitar 290 kilometer yang memiliki kawasan hulu di Sungai Uruguay dan Panama.

Sungai ini memang sangat penting bagi Negara Argentina, Brazil dan Paraguay karena menjadi sumber air utama di Negara-negara tersebut. Tak hanya itu, perikanan sungai ini juga sangat berpotensi dan besar sekali.

Itulah tadi 10 daftar sungai terpanjang di dunia yang bisa untuk kamu kunjungi jika kamu ingin menikmati liburan yang berbeda. Sungai mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply