Berkunjung Ke Ibukota, Cicipi Kesegaran 7 Minuman Khas Betawi


sisil angelin  February 20, 2020  0 Comment



Ibukota Jakarta tidak hanya mempunyai makanan khas saja, namun juga terdapat beberapa minuman khas Betawi. Meskipun sudah sulit ditemukan, namun masih banyak yang menyukai minuman-minuman khas betawi. Minuman ini sering disajikan di berbagai acara besar oleh orang Betawi seperti acara pernikahan. Selain itu anda dapat menjumpai minuman khas Jakarta ini di berbagai tempat wisata di ibukota.
Dari banyaknya minuman khas masyarakat Betawi ini memiliki kaitan sejarah. Minuman yang sampai saat ini masih dinikmati tersebut merupakan warisan kuliner dari masyarakat Betawi zaman dahulu. Rasa dan cara pembuatannya yang unik membuat banyak orang mencari-cari minuman ini. Minuman betawi biasanya memberikan kesegaran untuk tubuh dan memberikan rasa hangatnya yang unik.


Ada banyak minuman khas orang Betawi yang bisa anda jumpai di Jakarta. Meskipun keberadaan minuman ini sudah sangat lama, namun minuman ini masih digemari karena cita rasanya yang unik. Berikut minuman khas betawi yang digemari oleh masyarakat Betawi pada zaman kuno hingga saat ini

Minuman khas Betawi

1. Bir Pletok

bir pletok
pegipegi.com


Mendengar kata bir mungkin dibenak anda akan terlintas yang namanya alkohol. Meskipun nama minuman ini menyematkan kata bir, namun bir pletok sama sekali tidak mengandung alkohol. Justru minuman ini dapat meningkatkan kebugaran karena mengandung rempah alami yang memiliki banyak khasiat. Rempah alami tersebut ialah jahe merah, pandan alami, serai, kapulaga, dll.
Pada zaman dahulu orang Belanda sering minum dan menyajikan bir beralkohol untuk para tamu pesta. Karena mayoritas di Betawi adalah orang muslim, maka orang Betawi pada saat itu membuat minuman yang mirip dengan bir. Sehingga terciptalah minuman yang mereka minum saat acara pesta, yaitu bir pletok.
Sejak saat itu orang Betawi sangat suka minum bir pletok hingga sering disajikan dalam berbagai acara. Selain rempah alami bir pletok juga diberi tambahan gula merah sehingga rasanya manis. Uniknya bir pletok ini juga bisa anda gunakan mengatasi masalah insomnia. Minuman ini memberikan rasa hangat sehingga cocok diminum saat malam hari dan saat cuaca dingin.

Baca juga :  Pecinta Kuliner Wajib Coba 10 Kuliner Legendaris di Makassar
Gotravelly

Berburu Siwalan Dan Legen Di Bumi Ronggolawe

Nasi Campur Banjar Mbok Mang Ludes Dalam 3 Jam

2. Es Doger

 Es Doger
style.tribunnews.com


Minuman yang memberikan rasa segar ini menjadi kesukaan orang Betawi sejak zaman dahulu hingga sekarang. Terutama anak kecil sangat gemar dengan minuman yang satu ini karena memiliki bentuk dan warna yang menarik. Tidak sulit untuk menemukan es doger jika anda ingin mencobanya, karena sampai saat ini masih banyak yang menjualnya.
Katanya penamaan “doger” merupakan singkatan dari dorong gerobak. Hal tersebut dikarenakan pada zaman dahulu es doger dijual menggunakan gerobak yang didorong. Isian dari es doger ialah es batu serut ditambah dengan santan dan sirup. Selain itu terdapat tape singkong, ketan hitam, roti tawar, dan susu kental manis.

3. Kopi Jahe

Kopi Jahe
lampung.tribunnews.com


Kopi sudah menjadi minuman yang bersifat internasional karena hampir di seluruh dunia terdapat minuman kopi. Namun minuman kopi jahe ini berbeda dengan kopi yang lain. Kopi jahe merupakan kegemaran orang Betawi sejak zaman dahulu hingga saat ini masih banyak dicari-cari.
Pada zaman dahulu orang Betawi sangat gemar dengan minuman yang satu ini terutama yang merupakan keluarga Betawi-arab. Pada zaman dahulu minuman kopi jahe dianggap istimewa sehingga sering disajikan dalam acara-acara penting dan tertentu saja.
Jika anda mencoba minuman ini anda akan merasakan nikmatnya kopi dicampur dengan hangatnya jahe. Perlu anda ketahui bahwa orang Betawai menyebut kopi dengan istilah gahwa sedangkan menyebut kopi jahe dengan istilah zanzabil. Sampai saat ini anda masih bisa menjumpai minuman kopi jahe yang unik rasanya ini.

4. Es Selendang Mayang

 Es Selendang Mayang
lintasusaha.com


Minuman selendang mayang merupakan minuman yang dapat mengenyangkan. Dapat membuat perut anda kenyang dikarenakan minuman ini terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Tepung yang digunakan sebagai bahan utama tersebut dibuat seperti agar-agar dan dipotong dadu. Dengan tambahan kuah santan membuat minuman ini terasa gurih dan segar.
Dinamakan selendang mayang karena minuman ini berwarna-warni seperti selendang. Warna yang digunakan untuk agar-agar biasanya warna merah dan hijau. Ditambah dengan warna putih pada kuah santan semakin membuat penampilan es selendang mayang lebih cantik. Hal tersebut menjadi daya tarik untuk meminumnya terutama anak kecil yang suka dengan berbagai warna.
Sayangnya saat ini es selendang mayang sudah tidak banyak yang membuat atau menjualnya. Pada zaman dahulu minuman ini menjadi jajanan favorit bagi orang Betawi. Meskipun sudah tidak banyak yang menjual es selendang mayang memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Anda dapat menjumpai minuman ini di daerah Kota Tua, Kelapa Gading, dan Glodok.

Baca juga :  11 Tempat Makan Keluarga di Jakarta Barat Enak Banget

5. Es Campur Betawi

Es Campur Betawi
theboxsceneproject.org


Mendengar kata es campur mungkin sudah sangat familiar bagi anda. Es campur merupakan minuman favorit bagi orang Indonesia. Es campur banyak dijual oleh pedagang kaki lima namun zaman sekarang sudah banyak es campur yang djiual di resataurant. Namun siapa sangka bahwa es campur sejak zaman dahulu sudah menjadi minuman khas orang Betawi.
Sesuai dengan namanya es campur mempunyai isian yang campur-campur seperti buah, agar-agar, es batu serut, dan lain sebagainya. Tidak ada aturan buah yang digunakan dalam es campur, sehingga segala jenis buah bisa digunakan untuk membuat es campur. Biasanya minuman es campur ini ditambahi dengan sirup sebagai pemanisnya.

6. Es Goyang

 Es Goyang
beritagar.id


Minuman es goyang merupakan jajanan favorit anak kecil dan memiliki rasa yang nikmat. Mencicipi es goyang dapat membuat anda bernostalgia karena es ini biasanya digemari oleh anak kecil. Siapa sangka minuman ini merupakan minuman khas orang Betawi. Sejak zaman dahulu minuman dengan bentuk seperti es krim ini sudah ada.
Es ini terbuat dari santan, tepung sagu/ketan yang dibuat kue (hukwe), dan gula. Minuman ini memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan memberikan kesegaran. Dinamakan es goyang karena pembuatan minuman ini dengan cara digoyang. Adonan es dimasukkan ke dalam cetakan es kemudian digoyang-goyang hingga menjadi padat.

7. Es Cingcau

 Es Cingcau
kintamani.id


Sejak zaman dahulu orang Betawi menyukai bahan makanan berupa cingcau atau biasa lebih dikenal dengan sebutan cincau. Bahan makanan yang satu ini pada umumnya digunakan untuk membuat minuman segar seperti es cingcau. Cincau berasal dari sebuah tanaman cingcau yang diambil dari bagian daunnya kemudian diperas dan dikentalkan.
Pada saat ini banyak sekali yang menjual es cincau ini. Mulai dari pedagang kaki lima hingga resataurant besar menjajakan minuman segar ini. Campuran santan dan gula merah menjadikan es cingcau memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Selain mudah ditemukan, harga minuman ini juga sangat terjangkau.

Baca juga :  10 Makanan Khas Tibet : Hidangan yang Tidak Bisa Anda Lewatkan

Meskipun minuman khas betawi terkesan kuno namun memiliki rasa yang unik dan juga nikmat. Nyatanya hingga saat ini masih banyak mencari-cari minuman khas orang Betawi tersebut. Diantara 7 minuman yang telah dibahas tersebut pasti ada sebagian yang sudah familiar. Anda dapat menemukan minuman tersebut di berbagai tempat di Jakarta maupun luar ibukota.



Leave a Reply