7 Budaya Serta Tradisi Betawi Yang Unik


Fida  March 23, 2022  0 Comment

Betawi dikenal sebagai sebutan salah satu suku bangsa di Indonesia yang letaknya berada di sekitar Jabodetabek. Keturunan penduduk suku Betawi telah bermukim di Batavia sejak abad ke-17. Tidak hanya dikenal sebagai salah satu suku yang populer, Betawi juga dikenal memiliki budaya serta tradisi yang terbilang unik. Berbagai budaya Betawi biasa dipertunjukkan saat diadakannya acara seperti pernikahan, hari besar, hari raya, atau berbagai acara lainnya. Berikut daftar 7 budaya Betawi yang dikenal unik dan wajib kamu ketahui.

1. Roti Buaya

roti buaya
resepkuerenyah.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan roti buaya bukan? Roti buaya merupakan salah satu makanan yang lekat kaitannya dengan budaya Betawi. Roti buaya dipilih sebagai salah satu dari banyaknya seserahan yang dibawa dalam acara tradisi pernikahan di Betawi. Roti buaya dipilih untuk dibawa dalam acara pernikahan karena memiliki beberapa filosofi diantaranya melambangkan simbol kesetiaan, keberuntungan, serta kemakmuran pasangan yang baru menikah.

Dulunya roti buaya ini digunakan sebagai pajangan di rumah orang tua mempelai wanita. Hal itu bertujuan untuk melambangkan bahwa anak gadisnya sudah menikah atau dilamar. Namun saat ini, masyarakat Betawi memilih untuk mengkonsumsi roti buaya agar tidak mubazir.

Sesuai dengan namanya, roti buaya memang memiliki bentuk menyerupai buaya. Roti yang satu ini wajib ada dan tidak boleh terlewat sebagai salah satu kebudayaan khas Betawi. Biasanya, roti buaya disajikan berpasangan dan dihias hingga memiliki tampilan yang menarik. Unik sekali bukan?

GoTravelly

Soto Ayam Niki Echo Cakung, Harga Murah Dengan Porsi Banyak

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

2. Ondel-ondel

ondel ondel
id.theasianparent.com

Ondel-ondel yang dikenal sebagai salah satu kebudayaan khas Betawi gini juga tidak asing dikenal sebagai salah satu ikon DKI Jakarta. Berapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Ondel-ondel, ya? Ondel-ondel merupakan salah satu kesenian yang sudah ada sejak lama, tepatnya sejak abad ke-16.

Ondel-ondel dikenal dengan tampilannya yang menyerupai boneka raksasa dengan pakaian adat khas Betawi. Dulunya, ondel-ondel dipercaya sebagai pengusir roh jahat. Namun seiring perkembangan zaman, kini ondel-ondel lebih dikenal sebagai kesenian dan budaya Betawi yang populer. Saat datang ke daerah Betawi atau DKI Jakarta, tentu kamu dapat dengan mudah menjumpai ondel-ondel. Tidak jarang ondel-ondel juga dipilih sebagai salah satu mata pencaharian bagi beberapa warga.

Dengan pakaian adat yang beragam dan berwarna-warni, boneka raksasa ini tentu memberi kesan unik sekaligus dapat melestarikan budaya khas Betawi. Kalau kamu, pernah menjumpai ondel-ondel?

3. Tanjidor

tanjidor
id.theasianparent.com

Budaya Betawi yang dikenal khas selanjutnya adalah tanjidor. Tanjidor merupakan kesenian musik asli Betawi yang dimainkan dengan cara berkelompok. Kesenian Tanjidor biasanya ditampilkan dalam acara pernikahan, peringatan hari besar, hingga saat acara arak-arakan ondel-ondel.

Karena dimainkan dengan grup atau berkelompok, maka alat musik yang digunakan untuk kesenian ini juga sangat beragam diantaranya drum, simbal, klarinet, tambur, trombone, saxophone tenor, saxophone bass, dan juga piston. Biasanya, tanjidor dimainkan oleh kurang lebih 7 hingga 10 orang pemain. Beberapa lagu yang kerap dimainkan juga merupakan lagu-lagu khas Betawi seperti lagu Jali-jali dan Kicir-kicir. Tidak hanya menggunakan berbagai jenis alat musik, pemainnya pun juga biasa menggunakan baju seragam sehingga enak dipandang.

Kesenian Tanjidor sendiri sudah ada sejak abad ke-19. Penamaan kesenian ini berasal dari kata tanji dan dor. Memiliki arti menabung dan dor dikenal sebagai istilah bunyi. Unik dan menarik sekali bukan?

4. Palang Pintu

palang pintu
mycity.co.id

Budaya Betawi selanjutnya yang tidak kalah populer adalah budaya palang pintu. Pernahkah kamu mendengar sebutan kebudayaan ini sebelumnya? Palang pintu merupakan kebudayaan sekaligus tradisi yang biasa ada dalam rangkaian prosesi pernikahan adat Betawi. Dalam tradisi ini, mempelai pria biasanya akan ditantang oleh perwakilan dari mempelai wanita untuk unjuk kebolehan beladiri serta berpantun. Selain dilakukan langsung oleh mempelai pria, tradisi ini juga boleh diwakilkan oleh wakil dari mempelai pria.

Dalam pertunjukannya, pihak perwakilan mempelai pria dan mempelai wanita akan beradu pantun sekaligus melakukan gerakan silat silat.

Konon katanya, tradisi palang pintu ini sudah ada sejak lama yakni sejak zaman Pitung. Tradisi ini merupakan simbol untuk menjaga keamanan suatu daerah atau wilayah. Bagaimana, unik dan menarik juga bukan?

5. Nyorong

nyorong
blogkulo.com

Tidak kalah unik dengan budaya Betawi lainnya, budaya Nyorong juga populer di Betawi dan biasa dilakukan saat bulan Ramadan tiba. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol untuk menjaga tali silaturahmi kepada kerabat atau orang terdekat. Nyorong sendiri merupakan istilah Betawi yang berasal dari kata sorangan. Dalam bahasa Indonesia, kata sorongan memiliki arti hantaran atau bingkisan.

Saat bulan Ramadan tiba, tradisi Nyorong biasa dilakukan oleh orang yang lebih muda kepada kerabat atau saudara yang lebih tua. Barang yang digunakan sebagai bingkisan juga sangat beragam mulai dari sembako hingga makanan siap santap. Tradisi ini dikenal turun temurun di Betawi dan dibudayakan hingga saat ini.

6. Tari Lenggang Nyai

tari lenggang nyai
tribunnewswiki.com

Salah satu budaya Betawi yang menarik untuk kamu ketahui adalah Tari Lenggang Nyai. Tarian yang satu ini diciptakan sejak tahun 1998 oleh koreografer Yogyakarta yakni Wiwik Widiastuti. Sejak saat itu, tarian ini semakin populer dan kerap ditampilkan dalam acara nasional hingga internasional.

Tari Lenggang Nyai dibawakan oleh 4 hingga 6 orang gadis kecil. Tarian ini memiliki ciri khas serta keunikan mulai dari gerakan, iringan musik, riasan penari, hingga pakaian yang dikenakan. Unik dan menarik sekali deh!

7. Lenong

Budaya Betawi
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Tidak kalah menarik dengan berbagai budaya Betawi lainnya, lenong juga menjadi salah satu tradisi yang masih dilestarikan hingga saat ini. Lenong merupakan salah satu budaya kesenian teater tradisional yang disajikan dengan dialek Betawi. Siapapun yang menikmati kesenian ini akan dibuat kagum dengan keunikannya.

Teater yang satu ini disuguhkan di atas panggung berbentuk Tapal Kuda. Panggung juga dihias dengan menggunakan dekorasi yang disebut dengan seben. Sedangkan pemain yang tampil dalam kesenian lenong ini disebut dengan panjak dan ronggeng. Saat datang ke daerah Betawi, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk menikmati uniknya pertunjukan yang satu ini.

Nah itulah beberapa budaya Betawi yang dikenal unik dan menarik untuk dinikmati. Kebudayaan yang sangat beragam tersebut masih dilestarikan hingga saat ini. Masih banyak lagi budaya Betawi yang bisa kamu ketahui. Dari 7 budaya Betawi di atas, menurut kamu, budaya manakah yang paling unik dan paling menarik?



Leave a Reply