10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi Berkesan


Fida  March 30, 2021  0 Comment

Banyuwangi menjadi salah satu kawasan yang sering didatangi wisatawan dari luar daerah dan Oleh-oleh khas Banyuwangi banyak dicari wisatawan. Banyuwangi dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata alam dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Tidak heran jika kawasan yang satu ini sangat populer di kalangan wisatawan. Berlibur ke Banyuwangi, ada yang kurang rasanya jika pulang tidak membawa oleh-oleh Khas Banyuwangi

1. Bagiak

bagiak
food.detik.com

Salah satu oleh oleh khas Banyuwangi yang wajib Anda coba adalah bagiak. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan oleh oleh khas Banyuwangi yang satu ini. Bagiak dibuat dengan bahan utama tepung sagu. Setelah melewati proses pengolahan, makanan yang satu ini dihidangkan dengan berbagai varian rasa.

Makanan yang satu ini memiliki berbagai rasa diantaranya pandan mocca, keju, kacang, vanila, durian, dan juga jahe. Bagian memiliki tekstur yang sangat lembut, tidak heran jika makanan yang satu ini disukai oleh semua kalangan mulai anak-anak hingga orang dewasa. Bagiak sangat mudah dijumpai di beberapa toko oleh-oleh di Banyuwangi. Karena enak dan tahan lama, jajanan yang satu ini bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Review kuliner

Pesona Watu Dodol : Kawasan Wisata Menarik Di Banyuwangi

Pesona Fantasi Dan Instagenic Di Hutan De Djawatan Banyuwangi

2. Ladrang Sabrang

ladrang sabrang
javatravel.net

Jika Anda berkunjung ke daerah Banyuwangi, salah satu oleh-oleh khas banyuwangi yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba. Berang-berang adalah oleh-oleh khas banyuwangi yang memiliki warna khas yakni ungu. Hal itu dikarenakan jajanan yang satu ini dibuat dengan bahan utama ubi ungu. Ladrang Sabrang memiliki tekstur yang renyah dan banyak diminati oleh penduduk lokal maupun wisatawan.

Selain lezat dinikmati dan cocok digunakan sebagai oleh-oleh, ladrang Sabrang juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, dan obesitas. Ladrang Sabrang juga banyak dipilih sebagai menu diet karena tinggi serat. Beli dan coba jajanan yang satu ini saat berada di Banyuwangi.

3. Savana Cake

Savana Cake
javatravel.net

Savana cake menjadi salah satu oleh oleh khas Banyuwangi yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. Nama makanan yang satu ini terinspirasi dari Padang Savana yang terkenal di Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo. Salah satu oleh-oleh yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Banyuwangi.

Savana cake memiliki 5 varian rasa dengan nama unik seperti Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java, dan Savana Wedi Ireng. Kue yang satu ini dibuat dengan bahan dasar pisang. Berbagai warna dan topping unik yang digunakan menjadikan Savana Cake semakin terlihat menarik.

4. Pia Glenmore

Pia Glenmore
bukalapak.com

Saat berkunjung ke Banyuwangi, sayang rasanya jika pulang tanpa membawa oleh-oleh. Pia Glenmore menjadi salah satu oleh oleh khas Banyuwangi yang bisa Anda pilih. Iya yang satu ini menawarkan cita rasa lezat serta memiliki harga yang terjangkau.

Ada berbagai varian rasa yang ditawarkan oleh Pia Glenmore diantaranya rasa kacang hijau, kacang merah, nanas, strawberry, dan juga pisang keju. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini diproduksi di Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

5. Kerupuk Rumput Laut

Kerupuk Rumput Laut
food.detik.com

Ada banyak sekali pilihan oleh oleh khas Banyuwangi yang bisa Anda coba, salah satunya adalah kerupuk rumput laut. Kerupuk rumput laut menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat mudah dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh di Banyuwangi. Cita rasa yang khas akan Anda rasakan saat mengkonsumsi jajanan yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, kerupuk rumput laut menggunakan bahan utama rumput laut dalam proses pembuatannya. Gurih dan lezatnya kerupuk yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba saat berada di Banyuwangi.

6. Kerajinan Gintangan Banyuwangi

kerajinan gintangan
tourbanyuwangi.com

Oleh oleh khas Banyuwangi tidak hanya berupa makanan, melainkan juga banyak kerajinan yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. Kerajinan Gintangan Banyuwangi menjadi salah satu kerajinan yang sangat terkenal dan diminati oleh wisatawan. Anda bisa menemukan dan membeli kerajinan yang satu ini di Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

Selain bebas memilih dan membelinya, pengunjung juga bisa melihat langsung proses pembuatan kerajinan di Desa Gintangan ini. Berbagai barang dianyam dengan rapi seperti hiasan dinding hingga peralatan dapur. Produk dari desa yang satu ini tidak hanya dipasarkan di dalam negeri melainkan hingga ke luar negeri seperti Malaysia, Jepang, dan Amerika Serikat. Keren sekali bukan?

7. Kaos Banyuwangi

kaos banyuwangi
ciptaloka.com

Saat berlibur ke berbagai daerah, sayang rasanya untuk tidak membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa anda beli untuk dibawa pulang adalah kaos Banyuwangi. Kaos Banyuwangi sangat mudah dijumpai di berbagai tempat wisata hingga pusat oleh-oleh di Banyuwangi.

Dengan desain yang unik dan khas, kaos Banyuwangi sayang untuk tidak Anda beli. Anda bisa memilih kaos dengan bahan tipis hingga tebal sekalipun.

8. Batik Banyuwangi

batik banyuwangi
kumparan.com

Salah satu oleh oleh khas Banyuwangi yang sayang untuk Anda lewatkan adalah batik Banyuwangi. Batik Banyuwangi menawarkan corak yang khas dan banyak diminati oleh wisatawan. Salah satu motif yang populer dan banyak dicari adalah motif Gajah Oling. Motif yang satu ini memiliki ciri khas bercorak belalai gajah.

Tidak hanya motif Gajah Oling, banyak motif lain yang juga tidak kalah menarik seperti motif kangkung setingkes, sembruk cacing, dan masih banyak lagi. Anda bisa membeli oleh-oleh yang satu ini berupa kain maupun yang sudah siap pakai seperti sarung hingga baju.

9. Kopi Banyuwangi

kopi banyuwangi
bukalapak.com

Bagi Anda penikmat kopi, kopi khas Banyuwangi bisa menjadi salah satu alternatif oleh oleh yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. Banyuwangi merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Kualitas kopi yang dihasilkan menduduki peringkat keempat setelah Jamaica, Hawaii, dan Toraja.

Berbagai jenis kopi yang bisa menjadi oleh oleh khas Banyuwangi diantaranya kopi kemiren, kopi lanang, dan juga kopi seblang. Tiga jenis kopi tersebut sangat populer di kalangan wisatawan. Anda akan merasakan sensasi berbeda saat mencoba berbagai kopi khas banyuwangi yang satu ini.

10. Sale Pisang

Sale Pisang
shopee.co.id

Salah satu oleh-oleh yang cukup populer dan banyak dicari oleh wisatawan di Banyuwangi adalah sale pisang. Jajanan yang satu ini bisa Anda jumpai di berbagai pusat oleh-oleh di Banyuwangi. Anda bisa menikmatinya dengan berbagai varian rasa. Beberapa daerah di Banyuwangi yang menghasilkan sale pisang terbaik di antaranya Kelurahan Kalipuro, Kebalenan, Glagah, Songgon, dan masih banyak lagi.

Di atas merupakan 10 oleh oleh khas Banyuwangi yang bisa Anda bawa pulang setelah berlibur. Manakah oleh-oleh yang paling ingin Anda beli saat berada di Banyuwangi?



Leave a Reply