10 Makanan khas Tarakan yang Wajib Kamu Coba


Fida  January 6, 2023  0 Comment

Tarakan merupakan salah satu daerah di Provinsi Kalimantan Utara yang dikenal menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata serta kuliner lezat. Oleh karena itu, tidak heran jika Tarakan kerap dipilih sebagai tujuan berlibur bagi para wisatawan. Selain menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi tempat wisata, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba salah satu makanan khas Tarakan berikut ini. 

Makanan Khas Tarakan :

1. Sate Temberungun

sate temberungun
idntimes.com

Pernah mendengar sebutan makanan sate temberungun? Sate temberungun merupakan salah satu makanan khas Tarakan yang unik dan menarik untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, sate ini dibuat menggunakan bahan utama yakni temberungun atau sejenis kerang. Kerang temberungun dikenal dengan keunikannya yakni memiliki cangkang yang melingkar. 

Saat disajikan, sate temberungun memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Daging kerang yang telah dibersihkan kemudian diolah dengan tambahan berbagai bumbu dan rempah. Biasanya, sate temberungun akan sangat mudah dijumpai saat pergantian tahun. Tetapi selain itu, kamu juga dapat mencoba lezatnya sate temberungun di berbagai restoran atau tempat makan di Tarakan. 

Pulau Beras Basah Si Cantik Dari Bontang

Keraton Kadriah Pontianak: Mengintip Megahnya Istana Terbesar Di Kalimantan Barat

2. Sambal Goreng Tudai

sambal goreng tudai
cookpad.com

Tidak hanya sate temberungun, sambal goreng tudai juga menjadi salah satu makanan khas Tarakan yang sayang untuk kamu lewatkan. Makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa tudai. Tudai merupakan sebutan yang diberikan oleh masyarakat Kalimantan Utara untuk jenis kerang darah. 

Baca juga :  20 Makanan Khas Cirebon Terlezat, Awas Bikin Ketagihan!

Tekstur dagingnya yang tebal menjadikan tudai sangat cocok diolah, salah satunya menjadi sambal goreng tudai. Dalam pembuatannya, sambal goreng tudai juga menggunakan beberapa bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabe, serta bumbu dan rempah lainnya. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati dengan satu porsi nasi hangat. Saat berkunjung ke Tarakan, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu lezatnya sambal goreng tudai. 

3. Ikan Asin Richa

ikan asin richa
budaya-indonesia.org

Tarakan dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Oleh karena itu, tidak heran jika ada banyak olahan makanan berbahan hasil laut, salah satunya adalah ikan asin richa. Ikan asin richa menjadi salah satu makanan khas Tarakan yang memiliki sebutan lain yakni ikan asin pedas atau gami. 

Olahan tradisional khas Suku Tidung ini dibuat menggunakan ikan asin sebagai bahan utamanya. Karena cita rasanya yang lezat, tidak jarang ikan asin richa biasa dinikmati sebagai pelengkap saat makan. 

4. Ikan Asin Pepija

ikan asin pepija
cookpad.com

Selain ikan asin richa, ikan asin pepija juga menjadi salah satu makanan khas Tarakan yang wajib kamu coba. Ikan yang satu ini dikenal dengan bentuknya yang khas yakni tipis. Oleh karena itu, tidak sedikit yang mengatakan bahwa ikan ini mirip dengan kerupuk. 

Ikan asin pepija akan sangat lezat jika diolah dengan berbagai bumbu dan rempah. Salah satu olahan favorit yang banyak diminati adalah ikan asin pepija bumbu balado. 

5. Daun Singkong Tumbuk

daun singkong tumbuk
cookpad.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Tarakan yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah daun singkong tumbuk. Hidangan yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa yang lezat dan khas. Dalam pembuatannya, daun singkong tumbuk tidak hanya menggunakan daun singkong sebagai bahan utamanya, tetapi juga bahan tambahan seperti ikan teri dan kecombrang. 

Baca juga :  10 Sajian Khas Natal dari Berbagai Negara di Belahan Dunia

Hidangan yang satu ini juga menawarkan rasa gurih saat dicoba, hal itu dikarenakan adanya tambahan santan kelapa. Tidak hanya unik dan khas, daun singkong tumbuk juga dikenal menyehatkan dan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. 

6. Olahan Kepiting Soka

olahan kepiting soka
lifestyle.okezone.com

Kepiting soka tentu lekat kaitannya dengan Kota Tarakan. Kamu dapat dengan mudah menjumpai banyaknya olahan kepiting soka saat berada di Tarakan. Karena kelezatannya, tidak jarang olahan kepiting soka menjadi salah satu makanan khas Tarakan yang banyak diburu oleh wisatawan. 

Ada banyak cara untuk mengolah kepiting soka diantaranya digoreng tepung hingga dibumbu asam manis. Hidangan yang satu ini berhasil memanjakan lidah masyarakat lokal Tarakan maupun wisatawan. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, hidangan yang satu ini juga biasa dipilih sebagai lauk saat makan. Penasaran akan kelezatannya? 

7. Tumis Kapah

tumis kapah
tribunnewswiki.com

Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan sebutan tumis kapah. Tumis kapah merupakan salah satu makanan khas Tarakan yang terbilang cukup tradisional. Meskipun begitu, tumis kapah menjadi hidangan yang cukup banyak diminati, baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. 

Kapah merupakan jenis kerang laut yang dikenal mengandung banyak protein. Hidangan tumis kapah dibuat dengan cara menumis kapah dengan tambahan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, dan juga sambal jeruk nipis. Bagi kamu yang suka makanan dengan kandungan protein tinggi, tumis kapah menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba saat berada di Tarakan. 

8. Lawa

lawa
kataomed.com

Makanan khas Tarakan yang dikenal unik berikutnya adalah lawa. Lawa merupakan salah satu jenis hidangan pembuka yang dibuat dengan bahan bahan menyegarkan. Terdapat beberapa pilihan lawa yang bisa kamu coba seperti lawa timun, lawa gamai, dan lain-lain. 

Baca juga :  10 Makanan Khas Jepara Bikin Lidah Bahagia

Selain menggunakan bahan utama, lawa juga diberi tambahan bahan lainnya sebelum dihidangkan seperti kelapa sangarai, udang, serta berbagai bumbu. Udang yang digunakan untuk membuat lawa adalah udang galah, salah satu jenis udang besar. Jika tidak ada udang, lawa biasa dihidangkan bersama campuran kerang. Hidangan yang satu ini tentu sangat menyegarkan. Tidak hanya itu, lawa juga dikenal menyehatkan. Penasaran dan ingin mencoba hidangan pembuka khas Tarakan yang satu ini? 

9. Kue Ciput

kue ciput
libur.co

Selain masakan, kamu juga dapat mencoba makanan khas Tarakan berupa jajanan. Kue ciput dengan bentuk unik yang mirip dengan cone es krim ini menjadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. 

Bagian dalam kue ciput ini diisi dengan vla manis serta topping kismis. Jajanan yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. 

10. Lempok Cempedak

lempok cempedak
suara.com

Satu lagi rekomendasi makanan khas Tarakan yang tidak boleh dilewatkan yakni lempok cempedak. Makanan yang satu ini dikenal menyuguhkan cita rasa khas yang cenderung manis. Saat mencobanya, kamu dapat merasakan tekstur kenyal yang tidak berbeda dengan dodol lainnya. 

Selain banyak diburu sebagai makanan khas Tarakan, tidak jarang lempok cempedak juga dipilih wisatawan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. 

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi makanan khas Tarakan yang dikenal lezat dan menarik untuk kamu coba. Jika berkesempatan datang dan berkunjung ke Tarakan, makanan manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply