pritagizela | Freedom Seeker
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | Hiking & Trekking
17 Oct 2022

1.07 K10

Selasar Wonosalam, Tawarkan Pengalaman Seru Offroad di Lereng Gunung Anjasmoro

Selasar Wonosalam tawarkan pengalaman petualangan seru naik jeep melintasi gunung dan membelah hutan jati

What to Do Selasar Wonosalam

Hai guys, udah lama nih ngga cobain hal-hal seru. Sejak pandemi dan aktivitas jadi serba terbatas, aku emang udah jarang lagi buat nyobain hal-hal seru yang menantang adrenalin. Kebetulan, akhir bulan lalu pas Aku ulang tahun, iseng nih lagi pengen kasih kado sama diri sendiri buat jalan-jalan bareng temen-temen cewek dan melakukan sedikit adventure, yaitu off road.

Off road kali ini aku ngga di kota Batu, Bromo ataupun Bali guys. Melainkan di Kabupaten Jombang. Kalo ngomongin tentang off road emang pasti ngga kepikiran kalo Jombang ternyata punya destinasi wisata yang menawarkan pengalaman adventure gini. Tapi ternyata ada lho, yaitu di Selasar Wonosalam.

Wonosalam, Jombang, belakangan ini memang terus mengembangkan potensi wisata alam yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata baru dan Selasar ini bisa jadi salah satu alternatif. Selasar berada di Desa Wonokerto, Wonosalam dan tempat ini menawarkan suasana pedesaan yang asri juga tenang.

Ohya, sebelum memulai perjalanan menuju Selasar, aku dan teman-teman harus menuju ke titik point terlebih dahulu dan harus pagi banget guys, soalnya kalo kesiangan bakal panas banget. Anyway, aku ngga tau yaa ini meeting point-nya dimana soalnya langsung di share loc sama panitia-nya. Hehehe..

Untuk off road ini kalian bisa langsung ambil paketan ya guys, harganya mulai dari Rp 500.000/pax dan itu udah termasuk makan di Selasar. Seru banget pokoknya.

Perjalanan langsung di mulai nih guys. Awalnya kita masih diajak buat lewat jalur yang ngga terlalu curam, yaitu berupa jalanan beraspal dan ada kebun jagung dan singkong di kanan kirinya. Setelah itu, jalanan beraspalnya mulai hilang guys, berganti jalanan berbatu dan mulai masuk ke area sungai.

Selasar Wonosalam, Tawarkan Pengalaman Seru Offroad di Lereng Gunung Anjasmoro
Selasar Wonosalam

Nah, area sungai ini yang paling epik sih menurut aku soalnya disini jalannya sempit banget tapi harus berpapasan sama truk penambang pasir sungai. Agak ngeri tapi tetep seru!

Selasar Wonosalam Jombang

wisata alam Jombang

Ngga Cuma itu guys, kalian juga bakal diajak buat melintasi sungai naik jeep. Sungai disini berbatu yaa dan aliran airnya super jernih. Suka banget.

wisata terkenal di Jombang

wisata hits di Jombang

Perjalanan dilanjutkan menuju hutan belantara nih guys. Anyway, hutan ini ditumbuhi dengan pohon jati yang saat itu sedang menggugurkan daunnya. Panas sih, tapi hutan ini cantik banget. Apalagi kalian akan diajak membelah hutan naik jeep. Hutan ini sama sekali ngga ada jalan beraspal dan pepohonan di kanan kirinya cukup banyak. Jadi ngebayangin kalo lewat sini malem-malem.

wisata instagenic di Jombang

Perjalanan semakin masuk ke dalam hutan yang aku pikir bakal ngga ada kehidupan di dalamnya. Tapi ternyata aku salah. Di dalam hutan ini kalian akan menemukan enam rumah penduduk yang masih berpenghuni. Padahal di dalam hutan ini ngga ada listrik dan aku pun ngga paham gimana penduduk disini mendapatkan aliran air, juga gimana mereka kalo mau belanja soalnya pasarnya pasti jauhh banget. Ah sudahlah..

wisata unik di Jombang

Setelah keluar dari hutan jati yang tengah meranggas ini, akhirnya jeep kita on road nih guys. Mobil yang aku tumpangi akhirnya melewati jalanan beraspal yang mulus melalui desa-desa dan rumah penduduk. Perjalanan ini sudah menuju akhir, yaitu menuju Selasar.

Sebelum diajak makan siang dan beristirahat, jeep yang aku dan teman-teman tumpangi ini kembali memasuki area perbukitan dengan pemandangan kece banget. Jeep ini membawa aku dan teman-teman ke puncak bukit dimana kita bisa melihat pemandangan Wonosalam yang indah dan inilah yang disebut Selasar.

wisata hits di Jombang

Di Selasar ini ada tanah lapang yang lumayan luas dan biasa digunakan sebagai spot berkemah. Kalian bisa lho berkemah disini rame-rame bareng temen-temen ataupun keluarga. Tapi, kalo kalian ngga pengen ribet, Selasar ini juga menawarkan tempat menginap dengan konsep tradisional yang estetik di bagian atas. Di bagian atas ini juga ada sejumlah fasilitas, seperti resto atau cafe, mushola dan toilet.

tempat wisata Jombang

Disini juga bakal ada kolam guys, tapi pas aku kesana kemaren masih dalam tahap pembangunan. Jadi di tunggu saja.

So, segitu dulu ulasan aku tentang Selasar Wonosalam ini. Jadi, Wonosalam ngga Cuma ada durian aja guys, tapi disini kalian juga bisa jalan-jalan sekaligus menjajal pengalaman off road yang seru. Selamat berlibur.

How to Get There Selasar Wonosalam

Untuk menuju kesini, kalian bisa cek langsung GMaps ya guys. Karena kemaren aku pilih paket off road, akhirnya aku ngga langsung menuju Selasar, tapi ketemuan di titik point yang udah ditentukan panitia buat naik jeep menuju Selasar.

Tips and Trick Selasar Wonosalam

  • Jangan lupa booking terlebih dahulu untuk sewa jeep
  • Pakai topi, kaca mata hitam, baju yang nyaman, alas kaki dan sunscreen.
  • Bawa baju ganti
  • Patuhi protokol kesehatan
  • Jaga kebersihan
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data