6 Makanan Khas Ulu Ada Pepes Hingga Sambal Pedas


Fida  November 29, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat. Untuk menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus mencoba kuliner lezat di berbagai daerah di Indonesia. Kabupaten Ogan Komering Ulu merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Saat berkunjung ke daerah Ogan Komering Ulu atau OKU, kamu dapat mengunjungi berbagai tempat wisata sekaligus kuliner lezat yang ditawarkan. Kamu dapat mencoba berbagai hidangan mulai dari makanan berat hingga camilan saat datang ke daerah Ulu. Berikut daftar 6 rekomendasi makanan khas Ulu yang sangat menarik untuk kamu coba.

1. Pepes Tempoyak

pepes tempoyak
selerasa.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Ulu yang menarik untuk kamu coba adalah pepes tempoyak. Makanan yang satu ini juga dikenal dengan sebutan tempuyak yakni merupakan makanan yang dibuat dari buah durian yang difermentasi. Tempuyak biasa diolah menjadi berbagai macam masakan diantaranya gulai, sambal, pepes, dan masih banyak lagi.

Makanan yang satu ini biasa ditambahkan dengan ikan patin sebagai tambahan nutrisi. Pepes tempoyak menggunakan berbagai bumbu diantaranya bawang putih, bawang merah, kunyit, gula, garam, serai, daun salam, cabe merah, dan juga kemangi sebagai penyedap. Hidangan ini juga dikenal memiliki tampilan yang khas yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Pepes tempoyak diolah dengan cara dikukus selama 15 menit. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, makanan yang satu ini juga sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat. Kamu dapat memilih untuk membeli pepes tempoyak saat datang ke daerah Ulu atau membuatnya sendiri di rumah.

Gotravelly

Kriuknya Mendoan Bagong Asli Khas Purbalingga Yang Bikin Nagih!

Cobain Se’i Sapiku Jember, Kuliner Khas NTT Yang Lagi Happening

2. Perkedel Bayam Kukus

perkedel bayam kukus
batam.tribunnews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan makanan berupa perkedel bukan? Namun pernahkah kamu mendengar sebutan perkedel bayam kukus? Perkedel bayam kukus merupakan salah satu makanan khas Ulu yang cukup populer dan tentu mudah dijumpai.

Seperti perkedel pada umumnya, perkedel bayam kukus juga memiliki bahan utama berupa kentang. Adonan kentang kemudian ditambahkan dengan daun bayam yang telah dicincang. Tidak hanya menambah cita rasa lezat, adanya bayam cincang juga menjadikan tampilan perkedel semakin menggugah selera.

Perkedel bayam kukus dapat dengan mudah kamu jumpai di tempat makan di kawasan Ulu. Jika ingin membuatnya sendiri di rumah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit dijumpai. Bahan yang digunakan untuk membuat perkedel bayam kukus diantaranya kentang, telur, daun bawang, daun seledri, daun bayam, dan juga tepung panir. Kamu juga dapat menambah perkedel dengan berbagai isian seperti wortel, keju, daging giling, dan berbagai isian lainnya.

3. Keripik Pare

keripik pare
ungarannews.com

Rekomendasi makanan khas Ulu berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah keripik pare. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini bukan? Sesuai dengan namanya, keripik pare dibuat dengan menggunakan bahan utama buah pare.

Meskipun pare dikenal memiliki rasa yang pahit, tetapi kamu tidak akan merasakan pahitnya saat mencoba olahan keripik pare. Saat mencoba makanan yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah dan tentu akan dibuat ketagihan setelah mencobanya.

Keripik pare dibuat dengan berbagai tambahan bumbu seperti penyedap, tepung beras, dan juga bumbu balado. Pare terlebih dahulu dipotong dan diiris tipis kemudian direndam pada air garam. Setelah itu, pare diolah dengan cara direbus untuk menghilangkan rasa pahit. Setelah direbus, pare kemudian dibalur dengan tepung beras, terigu, dan juga tapioka. Pare yang telah dicampur dengan bumbu dan tepung kemudian digoreng dalam minyak panas hingga berwarna keemasan. Makanan yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai teman untuk bersantai pagi maupun sore hari.

4. Kopi Durian

kopi durian
travel.kompas.com

Pecinta buah durian, pernahkah kamu terpikir untuk mencoba lezatnya kopi durian? Saat berkunjung ke daerah Ulu, kamu dapat mencoba lezatnya kopi durian. Kopi yang satu ini tentu sangat menggugah selera dengan adanya tambahan satu biji daging buah durian yang dicelupkan pada secangkir kopi.

Kamu akan dimanjakan dengan sensasi uniknya rasa kopi yang berpadu dengan buah durian. Aroma buah durian yang menyengat dipercaya dapat dinetralisir oleh kopi. Untuk mencoba lezatnya kopi durian, kamu dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai warung kopi di daerah Ulu.

Bagi pecinta kopi, tentu menjadi pengalaman unik tersendiri untuk mencoba lezatnya kopi durian. Lezatnya minuman unik yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu coba.

5. Keripik Mumbai Chiko

keripik mombai chiko
rumah-bumn.id

Rekomendasi makanan khas Ulu selanjutnya adalah keripik Mumbai Chiko. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti terigu, sagu, udang rebon, daun seledri, telur, penyedap rasa, dan juga bawang putih.

Keripik Mumbai Chiko dikenal menawarkan tekstur yang sangat renyah dan cocok dinikmati oleh semua kalangan. Kamu dapat memilih untuk membeli keripik ini di berbagai toko oleh-oleh di Ulu maupun membuatnya sendiri di rumah.

Keripik Mumbai Chiko dijual dengan kemasan praktis serta memiliki harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, keripik yang satu ini juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari daerah Ulu.

6. Sambal Ranggam

Makanan Khas Ulu
cookpad.com

Rekomendasi makanan khas Ulu berikutnya yang menarik untuk kamu coba adalah sambal ranggam. Sambal yang satu ini tentu sangat cocok dicoba bagi kamu pecinta pedas. Sambal ranggam juga biasa disebut dengan sambal jok jok. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja, sambal ranggam juga banyak diburu oleh beberapa wisatawan yang datang ke daerah Ulu.

Sambal Ranggam merupakan olahan sambal mentah yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ranggam. Ranggam merupakan tomat kecil. Sambal yang satu ini juga dipadukan dengan terasi. Terbayang akan kelezatannya bukan?

Sambal ranggam tentu sangat cocok dinikmati dengan berbagai tambahan makanan seperti ikan pindang, ikan pepes, ikan bakar, serta rebusan sayur. Saat mencoba lezatnya sambal yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa pedas dan gurih. Adanya tambahan kemangi dan jeruk nipis pada sambal juga menghasilkan sensasi segar. Saat berkunjung ke kawasan Ulu, tidak ada salahnya untuk mencoba sambal khas yang satu ini.

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi makanan khas Ulu yang sayang untuk kamu lewatkan. Beberapa makanan di atas menawarkan cita rasa khas dan bisa membuat kamu ketagihan setelah mencobanya. Diantara 6 makanan tersebut, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba saat datang ke daerah Ulu?



Leave a Reply