9 Makanan Khas Fiji yang Lezatnya Bikin Ketagihan


Fida  November 10, 2022  0 Comment

Fiji dikenal sebagai salah satu negara yang terletak di Oseania. Negara yang satu ini tidak hanya dikenal kaya akan wisata, tetapi juga menawarkan berbagai hidangan lezat yang menarik untuk kamu coba. Terdapat beberapa pilihan makanan khas Fiji yang dikenal unik dan menggugah selera. Penasaran? Inilah daftar 9 rekomendasi makanan khas Fiji yang sayang untuk kamu lewatkan. 

1. Roti Fiji

roti fiji
thatfijitaste.com

Fiji menjadi salah satu kawasan yang dihuni oleh cukup banyak komunitas masyarakat India. Hal itu tentu memberikan pengaruh kepada kawasan ini, termasuk mengenai makanan khas Fiji. Roti Fiji menjadi salah satu makanan khas yang wajib kamu coba. 

Jika dilihat dari tampilannya, beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan tampilan makanan yang satu ini bukan? Roti Fiji merupakan roti pipih yang dibuat menggunakan cetakan besi. Cetakan yang digunakan mirip dengan cetakan untuk membuat crepe. 

Roti Fiji biasa dihidangkan dengan kari atau menu lainnya. Teksturnya yang khas juga menjadikan Roti Fiji sayang untuk kamu lewatkan. Hidangan ini tentu sangat nikmat apabila disantap dalam keadaan hangat. 

Gotravelly

Hangatnya Bakso Cik Sam, Pilihan Menu Bakso-Nya Bikin Ketagihan

Selasar Wonosalam, Tawarkan Pengalaman Seru Offroad Di Lereng Gunung Anjasmoro

2. Topoi

topoi
tasteatlas.com

Tidak hanya jenis roti, makanan khas Fiji berikutnya yang bisa kamu coba adalah dumpling. Dumpling khas Fiji dikenal dengan sebutan topoi. Hidangan yang satu ini dibuat dengan berbagai bahan seperti parutan singkong dan kelapa, gula, serta krim atau santan. Setelah semua bahan dan bumbu tercampur, adonan topoi kemudian dicetak berbentuk bola. Langkah selanjutnya adalah dengan cara memasak topoi dengan merebusnya pada air mendidih hingga matang. 

Topoi menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati sebagai menu saat sarapan pagi. Hidangan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan selai, mentega, dan juga minuman teh panas sebagai pendamping. Tertarik untuk mencoba lezat dan uniknya dumpling khas Fiji yang satu ini? 

3. Honey Cake

honey cake
youtube.com

Bagi kamu pecinta madu, honey cake menjadi salah satu rekomendasi makanan khas Fiji yang menarik untuk dicoba. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memiliki cita rasa dominan madu yang manis dan khas. Selain rasa madu, kamu juga akan dimanjakan dengan perpaduan rasa krim asam, pala bubuk, jahe, cengkeh, dan kayu manis. Aromanya yang menggugah selera menjadikan honey cake wajib kamu coba saat datang ke Fiji. 

Tampilan honey cake juga semakin menarik karena adanya hiasan berupa almond slice di bagian atasnya. Kue yang satu ini lebih nikmat disantap beberapa hari setelah dibuat karena tekstur yang ditawarkan akan lebih moist

4. Purini

purini
pinterest.com.au

Tidak kalah lezat dengan makanan khas Fiji lainnya, purini juga menjadi salah satu hidangan yang wajib kamu coba. Hidangan yang satu ini merupakan dessert yang dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti tepung terigu, baking powder, baking soda, dan juga cokelat bubuk. Bahan bahan tersebut kemudian dipadukan dengan santan panas. Langkah selanjutnya adalah dengan cara mengukus adonan hingga matang. 

Hidangan yang satu ini juga semakin menggugah selera karena terdapat aroma kayu manis, cengkeh, dan juga pala. Tambahan esens vanilla juga menjadikan purini memiliki aroma yang khas dan berhasil membuat siapapun penasaran untuk mencobanya. 

5. Kokoda

kokoda
arousingappetites.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan hidangan Kokoda? Kokoda merupakan salah satu makanan khas Fiji yang dibuat menggunakan bahan ikan walu atau makarel Spanyol. Hidangan yang satu ini dibuat dengan cara merendam fillet makarel mentah ke dalam jus lemon atau jeruk nipis selama beberapa jam. 

Selama proses perendaman, asam sitrat pada jus akan membuat daging ikan menjadi matang dan berwarna putih buram. Setelah direndam, langkah selanjutnya adalah dengan cara menambahkan santan dan potongan tomat pada hidangan. Selain itu, tidak lupa untuk menambahkan cabai dan garam agar cita rasanya semakin lezat dan menggugah selera. 

Hal yang menarik adalah Kokoda dihidangkan dengan wadah tempurung kelapa yang dibelah dua. Hidangan yang satu ini sangat cocok dinikmati dalam keadaan dingin. Saat berkunjung ke Fiji, Kokoda menjadi hidangan unik dan khas yang sayang untuk kamu lewatkan. 

6. Vakalavalava

vakalavalava
cocineraloca.fr

Tidak hanya tampilannya saja yang unik, beberapa makanan khas Fiji juga memiliki sebutan yang unik, salah satunya adalah Vakalavalava. Sama halnya dengan topoi, Vakalavalava juga dibuat dengan menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini diantaranya kelapa parut dan juga gula. 

Setelah semua bahan tercampur menjadi adonan, langkah selanjutnya adalah dengan cara menambahkan mentega dan memanggangnya dalam wajan. Vakalavalava dikenal dengan teksturnya yang lembut saat diiris dan disantap. 

Untuk menambah rasa manis, Vakalavalava biasa diberi tambahan susu kental manis, pisang tumbuk, hingga custard. Hidangan yang satu ini sangat cocok dipilih untuk dinikmati saat sarapan, makan siang, hingga makan malam. 

7. Ikan Suruwa

ikan suruwa
taste.com.au

Pernahkah kamu mendengar sebutan ikan suruwa? Ikan suruwa merupakan salah satu olahan makanan khas Fiji yang dibuat menggunakan bahan utama daging ikan. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang diadaptasi dari penduduk India yang tinggal di Fiji. Hidangan yang dibuat dengan tambahan aneka rempah ini memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. 

Beberapa rempah yang digunakan untuk membuat olahan ikan suruwa diantaranya jinten hingga garam masala. Selain cocok untuk dinikmati langsung, hidangan ini juga sangat cocok untuk dihidangkan bersama dengan nasi hangat atau roti pipih India. 

8. Murukku

murukku
stock.adobe.com

Makanan khas Fiji berikutnya sangat cocok disantap sebagai camilan saat bersantai. Muruku merupakan sebutan bagi makanan bercita rasa gurih yang dapat dengan mudah kamu jumpai saat datang ke Fiji. Selain sebutannya yang unik, hidangan ini juga memiliki bentuk yang khas yakni spiral. 

Murukku dibuat menggunakan beberapa bahan diantaranya tepung beras, tepung black gram, garam, dan juga sedikit minyak. Setelah adonan selesai dibuat, langkah berikutnya adalah dengan cara mencetak adonan menggunakan cetakan. Makanan yang satu ini kemudian diolah dengan cara digoreng hingga bertekstur renyah. Tertarik untuk mencobanya? 

9. Babakau

babakau
pinterest.com.au

Satu lagi rekomendasi makanan khas Fiji yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Babakau. Makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan populer yang mudah dijumpai saat datang ke Fiji. Jika dilihat sekilas, babakau memiki tampilan menyerupai donat, tetapi berbentuk segitiga. 

Babakau dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung, ragi, air, dan juga gula. Setelah semua bahan tercampur, adonan yang selesai dibuat kemudian melalui proses penggorengan. 

Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, babakau juga kerap disajikan dengan tambahan selai atau mentega. Makanan yang satu ini juga biasa dibuat dengan isian yang beragam seperti parutan kelapa hingga gulai. Unik sekali bukan? 

Nah, itulah daftar 9 makanan khas yang bisa kamu coba saat datang ke Fiji. Dari rekomendasi di atas, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba? 



Leave a Reply