10 Hidangan Mie dari Berbagai Negara Dengan Rasa Paling Enak


Altesa  August 4, 2022  0 Comment

Jika ditanya makanan apa yang terbesit dipikiran kamu selain  nasi, mungkin sebagian dari kita akan menjawab mie. Mie menjadi salah satu makanan yang dapat kita temui dimana saja berada, bahkan hampir di setiap negara di seluruh dunia ini memiliki makanan berbahan mie, terutama negara-negara di Asia. Selain menyenyangkan, hidangan atau olahan mie seringkali memiliki rasa yang luar biasa nikmatnya. Hal itu tidak hanya berlaku  untuk mie yang ada di Indonesia, namun juga berbagai hidangan mie yang berasal dari berbagai negara Asia lain seperti Jepang, Korea, China dan masih banyak lainnya.

Lain negara tentu lain pula rasa mie yang ditawarkan. Ada hidangan mie yang memiliki rasa cenderung manis, ada yang asin, ada pula yang gurih. Meski demikian, mie tetap menjadi hidangan favorit untuk kebanyakan orang Asia. Bagi kamu yang mengaku pecinta mie, wajib banget dong tahu jenis-jenis hidangan  mie dari berbagai negara. Untuk itu, yuk simak, 10 hidangan mie dari berbagai dunia dengan rasa nagih.

1. Ramen, Jepang

Ramen, Jepang
lifestyle.okezone.com

Pecinta mie mana yang tidak pernah mendengar hidangan mie paling enak di dunia yang satu ini? yap, Ramen. Ramen merupakan olahan mie yang berasal dari Negeri Matahari Terbit yakni Jepang. Terutama bagi kamu penggemar manga, tentu sangat sering mendengar makanan yang satu ini. Ramen sendiri merupakan hidangan mie berkuah, yang biasa disajikan didalam mangkok. Kuah ramen ada berbagai macam rasa, ada yang gurih, manis, maupun asin. Bagi yang suka asin, bisa memilih ramen shio. Seangkan untuk pecinta manis gurih bisa mencoba ramen dengan kuah miso, dan masih banyak lainnya. Pada umumnya, ramen di hidangkan dengan berbagai topping diantaranya seperti potongan daging ayam, sayur, nori, dan juga bawang.

Gotravelly

Nihonmaru Ramen, Ramen Halal Bikinan Orang Jepang

Ketagihan Lezatnya Mie Kyoto Ala Mie Kataka Jombang

2. Phad Thai, Thailand

Phad Thai, Thailand
galajabar.pikiran-rakyat.com

Yang kedua ada hidangan mie paling enak di dunia yang berasal dari Thailand. Bernama Pad Thai, mie ini merupakan salah satu makanan tradisional di Thailand. Awal mula terciptanya hidnagan yang satu ini ialah pada tahun 1940 ketika di Thailand dilanda krisis beras, hingga tercetuslah unutk mengganti nasi dengan mie. Pada awalnya mie yang digunakan ialah mie gandum khas Tiongkok, namun kemudian digantikan dengan mie beras dari thailand. Pad Thai sendiri merupakan mie yang digoreng dengan berbagai campuran bahan seperti telur, udang, tauge, lobak, dan kacang. Masyarakat di Thailand memiliki cara unik dalam menyantap Pad Thai, yakni dengan menambahkan bubuk cabai dan juga jeruk lemon, sehingga rasa dari Pad Thai ini sangatlah unik, asam, pedas, dan gurih berpadu menjadi satu. Tertarik mencoba Pad Thai?

3. Ramyun, Korea Selatan

Ramyun, Korea Selatan
kompas.com

Selanjutnya ada Ramyun, hidangan mie paling enak di dunia yang berasal dari Korea Selatan. Ramyun sendiri merupakan mie instan berbagai rasa yang cara membuatnya sangat mudah, cukup dengan di rebus kemudian ditambahkan bumbu instan yang tersedia didalam kemasannya. Untuk mie yang satu ini, sangat sering muncul di dalam tayangan TV maupun layar lebar Korea Selatan. Jika kamu penikmat drama Korea tentu sudah tidak asing dong dnegan Ramyun?

4. Mie Aceh , Indonesia

 Mie Aceh , Indonesia
prsoloraya.pikiran-rakyat.com

Jika kamu menyukai mie dengan rasa yang kaya akan rempah, wajib untuk coba hidnagan mie paling enak di dunia yang satu ini. Namanya mie Aceh, sesuai dengan namanya, mie ini memang berasal dari Aceh. Hidangan ini menggunakan bahan dasar mie kuning pipih maupun tebal, di tambah dengan irisan daging ayam, sapi, dan kambing dan bahkan seafood. Selain itu ditambah dengan topping bawang goreng, emping, irisan timun, bawang merah, dan jeruk nipis. Yang menambah kenikmatan dari mie ini sendiri ialah bumbunya yang kaya akan rempah asli Indonesia seperti jinten, kunyit, kapulaga, dan lain sebagainya, namun rasanya cenderung pedas. Bukankah sudah membuat kamu menelan ludah membayangkannya?

5. Pho, Vietnam

Pho, Vietnam
tribunnews.com

Jika di Indonesia Bakso, di Vietnam ada Pho, makanan yang dapat dijumpai disetiap sudut jalanan di Vietnam. Pho menjadi hidangan mie paling enak di dunia yang wajib kamu tahu. Berbahan dasar bihun, Pho disajikan dengan kaldu sapi yang segar, ditambah berbagai irisan sayur seperti seledri, daun bawang, daun mint, tauge, dan lain sebagainya. Pho ini menjadi makanan yang paling di cari saat kantong kering, karena harganya yang tergolong ekonomis.

6. Laksa, Malaysia & Singapore

Laksa, Malaysia & Singapore
opkoky.com

Selanjutnya ada hidangan mie paling enak di dunia dari Malaysia dan Singapore, yakni mie Laksa. Mie laksa sendiri merupakan mie yang disajikan dnegan kuah kental semacam kari namun rasanya cukup pedas. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan mie ini adalah kunyit, serai, cabai, lengkuas, dan lain-lainnya. Dipercaya Laksa merupakan gabungan dari dua budaya yakni Melayu dan China. Bagaimana? tertarik mencicipi mie khas negara tetangga ini?

7. Mie Wonton, Hong Kong

Hidangan Mie dari Berbagai Dunia
food.detik.com

Berikutnya ada mie Wonton, hidangan mie dari berbagai negara yang wajib kamu coba yang berasal dari Hong Kong. Wonton sendiri merupakan istilah lain dari pangsit. Sehingga mie wonton merupakan hidangan mie berkuah yang di sajikan dengan topping wonton itu sendiri, namun selain wonton, mie ini juga ditambah dengan irisan daging babi atau sapi. Jika kamu pergi ke Hong Kong, kamu wajib coba mie yang satu ini.

8. Khua Mee, Laos

Khua Mee, Laos
foodgawker.com

Pecinta mie sekaligus pecinta sayur, wajib coba hidangan mie paling lezat di dunia yang berasal dari Laos ini. Namanya Khua Mee. Mie ini merupakan mie goreng yang menggunakan bahan mie beras, disajikan dengan sayuran yang melimpah, seperti tauge dan sayur lainnya. Khua Mee dilengkapi pula dengan potongan daging ayam dab sapi atau babi. Rasanya gurih dan aroma bawang putihnya sangat pekat.

9. Jjajangmyeon, Korea Selatan

 Jjajangmyeon, Korea Selatan
gayahidup.dreamers.id

Penggemar drama Korea dapat dipastikan tidak asing dengan mie yang satu ini, yakni Jjajangmyeon. Jjajangmyeon sendiri sangat layak dimasukkan daftar hidangan mie paling enak di dunia karena selain rasanya yang snagat nikmat, bumbunya juga unik dan tidak biasa. Mie ini menggunakan saus atau pasta kedelai hitam sehingga mienya akan berwarna hitam pekat. Rasa Jjajangmyeon dominan manis gurih. Mie yang satu ini dapat dikatakan mie yang spesial karena ada hari-hari tertentu yang dimana orang-orang akan memakan mie ini. Seperti pada hari pindahan rumah, atau pada tanggal 14 April dimana disebut sebagai Black Day atau kebalikan dari Valentine dimana hari ini didedikasikan untuk para lajang, mereka akan makan makanan yang berwarna gelap termasuk Jjajangmyeon. Bahkan di Korea ada satu museum Jjajangmyeon.

10. Mie Soba, Jepang

 Mie Soba, Jepang
lifestyle.okezone.com

Saatnya kita masuk pada hidangan mie paling enak di dunia yang terakhir, yakni mie Soba. Soba sendiri merupakan mie yang berasal dari Jepang. Olahan mie ini berbahan dasar mie gandum. Uniknya, mie tipis ini dapat disajikan dengan dua cara yakni panas dan dingin. Seperti mie pada umumnya, penyajian panas akan dihidangkan dnegan kuah kaldu, sedangakn untuk dingin, mie dihidangan kerpisah dan dilengkapi dnegan saus celup.



Leave a Reply