7 Kuliner Surabaya Barat, Lezat dan Menggoyang Lidah!


Fida  February 12, 2023  0 Comment

Selain dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan dengan banyaknya destinasi wisata, Kota Surabaya juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang menarik untuk kamu coba. Saat sedang berada di kawasan Surabaya Barat, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba berbagai kuliner Surabaya Barat yang dikenal lezat hingga legendaris. Penasaran? Inilah daftar 7 kuliner Surabaya Barat yang populer dan menarik untuk kamu coba.

Kuliner Surabaya Barat :

1. Warung Rawon & Semur H. Suparan

warung rawon dan semur h suparan
restaurantguru.com

Saat ingin mencoba salah satu kuliner Surabaya Barat, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Warung Rawon & Semur H. Suparan. Tempat yang satu ini dikenal sebagai salah satu tempat makan legendaris yang menyediakan menu andalannya yakni rawon dan semur.

Bagi kamu pecinta kuliner rawon, tempat yang satu ini tentu sangat menarik untuk didatangi karena menyajikan rawon dengan kuah hitam pekat yang berasal dari rempah kluak. Dalam satu porsi rawon, isian yang disajikan berisi nasi hangat, empal, sambal, kerupuk, dan juga taoge. Sedangkan untuk menu semur disajikan dengan isian berupa daging sapi, kentang, serta sayuran. Daging sapi yang digunakan untuk disajikan pada menu ini memiliki ukuran yang cukup besar. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena tekstur daging yang empuk dan lumer saat digigit.

Bagi kamu pecinta olahan daging, tidak ada salahnya jika kamu datang dan mencoba lezatnya kuliner rawon maupun semur di tempat yang satu ini. Warung Rawon & Semur H. Suparan berlokasi di Jalan Lidah Wetan nomor 41, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya.

Baca juga :  10 Rekomendasi Rawon Enak di Jawa Timur, Kuahnya Gurih Mantap!

2. Penyetan Bang Ali

penyetan bang ali
food.detik.com

Penyetan Bang Ali juga menjadi rekomendasi kuliner Surabaya Barat berikutnya yang wajib kamu coba. Tempat makan yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan Simpang Darmo Permai Utara Nomor 22, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya. Salah satu yang menjadi daya tarik dari tempat makan ini adalah jam bukanya yang 24 jam sehingga pengunjung dapat bebas datang kapanpun.

Sesuai dengan sebutannya, tempat makan yang satu ini menawarkan berbagai pilihan menu penyetan. Kamu dapat mencoba lezatnya lele goreng, terong goreng, pete goreng, ayam goreng, telur, dan masih banyak lagi. Selain lauknya yang beragam, kamu juga dapat merasakan perpaduan rasa pedas dan gurih pada sambal penyetan. Tidak perlu khawatir soal harga, Penyetan Bang Ali menawarkan harga yang terbilang cukup terjangkau untuk setiap menunya.

3. Nasi Krawu Mbuksu Hj. Sufayah

nasi krawu mbuksu h sufayah
menukuliner.net

Nasi krawu dikenal sebagai salah satu kuliner khas Gresik yang kini cukup mudah dijumpai di beberapa daerah, salah satunya di Surabaya Barat. Nasi Krawu Mbuksu Hj. Sufayah merupakan salah satu kuliner Surabaya Barat yang cukup populer dan legendaris. Bagaimana tidak, kuliner yang satu ini sudah ada sejak tahun 1950.

Meskipun terbilang sudah cukup lama berdiri, tetapi Nasi Krawu Mbuksu Hj. Sufayah masih ramai dan memiliki banyak pelanggan hingga saat ini. Hal tersebut dikarenakan resep yang digunakan secara turun-temurun sehingga menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera.

Dalam satu porsi nasi krawu, kamu akan mendapatkan isian berupa nasi, suwiran daging ayam, babat, kikil, empal, serundeng, dan juga sambal. Selain lauk tersebut, kamu juga dapat menambahkan lauk sendiri seperti telur asin, limpa, paru, dan lain-lain. Makanan yang satu ini tentu lebih nikmat jika disajikan dengan wadah daun pisang pincuk.

Baca juga :  Intip 5 Hotel Di Bali Tawarkan Floating Breakfast di Atas Kolam Renang

Nasi Krawu Mbuksu Hj. Sufayah dapat kamu kunjungi di Jalan Raya Darmo Permai 3 Nomor 12, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya.

4. KARTIKO Traditional Heritage Culinary

kartiko traditional heritage culinary
kooliner.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan KARTIKO Traditional Heritage Culinary? KARTIKO Traditional Heritage Culinary dikenal sebagai salah satu kuliner Surabaya Barat yang populer dan menarik untuk kamu coba. Sesuai dengan sebutannya, tempat yang satu ini menawarkan beberapa pilihan menu khas Nusantara seperti Nasi Rawon, Sate Ayam, Lontong Cap Gomeh, dan masih banyak lagi.

Tempatnya yang luas dan nyaman juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kamu dapat memilih untuk duduk di ruangan Indo maupun outdoor. KARTIKO Traditional Heritage Culinary dapat menjadi tujuan tepat untuk didatangi bersama keluarga saat akhir pekan.

Berbagai menu disajikan dengan bumbu serta rempah yang khas sehingga menghasilkan cita rasa serta aroma yang menggugah selera. Kamu dapat mengunjungi KARTIKO Traditional Heritage Culinary di Jalan Raya Darmo Permai 1, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya. Tempat makan yang satu ini buka mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam setiap harinya.

5. Street Food Danau Unesa

street food danau unesa
pesona-indonesia.id

Terdapat cukup banyak pilihan kuliner Surabaya Barat yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah Street Food Danau Unesa. Mungkin sudah tidak asing dengan kawasan Danau Unesa yang dikenal menjajakan banyak sekali pilihan kuliner. Kamu dapat mencoba berbagai makanan seperti nasi pecel, sate, bakso, mie ayam, hingga jajanan kreco.

Kawasan sekitar Danau Unesa menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati kuliner kembali menghabiskan waktu di sore hari. Kamu juga tidak perlu khawatir karena berbagai kuliner dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan ramah di kantong.

Baca juga :  10 Makanan Khas di Korea Utara, Sudah Pernah Coba?

6. Madame Chang Darmo Permai

madame chang darmo permai
tripadvisor.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin mencoba salah satu kuliner Surabaya Barat, kamu dapat datang ke Madame Chang Darmo Permai. Tempat makan yang satu ini menyajikan berbagai pilihan menu menyehatkan dan dibuat tanpa MSG. Kamu dapat mencoba berbagai pilihan menu yang ditawarkan mulai dari appetizer, main course, dessert, hingga snack.

Baca Juga :

Inilah 15 Pantai di Sekitar Surabaya Yang Bisa Kamu Jelajahi

Untuk mengunjungi tempat makan yang satu ini, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Raya Darmo Permai 1 Nomor 15, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya. Setiap harinya, Madame Chang Darmo Permai buka mulai pukul 09.00 hingga 22.00. Tertarik untuk mengunjungi dan mencoba lezatnya kuliner Surabaya barat yang satu ini?

7. Angkringan Kapok Lombok

angkringan kapok lombok
menukuliner.net

Satu lagi rekomendasi kuliner Surabaya Barat yang tidak kalah menarik untuk kamu coba yakni di Angkringan Kapok Lombok. Tempat makan yang satu ini menyajikan berbagai kuliner lezat dan menggugah selera. Kamu dapat mencoba beberapa pilihan menu yang ditawarkan mulai dari Nasi Kucing, Nasi Gurih, Nasi Ayam Kremes, Nasi Ayam Penyet, Lontong Lodeh, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

10 Kuliner Kikil Paling Enak di Surabaya Kenyalnya Ngangenin

Dengan menyuguhkan tempat yang nyaman, angkringan yang satu ini tentu sangat direkomendasikan untuk kamu datangi saat sedang berada di Surabaya Barat. Kamu dapat mengunjungi Angkringan Kapok Lombok yang berlokasi di Jalan Niaga Gapura, Lontar Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya.

Itulah daftar 7 rekomendasi kuliner Surabaya Barat yang populer dan menarik untuk kamu coba. Dari rekomendasi di atas, kuliner manakah yang tampak paling menarik dan menggugah selera?



Leave a Reply