10 Kuliner Kikil Paling Enak di Surabaya Kenyalnya Ngangenin


prita  October 24, 2021  0 Comment

Kuliner kikil enak di Surabaya masih banyak diminati hingga saat ini. Ditengah banyaknya kuliner kekinian yang bermunculan di kota Surabaya, sebetulnya terdapat banyak sekali kuliner tradisional Surabaya yang masih menjadi incaran. Salah satunya adalah kuliner dengan bahan kikil. Berbicara soal kikil, banyak sekali tempat makan di Surabaya yang sampai saat ini masih menyajikan kikil sebagai menu favoritnya. Di Surabaya memang kikil diolah menjadi beragam kuliner lezat yang digemari banyak orang. Nah, jika kamu adalah penyuka kuliner bertekstur kenyal ini, Berikut ini adalah destinasi untuk menikmati kuliner kikil di Surabaya

1. Kikil Sapi Kutai Jaya

Kikil Sapi Kutai Jaya
ragamresep.vercel.app

Kuliner kikil paling enak di Surabaya yang pertama adalah Kikil Sapi Kutai Jaya. Warung kikil ini merupakan salah satu tempat untuk makan kikil paling populer di Surabaya.

Sop kikil disini memiliki kuah kuning yang menggoda dan rasanya sangat segar juga nikmat. Kuah kuning pada sop kikil ini sangat kaya akan bumbu rempah dan potongan daun kucai. Tak hanya diberi potongan kikil, sop ini juga bisa dinikmati dengan lontong dan tulang sapi yang sangat nikmat.

Alamat: Jalan Kutai no 42, Surabaya

Gotravelly

Sop Kikil By Pass, Kuliner Legendaris Khas Kota Kendari

Lezatnya Sumsum Bakso Putra Manteb, VIRAL & Antri Banget!

2. Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang

Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang
phinemo.com

Kalau kamu suka pedas, maka warung kikil yang satu ini wajib untuk kamu kunjungi. Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang ini menawarkan menu lontong kikil dengan kuah yang berwarna lebih merah dibandingkan dengan kuah lontong kikil pada umumnya.

Baca juga :  10 Mie Ayam Enak di Medan, Tempat Makan yang Mantap!  

Meskipun secara tampilan kuahnya cukup berbeda dengan kuah sop kikil pada umumnya, namun isiannya tentu sama dengan lontong kikil pada umumnya, yaitu diberi irisan kikil serta daun kucai yang cukup banyak. Tak hanya itu, sop kikil disini juga bisa ditambahkan dengan tulang sapid an lontong sebagai tambahannya.

Alamat: Jalan Pucang Anom Timur No 32, Surabaya

3. Lontong Kikil Bu Sugeng

 Lontong Kikil Bu Sugeng
qraved.com

Berjalan-jalan di kawasan Taman Bungkul tentu menjadi sebuah kewajiban saat kamu sedang berada di Surabaya. Nah, jika kamu sedang berada di sekitaran Taman Bungkul, kamu akan menemukan salah satu kuliner kikil paling enak di Surabaya yang bernama Lontong Kikil Bu Sugeng.

Lontong Kikil Bu Sugeng ini biasanya buka setiap hari saat pagi hari dan sering dikunjungi bagi mereka yang ingin sarapan lontong kikil. Lontong kikil disini terkenal memiliki kuah yang sangat nikmat dengan irisan kikil yang sangat lembut. Lezatnya lontong kikil disini tentu sudah bukan rahasia lagi, tak heran jika kamu akan berkunjung kesini harus rela mengantri.

Alamat: Jalan Ratna (Kawasan Ruko Transmart Ngagel), Surabaya

4. Kikil Sapi Waru Jaya

Kikil Sapi Waru Jaya
garnesia.com

Kuliner kikil yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kikil di Surabaya, pasalnya sudah sangat legendaris. Warung Kikil Sapi Waru Jaya ini lokasinya tidak tepat berada di pusat kota Surabaya, melainkan di pinggiran kota, yaitu di Waru, Sidorajo.

Lokasi Warung Kikil Sapi Waru Jaya ini berada tak jauh dari Terminal Bus Purabaya dan Stasiun Kereta Api Waru. Sehingga, tak perlu heran jika banyak sekali pembeli yang datang dari berbagai tempat, tak hanya dari Surabaya dan Sidoarjo.

Kuah dari lontong kikil disini memiliki warna kuning yang segar dengan aroma rempah yang sangat nikmat. Tak hanya itu, potongan kikil disini memiliki tekstur yang lembut hingga bisa dipotong dengan sendok. Ditambah lagi dengan potongan lontong yang sangat lembut tentu bisa membuat siapapun ketagihan.

Baca juga :  7 Variasi Martabak di Indonesia dengan Rasa Menggugah Selera

Alamat: Jalan Raya Waru, Sidoarjo

5. Lontong Kikil Pak Toha

Lontong Kikil Pak Toha
gotravelly.com

Lontong Kikil Pak Toha juga layak untuk masuk dalam daftar kuliner kikil paling enak di Surabaya. Meskipun lokasinya berada di kaki lima, namun cita rasanya boleh diadu dengan lontong kikil terkenal lainnya di Surabaya.

Lontong kikil Pak Toha ini menawarkan semangkok kaldu kikil berwarna kuning kemerahan yang memiliki cita rasa sedap. Tak lupa taburan bawang goreng dan daun bawang yang membuatnya terasa semakin nikmat. Apalagi ditambah dengan potongan kikil yang super lembut dan kenyal.

Alamat: Jalan Sidosermo (samping Plaza Marina), Surabaya

6. Bakso Urat Kikil Pak Kumis Solo

Bakso Urat Kikil Pak Kumis Solo
id.pinterest.com

Kuliner kikil di Surabaya tak melulu sop kikil atau lontong kikil saja, lho. Di Surabaya, kamu juga wajib untuk mencicipi nikmatnya bakso kikil yang juga menjadi salah satu kuliner yang cukup populer, yaitu Bakso Urat Kikil Pak Kumis Solo.

Bakso kikil disini memang special karena dalam satu porsi berisikan bakso kecil, bakso besar, siomay, tahu bakso, bihun, sayur dan pastinya kikil. Kikil disini memiliki tekstur yang kenyal dan nikmat saat dikunyah. Ditambah lagi dengan kuahnya yang gurih sekaligus.

Alamat: Jalan Imam Bonjol No 1, Surabaya

7. Bakso Kikil Cak Osin

 Bakso Kikil Cak Osin
pergikuliner.com

Bakso Kikil Cak Osin juga menawarkan kuliner kikil paling enak di Surabaya, lho. Warung bakso ini tergolong sebagai salah satu warung bakso paling legendaris di Surabaya karena telah buka sejak tahun 1996 dan sampai saat ini pelanggannya masih banyak.

Disini kamu bisa memesan menu andalannya yaitu bakso jumbo dengan potongan kikil sapi yang melimpah. Apalagi tekstur dari kikil ini sangat kenyal dan tidak alot. Pastinya siapapun tidak bisa menolak kelezatan semangkok bakso kikil Cak Osin ini.

Baca juga :  Rekomendasi Restoran Spanyol di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Alamat: Jalan Simo Gunung Barat Tol, Gang 2 No 71, Surabaya

8. Bakso Kikil Sapi Manunggal Cak Mat

Bakso Kikil Sapi Manunggal Cak Mat
bp-guide.id

Kuliner kikil yang berupa bakso enak di Surabaya yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Bakso Kikil Sapi Manunggal Cak Mat. Kedai ini terkenal menyajikan beragam jenis bakso yang lezat, seperti bakso tenis, bakso sumsum sapi dan bakso kikil.

Semua menu bakso disini tentu menjadi favorit, terutama bakso kikilnya. Kuah kaldunya sangat gurih dan sedap, potongan dari kikilnya juga sangat kenyal dan tidak alot saat dikunyah. Apalagi jika dipadukan dengan bakso yang terbuat dari daging sapi yang nikmat. Disini kamu juga bisa menambahkan sumsum sapi agar terasa semakin nikmat.

Alamat: Jalan Jolotundo No 34, Surabaya

9. Bakso Putra Mantep

Bakso Putra Mantep
gotravelly.com

Jika berbicara soal kuliner kikil enak di Surabaya yang berupa olahan bakso, tentunya kamu tidak boleh melewatkan Bakso Putra Mantep ini. Bakso Putra Mantep ini menjadi salah satu tempat makan bakso kikil paling populer di Surabaya dan banyak pembeli yang rela mengantri untuk mencicipinya.

Bakso kikil dan sumsum sapi menjadi menu andalan di warung ini. Seporsinya kamu bisa menikmati dua macam bakso, yaitu bakso halus dan kasar yang dipadukan dengan kuah sedap. Potongan kikil disini juga sangat lembut saat dikunyah. Kamu juga bisa menambahkan satu porsi sumsum sapi yang tak kalah nikmat saat disedot.

Alamat: Jalan Raya Kenjeran 490, Surabaya

10. Bakso Jagalan 87

 Bakso Jagalan 87
restaurantguru.com

Kuliner kikil paling enak di Surabaya yang terakhir adalah Bakso Jagalan 87. Bakso Jagalan 87 ini memang menjadi salah satu warung bakso yang terkenal paling mahal di Surabaya karena per porsinya dibanderol dengan harga sekitar Rp 85.000.

Hal tersebut tentunya sangat worth it dengan apa yang akan kamu dapatkan. Seporsi bakso disini ukurannya jumbo dengan isian bakso besar dengan full daging, iga sapi dan potongan kikil yang melimpah. Jika kamu merasa porsi jumbo terlalu banyak, kamu juga bisa memesan yang porsi lebih kecilnya, lho.

Alamat: Jalan Jagalan No 87, Surabaya



Leave a Reply