7 Kuliner Olahan Ikan Khas Dari Berbagai Daerah di Indonesia


sisil angelin  May 8, 2021  0 Comment

Kuliner Olahan Ikan wajib banget dicoba untuk kmau pecinta ikan. Indonesia memang kaya akan destinasi wisatanya yang indah dari pantai, air terjun, gunung, danau, hutan, dan masih banyak lagi destinasi wisata di Indoensia yang menarik perhatia wisatawan dunia. Tapi selain terkenal dengan destinasi wisatanya Indonesia juga memiliki beraneka hidangan khas dari setiap daerah, dan kali ini GoTravelly bakalan bahas beberapa ikan khad dari beberapa daerah di Indonesia yang bisa kalian beli untuk oleh-oleh. Jadi untuk kamu yang ingin berlibur kebeberapa daerah yang akan kita bahas ini pastikan kalian juga membeli ikan khas olahan dari daerah tersebut ya guys! Nah daripada kalian penasaran dengan beberapa hidangan khas Indonesia nya langsung aja yuk guys simak artikel dibawah ini!

1. Arsik

 Arsik
resepkoki.com

Kuliner Olahan Ikan yang akan kita bahas diurutan pertama ini merupakan hidangan khas, dan kesukaan orang Batak. Jadi ikan ini adalah ikan mas, dan biasanya selalu ada saat pesta besar yag ada di Batak. Kenapa harus ada Ikan Mas yang diberi nama ‘Arsik’? karena ikan mas ini memberikan simbol kehidupan yang penuh dengan berkah ataupun berkat. Jadi uniknya ikan mas ini akan dimasak dengan utuh dari kepala hingga ekor tidak dipotong, dan bahkan sisiknya pun tidak boleh dibuang. Namun untuk kalian yang ingin mencicipi Arsik dengan sisiknya hanya bisa kalian temukan saat acara besar masyarakat Batak guys! Jika direstoran, dan depot biasanya ikan mas ini akan dibuang sisiknya. Untuk bumbu dari Arsik ini menggunakan kunyit, jahe, asam gelugur, bawang batak, cabai, rempah-rempah, dan bunga kecombrang. Dari bumbu yang berlimpah pada sajian Arsik ini membuatnya memiliki rasa yang pedas, asam, manis, dan sangat menyegarkan! Makanya tak heran jika Arsik ini menjadi salah satu hidangan kesukaan masyarakat suku Batak.

Gotravelly

Lezatnya Menyantap Sup Kepala Ikan Bunda Nayla

Ikan Bakar Sulawesi, Kuliner Khas Sulawesi Dan Seafood Wajib Coba Di Salatiga

2. Gabus Pucung

 Gabus Pucung
sajiansedap.grid.id

Gabus Pucung ini merupakan Kuliner Olahan Ikan khas dari Betawi, dan ikan ini memang menjadi salah satu kuliner legendaris yang ada hingga saat ini. Jadi Gabus Pusing ini menggunakan bahan dasar ikan gabus yang dimasak dengan beberapa bumbu khas, dan uniknya Gabus Pucung ini akan dimasak dengan campuran Kluwak sehingga membuat Gabus Pucung ini memiliki kuah yang hitam. Untuk rasanya memang Gabus Pucung ini memiliki rasa yang unik ada rasa rempah, pedas, dan tekstur gurihnya juga dapat. Gabus Pucung ini sangat sempurna dimakan dengan nasi hangat! Jadi untuk kamu pencinta kuliner nusantara wajib banget nih cobain Gabus Pucung. Meskipun terlihat simple hidangan yang satu ini rasanya memang lezat, dan terbilang unik. ada yang pernah bilang Gabus Pucung ini seperti rasa Rawon yang membedakannya ialah penggunaan ikan pada sajian ini, dan berbeda dengan rawon yang menggunakan daging sapi. Jadi dari pada kalian menebak-nebak seperti apa rasanya langsung aja ya cobain Gabus Pucung.

3. Ikan Pindang

 Ikan Pindang
selerasa.com

Untuk Kuliner Olahan Ikan yang akan kita bahas diurutan ketiga ini memang sudah tidak asing lagi dikalangan pencinta kuliner nusantara, dan Ikan Pindang ini menjadi salah satu kuliner khas Makassar yang terkenal sekali di Indonesia. Jadi ikan pindang ini memiliki kuah yang berwarna kuning, dan rasanya asam pedas sehingga menciptakan rasa yang segar! Untuk bahan dasar ikan yangdigunakan untuk memasak Ikan Pindang ini biasanya menggunakan ikan bandeng, ikan pindang, ikan kurisi, dan masih banyak lagi jenis ikan yang biasanya akan dibuat hidangan ini. Untuk bumbu yang digunakan untuk masak Ikan pindang ini ada cabai rawit, ikan, sereh, kunyit, asam jawa, garam, minyak, bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan kaldu bubuk.

4. Gohu Ikan

 Gohu Ikan
kompas.com

Gohu Ikan ini sering disebut sebagai sashimi Indonesia, dan Gohu Ikan ini merupakan ikan mentah yang berasal dari Maluku Utara. Jadi ikan yang digunakan untuk Gohu Ikan ini biasanya menggunakan ikan tonggkol atau ikan cakalang yang dipotong dadu lalu diberi beberapa baha. Yaitu ada cabai rawit, bawang, dan perasan jeruk nipis. Jadi rasa dari Gohu Ikan ini tidak amis sama sekali karena perasan jeruk nipis, dan campuran bahan lainnya. Nah yang membuat Gohu Ikan ini unik biasanya akn disiram dengan minyak panas sehingga mengeluarkan aroma yang sedap, dan pastinya memberikan tekstur gurih pada sajian Gohu Ikan. Jadi untuk kalian yang ingin mencoba hidangan khas Maluku Utara pastikan Gohu Ikan ini masuk kedalam list kuliner yang wajib kalian coba saat berada di Maluku Utara.

5. Mangut Lele

Mangut Lele
cookpad.com

Untuk kamu yang tinggal di Pulau Jawa memang sudah tidak asing lagi dengan hidangan bernama Mangut Lele ini ya guys! Jadi Mangut Lele ini menjadi salah satu Kuliner Olahan Ikan khas dari Jogja, dan Semarang yang sangat hits. Jadi biasanya ikan lele akan dimasak dengan kuah mangut yang terdiri dari tomat, kencur, bawang, cabai, dan santan sehingga menciptakan rasa yang gurih serta pedas yang bikin siapa aja ketagihan dengan Mangut Lele. Jadi hidangan ini biasanya akan dimakan dengan nasi hangat, dan benar saja Mangut Lele ini bikin siapa aja ketagihan dengan rasanya yang unik. Jadi untuk kamu yang ingin merasakan cita rasa pedas, manis, asam, dan gurih cobain aja Mangut Lele ini saat kalian berkunjung ke Jawa Tengah.

6. Otak – Otak

Otak - Otak
kompas.com

Selain ikan dimasak bumbu ternyata Otak-otak ini juga hidangan unik yang berbahan dasar ikan, dan otak-otak ini adalah hidangan khas dari Kepulauan Riau yang menggunakan ikan tenggiri. ikan tersebut biasanya akan dijadikan adonan dengan campuran tepung sagu, bumbu, dan semua adonan itu akan dibungkus menggunakan daun kelapa ataupun daun pisang. Setelah dibungkus cantik otak-otak akan dibakar sampai otak-otak ini matang, dan mengeluarkan aroma yang sedap. Jadi untuk kamu yang suka banget dengan olahan ikan kalian wajib banget nih cobain hidangan khas Kepulauan Riau yang bernama otak-otak ini.

7. Sate Lilit

 Sate Lilit
idntimes.com

Kuliner khas Indonesia yang akan kita bahas diurutan terakhir ini adalah Sate Lilit. Seperti yang kalian tau Sate Lilit ini memang menjadi hidangan khas Bali yang sangat terkenal di Indonesia, dan bahkan sampai luar negeri Sate Lilit ini menjadi buruan wisatawan dunia. Jadi Sate Lilit ini dimasak menggunakan ikan tuna giling, kelapa parut, bumbu nusantara, dan adonan ini akan dililit dengan batang serai sehingga saat dibakar Sate Lilit ini akan memiliki aroma yang sangat sedap. Jadi untuk kamu yang ingin berlibur ke Bali pastikan kalian juga mencicipi Sate Lilit yang menjadi hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Sate Lilit ini sangat sempurna dimakan bersama sambal matah loh!

Itulah beberapa ikan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa kalian cicipi, dan beli untuk oleh-oleh orang tersayang. Jadi kalian mau cobain yang mana nih? kalian bisa jawab dikolom komentar yang ada dibawah ya! Semoga info ini bermanfaat untuk kamu yang ingin kulineran dibeberapa daerah yang ada di Indonesia, Selamat mencoba!



Leave a Reply