7 Kuliner Khas Indonesia dari Olahan Kepiting, Gurihnya Mantap!


Fida  August 25, 2021  0 Comment

Bagi Anda pecinta seafood, sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa ada banyak cara pengolahan seafood di Indonesia sehingga menghasilkan cita rasa lezat. Kuliner Indonesia dari olahan kepiting menjadi salah satu menu favorit pecinta seafood karena kepiting menawarkan daging yang empuk dan gurih. Kepiting juga menjadi primadona olahan seafood yang biasa ditawarkan dengan berbagai pilihan bumbu. Sensasi makan kepiting juga menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mencobanya. Anda harus melepaskan atau menghancurkan cangkang dengan sabar untuk mencoba lezat dan gurihnya daging kepiting. Tidak hanya mudah dijumpai di warung atau restoran seafood, berbagai olahan kepiting enak berikut ini juga bisa Anda buat sendiri dirumah dengan harga terjangkau dan bahan yang mudah dijumpai. Ada cukup banyak cara pengolahan kepiting yang bisa Anda coba. Berikut daftar Kuliner Olahan kepiting enak yang cukup populer di Indonesia

1. Kepiting Saus Padang

Kepiting Saus Padang
masakapahariini.com

Salah satu olahan kepiting enak dan cukup populer di Indonesia adalah kepiting saus Padang. Olahan kepiting yang satu ini dapat Anda jumpai di berbagai warung atau restoran seafood. Kepiting saus Padang menggunakan berbagai bahan dalam proses pembuatannya diantaranya kepiting, lengkuas, daun salam, serai, tomat, saus tiram, bawang bombay, saus sambal, dan masih banyak lagi.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat saat mencoba olahan kepiting yang satu ini. Bagi pecinta pedas, anda juga dapat memilih untuk menambahkan banyak cabe atau sambal saat proses pembuatannya. Bumbu yang meresap hingga pada daging kepiting tentu membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Tekstur daging yang empuk serta cita rasa gurih yang ditawarkan menjadikan kuliner ini sayang untuk tidak Anda coba. Kuliner yang satu ini juga biasa disajikan dengan bumbu yang cukup melimpah, Tentu sangat disayangkan bagi Anda jika tidak menikmatinya bersama dengan nasi hangat.

paket wisata murah

Ikan Bakar Sulawesi, Kuliner Khas Sulawesi Dan Seafood Wajib Coba Di Salatiga

Menikmati Sensasi Letupan Endog Bader, Salah Satu Kuliner Khas Gresik

2. Kepiting Asap

Kepiting Asap
food.detik.com

Pernah mencoba lezatnya kuliner kepiting asap? Salah satu olahan kepiting enak yang satu ini melalui proses pengasapan sebelum disajikan. Cara membuatnya adalah dengan cara menambahkan berbagai bumbu pada kepiting dan membungkusnya dengan menggunakan daun pisang. Setelah dibungkus rapi dan disematkan ujungnya, kepiting yang telah dibumbui kemudian diasap pada bara arang. Aroma bakaran menjadi ciri khas kepiting asap.

Hidangan yang satu ini menggunakan berbagai bahan dalam proses pembuatannya diantaranya bawang merah, bawang putih, jahe, cabe merah, ketumbar bubuk, daun kemangi, dan lain lain. Karena dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dibakar pada bara api, tidak heran jika kepiting asap memiliki aroma yang sangat khas dan enak.

3. Kepiting Lada Hitam

Kepiting Lada Hitam
askcaraa.com

Kepiting lada hitam menjadi salah satu olahan kepiting enak yang digemari banyak orang. Olahan yang satu ini bisa Anda pesan di berbagai warung atau restoran seafood dengan harga yang sangat beragam.

Untuk proses pembuatannya, olahan kepiting yang satu ini menggunakan berbagai bahan diantaranya kecap manis, bawang bombay, bawang putih, jahe, garam, gula, daun bawang, dan masih banyak lagi. Cara pembuatan olahan ini tidak jauh berbeda dengan olahan lainnya, yakni dengan cara menggoreng kepiting terlebih dahulu kemudian dicampur kan bersama dengan bumbu. Sebelum proses memasak selesai, tambahkan air larutan maizena. Hal tersebut bertujuan agar bumbu kepiting tampak kental.

4. Kepiting Kecap Saus Tiram

Kepiting Kecap Saus Tiram
masakapahariini.com

Tidak kalah lezat dengan olahan kepiting lainnya, kepiting saus tiram juga digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sesuai dengan namanya, sekolahan yang satu ini menawarkan citarasa kuat pada kecap dan saus tiram.

Berbagai bahan yang digunakan untuk memasak kepiting saus tiram diantaranya kepiting, jahe, bawang merah, bawang putih, saus tiram, kecap manis, kecap asin, telur, dan masih banyak lagi. Cara pembuatan olahan kuliner ini tidak jauh berbeda dengan olahan lainnya yakni dengan menumis bumbu dan memasukkan kepiting hingga bumbu meresap. Setelah proses tersebut selesai, kepiting kecap saus tiram siap disajikan.

5. Kepiting Mentega

Kepiting Mentega
selerasa.com

Saat ingin mencoba salah satu olahan kepiting enak, kepiting mentega menjadi menu yang bisa Anda coba. Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk kuliner ini diantaranya bawang putih, bawang merah, bawang bombay, kecap manis, mentega, serta garam dan gula. Olahan kepiting enak yang satu ini juga cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Gurihnya mentega menjadi daya tarik kuliner yang satu ini.

Kepiting mentega dimasak dengan cara menumis bumbu halus hingga wangi kemudian masukkan kecap garam dan gula. Setelah proses tersebut selesai, masukkan kepiting yang telah dikukus atau digoreng. Saat bumbu sudah meresap, kuliner kepiting mentega siap untuk disajikan.

6. Kepiting Asam Manis

Kepiting Asam Manis
liputan6.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan olahan kepiting asam manis bukan? Kuliner yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa lezat. Rasa asam dan manis yang ditawarkan menjadikan siapapun ketagihan setelah mencobanya.

Berbagai bahan yang digunakan untuk membuat kepiting asam manis diantaranya minyak goreng, daun bawang, bawang putih, merica bubuk, saus tomat, saus cabai, gula pasir, dan masih banyak lagi. Perpaduan antara cita rasa manis dan asam yang ditawarkan tentu sangat cocok untuk dinikmati.

7. Kare Kepiting

Kare Kepiting
selerasa.com

Ada cukup banyak olahan kepiting enak yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Indonesia, salah satunya adalah kare kepiting. Cita rasa yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan kare pada umumnya. Jika biasanya kare memiliki isian telur atau ayam, namun kare yang satu ini memiliki isian kepiting yang sangat gurih.

Berbagai bahan yang digunakan untuk membuat kare kepiting adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, cabai merah, kunyit, lengkuas, jahe, dan masih banyak lagi. Hidangan yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati langsung maupun ditambah dengan nasi hangat.

Nah, diatas merupakan daftar olahan kepiting enak yang sayang untuk tidak Anda coba. Berbagai olahan kepiting tersebut dapat bebas Anda pilih saat berkunjung ke warung atau restoran seafood. Tidak hanya itu, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk membuat berbagai olahan kepiting di rumah. Selain bahan-bahan yang mudah dijumpai, harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau. Setelah melihat 7 kuliner khas Indonesia dari olahan kepiting di atas, olahan kepiting manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply