20 Makanan Khas Batak Rekomended Sederhana Tapi Rasanya Mantap


Reni  April 19, 2018  0 Comment

Makanan khas Batak mempunyai banyak macam jenisnya karena banyaknya suku Batak. Mulai suku Batak Toba sampai suku Batak Mandailing memiliki ciri khas masing-masing termasuk kulinernya. lengkap banget, mulai jajanan hingga makanan berat. Berikut Makanan khas Batak yang bisa kamu coba

Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo

id.wikipedia.org

Makanan khas Batak paling terkenal dan sudah mendapatkan nama sebagai makanan unik di Indonesia adalah dali ni horbo. Mungkin terdengar sedikit asing akan tetapi jika melihatnya mungkin sudah pernah merasakannya. Dali ni horbo merupakan makanan berbentuk seperti tahu yang terbuat dari susu kerbau alami.

Susu kerbau dimasak dengan menambahkan air garam kemudian dicampur dengan air perasan daun pepaya. Setelah didiamkan cukup lama maka susu akan semakin mengental dan mengendap. Endapan inilah yang bentuknya mirip dengan tahu sutra.

Berbeda dengan tahu yang kebanyakan digoreng terlebih dahulu untuk menikmatinya, makanan ini tidak perlu digoreng alias sudah siap untuk disantap. Rasanya? Enak, lembut, lumer di mulut, dan pastinya banyak kandungan protein hewani, vitamin, serta mineral yang didapatkan dari susu kerbau alami. Makanan ini sering disajikan bersama dengan makanan khas Batak lainnya yakni arsik.

Warung Roster – Ayam Panggang (Roast Chicken) Kekinian Ala Western

Nasi Padang Pariaman Jaya Tak Pernah Gagal Bikin Perut Bahagia.

Itak Gurgur

Itak Gurgur

Itak gurgur termasuk camilan sederhana yang bisa dibuat dalam waktu yang singkat. Makanan sering disajikan ketika berkumpul bersama keluarga atau kedatangan tamu di rumahnya. Itak gurgur terbuat dari adonan itak yang dicampurkan dengan parutan kelapa muda dengan gula pasir dan air panas.

Setelah tercampur semua kemudian adonan dibuat dengan cara dikepal-kepal seperti membuat mendol jika di Jawa. Jika sudah terbentuk bulat lonjong setengah pipih kemudian dikukus sebentar sampai terlihat kering. Setelah itu barulah bisa disajikan. Gurgur artinya membara sehingga makanan ini digunakan sebagai penyemangat para pejuang terdahulu untuk mengusir penjajahnya.

Untuk zaman sekarang makanan ini dibuat untuk penyemarak ketika sedang berkumpul bersama keluarga atau teman. Jangan tanyakan rasanya karena akan terasa enak serta legit di mulut.

Lapet

Lapet

episodedua.blogspot.co.id

Makanan khas Batak berikutnya adalah lapet. Proses pembuatan makanan ini tidaklah sulit karena dari bahan-bahannya sangat mudah ditemukan. Lapet sendiri mengambil dari cara membungkusnya yang dilipat-lipat menggunakan daun pisang.

Lapet mempunyai bentuk seperti limas segiempat atau seperti nasi bungkus pada umumnya. Bahan pembuatan lapet terdiri dari tepung beras, parutan kelapa yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua, kemudian dicampur menggunakan gula aren atau gula merah.

Selanjutnya setelah dibungkus, kue lapet di kukus sampai mengeluarkan aroma harus dari kue dan pembungkusnya. Kue ini sering disajikan pada upacara adat suku Batak. Rasanya yang manis dan gurih sangat cocok dihidangkan bersama kopi khas Batak atau teh selagi panas.

Ombus-Ombus

Ombus-Ombus

cookpad.com

Ombus-ombus mempunyai arti hembus-hembus karena saat memakannya ada rasa panas dari dalamnya. Bahan yang digunakan ombus-ombus tidak jauh berbeda dengan lapet yakni tepung beras, parutan kelapa, dan gula aren. Akan tetapi yang membedakan adalah susunannya.

Jika pada lapet gula aren dicampur langsung dengan adonan, maka ombus-ombus meletakkan gula aren atau gula merah hanya dibagian tengahnya saja. Gula aren tersebut kemudian dibungkus dengan adonan tepung beras dan parutan kelapa.

Setelah dibungkus dengan daun pisang barulah kemudian dikukus hingga matang. Makanan ini termasuk camilan wajib dalam setiap acara adat Batak. Seringkali masyarakat Batak khususnya ibu-ibu akan bahu membahu untuk membuat makanan tradisional ini.

Baca juga :  11 Makanan Khas Manado Paling Rekomended Wajib Cobain

Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk

Astuty Jajanan Kuliner tokopedia

Nama sihobuk memang diambil dari nama desa Sihobuk yang berada di Sumatera tepatnya di wilayah suku Batak. Kacang ini menjadi makanan khas Batak karena hanya ditemukan di wilayah tersebut. Sekilas memang tidak ada yang istimewa dari makanan ini akan tetapi jika diteliti lebih lagi dari segi rasa dan warnanya sudah terdapat perbedaan.

Kacang yang digunakan dipilih dengan tepat untuk mendapatkan kacang yang berisi padat. Kemudian kacang akan direndam pada bumbu asinan yang kemudian proses memasaknya adalah dengan disangrai menggunakan pasir panas dalam kuali.

Rasanya lebih gurih dan lebih nikmat dibandingkan dengan kacang lainnya. Kacang sihobuk dapat dijadikan sebagai oleh-oleh dari Batak karena sudah banyak pusat oleh-oleh yang menjualnya.

Tipatipa

Tipatipa

bobo.grid.id

Tipatipa termasuk ke dalam makanan ringan karena banyak disajikan sebagai teman saat minum teh atau kopi bersama keluarga. Tipatipa terbuat dari olahan padi yang telah tua sehingga makanan ini mengandung karbohidrat yang sama dengan beras.

Adapun cara membuatnya adalah dengan merendam padi selama 2 hari di air bersih. Setelah selesai kemudian dibersihkan hingga terpilih padi yang memiliki isi sempurna. Langkah selanjutnya adalah disangrai pada kuali sampai berwarna kecoklatan.

Selagi panas padi ditumbuk dalam keadaan panas sehingga beras yang ada di dalamnya menjadi pipih. Setelah ditumbuk kemudian ditampi sampai beras dan kulitnya terpisah. Setelah itulah baru tipatipa dapat dinikmati dengan sempurna. Rasa yang ada pada tipatipa adalah renyah hampir sama dengan rasa rengginang di Jawa.

Sasagun

Sasagun

Bosmer Sitorus youtube

Sasagun bisa dibilang menjadi camilan khas yang tidak jauh berbeda dengan tipatipa. Hanya saja sasagun tidak terbuat dari padi saja melainkan dicampur dengan parutan kelapa dan gula aren. Tak jarang masyarakat Batak menambahkannya dengan berbagai buah-buahan yang sedang musim disana contohnya nanas, durian, pepaya, dan jeruk untuk menambah citarasanya.

Untuk mendapatkan tekstur sedikit kasar bisa ditambahkan dengan remahan kacang. Semua bahan tersebut disanrai sampai membentuk warna kecoklatan dan kering. Sasagun cocok menjadi teman menikmati indahnya sore hari bersama suguhan teh khas Batak. Atau jika malas membuatnya sudah banyak pedagang keliling yang menjajakannya di Sumatera.

Sira Pege

Sira Pege

popphotos.net

Seiring dengan perkembangan zaman, makanan khas Batak ini sudah mulai sulit untuk ditemukan. Padahal bisa dibilang bahwa makanan ini sangat mudah dan sederhana dalam pembuatannya. Sira pege dahulu merupakan menu wajib ketika menyantap ikan dalam kondisi mentah. Hampir sama dengan sushi yang ada di Jepang.

Cara makannya adalah dengan mengunyah ikan terlebih dahulu kemudian barulah memasukkan sira pege dalam mulut. Sira pege mempunyai arti garam dan jahe sebagai bahan utamanya. Meskipun dalam penampilan atau pembuatannya masih digunakan bahan lainnya seperti bawang merah dan bawang putih serta cabai.

Namun rasa asin dan hangatnya jahe mendominasi rasanya. Saat ini banyak yang membuat sira page dengan mencampurkan langsung ikan mentah dalam ptongan kecil-kecil kemudian diurap dengan sira pege sembari disiram dengan asam cuka agar ikan cepat matang.

Gadong

Gadong

paulusrisang.wordpress.com

Kue gadong juga menjadi makanan khas Batak yang terkenal dengan rasanya dan bentuknya. Memang tak ada yang istimewa dari bentuknya akan tetapi jika diamati sekilas bentuknya mirip dengan perkedel kentang. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini tidaklah sulit bahkan mirip dengan lapet. Bedanya jika lapet dikukus maka gadong dibuat dengan cara digoreng.

Kue ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan cocok untuk disajikan selagi panas. Bahkan beberapa perusahaan di wilayah Batak menjadikannya sebagai oleh-oleh bagi pengunjung yang datang kesana.

Baca juga :  9 Oleh-oleh Khas Cilacap Wajib Di Bawa Pulang + Rekomendasi Toko

Jika ingin membuat sendiri maka caranya sangat mudah yakni dengan mencampurkan tepung beras, parutan kelapa, dengan gula aren atau gula merah sampai tercampur kemudian tinggal digoreng saja.

Mie Gomak

Mie Gomak

bunda-inong.blogspot.co.id

Jika Italia mempunyai makanan khasnya yakni spaghetti maka Indonesia juga bisa menampilkan makanan sejenisnya yakni mie gomak dari Batak. Cara penyajian mie ini layaknya spaghetti yakni menambahkan bumbu diatas mienya.

Mie yang digunakan bisa mengolah sendiri atau langsung membelinya. Akan tetapi dari bumbunya tentu saja mempunyai ciri khas tersendiri. Rasa pedas dari andaliman tentu menjadi ciri khas utamanya. Ditambah dengan bumbu rempah yang dibuat hingga berbentuk kental akan menambah citarasa mienya.

Mie gomak sudah banyak dijual diberbagai wilayah di Indonesia sehingga tak sulit untuk menemukannya. Akan tetapi jika ingin merasakan sensasi lebih enaknya maka lebih baik untuk datang langsung ke wilayah suku Batak di Sumatera.

Daun Ubi Tumbuk

Daun Ubi Tumbuk

steemit.com

Makanan khas Batak berikutnya yang sederhana namun memiliki rasa yang luar biasa enaknya adalah daun ubi tumbuk. Makanan ini menjadi favorit untuk menemani nasi putih dan segala lauknya. Bahkan beberapa diantaranya sudah diperjualbelikan di berbagai wilayah di Indonesia.

Seperti namanya bahan dasar dari makanan ini adalah daun ubi yang ditumbuk sampai membentuk daun yang pecah-pecah. Cara ini ditujukan untuk mendapatkan tekstur lembut dengan sensasi sedikit kasar pada sayurnya.

Setelah ditumbuk kemudian dimasak menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, buah rimbang, cabai, dan santan. Santapan ini sangat cocok disajikan dengan ikan bakar atau ikan goreng disaat makan siang. Didalam makanan ini akan ditemukan rasa pedas, asin, gurih, serta asam dari buah rimbangnya. Pastinya akan membuat lidah anda bergoyang dengan sensasinya.

Daun Ubi Jantung Pisang

Daun Ubi Jantung Pisang

steemkr.com

Olahan daun ubi berikutnya adalah dengan mencampurkannya dengan bagian pohon pisang lainnya yakni jantung pisang. Selama ini jantung pisang memang sudah dikenal sebagai bahan makanan yang cocok untuk disayur karena memiliki aroma khas dan tekstur yang krispi.

Tak jauh beda dengan sayur daun ubi tumbuk, sayuran ini tetap menggunakan tumbukan daun ubi namun dibarengi dengan cincangan jantung pisang. Setelah tercampur kemudian diberi bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, serai, bungan kincung, dan bumbu dasar lainnya kemudian ditumis hingga matang.

Aroma dari jantung pisang serta bunga kincung akan membuat perut keroncongan karena harum dan enaknya. Kalau sudah berada di daerah suku Batak tak lengkap rasanya jika tidak mencoba menu ini.

Saksang

Saksang

obatak.id

Suka masakan pedas? Cobalah untuk menantang rasa pedas masakan saksang asli dari Batak. Makanan ini termasuk makanan paling direkomendasikan saat berkunjung ke Sumatera khususnya di wilayah suku Batak. Saksang terbuat dari olahan daging babi yang diambil dari bagian paling enak.

Bedanya dengan masakan lainnya, saksang menggunakan daging tanpa ada lemak atau jeroan untuk menyajikannya. Belum lagi proses memasaknya juga menggunakan darah daging babi untuk menambah kenikmatan dan rasa gurihnya.

Belum lagi campuran andaliman yang akan menambah sensasi rasa pedas pada lidah saat menyantapnya. Daging empuk babi dengan campuran kuah kental pedas sangat cocok untuk cuaca yang dingin di Sumatera.

Tanggo-tanggo

Saksang

porkypark.wordpress.com

Jika ingin makan saksang namun tidak suka rasa pedasnya maka bisa juga dengan memilih tanggo-tanggo untuk menggantikannya. Mengapa? Karena masakan tanggo-tanggo mirip dengan saksang nemun dengan irisan daging lebih besar dan bumbunya dipisahkan dengan dagingnya.

Sebelum dicampur dengan bumbu, daging babi terlebih dahulu digoreng dan dibumbui hingga meresap sampai ke dalam. Selain menggunakan daging babi, tanggo-tanggo juga sering dimasak menggunakan olahan daging anjing. Rasanya? Akan membuat ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Baca juga :  8 Tempat Belanja Oleh Oleh di Surabaya, Mulai Makanan Hingga Pakaian

Umumnya makanan ini akan disuguhkan bersama dengan kuah kaldu dari rebusan daging babi atau anjing sebagai teman makannya. Jadi jika berkunjung di wilayah Batak tak ada salahnya untuk menikmati makanan ini sembari istirahat melepas lelah.

Sambal Tuktuk

Sambal Tuktuk

indonesian-medan-food.blogspot.co.id

Sambal tuktuk merupakan sambal tradisional khas Batak. Kehadirannya dapat menambah nikmatnya makan nasi putih serta ikan goreng lainnya. Sambal tuktuk memang tidak ada yang berbeda dengan sambal lainnya akan tetapi rasa dari andaliman akan menambah pedas dilidah.

Kemudian campuran cincangan ikan yang diurap langsung akan menambahkan sensasi rasa tersendiri. Atau bila tidak ada olahan ikan umumnya akan diganti dengan ikan teri. Sambal tuktuk sangat tepat untuk menemani makan siang dengan berbagai olahan lauk gorengnya. Untuk mendapatkannya juga mudah karena hampir disetiap warung di wilaya suku Batak menyediakannya.

Terites atau Pagit-Pagit

Terites atau Pagit-Pagit

srikatana.blogspot.co.id

Makanan khas Batak berikutnya adalah terites yang terbuat dari olahan daun-daun yang terdapat dalam perut sapi, kerbau, atau kambing. Makanan ini termasuk kedalam makanan cukup ekstrim dan jarang ditemukan di wilayah lain.

Cara mengambilnya adalah ketika menyembelih hewan ternak berukuran besar seperti sapi dan kerbau, maka sampai pada lambungnya akan ditemukan sayuran yang belum terolah dalam sistem pencernaan. Sayuran yang berada di dalam perut sapi atau kerbau inilah yang nantinya akan diproses dan dimasak.

Untuk menghilangkan rasa pahit dan baunya, daun atau rumput yang diambil dari dalam perut sapi akan dicampurkan dengan bumbu-bumbu khusus. Makanan ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit maag dan masalah pada sistem pencernaan manusia. Makanan ini hanya akan ditemukan di wilayah suku Batak saja. Tertarik?

Ikan Arsik

Ikan Arsik

elsaelwin.blogspot.co.id

Makanan ini biasa ditemui disekitar danau Toba dengan masyarakat Batak disekitarnya. Masakan ikan arsik merupakan olahan dari ikan hasil tangkapan nelayan di danau Toba yang kemudian dibumbui dengan rempah-rempah pilihan termasuk andaliman didalamnya yang berfungsi memberikan rasa pedas pada ikan.

Uniknya ermpah tersebut tidak semuanya dihaluskan akan tetapi dicacah sehingga ada tekstur bumbu rempah pada ikan. Makanan ini disajikan dengan kuah yang nikmat dan cocok untuk disantap sembari menikmati keindahan danau Toba.

Manuk Napinadar

Manuk Napinadar

borukaro.com

Manuk dalam suku Batak mempunyai arti ayam sehingga olahan ini memang berbahan dasar daging ayam. Manuk napinadar adalah makanan ayam bakar yang dibumbui dengan rempah-rempah khusus. Uniknya makanan khas Batak ini adalah pada bumbunya yang menggunakan darah daging ayam itu sendiri. Darah daging ayam dianggap bisa menambah rasa gurih pada ayam bakarnya.

Labar

Labar

Masak.TV youtube

Terakhir adalah labar yang merupakan sederhana khas Batak dengan bahan dasar ubi kayu dan daging hewan bertulang lunak. Daging yang bisa digunakan adalah daging ayam, daging tupai, daging puyuh, dan tak jarang menggunakan daging kelelawar buah atau kalong.

Cara membuatnya juga cukup mudah yakni dengan mencincang daging tersebut hingga menjadi potongan kecil kemudian dicampurkan dengan ubi kayu yang telah ditumbuk atau dihaluskan. Setelah dicampurkan diberi garam dan gula serta sedikit jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari daging.

Kemudian adonan dibungkus menggunakand aun pisang dan dikukus sampai matang. Makanan ini sering digunakan sebagai bekal untuk pergi bekerja karena bisa disimpan dalam waktu yang lama. Rasanya yang nikmat apalagi ketika disuguhkan saat masih panas membuat siapapun ketagihan akan makanan khas Batak.

Dengke Mas Na Niura

Dengke Mas Na Niura

ayok-jalan.blogspot.co.id

Pernah makan sushi? Orang Batak juga punya sushi khas Indonesia yang bernama dengke mas na niura. Bedanya adalah pada bumbunya yang menggunakan rempah alami khas Indonesia yang kuat. Penyajiannya juga tidak jauh berbeda dengan sushi yakni mengiris potongan daging ikan yang masih segar kemudian bagian atasnya diolesi dengan bumbu rempah khusus.

Untuk proses masaknya hanya menggunakan asam. Adapun ikan yang digunakan adalah ikan nila, ikan mujaer, dan ikan mas. Tak jarang juga dengan menggunakan ikan gurame dan ikan laut lainnya. Makanan khas suku Batak ini bahkan sudah terkenal di negara tetangga dan banyak yang penasaran ingin mencicipi rasanya dan membandingkannya dengan sushi yang berasal dari Jepang.



Leave a Reply